silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Ratna Sari
NIM : 855719406
Pokjar : Sidomulyo
UPBJJ : Bandar Lampung
Setelah melihat video tersebut, dapat diketahui bahwa siswa yang kurang bersemangat terhadap mata pelajaran Matematika. Kemudian guru tersebut ingin menginspirasi atau memotivasi siswa agar tertarik dengan mata pelajaran matematika dengan cara mendatangkan seorang insinyur arsitek yang mana pekerjaannya selalu menggunakan dan berhubungan dengan perhitungan (matematika), dengan tujuan menjadikan siswa tertarik dan senang ketika pelajaran Matematika dengan begitu siswa akan aktif ketika pelajaran sedang berlangsung. Kemudian Arsitek tersebut mengatakan salah satu kunci sukses dari seorang insinyur yaitu harus pandai dalam menghitung atau pelajaran matematika, karena matematika sangat membantu pekerjaannya dalam menghitung jumlah kebutuhan bahan maupun konstruksi bangunan yang ingin dibuatnya. Salah satu cara tersebut sudah bagus, akan tetapi seorang guru juga harus bisa membangun kelas yang menyenangkan ketika pembelajaran berlangsung dengan cara bisa dengan menggunakan media yang menarik, mengadakan ice breaking, membuat kelompok, dll.
Nama : Wan Safitri
NIM : 856084415
Banyak guru menghadapi pelajaran matematika, termasuk disekolah saya.Menurut saya video ini, gurru melakukan inovasi dalam menyajikan media dalam pelajaran matematika dengan mendatangkan seorang arsitek.Dengan ini siswa termotivasi dan menjadi aktif di kelas.
Kelemahan guru tidak melakukan apersepsi.Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran sehingga siswa tidak memahami tujuan mempelajari materi yang sedang berlangsung. Guru tidak menguasai kelas sehingga banyak siswa yang ribut dan sibuk dengan kegiatannya sendiri.
Saran: Fokus guru harus merata pada setiap siswa dengan tidak hanya berdiri didepan kelas, guru bisa berkeliling dan berdiri ditengah kelas saat memberikan materi.Selain itu, guru juga harus menerapkan media yang menarik dan contoh media yang ada di sekitar siswa agar lebih mudah memahami pelajaran matematika dan menyukai pelajaran matematika .Dan ada baiknya juga pihak sekolah mengadakan kelas inspirasi dengan mendatangkan narasumber dari berbagai profesi untuk terlibat dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa.
Rumusan masalah: Bagaimana hasil siswa berubah setelah guru mengundang narasumber dalam pelajaran matematika?
Nama : Lili Suryani
NIM : 857037132
Pokjar : Kedaton – Bandar Lampung
Prodi : S1 PGSD
Judul Video yang di analisis : Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
Link Video yang di analisis : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/07/siswa-tidak-menyukai-pelajaran-matematika/
Identifikasi masalah dari video yang di analisis, yaitu :
1. Siswa kurang menguasai konsep dasar matematika
2. Siswa menganggap matematika sulit dan banyak rumus yang harus dihafal
3. Siswa kurang tertarik karena guru hanya menggunakan metode ceramah
4. Siswa belum menggunakan model pembelajaran yang tepat
5. Siswa belum memanfaatkan alat peraga dalam pembelajaran
6. Guru menyampaikan pelajaran dengan cara yang monoton dan membosankan
Alternatif pemecahan masalah, yaitu :
1. Perhatikan masalah yang dihadapi siswa
2. Segera cari strategi pembelajaran yang menarik
3. Mendatangkan nara sumber dapat memotivasi belajar siswa
4. Mengubah perspektif siswa tentang matematika
5. Mengajar matematika dengan cara yang berbeda
6. Menggunakan media belajar yang menarik
7. Mengajarkan metode yang mudah dan menyenangkan
8. Mencari pola atau metode yang menarik saat mengajar
Tujuan perbaikan dari video yang saya analisis yaitu :
1. Agar siswa lebih menyukai pembelajaran matematika
2. Matematika tidak menjadi pelajaran yang menakutkan bagi siswa
