silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian padaΒ anak Β .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Dalam vidio diatas terlihat saat seorang guru meminta anak muridnya untuk bermain bola,namun bermain bolanya bermain sambil berhitung,dimana anak anak diminta secara individu untuk maju kedepan untuk mengambil bola yang jumlahnya sudah disebutkan,terlihat dari vidio tersebut jika anak yang diperintahkan untuk mengambil bola dal;am keranjang tersebut benar dalam mengambil jumlah bola yang telah disebut yaitu 4 dan 7,jika anak berhasil mengambil bola dengan benar akan diberi cap bintang ditangan,hal ini sangat memotivasi anak agar mereka semangat dalam pengenalan bilanganya melalui bermain sambil berhitung,ada juga dalam vidio tersebut benyanyi,bertepuk tangan,dan mengerjakan tugas dari gurunya.
Nama : Inayatun Fitri
NIM : 857599343
bilangan adalah konsep matematika. proses dalam mengenal angka yaitu dengan menyanyikan lagu angka 1-5 lalu 1-10 setelahnya distimulus untuk anak paham oh ini 3, oh ini yg namanya 1 seperti huruf i .
Nama: Vianney Dita M.P
NIM: 857867787
Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Tayangan mengenai anak sulit mengenal konsep bilangan cukup memberikan inovasi baru untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak. dalam video tersebut guru menggunakan cara dengan menggunakan benda asli seperti bola yang sangat menarik untuk anak-anak. Dari situ anak juga akan lebih berpikir kritis dan teliti untuk mengetahui apakah bola yang diambil sudah sesuai dengan yang diminta.
Nama : Dini Destiani
NIM : 857524964
Strategi yang di lakukan dalam video ” Sulit mengenal konsep bilangan ” bagus dan bermanfaat karna dengan menggunakan strategi mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk , membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut itu salah satu cara yang dapat menarik rasa penasaran anak dan membuat anak tertarik untuk mengikutinya
Nama : Iza Nabila
NIM : 859414551
Judul video : sulit mengenal konsep bilangan
Berdasarkan video yang telah saya simak metode yang digunakan cukup bagus untuk anak agar mengenal konsep bilangan yaitu dengan cara menyanyi , bertepuk tangan dan juga media yang digunakan yaitu menghitung jumlah bola,anak-anak disuruh mengambil bola sesuai dengan jumlah yang di suruh kan oleh guru nya.
Terima kasih ππ
Assalamualaikum wr wb π
Menurut saya strategi atau trik dalam video diatas memang bener bener bermanfaat dan mudah untuk diikuti oleh anak. Mulai Dari bernyanyi, tepuk, dan menggerakkan alat peraga sebagai alat atau media pembelajaran. Itu sangat benar, karena salah satu karakteristik anak Adalah konkret, jadi anak harus dihadapkan atau dipertemukan langsung dengan benda benda. Agar anak mudah memahami dan mengingat pembelajaran tersebut.dan melakukan permainan dari anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan, anak sangat senang ketika anak diminta mencari jumlah yang sesuai dengan benda, kemudian memberikan lembar kerja, yaitu dengan memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, saya menerapkan itu semua dan membuahkan hasil yang sangat bagus, anak jadi aktif, antusias, dan bersemangat dalam pembelajaran.kemudian mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian batang bintang di tangan. Ketika anak diberikan reward anak akan berpartisipasi dan akan berlomba lomba untuk hasil yang maksimal.
Itu adalah komentar dari saya. Terima kasih π
Wassalamu’alaikum π
Assalamualaikum wr wb π
Nama Shaimatus Salamah
Nim 858959226
Pokjar. UPJJ Jember
Menurut saya strategi atau trik dalam video diatas memang bener bener bermanfaat dan mudah untuk diikuti oleh anak. Mulai Dari bernyanyi, tepuk, dan menggerakkan alat peraga sebagai alat atau media pembelajaran. Itu sangat benar, karena salah satu karakteristik anak Adalah konkret, jadi anak harus dihadapkan atau dipertemukan langsung dengan benda benda. Agar anak mudah memahami dan mengingat pembelajaran tersebut.dan melakukan permainan dari anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan, anak sangat senang ketika anak diminta mencari jumlah yang sesuai dengan benda, kemudian memberikan lembar kerja, yaitu dengan memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, saya menerapkan itu semua dan membuahkan hasil yang sangat bagus, anak jadi aktif, antusias, dan bersemangat dalam pembelajaran.kemudian mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian batang bintang di tangan. Ketika anak diberikan reward anak akan berpartisipasi dan akan berlomba lomba untuk hasil yang maksimal.
Itu adalah komentar dari saya. Terima kasih π
Wassalamu’alaikum π
Nama : Mardiana
Nim : 859799751
Assalamu’alaikum
Izin menyampaikan pendapat :
Video pembelajaran : sulit mengenal konsep bilangan
Video yang sangat bermanfaat karena guru tersebut belajar seraya bermain yang pertama guru menanyakan siapa yang suka dengan permainan tersebut dan berhitung, bernyanyi bersama-sama sehingga anak antusias dalam belajar seraya bermain dan guru memuji anak – anak yang bisa dalam permainan tersebut menjadi percaya diri dan memberikan konsep pengenalan bilangan dengan cara yang menyenangkan dan membuat anak antusias dalam belajar.
Nama : Khusnul Khotimah
NIM : 858183629
menurut saya video tersebut sudah bagus dan bermanfaat untuk seorang pendidik mengajak peserta didiknya memahami konsep bilangan dengan berbagai cara misalnya dengan bermain hitungan bola, menyanyi tentang bilangan, tepuk, memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangan dan masih banyak lagi cara yang lain agar peserta didik memahami konsep bilangan. video tersebut bisa menjadi inspirasi ketika saya menemukan anak didik seperti kasus tersebut maka banyak cara yang bisa saya lakukan seperti video tersebut.
nama : gratia leti permana
nim : 857501301
dengan menonton video ini bisa menambanh wawasan saya tentang bagaimana sikap dan hal apa yang dapat saya lakukan apabila hal tersebut terjadi pada anak didik saya. video ini sangat bermanfaat dan menginspirasi saya bagaimana caranya menghadapi situasi tersebut.