silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama :Rumiati Ningsih
Nim : 856795186
Prodi : S1 PGSD
Dari vedeo pembelajaran ini terlihat dari awal guru masuk dan akan memulai pembelajaran, para siswa sudah menunjukkan ketidaksukaan terhadap pelajaran matematika, sehingga guru juga susah untuk mengkondisikan para siswa untuk fokus belajar. Akan tetapi setelah kedatangan seorang arsitek bangunan, para siswa mulai fokus mendengarkan cerita sang arsitek. Dengan demikian dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa jika ingin mengembangkan minat belajar siswa maka diperlukan strategi pembelajaran yang tepat dengan berbagai cara, salah satunya dapat mendatangkan seorang ahli dalam bidang matematika. Sekarang guru juga harus bisa merancang pembelajaran yang menarik dengan menggunakan berbagai media pembelajaran dan alat peraga yang nyata sehingga para siswa dapat mengikuti pelajaran tanpa beban dan akan tercipta kondisi belajar yang menyenangkan.
Nama : Gesty Trista Dewi
Nim. : 858902472
Kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran matematika Kalimat itu sudah sering sekali terdengar.
Dalam video tersebut menurut saya saat guru masuk siswa sudah memperlihatkan ketidaksukaannya terhadap matematika. Siswa asik sendiri dengan kegiatan mereka sendiri. Namun pada saat ada yang datang dan memberikan suasana dan cara belajar yang berbeda peserta didik mulai tertarik dan mau konsentrasi untuk belajar. Dengan demikian pembelajaran matematika harus menggunakan metode yang berbeda agar peserta didik lebih tertarik lagi. Seperti contoh untuk memahami bangun ruang dibutuhkan cara yang menarik contohnya merealisasikan bangun tersebut sehingga keaktifan siswa ikut serta dalam kegiatan tersebut sehingga peserta didik mudah fokus dan paham dalam pembelajaran matematika.
Nama : ULNASRI
Nim : 856214119
Program Studi: S1-PGSD
UPBJJ UT : Padang
Menurut saya ada sedikit cara agar siswa menyukai pelajaran matematika yaitu :
1.Kita dapat memperkenalkan matematika sambil bermain
2.Menanamkan pemahaman kepada siswa bahwa matematika itu mudah dan menarik
3.Kita harus bisa menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan
4.Selama proses pembelajaran jangan ada paksaan terhadap siswa sama sekali.
Dari video yang saya lihat, siswa tidak tertarik atau tidak bersemangat mengikuti pembelajaran matematika mungkin dikarenakan cara guru tersebut dalam mengajar terlalu monoton dan menegangkan, sehingga tidak ada ketertarikan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
NAMA : DWI LAILATUR ROHMAH
NIM : 857605225
POKJAR: JATILAWANG
PRODI : PGSD S1
BISMILLAH
Matematika sampai saat ini masih menjadi momok bagi para peserta didik,mereka menganggap matematika adalah pelajaran yang susah. Untuk menjadikan momok itu berubah menjadi hal yang menarik bagi siswa adalah tugas seorang guru.Guru harus pandai dan kreatif mengolah pembelajaran agar menjadi menyenangkan.Dalam video pembelajaran diatas guru melupakan appersepsi dalam hal ini menyiapkan peserta didik agar enjoy dan siap terlebih dahulu.,guru bisa memberikan penyegaran melalui ice breaking di awal pembelajaran agar anak fresh terutama di jam siang.Selain itu guru bisa menyediakan alat bantu berupa media pembelajaran yang menarik agar peserta didik tidak jenuh di pertengahan pembelajaran.Guru adalah fasilitator bagi peserta didiknya. Untuk tindakan guru mendatangkan ahli dalam video di atas adalah arsitek sudah tepat karena sesuai dengan materi pembelajaran saat itu.Dan untuk mengatasi agar anak yang rame pada saat pembelajaran video diatas,guru bisa mengubah posisi tempat duduk anak2 untuk diatur sedemikian rupa agar nyaman dan terpenting bisa meminimalisir anak cerita.Banyak cara yang bisa dilakukan guru untuk menjadikan pembelajaran asik menyenangkan yang nantinya akan menuju pembelajaran yang berhasil.