3. Siswa senang dan termotivasi untuk belajar matematika
Merumuskan judul PKP : Peningkatan minat belajar matematika dengan menggunakan metode permainan
Nama : Lili Suryani
NIM : 857037132
Pokjar : Kedaton – Bandar Lampung
Prodi : S1 PGSD
Judul Video yang di analisis : Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
Link Video yang di analisis : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/07/siswa-tidak-menyukai-pelajaran-matematika/
Identifikasi masalah dari video yang di analisis, yaitu :
1. Siswa kurang menguasai konsep dasar matematika
2. Siswa menganggap matematika sulit dan banyak rumus yang harus dihafal
3. Siswa kurang tertarik karena guru hanya menggunakan metode ceramah
4. Siswa belum menggunakan model pembelajaran yang tepat
5. Siswa belum memanfaatkan alat peraga dalam pembelajaran
6. Guru menyampaikan pelajaran dengan cara yang monoton dan membosankan
Alternatif pemecahan masalah, yaitu :
1. Perhatikan masalah yang dihadapi siswa
2. Segera cari strategi pembelajaran yang menarik
3. Mendatangkan nara sumber dapat memotivasi belajar siswa
4. Mengubah perspektif siswa tentang matematika
5. Mengajar matematika dengan cara yang berbeda
6. Menggunakan media belajar yang menarik
7. Mengajarkan metode yang mudah dan menyenangkan
8. Mencari pola atau metode yang menarik saat mengajar
Tujuan perbaikan dari video yang saya analisis yaitu :
1. Agar siswa lebih menyukai pembelajaran matematika
2. Matematika tidak menjadi pelajaran yang menakutkan bagi siswa
3. Siswa senang dan termotivasi untuk belajar matematika
Merumuskan judul PKP : “Peningkatan minat belajar matematika dengan menggunakan metode permainan”
Nama: Fatonah Agustin
Nim: 858540069
Setelah melihat vidio di atas yang berjudul “Siswa Tidak Menyyukai Pelajaran Matematika”. Kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran matematika karena alasan susah yang pada akhirnya mereka tidak mau menerima dan memahami. Dalam vidio tersebut seorang guru mempunyai alternatif dengan mendatangkan seorang arsitektur untuk menginspirasi siswa agar mau belajar matematika. Alternatif tersebut sudah bagus karena biasanya anak-anak akan termotivasi oleh seseorang, dengan begitu siswa mempunyai motivasi yang tinggi dan ingin belajar matematika lebih giat.
NOVIANTY ADINDA UMARDI
877674414
Hasil analisis yang bisa saya sampaikan adalah bahwa saya menemukan kekuatan dan kelemahan pada video tersebut.
Kekuatan yang ada pada video adalah dengan mendatangkan arsitek, yang mana itu salah satu kegiatan yang jarang ada pada pembelajaran. Dengan adanya hal berbeda dari biasanya pada pembelajaran, maka peserta didik pun akan merasa lebih antusias dalam belajar walaupun di mata pelajaran yang biasanya terasa menakutkan dan membuat pusing akan perhitungan.
Sedangkan kelemahan yang terdapat pada video tersebut adalah tidak ada nya media konkret yang bisa membuat peserta didik merasakan langsung pentingnya implementasi matematika pada pekerjaan seorang arsitek.
Sumber video:
https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/07/siswa-tidak-menyukai-pelajaran-matematika/
Assalamu’alaikum, saya riki Fernanda NIm 855718579 dari UPBJJ Bandar Lampung
Banyak guru menghadapi pelajaran matematika, termasuk disekolah saya.Menurut saya video ini, gurru melakukan inovasi dalam menyajikan media dalam pelajaran matematika dengan mendatangkan seorang arsitek.Dengan ini siswa termotivasi dan menjadi aktif di kelas.
Kelemahan guru tidak melakukan apersepsi.Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran sehingga siswa tidak memahami tujuan mempelajari materi yang sedang berlangsung. Guru tidak menguasai kelas sehingga banyak siswa yang ribut dan sibuk dengan kegiatannya sendiri.
