silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

723 Comments

  1. Nama : FATMA AULIYA
    NIM : 856307047

    Dari tayangan video diatas dapat dilihat akar permasalahannya yaitu
    a. banyak siswa memiliki persepsi bahwa matematika itu sulit, membosankan, dan tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari.
    b. Siswa kesulitan melihat penerapan matematika dalam kehidupan nyata, sehingga sulit bagi mereka untuk menemukan relevansi dalam mempelajari materi tersebut.
    Untuk meningkatkan minat belajar siswa, Guru tersebut mencari solusi dan alternatif pembelajaran matematika agar siswa termotivasi yaitu dengan mendatangkan arsitek sebagai narasumber. Adanya narasumber dari dunia profesional seperti arsitek dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif.. Arsitek dapat memberikan contoh-contoh konkret bagaimana matematika digunakan dalam merancang bangunan, sehingga siswa dapat melihat langsung penerapan konsep matematika dalam kehidupan nyata. hal tersebut merupakan salah satu upaya yang baik untuk mengatasi permasalahan siswa yang tidak menyukai matematika. Namun, keberhasilan kegiatan ini tidak hanya tergantung pada kehadiran arsitek, tetapi juga pada perencanaan yang matang, partisipasi aktif semua pihak, dan evaluasi yang berkelanjutan.

  2. Nama : Elsa Fadilah
    NIM : 860025096
    PRODI : PGSD
    SEMESTER : 6
    ASAL : GARUT, JAWA BARAT

    Izin menanggapi video pembelajaran ini. Beberapa siswa menganggap matematika susah karena hanya sekedar melihatnya saja dimana matematika dipenuhi dengan angka yang puluhan atau ratusan dengan berabagai rumus yang menjadikan paradigma matematika itu susah muncul dibeberapa siswa. Berdasarkan video tersebut cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan
    1. Mencari tahu apa masalah yang dihadapi oleh siswa yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan atau menganggap matematika itu susah
    2. Guru harus pandai mencari dan mengatur strategi pembelajaran yang menarik agar siswa dibawa dalam pembelajaran matematika yang menyenangkan
    3. Memberikan motivasi kepada siswa untuk mau belajar matematika dan tidak takut susah terhadap pelajaran matematika

  3. NAMA : ELSA FADILAH
    NIM : 860025096
    PRODI : PGSD
    SEMESTER 6
    ASAL GARUT JAWA BARAT

    Beberapa siswa menganggap matematika susah karena hanya sekedar melihatnya saja dimana matematika dipenuhi dengan angka yang puluhan atau ratusan dengan berabagai rumus yang menjadikan paradigma matematika itu susah muncul dibeberapa siswa. Berdasarkan video tersebut cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan
    1. Mencari tahu apa masalah yang dihadapi oleh siswa yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan atau menganggap matematika itu susah
    2. Guru harus pandai mencari dan mengatur strategi pembelajaran yang menarik agar siswa dibawa dalam pembelajaran matematika yang menyenangkan
    3. Memberikan motivasi kepada siswa untuk mau belajar matematika dan tidak takut susah terhadap pelajaran matematika

  4. Nama : Novia Herawati
    NIM : 857866151

    Menurut pendapat saya mengenai vidio di atas ketika anak² tidak menyukai pelajaran matematika sebagai guru kita jangan putus asa dan mudah menyerah kita harus bisa meyakinkan anak² tersebut kalau pelajaran matematika sangatlah penting. Guru juga bisa merancang rencana pembelajaran matematika supaya menarik, berfariasi dan tidak bosan dan membuat anak² menjadi senang dengan pelajaran matematika. Contohnya sebagai guru kita bisa memakai alat peraga untuk mempraktikkan atau menjelaskan materi tersebut supaya pembelajaran menjadi menarik dan berfariasi.

  5. Tidak banyak siswa yang menyukai pembelajaran matematika. Sebagai guru, kita harus memfasilitasi siswa dan memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Agar minat siswa terhadap pelajaran matematika lebih banyak dan hasil belajarnya pun meningkat.

  6. Nama : Wenda Merahwati
    Nim : 856308737
    program studi : PGSD Masukan Guru Dalam jabatan (In service)

    setelah saya menyaksikan video “Siswa tidak Menyukai Pelajaran Matematika” saya temukan dari video terlihat jelas bahwa siswa tidak menyukai pelajaran tersebut, mungkin karena matematika merupakan pelajaran yang rumit, atau mungkin juga paparan guru tidak menarik buat mereka. menurut saya guru bisa mencari strategi lagi seperti memberikan ice breaking di awal pelajaran, atau bisa juga memberikan apersepsi atau motifasi sehingga siswa tersebut bersemangat dan antusias ketika kita akan memulai pembelajaran.
    dalam video tersebut guru menghadirkan narasumber agar siswa tertarik dan lebih menyukai pelajaran matematika, itu cukup bagus menurut saya, karena anak-anak akan fokus mendengarkan jika ada orang baru yang bisa memberikan motifasi bagi mereka. namun dalam memilih narasumber sebaiknya memilih narasumber yang lebih mengerti tentang peserta didik tidak hanya memaparkan materi saja tapi lebih banyak berinteraksi dengan siswa sehingga siswa lebih bersemangat lagi.

