silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Ratri Dwi Hastuti
Nim : 858085863
Pokja : Mempawah
dari video tersebut, kita harus mencoba jadikan proses belajar lebih menyenangkan dan releva dengan kehidupan sehari-hari.
1. Buat Belajar Menyenangkan:
– Gunakan media belajar yang menarik: Misalnya, gunakan benda-benda di sekitar untuk menghitung, mainkan permainan edukatif matematika, atau libatkan anak dalam kegiatan yang menyenangkan, seperti bermain game matematika online atau mengerjakan puzzle matematika.
– Kaitkan dengan kehidupan sehari-hari: Tunjukkan bagaimana matematika digunakan dalam situasi sehari-hari, seperti menghitung uang belanja, mengukur bahan makanan, atau menentukan waktu kegiatan.
– Jadikan matematika sebagai tantangan: Jangan buat anak merasa matematika sebagai beban, tetapi sebagai kegiatan yang menarik dan bisa mereka selesaikan.
2. Beri Dukungan Positif:
– Jangan memaksa: Jika anak kesulitan, jangan memaksa mereka. Beri mereka waktu untuk memahami konsep baru dan berikan dukungan yang penuh kasih sayang.
– Beri pujian dan penghargaan: Apresiasi setiap usaha dan pencapaian anak, meskipun kecil. Ini akan meningkatkan motivasi mereka untuk terus belajar.
– Ciptakan suasana belajar yang nyaman: Siapkan tempat belajar yang tenang dan teratur, dengan semua alat tulis dan bahan belajar yang mereka butuhkan.
Nama : Shela Dewi Mutiaraning Ramadani
NIM : 857839534
Dari video tersebut sangat terlihat kurangnya minat siswa pada mata pembelajaran matematika, permasalahan ini mungkin disebabkan karena adanya anggapan para siswa bahwa pelajaran matematika itu sangat sulit, dan guru tidak memotivasi sebelum pembelajaran dimulai, tidak melakukan ice breaking ,tidak mengabsen serta tidak memberikan pertanyaan pemantik. Metode guru tersebut masih menggunakan metode ceramah sehingga anak-anak terlihat bosan dengan pembelajaran matematika. Dan dapat dilihat setelah guru itu mendatangkan narasumber siswa jadi termotivasi untuk belajar matematika, maka sangat penting untuk guru agar pintar-pintar membuat RPP yang menarik dan memberikan motivasi kepada siswa agar pada setiap pembelajaran anak-anak tidak merasa bosan dan jenuh saat pembelajaran tersebut.
Permasalahan yang ada pada video tersebut yaitu siswa tidak menyukai pelajaran matematika hal ini ditunjukkan di awal pembelajaran matematika kelas gaduh dan kurang memperhatikan guru yang sedang menjelaskan materi. Hal ini dikarenakan adanya anggapan bahwa belajar matematika itu susah dan tidak penting dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya ini sangat tidak baik karena tidak memotivasi siswa belajar. Alternatif yang dilakukan oleh guru pada video tersebut yaitu dengan mendatangkan narasumber atau guru dari luar atau lintas profesi.
Setelah mengamati video tersebut,ada beberapa masalah yang sering terjadi ketika kita melakukan pembelajaran di kelas,sehingga pembelajaran akan terasa hambar dan kurang menarik,Guru terkadang mengajar dengan cara yang monoton, hanya menjelaskan tanpa melibatkan permainan, alat peraga, atau aktivitas kreatif.Tidak semua guru mengaitkan matematika dengan kehidupan nyata anak, sehingga terasa “jauh” dan membosankan.
Nama : Diah Arum Sari
NIM : 857001289
Pokjar : Salut Way Tuba
Dari video tersebut sangat terlihat kurangnya minat siswa pada mata pembelajaran matematika, permasalahan ini mungkin disebabkan karena adanya anggapan para siswa bahwa pelajaran matematika itu sangat sulit, dan guru tidak memotivasi sebelum pembelajaran dimulai, tidak melakukan ice breaking ,tidak mengabsen serta tidak memberikan pertanyaan pemantik. Metode guru tersebut masih menggunakan metode ceramah sehingga anak-anak terlihat bosan dengan pembelajaran matematika. Dan dapat dilihat setelah guru itu mendatangkan narasumber siswa jadi termotivasi untuk belajar matematika, maka sangat penting untuk guru agar pintar-pintar membuat RPP yang menarik dan memberikan motivasi kepada siswa agar pada setiap pembelajaran anak-anak tidak merasa bosan dan jenuh saat pembelajaran tersebut.
