silahkan klik iconย  ย  jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian padaย  anak ย .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Nama : Rita Fitriana
    Nim : 856815983
    Prodi : PGPAUD S1
    UPBJJ : UT Kota Bengkulu
    Judul : anak sulit mengenal konsep bilangan
    Seri : pengembangan kognitif PAUD
    dalam video yang saya tonton tersebut tampak seorang guru yang sedang berusaha mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan, guru melakukan berbagai upaya agar dapat mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan yaitu dengan cara berikut :
    * Mengajak anak dalam mengenal konsep bilangan melalui media yang menarik bagi anak yaitu bola yang bewarna – warni.
    * Mengenal konsep bilangan pada anak melalui lagu anggota tubuh dan jumlahnya dan melakukan tepuk sebanyak yang disebutkan oleh guru.
    * Guru menggunakan lka atau lembar kerja anak dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak yaitu melingkari angka sesuai dengan jumlah gambar.
    Namun dalam video tersebut tidak tampak kegiatan yang terjadi secara sistematis dan terprogram dari setiap kegiatan, karena biasanya kegiatan pembelajaran itu terbagi dari :
    *Kegiatan pembuka
    * Kegiatan inti
    *Kegiatan penutup
    Selain itu juga guru seharusnya juga guru memberikan contoh terlebih dahulu dalam melakukan hal tersebut, kemudian juga sebelumnya seharusnya guru melakukan apersepsi terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan dan juga mungkin dalam kegiatan tersebut juga guru seharusnya dapat memilih kegiatan inti yang mana terlebih dahulu dilakukan agar pembelajaran yang dilakukan bertahap dari yang lebih mudah, sedang, dan sulit.
    Sekian tanggapan saya terkait video tersebut. Terimakasih ๐Ÿ™

  2. Nama :linda
    Nim: 858317455
    Pada vidio di atas dilhat seorang guru memgenalkan angka dengan peserta didiknya dengan metode berhitung sambil bermain ,dilihat seorang anak menghitung bola yang ada dikeranjan ,dan memindahkan ya secara tidak langsung anak bermain sambil belajar bilangan angka ,selain menggunaka media bola ,pendidik juga menggunakan media tulis seperti kertas bergambar angka dan gambar yang menarik,dan juga pendidik mengenalkan angka lewat Lagu.ini mungkin anak memahami konsep bilangan dengan baik sehingga mereka lebih memahami bilangan ,anak juga belajar memecahkan masalah dengan mencari angka yang sesuai dengan gambar.terima kasih

  3. Nama : Rida Hania
    UPBJJ : Bnadung
    menurut pendapat saya video tersebut memberikan wawasan yang luas, ketika guru memberikan metode pembelajaran tentang berhitung memakai berbagai konsep yaitu konsep pertama belajara berhitung sambil bermain bola, sehinggan anak tidak akan merasa senang karena [embelajaraanya sambil bermain, kemudian belajar mengenal angka itu sambil bernyanyi, yang terkahir belajar mengenal dan berhitung dengan cara di tulis dan dihitung secara bersaam kemudianyang bisa dapat menulis apabila benar dengan jawabanya membuat kesepakatan untuk dicap tangannya.
    sekian dan terima kasih.

  4. Dalam video ini menjelaskan upaya seorang guru dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya yang dilakukan guru adalah :
    Mengajak anak untuk membilang dengan permainan, dan lagu atau tepuk.
    Membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut.
    Memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya.
    Mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang.

  5. Nama : Agnes Monika
    NIM : 857367346
    UPBJJ : BOGOR
    Judul Video : Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Dalam video ini menjelaskan upaya seorang guru dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya yang dilakukan guru adalah :
    Mengajak anak untuk membilang dengan permainan, dan lagu atau tepuk.
    Membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut.
    Memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya.
    Mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang.

  6. susilawati(858316177) dalam video pembelajaran konsep bilangan ini dengan bernyanyi bisa sambil mengajarkan konsp bilangan memberikan lembar tugaa dengan memasangkan bilangannya juga memotifasi anak untuk belajar jonsep bilangan.

  7. Natalia Waerisal ( 855708972 )
    Menurut saya dari video ini, guru mampu mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan lewat berbagai metode .
    Salah satunya berhitung sambil bermain bola, lewat tepuk tangan dan sambil bernyanyi, metode ini sendiri dapat membangkitkan semangat anak untuk belajar. Disamping itu guru pun Memberikan tugas berupa lembar kerja dan memasangkan benda sesuai lambang bilangannya. Metode seperti ini sangat baik dan menginspirasi, terimakasih ๐Ÿ™๐Ÿป

  8. nama:siswati
    nim:858181173
    Anak sulit mengenal konsep bilangan
    guru mengenalkan konsep bilangan dengan bermain menghitung bola.anak disuruh bu guru ambil 4 bola trs dihitung bersama sama satu persatu bolanya.guru juga mengajak anak-anak bernyanyi 2 mata saya dan juga tepuk 1 2 dst.guru mengajak anak menghitung gambar dan melingkari bilangan sesuai jumlah gambar.guru memberi penguatan kepada anak yang telah mengambil spidol ditangan bu guru yang diperintahkan tanpa salah.guru memberikan stempel bintang ditangan anak.

  9. menurut saya video ini sangat bermanfaat untuk saya sebagai pendidik PAUD dimana dengan video ini saya bisa menerapkan langsung kepada anak didik saya di sekolah.
    saran untuk video tersebut adalah dari pengalaman saya yang pernah saya berikan kepada anak didik saya dapat juga menggunakan kincir angka tertentu dan anak akan menyebutkan angka berapakah yang muncul. dan dapat juga dengan cara mengajak anak menghitung benda-benda yang ada di kelas, misalnya pensil, penghapus, buku, atau bahkan teman yang tidak masuk pada hari itu.

  10. Nama : Salsha Della Juita Indriani
    Nim : 856816541
    UPBJJ : Bengkulu

    Dari vidio diatas dengan judul ” anak sulit mengenal konsep bilangan” ( kongnitif)
    Vidio ini sangat bermanfaat untuk saya sebagai pendidik PAUD dimana dengan video ini saya bisa menerapkan langsung kepada anak didik saya di sekolah.
    Mengajak anak untuk membilang dengan permainan, dan lagu atau tepuk.
    Membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut.
    Memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya.
    Dengan menggunakan nyanyian ” tepuk 1, tepuk 2, tepuk 4 dan seterusnya” anak bisa menghafal angka dengan sendirinya.

Leave a Reply