silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut.

  1. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar ruangan untuk melakukan observasi,
  2. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok serta memberikan tugas yang berbeda pada setiap kelompok,
  3. Guru menetapkan batas area yang boleh ditempati siswa/kelompok dengan yang tidak boleh ditempati siswa/kelompok di taman agar tidak bergerak keluar area yang ditetapkan,
  4. Guru membatasi waktu pada setiap kelompok untuk melakukan observasi terhadap materi yang diamati,
  5. Guru mengatur rotasi setiap kelompok, sehingga keadaan siswa tidak bertumpuk pada satu area.

Cecep Kuatandi

Video ini menggambarkan pembelajaran observasi/Praktikum IPA diluar Kelas, pada awalnya dilaksanakan dengan tergesa-gesa tanpa perencanaan yang matang. Anak diperintahkan mengamati tumbuhan diluar kelas begitu saja tanpa arahan yang jelas dari sang guru, akibatnya pelaksannaan observasi tidak perjalan sesuai harapan karena anak tidak teratur, tidak terkendali oleh guru dengan baik.

Pada bagian kedua dibuat perencanaan sebagai solusi pengorganisasian kelas oleh guru dengan membuat kelompok-kelompok dan diberi arahan serta petunjuk dengan rinci, dilengkapai dengan lembar pengamatan dan akhirnya pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar serta pembelajaran menjadi sangat hidup, bergairah dan bermakna bagi siswa.

Tujuan Video ini adalah memberikan gambaran pada pemeriksa agar membuat perencanaan yang matang dan sesuai dengan materi serta tujuan pembelajaran terkait.

Proses Pembelajaran pada Video ini akan lebih bermakna jika peran serta anak didik dioptimalkan, sehingga anak akan lebih banyak mendapatkan pengalaman belajar yang berkesan dan mendalam.

Drs. Kamari, M.Pd.

Pada video tersebut tidak terdapat cara guru membuka dan menutup pembelajaran. Guru langsung melakukan kegiatan inti pembelajaran, Pada video tersebut guru menggunakan metode 5M (saintifik) walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Pada video tersebut tidak ada informasi mengenai tingkat kelas siswa yang melakukan observasi pratikum. Sebaiknya video tersebut memberikan informasi tingkat kelas siswa (kelas bawah atau atas) karena untuk kelas bawah mungkin solusi yang ada pada video ini kurang tepat jika diterapkan pada kelas bawah.

Video tersebut telah mengacu pada kurikulum nasional (kurikulum 2013).

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

239 Comments

  1. Nama : Hardifan Meyu Hulu
    Nim : 855847661
    Salut : Alasa
    Upbjj : UT Medan
    Setelah saya melihat dan menonton video tersebut siswa sudah sangat terlihat senang…..
    Namun, tidak teratur saat keluar ruangan pada saat melaksanaan observasi/praktikum di luar kelas, mereka berlarian kesana dan kemari, bermain bahkan ada yang usil dengan teman-teman yang lain. Hal tersebut terjadi karena gurunya tidak mengarahkan siswanya dengan baik dan juga gurunya belum membuat perencanaan untuk melakukan observasi, menyebabkan terjadinya kegaduhan tersebut. Menurut saya guru seharusnya memiliki peran bagaimana arah proses mata pembelajaran tahap demi tahap. Dan sebagai Saran: menurut saya perlu nya seorang guru membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum melakukan atau memberi tugas seperti observasi kepada siswa atau tugas- tugas lainnya, agar pelaksanaan nya berjalan dengan lancar…
    Sekian dan Terimakasih…

  2. Nama : Surya Dani Hasibuan
    Nim : 878253586

    Setelah menonton video tersebut, siswa senang sekali karena mereka melaksanakan observasi/praktikum diluar kelas pada saat pembelajaran IPA SD, namun siswa tersebut sangat gaduh sehingga guru terlihat kesal.