Saran: Fokus guru harus merata pada setiap siswa dengan tidak hanya berdiri didepan kelas, guru bisa berkeliling dan berdiri ditengah kelas saat memberikan materi.Selain itu, guru juga harus menerapkan media yang menarik dan contoh media yang ada di sekitar siswa agar lebih mudah memahami pelajaran matematika dan menyukai pelajaran matematika .Dan ada baiknya juga pihak sekolah mengadakan kelas inspirasi dengan mendatangkan narasumber dari berbagai profesi untuk terlibat dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa.
Nama : riki fernanda
Nim : 855718579
Banyak guru menghadapi pelajaran matematika, termasuk disekolah saya.Menurut saya video ini, gurru melakukan inovasi dalam menyajikan media dalam pelajaran matematika dengan mendatangkan seorang arsitek.Dengan ini siswa termotivasi dan menjadi aktif di kelas.
Kelemahan guru tidak melakukan apersepsi.Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran sehingga siswa tidak memahami tujuan mempelajari materi yang sedang berlangsung. Guru tidak menguasai kelas sehingga banyak siswa yang ribut dan sibuk dengan kegiatannya sendiri.
Saran: Fokus guru harus merata pada setiap siswa dengan tidak hanya berdiri didepan kelas, guru bisa berkeliling dan berdiri ditengah kelas saat memberikan materi.Selain itu, guru juga harus menerapkan media yang menarik dan contoh media yang ada di sekitar siswa agar lebih mudah memahami pelajaran matematika dan menyukai pelajaran matematika .Dan ada baiknya juga pihak sekolah mengadakan kelas inspirasi dengan mendatangkan narasumber dari berbagai profesi untuk terlibat dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa.
Nama : RIki fernanda
Nim : 855718578
Banyak guru menghadapi pelajaran matematika, termasuk disekolah saya.Menurut saya video ini, gurru melakukan inovasi dalam menyajikan media dalam pelajaran matematika dengan mendatangkan seorang arsitek.Dengan ini siswa termotivasi dan menjadi aktif di kelas.
Kelemahan guru tidak melakukan apersepsi.Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran sehingga siswa tidak memahami tujuan mempelajari materi yang sedang berlangsung. Guru tidak menguasai kelas sehingga banyak siswa yang ribut dan sibuk dengan kegiatannya sendiri.
Saran: Fokus guru harus merata pada setiap siswa dengan tidak hanya berdiri didepan kelas, guru bisa berkeliling dan berdiri ditengah kelas saat memberikan materi.Selain itu, guru juga harus menerapkan media yang menarik dan contoh media yang ada di sekitar siswa agar lebih mudah memahami pelajaran matematika dan menyukai pelajaran matematika .Dan ada baiknya juga pihak sekolah mengadakan kelas inspirasi dengan mendatangkan narasumber dari berbagai profesi untuk terlibat dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa.
Nama : rikir fernanda
Nim : 855718578
Banyak guru menghadapi pelajaran matematika, termasuk disekolah saya.Menurut saya video ini, gurru melakukan inovasi dalam menyajikan media dalam pelajaran matematika dengan mendatangkan seorang arsitek.Dengan ini siswa termotivasi dan menjadi aktif di kelas.
Kelemahan guru tidak melakukan apersepsi.Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran sehingga siswa tidak memahami tujuan mempelajari materi yang sedang berlangsung. Guru tidak menguasai kelas sehingga banyak siswa yang ribut dan sibuk dengan kegiatannya sendiri.
Saran: Fokus guru harus merata pada setiap siswa dengan tidak hanya berdiri didepan kelas, guru bisa berkeliling dan berdiri ditengah kelas saat memberikan materi.Selain itu, guru juga harus menerapkan media yang menarik dan contoh media yang ada di sekitar siswa agar lebih mudah memahami pelajaran matematika dan menyukai pelajaran matematika .Dan ada baiknya juga pihak sekolah mengadakan kelas inspirasi dengan mendatangkan narasumber dari berbagai profesi untuk terlibat dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa.