silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Miftakhul Munir
NIM : 858848195
Setelah saya menganalisis video tersebut, saya menemukan ada kelemahan yang dimiliki oleh guru tersebut di dalam pembelajaran, seperti belum adanya sesi pembukaan awal pembelajaran, apersepsi, absens, serta ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa.
Reaksi siswa terhadap pembelajaran guru terlihat antusias dan happy, karena metode yang digunakan untuk menghafal rumus ( bernyanyi) sangat membantu anak anak dalam menghafal rumus dengan mudah
Akan tetapi peran guru dalam pembelajaran ini sangat luar biasa karena siswa yang menganggap pelajaran matematika sulit akan sedikit demi sedikit tertarik untuk belajar. Hingga suatu saat nanti mereka akan enjoy ketika mempelajari pelajaran tersebut
Sekian terimakasih
Nama Pendi Cordias Lombu
Nim 855864485
Matematika sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman matematika yang kuat dari kecil akan menjadi fondasi yang kokoh untuk pembelajaran dan untuk menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari. Namun para siswa sebagian besar banyak yang tidak menyukai pelajaran matematika ini. Seperti dalam video tersebut Siswa tidak menyukai pelajaran matematika namun guru melakukan usaha yang sangat baik dalam mengubah pandangan siswa terhadap pelajaran matematika yang tidak disukai menjadi sangat bersemangat dan antusias. guru menghadirkan narasumber yang berperan dalam pembelajaran matematika, guru berhasil menunjukkan bagaimana matematika relevan dan sangat penting dalam kehidupan nyata.
Nama : SABRINA DWI REZA
Nim : 857764059
Dari vidio yang saya amati terdapat beberapa hal siswa tidak menyukai pelajaran matematika yaitu guru tidak ada pembuka awal pelajaran, tidak ada absensi, dan tidak ada media pembelajaran. Akan tetapi ada usaha dari guru tersebut yaitu mendatangkan narasumber sebagai penyemangat agar siswa tertarik pada pelajaran matematika.
Nama : Lia Hariyani Daulay
Nim : 878249128
Berdasarkan video yang telah saya tonton di atas, maka dapat saya berikan suatu pengamatan bahwa siswa tidak menyukai pelajaran matematika karena tidak ada variasi pembelajaran yg diberikan kepada siswa, akibatnya siswa merasa bosan dan tidak menarik perhatian bagi siswa. Cara mengajar guru dalam video tersebut juga monoton, pembelajaran tidak interaktif, tidak ada memberikan suatu rangsangan semacam ice breaking sehingga dapat menarik perhatian siswa. Kemudian, guru tersebut tidak menggunakan media pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik dan gembira dengan pembelajaran matematika itu, siswa juga tidak memahami betul tentang pelajaran tersebut. Kita bisa lihat, setelah ada narasumber yg memberikan media berupa gambar, barulah siswa merasa tertarik dan fokus pada pembelajaran. Menurut hemat pikir saya, dalam pembelajaran perlu adanya media yg digunakan agar siswa memahami pelajaran, juga menarik perhatian siswa, motivasi siswa. Sehingga hasil belajarnya menjadi baik.
Nama : Gina Fitri Lutfiana
NIM : 877635333
Prodi : S1 PGSD UPBJJ UT JAKARTA
Banyak siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang rumit sehingga cenderung malas mempelajarinya. Untuk mengubah persepsi ini, guru menghadirkan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan manfaat belajar matematika dan memperlihatkan sisi asyiknya dalam kehidupan sehari-hari.
Tanggapan: Positif:
Relevansi dalam kehidupan nyata: Melibatkan narasumber dari berbagai profesi membantu siswa memahami bahwa matematika memiliki aplikasi nyata yang penting dalam berbagai bidang pekerjaan.
Memotivasi siswa: Melihat manfaat nyata dari matematika dapat memotivasi siswa untuk lebih serius mempelajari mata pelajaran ini.
Pendekatan variatif: Menggunakan narasumber menciptakan suasana pembelajaran yang lebih dinamis dan tidak monoton.
Negatif:
Keterbatasan cakupan: Tidak semua profesi dapat dijelaskan dalam waktu yang terbatas, sehingga siswa mungkin hanya mendapatkan gambaran sebagian kecil dari manfaat matematika.
Efektivitas pada tiap siswa: Metode ini mungkin kurang efektif bagi siswa yang membutuhkan pendekatan lebih personal dalam mengatasi kesulitan belajar matematika.
Resiko persepsi selektif: Siswa mungkin hanya tertarik pada aspek yang menurut mereka “asyik” tanpa mendalami konsep yang menjadi dasarnya.
Secara keseluruhan, metode ini merupakan cara inovatif untuk membuat matematika lebih menarik, namun tetap perlu dikombinasikan dengan strategi pembelajaran lain yang mendukung pemahaman konsep secara mendalam
Nama: ULvah Sayyidah
Nim : 858430062
Alamat : Prokjar Sukses Tanah Grogot Kalimantan Timur
komentar:
Dari video ini langsung kemateri permasalahan yaitu siswa tidak menyukai pembelajaran matematika tidak ada memberikan sapaan diawal, terlihat saat guru memberitahu pelajaran matematika, anak-anak bersorak seakan tidak suka, namun setelah guru memberitahu akan ada narasumber dari luar sekolah anak-anak bertepuk tangan gembira. ini menjadi salah satu cara agar anak antusias untuk belajar matematika. narasumber tersebut juga terlihat memberikan semangat dan contoh dari pentingnya matematika dalam pekerjaan sebagai insinyur, seketika anak-anak menyukai karena narasumber tersebut memerlihatkan hasil rancangan nya yaitu berupa gedung, dengan belajar matematika insinyur tersebut dapat menghitung dan mengukur dengan baik.
selanjutnya, tidak ada penutupan dari narasumber, vidio langsung beralih kemateri dalam kelas dan saya lihat juga tidak ada dari narasumber atau guru tersebut memberikan kesempatan tentang pendapat mereka setelah mendengarkan cerita dari narasumber.
