silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Riska Indah Sari
    NIM : 858788638
    PRODI : S1 PG PAUD
    UPBJJ : MALANG
    POKJAR : NGUNUT

    setelah melihat video tersebut saya menyimpulkan bahwa mengenalkan bilangan pada anak seharusnya memang harus menggunakan metode bermain seraya belajar. Karena jika kita terlalu fokus dalam pengenalan angka saja anak akan cepat bosan dan pembelajaran berjalan kurang optimal. Selain itu sebagai seorang guru harus kreatif dalam melaksanakan pembelajaran. Anak harus di tuntut aktif dan terlibat langsung di dalam proses pembelajaran. Maka dari itu sebagai seorang guru di masa modern ini harus selalu mengupgrade ilmu yang dipunya. Dengan cara misalnya mengikuti diklat ataupun workshop yang sekiranya bermanfaat menambah ilmu yang dipunya. Sebagai seorang guru juga di tuntut untuk memiliki sifat yang menyenangkan dan juga penyayang untuk anak-anak. Guru harus berupaya menghidupkan pembelajaran agar anak merasa nyaman ketika dalam proses pembelajaran.

  2. NAMA : Siska Kumalasari
    NIM : 857674545
    POKJAR : Semarang
    Ijin memberi tanggapan mengenai video diatas menurut saya video pembelajaran diatas sudah bagus, guru dalam mengenalkan bilangan melalui media bola atau menghitung menggunakan media bola, bernyanyi sambil mengenal bilangan angka, memberi tugas melingkari benda sesuai lambang bilangan angka, sehingga mudah di pahami anak.
    Cuman disini kelemahannya guru dalam menyampaikan pembelajaran menggunakan dua bahasa, yang saya lihat disini membuat anak kebingungan soalnya disini anak masih baru belajar mengenal angka, jd kalau menggunakan dua bahasa menurut saya kurang tepat.

  3. Nama : Marfu’atin Yulisiam
    Nim : 858838417

    Berdasarkan hasil pengamatan, kegiatan pembelajaran mengenal konsep bilangan pada anak usia dini yang di lakukan sudah tepat. Guru menggunakan teknik dan metode pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak. Mengenal Konsep bilangan yang seolah sulit menjadi mudah dan menyenangkan karena guru menggunakan media benda kongkret yang ada di sekitar anak.
    adapun kelebihan dari video tersebut antara lain:
    1. Guru menggunakan media benda konkret/ nyata untuk mengenalkan konsep bilangan
    2. mengenalkan konsep bilangan dengan menggunakan permainan, nyanyian, dan tepuk, sehingga membuat anak mudah menerima materi pembelajaran, lebih cepat bosan dan menyenangkan.
    3. Posisi duduk melingkar dengan guru berada diantara anak-anak memungkinkan anak dapat menyimak penjelasan guru dengan baik
    4. Guru memberikan kesempatan anak untuk berpartisipasi dalam pembelajaran.
    5. Guru memberikan reward berupa stempel bintang ketika anak telah menyelesaikan tugas yang diberikan dapat memotivasi anak-anak untuk belajar.

    Kelemahan yang tampak dalam video tersebut adalah:
    1. Guru terlihat lebih banyak mendominasi pembelajaran terutama ketika anak mulai menghitung jumlah benda yang berhasil di ambil anak.
    2. Anak anak terlihat kurang antusias/ bersemangat mengikuti kegiatan, mungkin karena motivasi guru kurang terhadap anak.
    3. Anak terkesan pasif dan hanya mendengarkan guru.
    4. Guru tidak menyediakan wadah/ keranjang untuk tempat anak mengambil bola
    5. Tidak semua anak mendapat kesempatan untuk mencoba permainan yang diberikan.

    cara mengatasi kelemahan-kelamahan tersebut diantaranya sebelum memulai permainan sebaiknya guru menstimulasi dengan kegiatan yang dapat menggugah semangat anak-anak mengikuti kegiatan, menciptakan variasi permainan yang lebih banyak dan kreatif, mempersiapkan media dan alat yang dibutuhkan dengan sebaik-baiknya, serta lebih banyak menyertakan anak dalam melakukan kegiatan ( jika waktu tidak memungkinkan guru bisa melakukannya dengan berkelompok) sehingga semua anak bisa mengikuti kegiatan dengan baik.

