silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

911 Comments

  1. NAMA : MARIANI MAGDALENA SIAGIAN
    NIM : 860123983

    Berdasarkan vidio pembelajaran yang sudah saya tonton, menurut pendapat saya ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari cara mengajar guru tersebut.
    Adapun kelebihan dari pembelajaran tersebut yaitu :
    a). Guru mengelola kelas dengan baik
    b). Guru menggunakan media pembelajaran
    c). Sebagian besar siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran
    d). Berlangsungnya kegiatan tanya jawab antara siswa dan guru didalam kelas

    Adapun kelemahan dari pembelajaran tersebut yaitu :
    a). Guru tidak melakukan kegiatan awal pembuka pembelajaran
    b). Masih ada sebagian siswa yang tidak mendengarkan penjelasan dari guru
    c). Guru tidak melaksankan evaluasi dan tindak lanjut dalam kegiatan pembelajaran.

  2. Menurut Saya video pembelajaran di atas sangat berguna, dimana hasil Analisis saya terhadap video tersebut, menurut saya Bapak guru Mengundang Insinyur sebagai contoh pekerjaan dalam bidang arsitek yang dimana pekerjaan tersebut berhubungan dengan Matematika, secara tidak langsung siswa akan memahami betapa pentingnya belajar matematika di kehidupan mereka sehari-hari, cara seperti ini membantu guru untuk memotivasi pada diri siswa sehingga mereka semangat belajar matematika. Karena anak-anak sd masih tidak menyukai pelajaran matematika ini.

  3. Nama : Arum Indah Nur Fitriana
    NIM : 858005612
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ UT : UT Yogyakarta
    Assalamualaikum wr. wb. Mohon ijin menjawab bapak/ibu tutor.
    Setelah mengamati video tersebut, menurut saya mengapa anak-anak tidak menyukai pelajaran matematika, dari video tersebut saat awal pembelajaran guru terlalu monoton, tidak ada apersepsi, motivasi semangat. umpan verbal balik.
    Untuk kelebihannya, guru tersebut berupaya mendatangkan narasumber agar gaya belajar anak bervariasi.
    Sekian dari saya kurang lebih mohon maaf.
    Wassalamuaikum wr. wb

  4. Nama : Vice Selvia
    NIM. : 856082665
    Menurut saya setelah saya menonton video pembelajaran matematika tersebut, sepertinya metode pembelajaran yang monoton atau kurangnya relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari sehingga membuat siswa merasa bosan selama proses pembelajaran. Sebaiknya selama proses pembelajaran matematika, guru perlu pendekatan yang lebih interaktif dan menarik, sehingga penggunaan permainan, teknologi, dan konteks praktis, untuk meningkatkan keterlibatan siswa, dengan cara ini di harapkan minat siswa terhadap matematika dapat meningkatkan dan menjadikannya lebih menyenangkan dan bermanfaat.

  5. Nama : Ayu Sutinah
    NIM : 857154173
    Prodi : PGSD S1

    Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam video tersebut mungkin karena guru nya tidak menggunakan alat media atau alat praga yang menarik dalam mengajar matematika. Karena ngajar matematika dikelas rendah harus menggunakan alat praga, selain untuk menarik perhatian siswa, alat praga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak.

    Kelemahaan nya yaitu
    • Tidak menggunakan alat praga
    • Masih menggunakan media pembelajaran yang sederhana belum variasi
    • Tidak ada sapa pada siswa saat pembukaan pembelajaran

    Kelebihan nya yaitu
    • Guru mampu menghadirkan narasumber seorang arsitek yang sesuai dengan yang dibutuhkan
    • Guru dapat menambah motivasi siswa mempelajari matematika

  6. Nam: Ririn Febria yulanda
    Nim : 856260273
    Upbjj : Ut Padang
    Setelah saya amati dari vidio diatas,saya melihat kurang tertariknya siswa akan pelajaran matematika dikarenakan,kurangnya ice breaking guru dlm pembelajaran,kurangnya semangat untuk mengalihkan semangat untuk siswa,bahkan guru tersebut tidak mencari hal yang menarik untuk menumbuhkan semangat dan ketertarikan siswa akan pelajaran matematika,tidak menumbuhkan rasa penasaran yg tinggi terhadap pelajaran,sampai juga bisa menumbuhkan sifat bosan kepada masing-masing siswa.dan dihadirkan nya motivator insinyur arsitek dlm kelas tersebut bertujuan secara tidak langsung mengajarkan bagaimana matematika didalam pekerjaan dan menumbuhkan sifat penasaran siswa dalam pelajaran matematika,dengan cara motivator tersebut.