Nama : silvi anastasya
Nim : 859871166
Ubjj : UT Medan
Setelah saya melihat video pembelajaran di atas,saya dapat mengambil beberapa poin mengenai kekurangan dan kelebihan video pembelajaran ini
Reaksi pada anak :
Menurut saya reaksi anak pada pembelajaran matematika pada siang hari sangat tidak efisien,karena anak terlihat tidak bersemangat serta mereka lebih asyik ngobrol sendiri serta bermain bersama temannya:
Kelemahan guru :
Pengambilan jam pembelajaran yang kurang tepat .pembelajaran matematika jika kita belajarnya pada siang hari maka sebagian banyak anak tidak fokus akan materi yang di ajarkan terutama kelas rendah .selain itu,yang saya lihat guru tersebut hanya fokus memberikan materi saja,serta guru tidak mengajak siswa ice breaking agar siswa semakin semangat.
Kelebihanan :
Menurut saya kelebihan dari pembelajaran di atas adalah dari suara gurunya agar lantang sehingga membuat anak – anak yang asing sendiri,yang kedua guru sudah menyiapkan media pembelajaran seperti gambar yang membuat suasana kelas menjadi fokus kembali,serta guru juga melakukan tanya jawab kepada siswa sehingga siswa berantusiasi menjawab
Saran dan upaya :
Menurut saya memilih jam yang tepat untuk melakukan pembelajaran itu penting termasuk pembelajaran matematika.kemudian guru dapat menggunakan metode yang menarik seperti permainan,pemberian tugas,sehingga peserta didik lebih fokus lagi.
Nama : Helma Aulia
Nim : 858431849
seletah saya amati dari video tersebut kelemahan nya ada pada guru tidak membuka pembelajaran awal seperti membaca doa sebelum belajar,absen dan untuk membangkitkan semangat belajar siswa, adapun anak – anak yang sibuk sendiri dengan temanya tanpa memperhatikan guru yang ada didepan dan hal lain yang tidak membuat anak – anak suka dalam pelajaran matematika yaitu mereka menganggap bahwa matematika itu sulit terutama cara guru dalam mengajar .
kelebihan dari video tersebut ada upaya guru dalam mengatasi masalah tersebut yaitu
Upaya diantaranya adalah mengundang Narasumber. Dengan mengundang narasumber dari berbagai profesi hal ini diharapkan dapat memicu minat siswa dalam pelajaran matematika
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran:
Siswa menunjukkan ketertarikan dan semangat belajar yang meningkat ketika guru menghadirkan narasumber dari berbagai profesi, seperti arsitek, untuk menjelaskan manfaat dan keasyikan belajar matematika.
2. Kelemahan guru dalam pembelajaran:
• Kurangnya sapaan atau pembukaan yang ramah kepada siswa, sehingga suasana kelas kurang nyaman.
• Metode pembelajaran masih didominasi oleh ceramah, kurang melibatkan siswa secara aktif.
• Minimnya penggunaan alat peraga yang dapat membantu siswa memahami konsep abstrak dalam matematika.
• Evaluasi atau kesimpulan pembelajaran tidak melibatkan siswa secara langsung.
• Pendekatan pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher-centered).
3. Kelebihan guru dalam pembelajaran:
• Berinisiatif menghadirkan narasumber dari berbagai profesi untuk menunjukkan relevansi matematika dalam kehidupan nyata.
• Berusaha membuat siswa menyukai pelajaran matematika dan menghilangkan rasa malas dalam belajar.
4. Hal-hal unik dalam pembelajaran:
Guru menghadirkan seorang arsitek ke dalam kelas untuk menjelaskan pentingnya matematika dalam profesinya, seperti dalam perhitungan bangun ruang dan volume. Pendekatan ini memberikan gambaran nyata kepada siswa tentang aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari.
5. Usulan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran:
• Memulai pembelajaran dengan sapaan hangat untuk menciptakan suasana yang nyaman.
• Menggunakan metode pembelajaran yang lebih interaktif, seperti diskusi kelompok atau permainan edukatif.
• Memanfaatkan alat peraga atau media visual untuk membantu pemahaman konsep abstrak.
• Melibatkan siswa dalam proses evaluasi dan penarikan kesimpulan agar mereka lebih aktif.
• Mengadopsi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered) untuk meningkatkan partisipasi dan keterlibatan mereka.
NAMA : NUR HAMIDAH BR. PANE
NIM : 855864027
PRODI : PGSD S1
SEMESTER : 8
UPBJJ UT : MEDAN
Menurt saya dalam video pembelajaran di atas mengenai “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika”,guru tidak memulai awal pembelajaran dengan cara yang menarik dan guru langsung menjelaskan materi kepada peserta didik, harusnya guru membawa alat peraga agar peserta didik tertarik untuk belajar matematika. Dengan membawanya narasumber ke dalam kelas dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep dan mendengarkan seseorang yang sukses dalam menggunakan matematika dapat membantu peserta didik menumbuhkan minat dalam belajar.