silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,060 Comments

  1. Nama: Hasriwulan Mandalika. H
    Nim: 859429806

    Dari video diatas bahwa jika anak sulit mengenal konsep bilangan maka dilakukan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Beberapa cara yang dilakukan video diatas adalah menggunakan lagu yang mengandung angka sehingga anak mudah mengingat, gunakan gambar untuk menunjukkan angka dan ajak anak-anak menghitung benda disekitarnya.

  2. Assalamualikum
    Nama : Ana Noor Rochyani
    NIM : 857998669
    Video menunjukkan interaksi antara guru dan anak-anak dalam mengenal konsep bilangan. Fokus utama dalam video ini adalah pengenalan bilangan melalui aktivitas yang menyenangkan dan interaktif. Dari video ini saya dapat berajar lebih banyak tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan berbagai macam pernainan yang menyenangkan. Pemberian reward di akhir kegiatan memberikan motivasi tambahan bagi anak-anak untuk berpartisipasi secara aktif. Penghargaan menciptakan rasa pencapaian dan kepercayaan diri, yang penting untuk perkembangan sosial dan emosional mereka.

  3. Nama : Maria Dua Nukak
    NIM : 859264698
    Dalam video “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” menjelaskan tentang cara guru memberikan solusi kepada anak didik mengenai anak yang sulit mengenal konsep bilangan, seperti mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu atau tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya. dan menurut saya solusi yang diberikan oleh guru tersebut sangat baik karena dengan solusi seperti itu dapat membuat anak didik mudah dalam memahami konsep bilangan yang sederhana.
    sekian terimakasih

  4. Nama : Maria Dua Nukak
    NIM : 859264698

    Dalam video terse “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” menjelaskan tentang cara guru memberikan solusi kepada anak didik mengenai anak yang sulit mengenal konsep bilangan, seperti mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu atau tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
    Menurut saya solusi yang diberikan oleh guru tersebut sangat baik karena dengan solusi seperti itu dapat membuat anak didik mudah dalam memahami konsep bilangan yang sederhana.

  5. Nama : Maria Dua Nukak
    NIM : 859264698

    Dalam video “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” menjelaskan tentang cara guru memberikan solusi kepada anak didik mengenai anak yang sulit mengenal konsep bilangan, seperti mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu atau tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya. Menurut saya solusi yang diberikan oleh guru tersebut sangat baik karena dengan solusi seperti itu dapat membuat anak didik mudah dalam memahami konsep bilangan yang sederhana.

  6. Nama : Retno Larasati
    NIM : 857520136

    Setelah melihat video ini alhamdulillah saya mendapatkan ilmu dan pemahaman baru untuk bisa mengenalkan konsep bilangan pada anak dengan cara yang menarik dan menyenangkan , sehingga anak tidak merasa bosan.

  7. Nma : Samawati
    NIM : 857872417
    UPBJJ : 44/Surakarta

    saya akan memberikan refleksi mengenai kegiatan yang dilakukan oleh guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan pada video tersebut.
    Kegiatan yang dilakukan guru sangat kreatif dan menyenangkan. Mengajak murid untuk membilang melalui permainan dan lagu dapat meningkatkan minat dan motivasi mereka dalam belajar. Dengan cara ini, anak-anak tidak hanya belajar mengenal angka, tetapi juga belajar berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman-teman mereka. Penggunaan alat peraga permainan konsep bilangan juga sangat efektif karena membantu murid memahami konsep bilangan secara konkret melalui pengalaman langsung / mempraktekan langsung.
    Selain itu, memberikan tugas berupa lembar kerja untuk memasangkan benda sesuai lambang bilangan adalah langkah yang baik untuk mengasah kemampuan motorik halus murid. Aktivitas ini juga mendorong mereka untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan tugas. Mengulas kembali hasil karya murid dan memberikan penguatan seperti stempel bintang adalah cara yang tepat untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada anak-anak. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka dan mendorong mereka untuk terus belajar.
    Refleksi dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan yang menyenangkan sangat penting dalam proses pembelajaran, terutama untuk anak-anak usia dini. Dengan cara ini, anak-anak tidak hanya belajar mengenal bilangan, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, emosional, dan motorik mereka. Guru dapat terus mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif untuk memastikan semua murid dapat memahami konsep bilangan dengan baik.

  8. Nama : Retno Larasati
    NIM : 857520136

    Setelah melihat video di atas, alhamdulillah dapat memberikan ilmu dan wawasan baru tentang cara mengenalkan konsep bilangan pada anak dikemas dengan cara yang menarik dan menyenangkan, sehingga anak tidak merasa bosan baik dengan cara kegiatan bernyanyi maupun permainan dengan melibatkan peserta didik.

  9. Assalamu’alaikum…Wr. Wb.

    Saya Iis Lestari
    NIM 859676379

    Dalam video pembelajaran ini menunjukkan sebuah pendekatan kreatif dalam memperkenalkan konsep angka kepada anak-anak TK. Guru telah merancang pembelajaran dengan baik, menggunakan berbagai metode dan alat peraga nyata yang dapat dilihat dan dipegang langsung oleh anak-anak. Pemilihan media pembelajaran ini sangat tepat karena sesuai dengan cara belajar anak TK yang lebih mudah memahami hal-hal konkret dibanding abstrak.
    Namun, meski perencanaan dan penggunaan media sudah baik, proses pembelajaran masih terlalu berpusat pada guru, dimana peserta didik kurang mendapat kesempatan untuk bereksplorasi dan menemukan konsep secara mandiri. Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan berpusat pada anak.

    Terima Kasih…

  10. Nama: Fitria Yusniasari
    NIM: 859506796

    Pengenalan konsep bilangan pada video diatas cukup bagus dengan menggunakan bola sehingga membuat anak-anak antusias. Sebelum masuk kedalam permainan, guru juga memberitahukan permainan yang akan dimainkan, hanya saja guru tidak menggunakan media flashcard untuk mengenalkan terlebih dahulu angka 1-10, seharusnya sebelum melakukan permainan guru juga harus mencontohkan terlebih dahulu cara bermainnya. Permainan yang diberikan guru kepada anak sudah sangat baik hanya saja harus dibuat lebih menarik sehingga akan membuat suasana dikelas menjadi lebih hidup.

Leave a Reply