  7. NAMA : RETNOWATI
    NIM : 857740185
    POKJAR : KUDUS
    Dari video pembelajaran tersebut dapat saya analisis sebagai berikut:
     Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Siswa merasa antusias dan semangat dengan menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang memberikan pengalaman belajar yang berbeda, sehingga siswa merasa lebih tertarik dan tidak jenuh.
     Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Beberapa siswa mungkin terlalu fokus pada narasumber dan cerita mereka, sehingga kurang memahami konsep matematika yang ingin disampaikan.
     Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru menjelaskan bagaimana matematika digunakan dalam pekerjaan mereka, siswa jadi paham bahwa materi yang dipelajari bukan sekadar teori, tapi bisa diterapkan dalam berbagai bidang
     Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
     Siswa merasa bahwa matematika memiliki manfaat nyata karena dipraktikkan oleh berbagai profesional, seperti insinyur,
     Siswa dan nara sumber belum ada sesi diskusi
     Belum menggunakan multimedia LCD & Proyektor supaya lebih menarik
     Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
     Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa
     Menyederhanakan Materi dari Narasumber
     Memanfaatkan Teknologi Pembelajaran Secara Maksimal
     Variasi dalam Pemilihan Narasumber dan Profesi
     Peningkatan Kompetensi Guru dalam Media Pembelajaran
    Demikian terima kasih

  8. Nama : Fransisikus Lasah
    Nim : 837258687
    UPBJJ : Samarinda
    Salut : Tunas Mandiri Kutai Barat

    Berdasarkan analisis dari video pembelajaran, berikut adalah hasilnya:

    – Bagaimana tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru?
    Siswa menunjukkan antusiasme dan semangat karena kehadiran narasumber dari berbagai latar belakang, yang memberikan pengalaman belajar yang bervariasi. Ini membuat siswa lebih tertarik dan tidak merasa bosan.

    – Apa kelemahan guru dalam proses pembelajaran secara keseluruhan?
    Beberapa siswa mungkin terlalu terfokus pada narasumber dan cerita mereka, sehingga kurang memahami konsep matematika yang harus disampaikan.

    – Apa kelebihan guru dalam pembelajaran keseluruhan?
    Guru menjelaskan penerapan matematika dalam berbagai pekerjaan, membuat siswa menyadari bahwa materi yang dipelajari tidak hanya teori, tetapi juga dapat diterapkan di banyak bidang.

    – Apa hal-hal unik yang ditemukan dalam video terkait tindakan guru saat pembelajaran?
    – Siswa merasakan manfaat nyata dari matematika karena diterapkan oleh berbagai profesional, seperti insinyur.
    – Belum ada sesi diskusi antara siswa dan narasumber.
    – Penggunaan multimedia seperti LCD dan proyektor belum dimanfaatkan untuk menarik perhatian siswa.

    – Setelah mengevaluasi kelemahan dan kelebihan guru yang teramati di video, langkah-langkah apa yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa depan?
    – Meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa.
    – Menyederhanakan materi yang disampaikan oleh narasumber.
    – Memanfaatkan teknologi pembelajaran secara optimal.
    – Menghadirkan variasi dalam pemilihan narasumber dan profesi.
    – Meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan media pembelajaran

  9. Nama : Eka Aktanti Linafia
    Nim : 877693288
    Universitas Terbuka Cempaka Pati

    Setelah melihat video di atas permasalahan yang terjadi dengan siswa yg tidak menyukai pelajaran matematika sebenarnya tidak dialami oleh bapak guru tersebut saja ,, tetapi saya rasa hampir semua guru mengalami permasalahan yang sama yaitu anak tidak suka belajar matematika,,, dengan bapak guru tersebut mendatangkan seorang insinyur sebagia media pembelajaran nya Makah saya rasa itu sudah bisa menjadi solusi bagi siswa yg tidak suka pelajaran matematika, dengan menunjukkan gambar bangunan yg besar megah dan bagus maka itu bisa membuat siswa menjadi semangat belajar dan menyukai pelajaran matematika Krn tertatik untuk dapat membuat design bangunan yg megah seperti yang di perlihatkan oleh insinyur tersebut,,, jadi kita sebagai guru harus lebih kreatif lagi untuk bisa mengembangkan pembelajaran yg Manarik siswa untuk mau belajar dan menyukai semua mata pelajaran yg di sampaikan bapak ibu guru terutama dalam video ini adalah pelajaran matematika

  10. Nama : Tatik Ristiyawati
    NIM: 858542919
    Ijin menanggapi video tetang “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika”
    Guru tersebut telah melakukan upaya yang sangat baik dalam mengubah persepsi siswa terhadap matematika. Dengan mengundang narasumber dari profesi lain, guru telah berhasil menunjukkan relevansi matematika dalam kehidupan nyata. siswa juga sangat antusias, ini adalah pendekatan yang sangat efektif karena dapat menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari.
    Untuk kelemahan guru pada video tersebut adalah pengelolaan waktu dan metode pembelajaran yang kurang variasi dan untuk kelebihannya adalah guru tersebut sangat kreatif dengan mendatangkan nara sumber dari profesi lain sedangkan hal unik dalam video tersebut yaitu kolaborasi dengan profesi lain, hal ini sangat bermanfaat untuk memperbaiki kualitas pembelajaran matematika dengan lebih menyenangkan.

    Terima kasih.

Leave a Reply