  7. Nama : FITRI RAHMA YANTI
    NIM : 856312561

    Assalamualaikum, izin menanggapi tentang video tersebut.
    Menurut saya usaha guru tersebut untuk siswa siswanya menyukai pelajaran matematika dengan mendatangkan narasumber dari luar menurut saya kurang lebih efektif, karena mungkin siswa akan termotivasi dengan hal tersebut untuk senang belajara matematika, namun jika guru yang mengajar, mengajar dengan cara yang membosankan atau kurang efektif maka siswa akan mungkin akan tetap tidak menyukai pelajaran matematika. Dilihat divideo guru masuk kelas langsung membuka untuk belajar, tanpa ada berdoa, absen dan menayakan kabar siswa untuk membuat mereka lebih nyaman dan santai. Menurut saya guru dapat melakukan perubahan metode pembelajaran, dengan membuka pembelajaran dengan berdoa, absen dan menanyakan kabar siswa. Serta bisa menggunakan media video dengan infokus sehingga proses pembelajaran tidam membosankan dan monoton sehingga dapat meningkatkan keinginan belajar semangat dan menyenangkan. Guru juga dapat melakukan icebreaking dengan membuat game yang berhubungan dengan materi pembelajaran agar dapat meningkatkan semangat siswa untuk kembali belajar. Sehingga siswa merasa belajar matematika itu menyenangkan. Guru juga dapat memberikan motivasi motivasi kepada siswa agar siswa semangat belajar.
    Sekian terima kasih, wassalamualaikum wr wb

  8. NAMA : WIJI DWI LESTARI
    NIM : 857855514
    PRODI : PGSD S1
    UPBJJ : UT SURAKARTA

    Dalam video pembelajaran di atas mengenai “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika”, guru memulainya langsung pada bagian inti pembelajaran. Tidak melalui kegiatan awal yang dimulai dari ucapan salam, berdoa, menanyakan kehadiran siswa. Selain itu guru langsung menjelaskan materi.
    Kelemahan :
    Metode pembelajaran masih berpusat pada guru, guru menjelaskan secara langsung tanpa melibatkan siswa. Sehingga pembelajaran terasa membosankan dan tidak menarik minat siswa untuk belajar matematika.

    Saran perbaikan :
    Guru memberikan pertanyaan pertanyaan pemantik yang membuat siswa penasaran tentang materi yang akan disampaikan serta menggunakan alat peraga saat menjelaskan materi. Selain itu guru bisa membangkitkan suasana belajar yang menarik dengan memberikan ice breaking.

    Dalam video pembelajaran diatas guru sudah berusaha memantik minat belajar siswa dengan mendatangkan narasumber seorang insiyur yang kompeten di bidangnya.

  9. Nama : Elvin Putri Jelita Ndruru
    NIM :859886016
    Setelah saya menonton video tersebut, saya menemukan ada banyak tahap-tahap pembelajaran yang belum dilakukan oleh guru tersebut. Pada kegiatan pendahuluan tidak ada pembukaan sama sekali dan langsumg masuk di inti kegiatan pembelajaran.
    Ada pun penyebab mengapa siswa tidak menyukai pelajaran matematika yaitu karna siswa tidak suka mengitung/malas menghitung,dan mengganggap matematika itu rumit. Dan kembali pada Guru yang mengajar jika Guru tersebut mengajar dengan menggunakan metode-metode yang dapat menarik perhatian siswa, maka siswa akan menyukai matematika. Dan kembali juga pada IQ seorang siswa yang tidak bisa dipaksakan untuk menyukai pelajaran matematika, yang IQ nya lebih dominan pada pembelajaran lain.

  10. Nama : Naili Nabilah
    Nim : 857605479
    Prodi : PGSD_S1
    Semester : 6

    Berdasarkan hasil video yang saya amati tentang mengapa siswa tidak menyukai pelajaran matematika yaitu guru tidak memulai pembelajarannya dengan cara yang menarik, seharusnya di awal pembelajaran bisa diawali dengan berdo’a, mengabsen kehadiran siswa, apersepsi, dan tujuan pembelajaran. Di dalam video tersebut juga terdapat kurangnya alat peraga ketika guru menjelaskan materi, tidak adanya ice breaking yang dapat membangkitkan semangat siswa, serta tidak diberi kesempatan untuk bertanya ketika ada siswa yang belum paham tentang materi yang telah disampaikan.
    Di dalam video tersebut juga terdapat upaya guru dalam mengatasi masalah, yaitu dengan mengundang narasumber supaya dapat memicu minat siswa terhadap pelajaran matematika.

Leave a Reply