silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Menanggapi video tentang “Sulit Mengenal Konsep Bilangan,” upaya guru dalam video tersebut sudah tepat untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak. Guru berperan menumbuhkan inisiatif, motivasi, dan tanggung jawab anak dalam pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan sangat interaktif, melibatkan anak secara langsung, seperti belajar sambil bernyanyi, bertepuk tangan, menggunakan alat peraga, dan memberikan tugas lembar kerja untuk memasangkan benda dengan lambang bilangan. Guru juga memberikan reward atas hasil karya anak, sehingga pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Sebagai pendidik anak usia dini, saya perlu menerapkan metode ini dengan menggunakan media yang lebih bervariasi, sesuai kebutuhan anak agar perkembangan mereka dapat optimal.
nama : kristina wanti br nainggolan
Menanggapi video tentang “Sulit Mengenal Konsep Bilangan,” upaya guru dalam video tersebut sudah tepat untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak. Guru berperan menumbuhkan inisiatif, motivasi, dan tanggung jawab anak dalam pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan sangat interaktif, melibatkan anak secara langsung, seperti belajar sambil bernyanyi, bertepuk tangan, menggunakan alat peraga, dan memberikan tugas lembar kerja untuk memasangkan benda dengan lambang bilangan. Guru juga memberikan reward atas hasil karya anak, sehingga pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Sebagai pendidik anak usia dini, saya perlu menerapkan metode ini dengan menggunakan media yang lebih bervariasi, sesuai kebutuhan anak agar perkembangan mereka dapat optimal.
Nama : Ratna Nurmawati
Kabupaten : Kutai Kartanegara
Setelah saya melihat video tersebut, menurut saya video tersebut sangat bagus. Pembelajaran untuk mnengenal bilangan bisa menggunakan berbagai macam cara dan media yang digunakan. Bisa juga dengan mengajak anak bernyanyi tentang berhitung atau tentang bilangan. Media belajar dengan menggunakan alat peraga menurut saya hal tersebut saudah sangat tepat.
Assalamualaikum….
Izin memberi tanggapan dalam video ini.
Vedio 1 MENGATASI MASALAH PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PAUD
SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN
Dalam video ini ibu guru menggunakan model pembelajaran berkelompok, dengan menggunakan media bola. Anak-anak terlihat antusias mengikuti pelajaran yang di ajarkan ibu gurunya, anak aktif saat ibu guru memberi pertanyaan. Walaupun ada salah satu anak yang memang belum paham konsep bilangan. Salah satu murid di suruh ambil bola 8 dia ambil bola sebanyak 6. Tetapi sebagai pendidik itulah tugas kita.
Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah perkembangan kognitif anak PAUD dalam mengenal konsep bilangan seperti :
-Permainan kepingan angka :
Kegiatan ini bisa membuat anak termotivasi dalam meningkatkan kemampuan berhitungnya
-Memasangkan jumlah benda dengan lambang bilanganganya:
Dapat memberi stempel bintang pada anak yang menjawab dengan benar.
Itulah komentar saya, mohon di koreksi
Terimakasih.
Izinkan saya menuliskan Refleksi dari video diatas,
saya Alsha Novinda
Nim 856837355
Video diatas menjelaskan upaya seorang guru dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini. Upaya yang digunakan guru pun sangat menarik perhatian dan minat anak untuk belajar mengenal huruf, seperti:
1. Mengajak anak bermain dan melakukan lagu & tepuk,
2. Membuat alat peraga yang menarik minat anak untuk berani maju ke depan kelas dan meletakkan sejumlah benda yang sesuai dengan lambang bilangan tersebut,
3. Guru juga memberikan reward kepada anak yang berhasil mengambil spidol yang sesuai dengan jumlahnya yang diberikan guru tanpa ada salah.
Jadi video diatas dapat menjadikan motivasi ditempat saya mengajar.