  4. Nama : Savira Subhan
    NIM : 859010394
    Program Studi : FKIP/PGPAUD

    Hasil Analisis
    Menurut saya pada kegiatan pembuka guru sudah memiliki kemampuan mengaitkan materi yang telah diajarkan dan yang akan diajarkan menggunakan permainan tangkap bola. Pada tahap pembelajaran ini sebaiknya guru juga memberikan gambar angka sehingga anak mengetahui lebih baik lagi mengenai bilangan dan juga kegiatan dilakukan merata pada seluruh anak.

    Pada kegiatan inti guru mengenalkan angka menggunakan kegiatan bernyanyi dan memperagakan dengan tangan mengenai macam bilangan kemudian memberi tugas berupa pengisian LKS yang berkaitan dengan konsep bilangan. Pada tahap pembelajaran ini disarankan guru menggunakan Alat Permainan Edukatif yang lebih bervariasi dan nyata. Sehingga pemahaman anak akan konsep bilangan menjadi lebih baik.

  5. Nama : Siti Risalatul Latifah
    NIM : 858841192

    kelemahan dari vidio tersebut :
    1. Belum semua anak terlibat secara aktif dalam pembelajaran tersebut.
    2. Terlihat beberapa anak yang bosan/mengantuk dalam proses KBM tersebut.
    3. Alat peraga yang digunakan dapat ditambah untuk dapat membantu anak dalam mengenal konsep bilangan.
    4. Alat peraga yang nyata dapat dilihat dan dipegang anak lebih memudahkan anak dalam memahami konsep bilangan.
    kelebihan pada vidio tersebut :
    1. Guru dapat menguasai kelas dengan baik, sehingga fokus anak dapat tertuju dengan baik saat pembelajaran.
    2. Guru memberikan reward berupa tepuk tangan bagi anak yang mampu mengambil bola dengan jumlah yang benar.
    3. Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menghitung bersama-sama jumlah benda yang diambil.
    4. Guru memberikan kesempatan kepada anak yang belum benar untuk mengambil bola kembali dengan melengkapi jumlah yang di berikan guru.
    5. Guru memberikan konsep pengenalan bilangan dengan cara bernyanyi.
    Cara mengatasi kelemahan-kelamahan tersebut diantaranya sebelum memulai permainan sebaiknya guru menstimulasi dengan kegiatan yang dapat menggugah semangat anak-anak mengikuti kegiatan, menciptakan variasi permainan yang lebih banyak dan kreatif, mempersiapkan media dan alat yang dibutuhkan dengan sebaik-baiknya, serta lebih banyak menyertakan anak dalam melakukan kegiatan ( jika waktu tidak memungkinkan guru bisa melakukannya dengan berkelompok) sehingga semua anak bisa mengikuti kegiatan dengan baik.

  6. Ade Yulia, 856450979
    Pada video pembelajaran di atas tentang anak sulit mengenal konsep bilangan.
    Metode yang dilakukan guru untuk mengenalkan konsep bilangan kepada sudah tepat. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru agar anak dapat mengenal konsep bilangan.
    1. Diawali dengan guru mengajak anak bermain bola. Guru meminta anak untuk mengambil bola sesuai jumlah yang diperintahkannya, setelah berhasil mendapatkan bola,guru bersama anak-anak menghitung bola tersebut.
    2. Kegiatan kedua, guru mengajak anak bernyanyi yang mengandung konsep mengenal bilangan yaitu lagu “dua mata saya”. Cara ini juga bagus untuk melatih anak mengenal bilangan. Anak akan mengikuti perintah lagu,seperti memegang kedua mata.
    3. Kegiatan ketiga, guru mengajak anak melakukan tepuk sesuai ucapan guru. Jika guru berkata “tepuk satu”, maka anak-anak akan bertepuk 1 kali,begitu seterusnya. Hal ini juga dapat melatih daya konsentrasi anak saat mendengar perkataan guru.
    4. Guru menggunakan lembar kerja dalam mengenalkan konsep bilangan. Terlebih dahulu guru mengajak anak untuk menghitung jumlah gambar yang ada pada lembar kerja. Tugas anak adalah memilih dan melingkari angka yg tepat dan sesuai jumlah gambar yang telah dihitung.
    Semua kegiatan yg dilakukan guru pada video sudah tepat. Dan diakhir kegiatan guru memberikan penguatan kepada anak yg bisa melakukan kegiatan yg diperintahkan guru dengan baik. Hal ini sangat bagus, karena anak merasa dihargai kerja kerasnya dalam belajar, serta menjadi motivasi bagi anak-anak lain untuk belajar dengan tekun.
    Akan tetapi, ada beberapa kekurangan dari kegiatan diatas:
    1. Pada saat anak mengambil bola,sebaiknya guru menyediakan wadah agar anak lebih mudah menaruh bola-bolanya.
    2. Saat anak perempuan menerima spidol dari guru,anak itu menggunakan tangan kiri. Sebaiknya guru menanamkan karakter kepada anak, jika sikap itu tidak sopan.