Nama : Fitri Noza
Nim : 858034193
Prodi : PGSD S1
Semester : 8
Setelah menonton video tadi,, pendapat saya emang pada dasarnya pembelajaran Matematika kurang di minati oleh siswa jadi kita sebagai guru harus pandai membuat strategi pembelajaran dan menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik minat siswa agar aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Assalamualaikum Wr.Wb
Nama : Hera nur azizah
Nim : 857304678
Pojkar : Badak putih
Program : PGSD
Semester : 1
Menurut pendapat saya Setelah melihat tayangan video tersebut, Menurut saya Pak Guru sudah menyampaikan dengan baik, namun sayangnya siswa kurang tertarik dan kurang fokus dalam mengikuti pelajaran dilihat dari vedeo pembelajaran ini terlihat dari awal guru masuk dan akan memulai pembelajaran, para siswa sudah menunjukkan ketidaksukaan terhadap pelajaran matematika, sehingga guru juga susah untuk mengkondisikan para siswa untuk fokus belajar. Dividio tersebut Menghadirkan narasumber memang tidak salah tetapi harus juga memerhatikan kebutuhan belajar siswa. Selain penggunaan media pembelajaran, melakukan pendekatan kepada siswa juga penting misalnya penguatan motivasi agar siswa bersemangat untuk maju dan menggugah rasa ingin tahu siswa. Sebab matematika merupakan ilmu yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari. atau mencari cara atau metode pembelajaran yang lebih menarik sehingga siswa dapat menyukai pembelajaran matematika.
Assalamualaikum Wr.Wb
Nama : Hera nur azizah
Nim : 857304678
Pojkar : Badak putih
Program : PGSD
Semester : 8
Menurut pendapat saya Setelah melihat tayangan video tersebut, Menurut saya Pak Guru sudah menyampaikan dengan baik, namun sayangnya siswa kurang tertarik dan kurang fokus dalam mengikuti pelajaran dilihat dari vedeo pembelajaran ini terlihat dari awal guru masuk dan akan memulai pembelajaran, para siswa sudah menunjukkan ketidaksukaan terhadap pelajaran matematika, sehingga guru juga susah untuk mengkondisikan para siswa untuk fokus belajar. Dividio tersebut Menghadirkan narasumber memang tidak salah tetapi harus juga memerhatikan kebutuhan belajar siswa. Selain penggunaan media pembelajaran, melakukan pendekatan kepada siswa juga penting misalnya penguatan motivasi agar siswa bersemangat untuk maju dan menggugah rasa ingin tahu siswa. Sebab matematika merupakan ilmu yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari. atau mencari cara atau metode pembelajaran yang lebih menarik sehingga siswa dapat menyukai pembelajaran matematika.
Menurut saya memyampaian yang bapak guru sampaikan sudah bagus. Tapi alangkah menyenangkan jika di sisipkan game sambil belajar agar siswa lebih semangat belajar dan siswa tidak beranggapan matematika itu ilmu yang sulit tetapi menyenangkan
Nama : Merriam Monica Loing
NIM : 859863169
Semester : 6
Jurusan : PGSD
dari Universitas Terbuka Manado
Setelah saya Menonton video tersebut, menurut saya sangat kelihatan melalui respon para siswa disaat pak guru menyampaikan bahwa akan belajar mata pelajaran Matematika , para siswa dikelas tidak menyukai mata pelajaran Matematika tersebut. tetapi melihat respon tersebut ternyata pak guru telah terlebih dahulu menyusun strategi yang menurutnya dapat memotifasi siswa agar lebih semangat belajar Matematika adalah dengan mendatangkan nara sumber langsung. HAl itu menurut saya sudah baik. untuk sedikit berbagi pengalaman, disaat saya akan mengajar matematika terlebih dahulu saya selalu memotivasi siswa dengan kata-kata: belajar Matematika itu Menyenangkan Tidak Susah, asalkan mau belajar Matematika akan terasa Mudah, karena terkadang sebelum belajar matematika siswa lebih dulu merasa bosan atau takut akan belajar karena mungkin ada siswa yang tidak terlalu menyukai berhitung, tetapi dengan adanya bimbingan dari guru menurut saya siswa juga lama-kelamaan akan menyenangi matematika.Guru juga Bisa mencari alternatif seperti membuat Materi matematika menjadi sebuah lagu agar nantinya lebih mudah diingat siswa. terima kasih
Nama :Nur Anggisnita Widyarini
Nim: 857761347
Pokjar: BKPP Kudus
Program : PGSD BI
Semester : 2
Menurut saya setelah melihat video tersebut, murid-murid tidak antuasias atau tidak suka pelajaran Matematika kita bisa lihat pada waktu Pak Gurunya masuk kelas semua kelas ramai seolah-olah bersorak tidak mau belajar Matematika.
Selain itu Pak Guru Matematika kurang bisa menguasai kelas dan langsung menjelaskan tentang materi matematika tanpa ada pendahuluan atau pertanyaan pemantik atau memberikan media pembelajaran tentang materi agar murid-murid menjawab dengan senang sehingga suasana kelas terlihat hidup. Selain itu Pak Gurunya langsung memberi tahu narasumber yang akan menjelaskan materi tersebut.
Selain itu dengan narasumber yang bagus bisa memotivasi murid agar lebih semangat dan mengetahui bahwa Matematika sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari untuk masa depan. Sehingga siswa bisa antusias dan siap belajar Matematika tanpa berpikir bahwa pelajaran Matematika itu pelajaran yang sulit.