silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut.
- Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar ruangan untuk melakukan observasi,
- Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok serta memberikan tugas yang berbeda pada setiap kelompok,
- Guru menetapkan batas area yang boleh ditempati siswa/kelompok dengan yang tidak boleh ditempati siswa/kelompok di taman agar tidak bergerak keluar area yang ditetapkan,
- Guru membatasi waktu pada setiap kelompok untuk melakukan observasi terhadap materi yang diamati,
- Guru mengatur rotasi setiap kelompok, sehingga keadaan siswa tidak bertumpuk pada satu area.
Cecep Kuatandi
Video ini menggambarkan pembelajaran observasi/Praktikum IPA diluar Kelas, pada awalnya dilaksanakan dengan tergesa-gesa tanpa perencanaan yang matang. Anak diperintahkan mengamati tumbuhan diluar kelas begitu saja tanpa arahan yang jelas dari sang guru, akibatnya pelaksannaan observasi tidak perjalan sesuai harapan karena anak tidak teratur, tidak terkendali oleh guru dengan baik.
Pada bagian kedua dibuat perencanaan sebagai solusi pengorganisasian kelas oleh guru dengan membuat kelompok-kelompok dan diberi arahan serta petunjuk dengan rinci, dilengkapai dengan lembar pengamatan dan akhirnya pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar serta pembelajaran menjadi sangat hidup, bergairah dan bermakna bagi siswa.
Tujuan Video ini adalah memberikan gambaran pada pemeriksa agar membuat perencanaan yang matang dan sesuai dengan materi serta tujuan pembelajaran terkait.
Proses Pembelajaran pada Video ini akan lebih bermakna jika peran serta anak didik dioptimalkan, sehingga anak akan lebih banyak mendapatkan pengalaman belajar yang berkesan dan mendalam.
Drs. Kamari, M.Pd.
Pada video tersebut tidak terdapat cara guru membuka dan menutup pembelajaran. Guru langsung melakukan kegiatan inti pembelajaran, Pada video tersebut guru menggunakan metode 5M (saintifik) walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Pada video tersebut tidak ada informasi mengenai tingkat kelas siswa yang melakukan observasi pratikum. Sebaiknya video tersebut memberikan informasi tingkat kelas siswa (kelas bawah atau atas) karena untuk kelas bawah mungkin solusi yang ada pada video ini kurang tepat jika diterapkan pada kelas bawah.
Video tersebut telah mengacu pada kurikulum nasional (kurikulum 2013).
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama : sela monika
Nim : 856988855
Pokjar : Natar
UPBJJ : Bandar Lampung
Assalamualaikum
setelah melihat cuplikan video di atas tentang masalah siswa siswi tak terkendali saat melakukan praktikum di luar kelas
solusi yang dapat diberikan iyalah
1. sebelum melakukan praktik Guru harus memberikan aturan seperti :
-membagi kelompok agar lebih teratur
-menunjuk ketua pada setiap kelompok agar bertanggung jawab pada kelompoknya
-memberikan tugas yang fokus, dan berbeda pada setiap kelompok agar siswa lebih berkonsentrasi pada tugas
-memberikan batas area dan waktu.
langkah langkah di atas dapat di gunakan agar siswa siswi lebih kondusif teratur dan paham apa yang sedang di kerjakan.
terimakasih wassalam.
Nama: IRA PURWATI
Nim : 858402475
UPBJJ: Samarinda
Analisis saya pada masalah tersebut diatas, kurangnya persiapan guru dalam melakukan kegiatan observasi di lingkungan sekitar membuat situasi dan kondisi pembelajaran kurang kondusif dan efektif dan menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai, untuk solusi tersebut maka sebaiknya sebelum kita membawa siswa melakukan kegiatan observasi terlebih dahulu kita:
1. Membuat perencanaan pembelajaran yang tepat baik dari penetapan waktu, model/metode, tahapan
pembelajarannya.
