silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama ;Castirih
Nim 857455662
portal guru pintar online (http://gurupintar.ut.ac.id/)
seri pembelajaran Kognitif PAUD
Mengenal konsep bilangan
dalam video tersebut menggambarkan upaya seorang guru taman kanak –kanan dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak dengan cara;
1.Anak di ajak bermain dengan bola kecil anak di minta untuk mengambil bola sesuai dengan arahan guru
2. anak di ajak bernyanyi dua mata saya dari nyanyian itu anak dapat mengenal anggota tubuh dan dapat mengetahui jumlah anggota tubuh yang di sebutan secara tidak langsung anak menghitung anggota tubuh mereka
3 anak di aajak untuk mengehitung benda sesuai dengan gambar ,anak di minta menghitung gambar dan mencocokannyadengan angka setelah di hitung .
Setelah anak berhasil megerjakan apa yang guru perintahkan dengan baik anak di beri apresiasi berupa cap di tangan
Menurut saya pembelajaran yang di terapkan dapat dengan cepat di mengerti oleh anak yang mungkin mempunyai keterlambatan dalam mengingat angka dengan cara bermain ,bernyanyi anak akan dengan mudah untuk mengigat angka ,pembelajaran yang di terapkan video yang saya laihat tadi sudah cukup bagus untuk mengenalkan angka pada anak dengan berbagai macam metede pembelajaran .dan yang membuat anak bersemangat adalah apresiasi yang mereka dapatkan karena sudah berhasil mengerjakan apa yang guru perintahkan .
Dalam video pembelajaran tentang “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” di sini guru menggunakan metode berkelompok menggunakan menggunakan media bola, anak di beri perintah mengambil beberapa bola, setelah di ambil oleh anak anak, guru memberi penguatan lambang bilangan dan konsep bilangan dengan cara menghitung jumlah bola secara bersama-sama. selain menggukan bola untuk mengenalkan konsep bilangan, guru juga menggunakan LKS untuk meyesuaikan lambang bilanag dan jumlah bilangan. dan juga guru menggunakan teknik bernyanyi sambil berhitung untuk memeberi pengetahuan anak-anak tentang bilangan.
Dari video tersebut dapat saya tanggapi
a. Cara menyampaikan materi : Guru cukup bagus dalam menyampaikan materi juga diselingi dengan bernyanyi dan tepuk, serta menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari itu,
Materi membilang memang sebaiknya dikaitkan dengan keseharian dan lingkungan yang terdekat pada anak, misal jumlah anggota tubuh, kancing baju yang dipakai anak, jumlah teman, atau jumlah anak tangga di sekolah dan masih banyak lainnya.
b. Alat dan bahan : Bahan yang dipakai dalam pengenalan bilangan banyak teknik yang dapat dilakukan, dapat menggunakan LK atau kertas lembar kerja, juga dapat melalui permainan-permainan yang menarik dan variatif lainnya.
Dari video tersebut guru sudah mengajar dengan tepat tentang mengenalkan konsep bilangan dengan cara bermain diiringi dengan lagu. Dan dalam video bermain bola, sebelum guru meminta anak mengambil bola, sebaiknya terlebih dahulu guru mempraktikkan cara mengambil bola dan menghitung pada saat mengambil bola tersebut.
Nama : Karniah
Nim : 857460134
Dalam video pembelajaran “Mengenal Konsep Bilangan”, upaya guru dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini sudah tepat dengan menjelaskan dan memberikan contoh nyata terlebih dahulu yaitu menghitung dengan media bola sebelum mengerjakan tugas pada LKA sehingga anak-anak mudah memahami apa yang guru sampaikan dan diakhir pembelajaran guru memberikan reward, penghargaan seperti itu akan membuat anak-anak lebih semangat lagi untuk belajar.
nama : defie sewesty
nim : 859506069
upbjj jakarta
izin menanggapi video di atas.
Dalam video di atas di awal pembelajaran nya kondisi kelas siap untuk anak-anak belajar, lalu guru mengajak anak belajar sambil bermain dengan cara menghitung bola yang terdpaat di tempat yang di sediakan.
dalam diri Guru harus mempunyai teknik untuk memperkenalkan bilangan kepada anak2 seperti dengan bernyanyi,tepuk tangan ataupun bermain.
setelah itu guru dapat memberikan lembar kerja yang berisikan memasangkan benda atau lingkari benda sesuai dengan lambang bilangan nya.
Teknik lain yg bisa guru lakukan saat terkahir pembelajaran yakni mengapresiasi kepada anak jika anak ada yg berhasil mengerjakan lembar tugas tersebut.