    1. Kelemahan pembelajaran dalam video tersebut adalah
    Guru yang tidak merencanakan pembelajaran dengan baik dan tidak mengelola lingkungan menjadi sumber belajar dengan baik menyebabkan proses pembelajaran menjadi gaduh dan tidak teratur dan tidak terkendali serta tidak tercapainya tujuan pembelajaran.

    2. Kelebihan pembelajaran dalam video tersebut adalah
    Guru memiliki mengatur peran bagaimana arah atau memutar alur proses pembelajaran tahap demi tahap. Pada pembelajaran melalui observasi/praktikum dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa sehingga siswa le
    bih mudah memahami materi pembelajaran IPA yg di ajarkan guru. Sebaiknya kita merencanakan dengan baik dan benar

    Kesimpulannya didalam pembelajaran ini siswa sangat senang saat meneliti langsung di luar kelas.

  3. Nama : Ruslianawati
    NIM : 860048158
    Pokjar : Sidomulyo
    UPBJJ : Bandar Lampung

    setelah saya menonton video di atas, tampak saat sedang melakukan praktikum IPA di luar kelas anak-anak gaduh dan sulit untuk di kendalikan. hal ini karena sebelum melakukan praktikum di luar kelas guru tidak memberikan pengarahan yang jelas sehingga anak-anak menjadi seperti tidak punya tujuan dan akhirnya hanya bermain di luar. maka cara-cara yang sudah di berikan di video, saya rasa sudah bagus dalam rangka membuat anak-anak lebih tertib sehingga tujuan yang hendak di capai saat belajar di luar bisa diraih. dan jangan lupa membrifing siswa agar selama di luar kelas anak-anak harus dapat menjaga sikap dan omongan juga bersama-sama menjaga lingkungan dengan tidak memetik bunga/daun sembarangan, membuang sampah pada tempatnya, dan mengambil sampah yang berserakan. Dengan begitu tujuan pembelajaran bisa tercapai dan anak-anak menjadi lebih peduli terhadap lingkungan.

  4. AHMAD ALFIAN
    NIM 857435961

    Setelah saya mengamati video pembelajaran di luar ruangan diatas tentang pembelajaran observasi/praktikum IPA di luar kelas.
    Menurut analisis saya, pada bagian awal terdapat aktivitas pembelajaran yang dilakukan tidak kondusif, hal tersebut karena guru tidak matang dalam membuat perencanaan yang jelas terhadap proses pembelajaran yang akan dilakukan, sehingga siswa tidak dapat terarahkan dengan baik.
    Namun, pada bagian selanjutnya terdapat perbedaan, disini guru terlebih dahulu memberikan pengarahan terhadap siswa sebelum siswa melakukan observasi, pertama-tama memberikan pengarahan serta bahan acuan untuk pengumpulan data yang terdapat dari buku LKS, selanjutnya membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, membagi daerah – daerah objek observasi, sehingga kegiatan observasi berjalan dengan tertib dan teratur.

  5. Nama: Irene Dewi Fitriani

    Nim: 857118002

    Berdasarkan video “Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD ” terlihat situasi siswa yang tidak terkontrol oleh guru, hal ini bisa disebabkan karena guru kurang mempersiapkan perencanaan pencegahan terhadap yang akan terjadi apabila pembelajaran dilakukan secara praktikum langsung ke sekitar. Guru perlu memberikan arahan secara jelas seperti yang terlihat pada video setelahnya, yaitu dengan memberikan LKS sebelum keluar ruangan, mengatur kelompok, dan membantu siswa dengan memberikan penjelasan masing-masing tentang tumbuhan yang sedang diamati. Pengenalan materi dengan praktikum mempermudah siswa dalam mengetahui hal-hal yang ada disekitar lingkungannya.