2. Membuat alat evaluasi baik itu LKS ataupun media lainnya
3. membentuk kelompok yang efektif
4. memerikan tata tertib
5. membimbing secara bertahap
dengan demikian diharapkan akan tercipta pembelajaran yang aktif , kreatif dan kondusif
terimakasih
Nama : Fitri Melati Sukma
Nim : 857112216
Program studi : S1- PGSD
Dari video yang saya simak terlihat bahwa guru tersebut memiliki beberapa kesulitan dalam melakukan pembelajaran IPA dan usaha ny untuk menemukan solusi bisa di raih satu persatu walaupun hal tersebut belum bisa menjadi jalan keluar yang tepat atas permasalahan yang ada akan tetapi lambat Laun semua pasti akan bisa terselesaikan seiring berjalannya waktu dan kemampuan seorang pendidik yang kian bertambah luas dan baik.
Nama: TRI ARIYANI
Nim : 857763624
UPBJJ: Semarang
Analisis saya setelah melihat video di atas ada masalah / kendala yang dihadapi guru ketika pembelajaran praktik di luar kelas. Hal ini terjadi karena kurangnya persiapan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran, sehingga situasi dan kondisi pembelajaran tidak terkendali menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai.
Untuk solusi sebaiknya sebelum kita membawa siswa melakukan kegiatan observasi terlebih dahulu mempersiapkan :
✓ Membuat perencanaan pembelajaran yang tepat.
✓ Membuat alat evaluasi.
✓ Membentuk kelompok yang efektif
✓ Memerikan tata tertib termasuk membagi tempat tiap kelompok
✓ Membimbing secara bertahap
dengan poin-poin tersebut diharapkan tercipta pembelajaran yang aktif , kreatif dan kondusif.
Terimakasih 🙏
Nama : Masriani
NIM : 859896017
Didalam video yang saya lihat, seandanya kita sebagai pendidik tidak memiliki rencana pembelajaran yang matang apalagi ketika melakukan kegiatan diluar kelas, maka yang akan terjadi adalah tidak akan efektifnya kegiatan proses belajar mengajar tersebu dan tidak akan membangun pengalaman belajar yang baik bagi siswa.
sudah seharusnya sebelum melakukan pembelajaran kita memiliki rencana atau rancangan kegiatan yang akan dilakukan bersama siswa agar siswa dapat lebih terarah dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
NAMA : IFAN YUNIR AZHARI
NIM : 856445343
UPBJJ UT : PEKANBARU
MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
TUTOR : MARHENDRI, M.Pd, Drs.
Instrumen refleksi sebagai berikut :
1. Bagaimana reaksi anak/peserta didik terhadap aktivitas pembelajaran yg dilakukan guru?
Jawab: Video ini menggambarkan pembelajaran observasi/Praktikum IPA diluar Kelas, di awalnya dilaksanakan dengan tergesa-gesa tanpa perencanaan yang matang. Anak diperintahkan mengamati tumbuhan diluar kelas begitu saja tanpa arahan yg jelas dari oleh pengajar, akibatnya pelaksannaan observasi tak perjalan sinkron harapan karena anak tak teratur, tidak terkendali sang guru dengan baik.
2. Secara holistik apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: pada video tadi tidak ada cara pengajar membuka dan menutup pembelajaran. pengajar eksklusif melakukan kegiatan inti pembelajaran, pada video tadi guru memakai metode 5M (saintifik) walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, di video tadi tidak terdapat berita mengenai taraf kelas peserta didik yg melakukan observasi pratikum. usahakan video tersebut menyampaikan berita tingkat kelas peserta didik (kelas bawah atau atas) karena buat kelas bawah mungkin solusi yang terdapat di video ini kurang tepat Jika diterapkan pada kelas bawah.
3. Secara holistik apa saja kelebihan pengajar pada melakukan pembelajaran?
Jawab: pengajar melakukan tanya jawab kepada peserta didik buat mengetahui telah seberapa Paham peserta didik atas materi pelajaran yg sudah dijelaskan.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan pada video tadi dari guru ketika melaksanakan pembelajaran?
Jawab: ada beberapa humor/jawaban lucu berasal siswa mengakibatkan suasana pembelajaran menjadi semakin menarik.
5. sehabis mengetahui kelemahan serta kelebihan asal guru yg anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan buat menaikkan kualitas aktivitas pembelajaran berikutnya?
Jawab: untuk kedepannya pengajar wajib lebih baik pada membuka pelajaran menggunakan cara melakukan apersepsi yg sempurna sinkron materi yg akan disampaikan supaya siswa lebih siap buat menerima bahan ajar yg disampaikan. usahakan video tersebut menyampaikan berita tingkat kelas siswa (kelas bawah atau atas) sebab buat kelas bawah mungkin solusi yg terdapat pada video ini kurang sempurna Jika diterapkan pada kelas bawah.