Setelah menganalisis video tentang sulit mengenal konsep bilangan.
Dalam video tersebut seorang pendidik diharap mampu mengenali dan mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan.
Di dalam video tersebut pendidik menggunakan kegiatan keselamatan dan model individual.
Untuk anak didik mengenali konsep bilangan, selain itu ruangan aman dan nyaman sehingga dalam video tersebut anak didik bisa bermain sambil belajar .
Adapun kegiatan yang dilakukan seperti menjumlahkan total bola setelah sebelumnya menghitung satu persatu bola , dan untuk anak yang masih belum bisa, pendidik membantu dengan gerak lagu, juga memberikan kegiatan dalam bentuk lembar kerja agar anak didik dapat mengenali konsep bilangan lebih dalam lagi.
Penilaian yang digunakan untuk anak didik adalah penilaian secara langsung,sehingga selama kegiatan yang dilakukan, pendidik dapat menilai mana yang sudah bisa menguasai konsep bilangan dan mana yang belum.
Nama : Amelia awalin
UT Banjarmasin
Hasil analisa dari video tersebut adalah terdapat sebagian anak yang mengalami
Kesulitan dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia dini.Dari video tersebut terlihat kegiatan anak yang sedang mengambil bola sesuai perintah ibu guru.Tapi dari kegiatan tersebut saya rasa kurang efektif untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak,seharusnya ibu guru mencontohkan lebih detail lagi terhadap anak,jangan langsung langsung memerintahkan anak untuk mengambil sejumlah bola,seharusnya contohkan lah dulu cara berhitungnya secara berulang ulang sampai anak benar benar paham.
Karena masih ada anak masih belum bisa mengenal konsep bilangan dengan benar maka,ada beberapa cara yang ibu guru dapat lakukan.
Contohnya sebagai berikut:
1.Dapat memasangkan jumlah benda sesuai dengan lambang bilangannya
2.Melubhkari angka sesuai jumlah gambar.
3.Memberi penguatan pada anak dengan cara memberi stempel bintang pada yang benarenghitung benda..
Refleksi Nilai yang di berikan adalah karakter yang terwujud dalam sikap jujur bisa memahami konsep bilangan dengan benar.
Nama : Atik nur fatimah
Nim : 857596695
UPBJJ : Purwokerto
Judul : Sulit Mengenal konsep bilangan
Mohon izin menanggapi vidio diatas bahwa didalam vidio tersebut guru sangat kreatif cara mengajarnya dan sangat menyenangkan karena banyak anak yang antusias memperhatikan walaupun ada beberapa anak yang tidak fokus, dengan begitu anak yang merasa sulit dalam mengenal konsep bilangan akhirnya mudah dalam memahami konsep bilangan karena guru mengajar dengan menggunakan berbagai macam metode ada pengerjaan tugas dengan menghitung gambar bintang,belajar sambil bernyanyi, bertepuk tangan, permainan menggunakan alat peraga atau media pembelajaran yang ada disekitar kelas berupa bola dan spidol dan sebagainya. Dilanjutkan dengan mengerjakan Lembar Kerja (mencocokkan gambar dengan angka) sehingga menarik dan menyenangkan untuk anak-anak. Kemudian memberikan reward kepada anak yang berhasil mengerjakan tugas dengan benar.
Mohon maaf dan trimakasih
Nunung Nurhasanah
NIM : 877667838
Dalam video pembelajaran yang saya tonton terdapat kegiatan pengenalan konsep bilangan yang di aplikasikan dengan beberapa alat pembelajaran. Dalam video tersebut guru sudah merancang pembelajaran dengan rapih dan anak juga mengikutinya dengan tertib. Kegiatan yang diterapkan pertama kali dalam video tersebut guru menerangkan bagaimana cara atau aturan permainannya supaya anak tidak bingung dan dapat mengikuti dengan benar kegiatan mengenal konsep bilangan tersebut. Kemudian guru juga memanggil satu persatu anak yang akan mengikuti kegiatan dan mengoreksi ketika anak melakukan kesalahan ataupun memberi apresiasi ketika anak melakukan dengan benar. Dalam kegiatan di video juga di selipkan nyanyian ataupun berupa tepuk-tepuk yang bersangkutan dengan pembelajaran yang akan di lakukan yaitu mengenal konsep bilangan. Dalam video juga guru memberikan lembar kerja kepada anak berupa melingkari angka sesuai dengan gambar yang ada. Dan guru juga memberikan apresiasi berupa stempel bintang ketika mereka mengerjakan sesuai dengan perintah dari guru.