NAMA : SUSANTI
NIM : 859418527
Pada video tersebut menurut saya upaya yang dilakukan guru sudah tepat dalam mengembangkan perkembangan anak terutama dalam kemampuan kognitif pada anaka seperti latihan langsung menghitung bola satu per satu kemudian menjumlahkannya kemudian sebelum kegiatan menghitung ibu guru memberikan stimuasi kepada anak dalam pengenalan angka dengan kegiatan bernyanyi.
NAMA : SUSANTI
NIM : 859418527
Pada video tersebut menurut saya upaya yang dilakukan guru sudah tepat dalam mengembangkan perkembangan anak terutama dalam kemampuan kognitif pada anaka seperti latihan langsung menghitung bola satu per satu kemudian menjumlahkannya kemudian sebelum kegiatan menghitung ibu guru memberikan stimulasi kepada anak dalam pengenalan angka dengan kegiatan bernyanyi.
Nama : Anita Silva
NIM : 834788886
UPBJJ : UT Denpasar
Studi Kasus : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Setelah menonton video pembelajaran yang ditampilkan menurut pendapat saya, bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah terencana dengan baik.
Kegiatan pembelajaran yang berlangsung lancar, anak- anak yang duduk mendengarkan dan juga ikut aktif dalam pembelajaran menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola kelas sudah baik.
Dalam pengenalan konsep bilangan, Ibu guru menggunakan alat APE untuk melaksanakan kegiatan agar anak – anak ikut aktif dalam berpartisipasi, memberikan penjelasan mengenai pembelajaran yang dilakukan sebelum anak-anak melakukan pembelajaran mengenal lambang bilangan.
Kegiatan bernyanyi sebagai salah satu pengenalan bilangan pun juga di lakukan, Penguatan dalam mengingat konsep bilangan dengan memberikan lembar kerja masing – masing dan juga memanggil anak murid satu persatu kedepan untuk menghitung spidol. Kegiatan yang diakhiri dengan memberikan reward atau penghargaan berupa stempel membuat anak semangat belajar dan juga merasa percaya diri.
Ada beberapa anak yang masih kesulitan mengenal konsep bilangan di video tersebut, namun jika kegiatan yang di video tersebut dilakukan pengulangan maka akan lebih gampang diserap oleh anak -anak dan akan membantu mereka dalam mengenal konsep bilangan dengan mudah. Dikarenakan tidak adanya paksaan pembelajaran melainkan pengenalan konsep bilanga dengan kegiatan bernyanyi dan permainan yang menyenangkan.
Nama : Nur Ilmi Zaenab
NIM : 859420111
Setelah mengamati video berjudul “Sulit Mengenal Bilangan”, maka terdapat beberapa cara untuk mengenalkan kepada anak mengenai konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan yaitu :
1. Mengenalkan konsep bilangan menggunakan permainan, lagu ataupun tepuk. Pada video diatas, guru mengenalkan konsep bilangan dengan menyanyikan lagu mengenai anggota tubuh sembari menunjuk anggota tubuh yang dimaksud. Kemudian guru juga mengenalkan konsep bilangan lewat permainan yaitu meminta anak mengambil bola sejumlah yang disebutkan oleh gurunya setelah itu guru mengajak anak-anak yang lain untuk menghitung bola bersama-sama.
2. Memberikan tugas dengan menggunakan lembar kerja. Pada video diatas, guru memberikan lembar kerja yang mana anak diminta untuk melingkari simbol bilangan yang sesuai dengan jumlah gambar.
3. Memberikan penguatan pada hasil karya anak. Pada video diatas, guru memberikan apresiasi pada anak yang dapat mengambil spidol dengan jumlah yang benar dengan memberikan stempel bintang di punggung tangannya.
Setelah melihat vidio ini ,saya menemukan pengalaman terutama dalam mengajarkan pembelajaran khususnya mengenal konsep bilangan ,anak-anak perkembangan kognitifnya tidak sama,jadi harus di barengi dengan kegiatan yang menyenangkan dan bermain sebelum kegiatan dengan cara bermain tepuk dan menghitungnya dan menghubungkan gambar dengan labilnya.