Syalom saya Atas nama Yesaya A Bako , ijin memberikan tanggapan terhadap video yang di analisis
Masalah yang di temukan di video tersebut adalah disaat memulai pembelajaran guru tidak memotivasi peserta didik untuk mengikuti pelajaran matematika ,sehingga peserta didik menganggap bahwa belajar mata pelajaran matematika itu tidak penting dan merasa bahwa tidak membawa manfaat . Di lain sisi siwa berpemikiran bahwa matematika itu pelajaran yang rumit sehingga siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika.
Solusi yang dapat diberikan adalah seperti memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar matematika karena nanti kedepannya siswa bisa berprofesi sebagai seorang ahli contohnya seperti yang ada dalam video guru mengundag seorang arsitek untuk datang langsung kesekolah untuk memberikan motivasi kepada siswa. Sehingga dengan motivasi dan juga gambaran nyata dari seorang arsitek tersebut bahwa dengan belajar matematika siswa bisa menjadi seperti seorang ahli tersebut dan bisa membuat banyak karya .
Sehingga dengan hal tersebut maka siswa memiliki ketertarikan untuk semangat dalam belajar matematika.
Demikian tanggapan saya terima kasih
Nama : RATI
Nim : 856576501
Setalah Saya menyimak vidio tersebut dapat kita simpulkan bahwa anak-anak sebenar nya bukan tidak menyukai pelajaran Matematika, hanya saja sebelum memulai pelajaran hendak nya guru memberi apresiasi, menanyakan kabar anak-anak, atau mungkin melakukan Ice Breaking terlebih dahulu dan menanyakan apakah anak-anak siap untuk memulai pelajaran hari ini. Kelebihan dari vidio tersebut guru mendatangkan narasumber yang mana membuat minat anak kembali bersemangat dan antusias untuk mengikuti pelajaran Matematika Nya.
Nama : Ncky Abizar
Nim. : 857364634
Pada video yang ditampilan pada laman GPO dengan judul “Siswa tidak menyukai pelajaran matematika” tersebut menunjukan tentang kondisi waktu pembelajaran matematika yang tidak di sukai oleh siswa dapat memengaruhi kondisi di kelas dan pembelajaran siswa oleh karena itu hal pertama yang harus guru lakukan yaitu mencari cara agar siswa menyukai pelajaran tersebut ada beberapa strategi agar siswa dapat menyukai pembelajaran matematika seperti :
– Membuat Suasana Belajar yang Menyenangkan seperti menonton animasi,bermain game yang berkaitan dengan pembelajaran
– memberikan motivasi
– Kaitkan dengan Kehidupan Nyata
Nama : Nicky Abizar
Nim : 857264634
Pada video yang ditampilan pada laman GPO dengan judul “Siswa tidak menyukai pelajaran matematika” tersebut menunjukan tentang kondisi waktu pembelajaran matematika yang tidak di sukai oleh siswa dapat memengaruhi kondisi di kelas dan pembelajaran siswa oleh karena itu hal pertama yang harus guru lakukan yaitu mencari cara agar siswa menyukai pelajaran tersebut ada beberapa strategi agar siswa dapat menyukai pembelajaran matematika seperti :
– Membuat Suasana Belajar yang Menyenangkan seperti menonton animasi,bermain game yang berkaitan dengan pembelajaran
– memberikan motivasi
– Kaitkan dengan Kehidupan Nyata
Nama: Maura agustrin
Nim: 856467141
dari video tersebut, kita harus mencoba jadikan proses belajar lebih menyenangkan dan releva dengan kehidupan sehari-hari.
1. Buat Belajar Menyenangkan:
– Gunakan media belajar yang menarik: Misalnya, gunakan benda-benda di sekitar untuk menghitung, mainkan permainan edukatif matematika, atau libatkan anak dalam kegiatan yang menyenangkan, seperti bermain game matematika online atau mengerjakan puzzle matematika.
– Kaitkan dengan kehidupan sehari-hari: Tunjukkan bagaimana matematika digunakan dalam situasi sehari-hari, seperti menghitung uang belanja, mengukur bahan makanan, atau menentukan waktu kegiatan.
– Jadikan matematika sebagai tantangan: Jangan buat anak merasa matematika sebagai beban, tetapi sebagai kegiatan yang menarik dan bisa mereka selesaikan.
2. Beri Dukungan Positif:
– Jangan memaksa: Jika anak kesulitan, jangan memaksa mereka. Beri mereka waktu untuk memahami konsep baru dan berikan dukungan yang penuh kasih sayang.
– Beri pujian dan penghargaan: Apresiasi setiap usaha dan pencapaian anak, meskipun kecil. Ini akan meningkatkan motivasi mereka untuk terus belajar.
– Ciptakan suasana belajar yang nyaman: Siapkan tempat belajar yang tenang dan teratur, dengan semua alat tulis dan bahan belajar yang mereka butuhkan.