silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama: Uratul Uska
    Nim : 856250527
    Prodi : PGPAUD BI
    “anak sulit mengenal konsep bilangan”
    menurut saya cara guru dalam menyampaikan atau mengenalkan konsep bilangan sudah bagus
    adapun kelebihan yaitu
    1. guru dalam menyampaikan atau mengenalkan konsep bilangan melalui nyanyian, bertepuk tangan dalam pengenalkan konsep bilangan guru tidak lupa memberikan penguatan di dalam pembelajaran.
    2. media yang digunakan guru dalam mengenalkan konsep bilangan cukup menarik buat anak-anak
    3. guru memberikan penghargaan kepada anak yang bisa menjawab

    kelamhan
    1. anak kurang fokus dalam kegiatan pembelajaran
    2. sebaiknya guru menyediakan wadah untuk meletakkan bola yang dihitung anak
    3. saat guru menjelaskan tentang gambar anak mengambil spidol dengan tangan kiri

    selain menggunakan bola guru bisa mengenalkan konsep bilangan kepada anak, kartu angka, batu-batuan, kayu, lidi dan permainan ular tangga disini mungkin anak akan lebih antusias dalam mengenal konsep bilangan

  2. Menurut saya, cara guru mengenalkan konsep bilangan dan membilang jumlah benda sangat bagus. Karena pembelajarannya dilakukan dengan cara bermain,media bola,spidol,bernyanyi,bertepuk dan pemberian tugas dengan cara melingkari bilangan yang sesuai jumlah gambar,sudah sempurna langka tersebut, akan lebih sempurna lagi pada waktu pengambilan bola dan membilang jumla spidol di sertai menunjukkan kartu angka yang sesuai jumla bola atau spidol yang diambil,supaya anak mengetahui simbol angkanya.

  3. Nama : Winarsih
    NIM : 857790165
    Prodi : PGPAUD (POKJAR WONOGIRI)

    Menurut saya berdasarkan video tersebut guru sudah memberikan pembelajaran yang baik dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Seperti mengajak anak untuk membilang dengan permainan,lagu dan tepuk,membuat alat peraga serta memberikan lembar kerja kepada anak.
    Kelemahan dari video tersebut adalah apa yang dilakukan guru masih terbilang kurang menarik. Karena Guru masih menggunakan lembar kerja. Sehingga anak akan mudah bosan. Dalam mengajarkan konsep bilangan agar lebih menarik, guru bisa menggunakan kerikil,manik-manik, tusuk gigi, kartu angka dan juga balok angka.

  4. Nama : Fitriah Nuraini
    NIM : 858796943
    UPBJJ malang Pokjar Kota Kediri

    Pada video pembelajaran tersebut terlihat guru mengajak anak untuk membilang angka melalui permainan bola kecil. media yang digunakan cukup menarik untuk anak selain dapat mengenal konsep bilangan anak juga bisa mengenal macam-macam warna pada bola tersebut.

    Kelemahan :
    Kegiatan dalam video tersebut guru tidak memberikan contoh permainan yang terlebih dahulu sehingga di awal anak-anak masih ragu dan merasa bingung. tidak adanya kegiatan pembuka untuk menumbuhkan semangat anak sehingga terlihat juga masih banyak anak yang tidak berkonsentrasi dalam permainan tersebut.

    Kelebihan :
    Kegiatan yang menambah semangat anak yaitu guru mengajak anak untuk membilang angka dengan permainan lagu dan tepuk, Guru tersebut juga memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai dengan lambang bilangannya.

  5. Nama : Fitriah Nuraini
    NIM : 858796943
    UPBJJ malang Pokjar Kota Kediri

    Pada video pembelajaran tersebut terlihat guru mengajak anak untuk membilang angka melalui permainan bola kecil. media yang digunakan cukup menarik untuk anak selain dapat mengenal konsep bilangan anak juga bisa mengenal macam-macam warna pada bola tersebut.

    Kelemahan :
    Kegiatan dalam video tersebut guru tidak memberikan contoh permainan yang terlebih dahulu sehingga di awal anak-anak masih ragu dan merasa bingung. tidak adanya kegiatan pembuka untuk menumbuhkan semangat anak sehingga terlihat juga masih banyak anak yang tidak berkonsentrasi dalam permainan tersebut.

    Kelebihan :
    Kegiatan yang menambah semangat anak yaitu guru mengajak anak untuk membilang angka dengan permainan lagu dan tepuk, Guru tersebut juga memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai dengan lambang bilangannya.

  6. Siti romlah puji Hastuti
    85785212

    Menurut saya pembelajaran yang di Vidio tersebut sudah bagus dalam mengenalkan bilangan angka 1-4 dengan media bola dan gambar di papan tulis.
    Cara pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut dengan cara bermain mengambil bola dan menghitung sesuai jumlah yang diperintahkan oleh guru.
    Kemudian guru menjelaskan gambar di papan tulis dan menghitung sesuai dengan jumlah benda.
    Metode pembelajaran dalam pembukaan dengan circle duduk melingkar,bernyanyi bersama,memberikan pertanyaan,sehingga anak lebih semangat.
    Cara mengenalkan bilangan angka untuk anak usia dini dengan:
    1. Dengan media seperti mengunakan bola
    Anak di suruh menghitung jumlah bola kemudian melempar ke keranjang
    2. Mengunakan gambar,dengan mengenalkan gambar anak2 lebih senang dan lebih bermakna

    Dalam kegiatan belajar mengajar di paud dengan cara bermain sambil belajar.