  6. Nama : Noor Arif
    NIM : 857718868
    Assalamualaikum wr. Wb.
    Mohon izin memberi tanggapan terkait vidio yang saya lihat. Menurut pendapat saya setelah melihat vidio tersebut siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan observasi/praktikum di luar kelas. Akan tetapi banyak siswa yang ribut atau melakukan kegaduhan dengan temannya pada saat melakukan kegiatan observasi tersebut, sehingga tidak melakukan kegiatan observasi dengan baik. Hal ini mungkin terjadi karena sebelum melakukan kegiatan observasi guru belum membuat perencanaan yang baik untuk kegiatan observasi tersebut sehingga kegiatan observasi yang dilakukan belum berjalan dengan baik.
    Namun setelah dievaluasi dan membuat perencanaan yang baik pada sesi berikutnya kegiatan observasi dapat berjalan dengan baik dan kondusif.
    Terima kasih.
    Wassalamualaikum wr. Wb.

  7. Nama : Nitya Andini Pratitaningsih
    NIM : 857862376

    1. Identifikasi masalah :
    a) Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan, langsung melakukan kegiatan inti pembelajaran
    b) Guru tidak memberikan instruksi sebelum memulai kegiatan observasi

    2. Analisis penyebab masalah :
    a) Guru kurang persiapan sebelum mengajar
    b) Guru menganggap siswa sudah bisa langsung paham tanpa diberikan instruksi sebelum memulai kegiatan

    3. Alternatif pemecahan masalah :
    a) Guru mempersiapkan diri sebelum memulai mengajar dengan membaca ulang rencana pelaksanaan pembelajaran dan modul ajar
    b) Guru seharusnya memberikan instruksi dengan detail dan jelas, bila perlu Guru memberikan worksheet/lembar kerja siswa yang memuat instruksi agar siswa jelas dan terarah ketika melakukan kegiatan observasi

  8. Nama : Ramadani
    Nim : 856827433

    Setelah menonton video tersebut, siswa senang sekali karena mereka melaksanakan observasi/praktikum diluar kelas pada saat pembelajaran IPA SD, namun siswa tersebut sangat gaduh sehingga guru terlihat kesal.
    1. Kelemahan pembelajaran dalam video tersebut adalah
    Guru yang tidak merencanakan pembelajaran dengan baik dan tidak mengelola lingkungan menjadi sumber belajar dengan baik menyebabkan proses pembelajaran menjadi gaduh dan tidak teratur dan tidak terkendali serta tidak tercapainya tujuan pembelajaran.

    2. Kelebihan pembelajaran dalam video tersebut adalah
    Guru memiliki mengatur peran bagaimana arah atau memutar alur proses pembelajaran tahap demi tahap. Pada pembelajaran melalui observasi/praktikum dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa sehingga siswa le
    bih mudah memahami materi pembelajaran IPA yg di ajarkan guru. Sebaiknya kita merencanakan dengan baik dan benar

    Kesimpulannya didalam pembelajaran ini siswa sangat senang saat meneliti langsung di luar kelas.

  9. Nama : Siti Khusnul Khotimah
    NIM : 877641147
    UPBJJ : Jakarta

    Setelah saya melihat video diatas. Terlihat jelas ada perbedaan diantara video pertama dan video kedua.
    Di video pertama adalah gambaran ketika guru kurang persiapan pada saat akan melakukan kegiatan praktikum/kegiatan pembelajaran. Hal ini juga bisa terjadi ketika materi yang disampaikan oleh guru kurang menarik, kurangnya pengarahan, dan minimnya pengawasan.
    Sedangkan di video kedua adalah gambaran kesiapan guru pada saat akan melakukan kegiatan praktikum/kegiatan pembelajaran. Terlihat siswa lebih terarah, lebih kondusif dan dapat melakukan praktikum dengan baik.
    Oleh karena itu, sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, guru harus memiliki perencanaan yang matang tentang materi yang akan diajarkan kepada siswa. Guru juga harus memberikan arahan yang efektif dan melaskan prosedur pelaksanaan kegiatan secara rinci yang mudah dipahami. Serta guru harus memberikan pengawasan intensif dengan mengamati secara langsung aktivitas siswa dan berikan bantuan jika diperlukan.

Leave a Reply