silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Dalam video ini dapat mengajarkan proses pembelajaran yang sangat interaktif , siswa di libatkan langsung dalam pembelajaran. Guru juga menggunakan berbagai metode dalam kegiatan pembelajaran tersebut sehingga memotivasi anak dengan baik dalam proses pembelajaran .
Setelah menonton video dari guru pintar online , saya mendapatkan ilmu tentang mengatasi kasus- kasus yang sering terjadi Ketika di kelas . kedua video ini Sangat bermanfaat sekali bagi saya selaku pendidik yang harus terus belajar dalam penguasaan kelas dan penanganan pada anak. Serta memotivasi kita sebagai pendidik untuk dapat meningkatkan variasi -variasi yang lebih menarik untuk anak dalam pembelajaran.
Nama: Eko Susilowati Agustina
NIM: 857571157
Video tersebut sangat menginspirasi, dimana guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak melalui berbagai cara, antara lain:
– Mengajak anak membilang dengan menggunakan nyanyian dan tepuk
– Memasangkan benda dengan lambang bilangannya
– Memberikan penguatan kepada anak dengan memberikan apresiasi berbentuk stempel bintang.
Sehingga melalui video tersebut kita bisa belajar bagaimana merancang sebuah kegiatan untuk mengenalkan konsep bilangan untuk anak usia dini dengan cara yang kreatif.
Setelah melihat video tersebut yang “berjudul sulit mengenal konsep bilangan”, yang mana anak harus di stimulus sesuai dengan perkembangannya karena anak akan mengerti dan faham jika pembelajaran mengenal konsep tersebut sering di ulang dan divariasikan dengan media-medai yang menarik guna pembelajaran tidak monoton dan tidak membosankan anak,sehingga anak aktif dan senang belajar mengenal konsep bilangan.
kepiawaian guru disini dengan memvariasikan permainanan seperti melalui nyanyian, menghitung gambar, mencocokkan gambar, dan memberikan penguatan kepada anak, serta memberikan reward stiker/bintang bagi anak yang mampu dan bisa mendengarkan intrupsi dan mengerjakannya secara benar.
NAMA : AZZAFADIA SALSABILA
NIM : 858948097
Menurut saya video di atas sangat bermanfaat untuk menambah wawasan para pendidik karena terdapat beberapa teknik yang dapat diterapkan untuk mengahadapi anak yang sulit mengenal konsep bilangan dan dalam video tersebut anak terlibat akftif dalam poroses pembelajaran. Dan upaya atau teknik yang dapat guru lakukan yaitu:
1. Mengajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu, atau tepuk
2. Membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut
3. Memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya
4. Mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Nama : Ratih Nurul Faisya
Nim : 858962106
menurut saya video diatas sangat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kepada saya khususnya dalam menghadapi anak saat mengenal konsep bilangan, hal ini dapat kami terapkan pada lembaga kami bagaimana dalam pengenalan angka dengan cara yang menyenangkan supaya anak tidak merasa terbebani dalam menerima pelajaran. dengan lagu juga anak dapat dengan mudah menghafal. guru juga memvariasikan permainanan seperti melalui nyanyian, menghitung gambar, mencocokkan gambar, dan memberikan penguatan kepada anak, serta memberikan reward stiker/bintang bagi anak yang mampu dan bisa menjawab pertanyaan guru.
demikian terimakasih
Video tersebut menunjukkan pendekatan yang sangat baik dalam mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan. Guru tersebut menggunakan berbagai metode yang beragam dan menarik bagi anak-anak, seperti permainan, lagu, dan alat peraga, untuk membantu mereka memahami konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.
Mengajak anak untuk bermain dan bernyanyi saat belajar bilangan tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga membantu menciptakan hubungan emosional positif dengan materi pelajaran. Selain itu, penggunaan alat peraga juga dapat membantu anak-anak memvisualisasikan konsep bilangan secara konkret, yang dapat memperkuat pemahaman mereka.
Memberikan tugas seperti lembar kerja juga merupakan pendekatan yang baik karena memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berlatih secara mandiri dengan konsep bilangan yang telah dipelajari. Selain itu, mengulas kembali hasil karya anak dan memberikan penguatan positif seperti stempel bintang juga dapat meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri anak dalam belajar.
Keseluruhan, pendekatan yang digunakan oleh guru dalam video tersebut sangat mendukung dalam membantu anak-anak mengatasi kesulitan dalam mengenal konsep bilangan secara efektif dan menyenangkan.
Video seri pembelajaran ini sangat bagus untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Cara pendekatan guru dengan mengenalkan konsep bilangan melalui bermain dan bernyanyi membuat anak senang sehingga anak mudah memahami materi yang diberikan. Penggunaan alat peraga memudahkan anak menginggat sedang lembar kerja membuat anak belajar mandiri
Video ini sangat menginspirasi saya sebagai guru dalam mengenalkan bilangan kepada anak- anak di lembaga tempat saya mengabdi. guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak melalui beberapa gambar lalu menghitung bersama anak-anak.Anak lebih mudah mengenal bilangan melalui gambar seperti dalam video tersebut daripada melalui tulisan angka…
Dalam video tersebut terlihat bagaimana cara guru mengenalkan konsep bilangan dengan benda dengan cara yang menyenangkan, dimulai dengan bernyanyi sebagai pembangun suasana menyenangkan di awal, lalu menggunakan media yang terdekat atau sudah dikenal oleh anak. Dengan dipanggil secara bergantian, dapat memotivasi anak untuk dipanggil lebih dulu dari pada kawannya untuk unjuk kebolehan mengenai konsep bilangan dan secara tidak langsung guru tersebut dapat langsung melakukan penilaian terhadap anak tersebut. Guru tersebut juga menggunakan bahasa secara bilingual baik untuk menyebut angka maupun beberapa kata yang sudah dikenal oleh anak sebelumnya. Reward berupa pujian pun selalu diberikan. Dari video tersebut kita dapat mengambil beberapa referensi cara mengajar untuk kegiatan mengenal konsep bilangan dan cara menangani anak yang mengalami kesuliltan mengenal konsep bilangan dengan benda.
Terima kasih