  7. Nama : NIA KURNIASIH
    NIM : 857323843
    Prodi : S1 PGPAUD
    Semester: 8
    UPBJJ : BOGOR
    Pokjar : BOGOR UTARA

    Dalam rangka memenuhi tugas partisipasi 1 dan 2 pada sesi 1 mata kuliah PKP yang dibimbing oleh Ibu Yuyun Sukarni, S.Pd, M.M, saya menganalisis video tersebut dan membuat laporan singkatnya sebagai berikut:

    Menurut saya, video tersebut belum menampilkan secara utuh kegiatan pembelajaran, mungkin hal tersebut dikarenakan faktor keterbatasan durasi waktu video yang diunggah,, tetapi beberapa tayangan cukup mewakili proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. guru berusaha mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak-anak. Guru menerapkan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran yang sudah terlihat jelas. Media, bahan dan alat pembelajaran yang digunakan oleh guru merupakan benda-benda konkrit, karena anak-anak usia dini lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik. Akan tetapi, dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut, guru masih terlihat lebih dominan. Jadi, secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru.

  8. Nama : Ni Nengah Suciati
    NIM : 859011561
    UPBJJ :77 / Denpasar
    Pokjar : Denpasar

    Menurut saya video diatas guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik. guru sudah menggunakan media pembelajaran yang sesuai untuk mengenalkan konsep bilangan ke anak – anak. Bagi anak – anak yang sulit memahami konsepbilangan,guru memberikan pembelajaran dengan menhitung bola ,dilakukan sambil bermain melempar bola dan menghitungnya,anak diajak bernyanyi gerak dan lagu,menghitung gambar dan mengerjakan lembar kerja menghubungkan benda dengan jumlah bilangannya. Selain itu kita juga bisa menggunakan bahan dari alam seperti kerikil kecil,dedaunan,kerang,biji -bijian,dan sebagainya,sehingga anak tidak bosan karena media yang digunakan berbeda- beda.

  9. Nama:Sukini
    Nim:859170886
    Ijin memberikan komentar mengenai Vidio pembelajaran diatas ,Vidio diatas memperlihatkan mengenai berbagai cara pembelajaran guru yg sangat luar biasa dengan berbagai macam cara metode,dengan mengenalkan konsep bilangan,menyampaikan dengan gembira sehingga anak-anak menjadi semangat sekali dlm belajar,seperti mengambil bola sambil berhitung ,melatih motorik anak untuk cepat tanggap merespon perintah/pertanyaan dar ibu guru,

  10. Nama : Nadziroh Ainiya Rohmah
    NIM : 858796667
    Prodi : S1 PGPAUD

    Video di atas menggambarkan proses pembelajaran pada anak usia dini. Pada video di temukan beberapa kasus masalah, yakni pembelajaran sedikit membosankan terpantau terdapat siswa yang menguap (mengantuk), Juga di temukan dalam permainan mengambil bola, anak tidak dapat mengambil bola sesuai hitungan bilangan yang ditentukan oleh guru.
    Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru kemudian menawarkan solusi :
    1. memberikan pra pembelalajaran berupa guru mengenalkan kepada anak cara membilang lebih muda dengan lagu, nyanyian dan tepukan.
    2. Menyamakan dan memasangkan objek dengan jumlah bilangan.
    3. Melingkari objek sesuai dengan bilangan
    4. Memotivasi anak agar lebih semangat terus belajar dengan cara memberi reward kepada anak.

Leave a Reply