  7. Nama : Anita Mulia Sari
    NIM : 858404257
    POKJAR : KUTAI BARAT (UPBJJ 50/SAMARINDA)
    ijin memberikan komentar mengenai video diatas
    video diatas memperlihatkan berbagai macam cara guru mengajar dan mengenalkan konsep bilangan kepada anak paud dengan cara yang menyenangkan sesuai usia anak. seperti bermain mengambil bola sesuai bilangan yang disebut oleh guru,membuat anak belajar mengenal dan membilang angka dengan riang gembira. selain tehnik yang diperlihatkan di video dalam mengenalkan lambang bilangan pada anak usia dini masih banyak lagi cara guru untuk mengajarkan anak tentang konsep lambang bilangan yang mudah diingat dan menyenangkan.
    beberapa tehnik yang digunakan guru dalam mengajarkan lambang bilangan pada anak adalah dengan tehnik bernyanyi dan tepuk yang berkaitan dengan lambang bilangan,selanjutnya menyebut bilangan sebelum mengerjakan lembar kerja seperti mencocokkan benda sesuai lambang bilangan. tehnik selanjutnya yaitu memberi penguatan kepada anak yang bisa menyelesaikan tugas dengan benar seperti mengambil spidol sesuai angka yang di sebutkan,guru sebagai pendidik harus memberikan semangat dan mengapresiasi anak yang berhasil degan memberikan pujian berupa stempel bintang atau tepuk tangan meriah dari teman-temannya.

  8. Nama : Heldaniah
    NIM : 858302677
    Pokjar : Amuntai baanjarmasin

    Izin menyampaikan komentar :
    Pengenalan konsep bilangan pada Anak Usia Dini diberikan secara bertahap sesuai usia dan tingkat perkembangan anak. Pengenalan konsep bilangan pada video di atas sudah baik yaitu melalui berbagai cara dan kegiatan seperti ; bermain mengambil bola sejumlah permintaan guru, bernyanyi,bertepuk dan menggunakan lembar kerja dengan melingkari angka sesuai jumlah benda.
    Akan tetapi menurut saya kegiatan yang ada di video tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran tidak berpusat kepada anak, namun berpusat kepada guru, karena guru terlihat dominan dalam kegiatan, anak tidak diberikan kebebasan dalam memilih kegiatan main.

    Sebaiknya anak di berikan kebebasan untuk melakukan kegiatan main yang mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan atau angka dengan menyediakan minimall 3 kegiatan main sebara bersamaan seperti bermain hitung bola yang di pindahlan ke keranjang lain, main jepit angka sesuai jumlah gambar pada kartu, main hitung sTik eskrim, main jepit piring angka,
    Anak diberikan kebebasan uln memilih dan memainkan alat main tersebut secara bergantian. Anak di berikan stimulasi, penghargaan serta penguatan dalam mengenal bilangan.

  9. Nama : Tania Ngestu Laras
    NIM : 857790767
    Pokjar : Wonogiri

    Dalam video tersebut berisi tentang guru yang mengajarkan kepada anak mengenai konsep bilangan. Menurut saya metode yang digunakan sudah bagus.
    Guru mengajarkan kepada anak mengenai pemahaman konsep bilangan melalui permainan, bernyanyi dan juga dengan memberikan lembar kerja kepada anak. Masih banyak sekali metode yang dapat digunakan dalam mengajarkan konsep bilangan kepada anak dengan menggunakan benda yang disekitar dan disesuaikan dengan kemampuan anak didiknya. Sehingga guru harus kreatif dan inovatif dalam menyiapkan dan mengajarkan suatu materi.
    Pada video tersebut guru melakukan dengan berbagai metode, diantaranya :
    1.Mengenal konsep bilangan dengan cara permainan, mengambil bola dari dalam keranjang sesuai dengan perintahnya.
    Hal yang dilakukan tersebut sudah bagus, tapi alangkah baiknya biarkan anak yang menghitung bola yang telah diambilnya agar anak tau benar atau salahnya.
    2.Melalui bernyanyi, seperti dalam video tersebut, guru dapat mengajarkan kepada anak didik tentang pemahaman konsep bilangan melalui bernyanyi, sambil menggunakan alat peraga secara langsung.
    Dan guru seharusnya juga dapat mengajarkan mengenai pengenalan lambang bilangan kepada anak melalui bernyanyi seperti menyebutkan perumpamaan misalnya, angka 0 itu 0 seperti bola pingpong, dan seterusnya.
    3 Guru memberikan lembar kerja kepada anak tentang konsep bilangan dengan cara menghubungkan gambar, membilang jumlah gambar. Guru juga memberikan reward kepada anak yang dapat menyelesaikan tugasnya mengenia konsep membilang dengan benar.

  10. Bismillah…
    nama Lilis Kuraesin
    NIM : 857436623
    Upbjj : Bandung
    ijin menanggapi video di atas
    menurut saya video pembelajaran tersebut sudah bagus dimana guru memberikan stimulasi yang tepat untuk mengatasi anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan. dalam video tersebut cara guru memberi rangsangan dengan cara yang menyenangkan melalui beberapa metode, yaitu dengan bernyanyi dan tepuk, juga dalam bentuk permainan, sehingga anak melakukannya dengan gembira.
    namun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti cara guru menyampaikan rangsangan masih berpusat pada guru, dimana anak-anak hanya melakukan apa yang di perintahkan guru, contohnya ketika dalam permainan mengambil bola dalam keranjang , guru yang meminta anak mengambil bola sejumlah apa yang disebutkan guru, dan guru pula yang menghitung bola yang telah diambil sama anak, sebaiknya guru bisa menggunakan kartu angka dan biarkan anak mengambil angka yang dikehendakinya lalu mengambil bola dalam keranjang sejumlah angka yang telah diambilnya, dan biarkan anak menghitungnya sendiri di hadapan teman-teman dan gurunya bola yang telah diambilnya.

    Terimakasih

Leave a Reply