Nama:Ahmad Firnando
Nim:856959632
Pada Vidio terlihat
siswa dapat melakukan praktikum
diluar kelas tidak bisa dikendalikan oleh
guru, sehingga siswa sangat susah untuk
diatur akibatnya pembelajaran tidak
dapat dicapai sesuai harapan dan
tujuan.
Pada Vidio bagian kedua terlihat dalam
melakukan observasi diluar kelas siswa
sangat antusias dan bersemangat serta
terkendali, karenakan guru
sudah melakukan perencanaan yang
matang sebelum melakukan kegiatan,
yaitu dengan cara memberikan
pengarahan,memberikan LKS sebelum
keluar kelas serta membagi kelompok
kerja dan memberi tugas yang berbeda
pada setiap kelompok sehingga akhirnya
pembelajaran dapat tercapai.
Nama : Ikho Fauziah Mara
NIM : 856951842
Setelah saya menyimak video sampai akhir, sang guru tidak melakukan pembelajaran sesuai dengan Rancangan Pembelajaran, tidak melalukan pendahuluan, dan langsung pada kegiatan inti. sehingga yang terjadi guru kurang memiliki persiapan saat mengajak para siswa melakukan kegiatan pbservasi / praktikum. Berikut hal yang perlu dilakukan untuk mengatasinya :
– Kita harus pintar merancang pembelajaran
– Mempunyai kreatifitas dalam mengolah lingkungan menjadi sumber belajar yang baik dengan memberi pengarahan yang jelas dan lembar kerja kepada siswa sebelum siswa diajak keluar untuk melakukan observasi
– Membagi siswa menjadi beberapa kelompok serta memberikan tugas yang berbeda pada setiap kelompok.
– Menetapkan batas area untuk siswa yang boleh dan tidak boleh ditempati.
– Membatasi waktu bagi kelompok dalam mengerjakan tugas.
Nama : Evin Fitriani
Nim. : 856600491
Setelah menyimak video tersebut, menurut saya sebelum melakukan observasi guru seharusnya terlebih dahulu memberikan arahan kepada siswa agar siswanya dapat dikendalikan dan tidak gaduh.
setelah menonton video tentang “siswa tidak teratur pada saat melaksanakan observasi/praktikum diluar kelas pada saat pembelajaran IPA di sd” merupakan hal yang sering terjadi kepada guru yang belum mengetahui tujuan dari praktek lapangan it sendiri. unsur terpenting dalam mengajar ialah merangsang serta mengarahkan siswa untuk belajar, nah bagaimana sih supaya siswa itu bisa tertarik dalam suatu proses pembelajaran ? saya pikir pertanyaan ini yang selalu muncul didalam diri sya ketika melakukan proses pembelajaran. salah satu tolak ukur kita jika kita telah mengajar dengan baik jika siswa itu dapat mempelajari apa yang seharusnya ia pelajari. tidaklah mudah bagi kita untuk menciptakan kondisi yang kondusif untuk belajar. hal ini menuntut kepiawaian,kejelasan, dan keterampilan dalam memilih pendekatan serta metode yang sesuai untuk pembelajaran saat itu. bila anda akan menyuruh murid anda bereksperimen IPA, maka perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut :
a. jelaskan tujuan dan harapan apa yang diinginkan dari ekperimen itu.
b. sebutkan alat dan bahan yang diperlukan
c. terangkan tahap-tahap kegiatannya atau prosesnya.
d. apa-apa saja yang perlu diamati,dan dicatat
e. dalam menarik kesimpulan harus hati-hati,sehingga kesimpilannya benr dan tidak keliru.
berikut diatas ini adalah hal yang harus diperhatikan jika melakukan praktik diluar kelas dan ini adalah metode eksperimen yang saya pikir sangat membantu guru dalam melakukan praktik IPA di SD, jika ingin mengtahui metode-metode lainnya yang cocok digunakan dalam pembelajaran IPA semua tercatat lengkap di buku PDGK4202 3SKS/MODUL 1-9EDISI 2 PEMBELAJARAN IPA DI SD penerbit UT. I think enough and hopefully useful, good luck.