silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Euis Titin Rohyatin
    NIM : 857443374

    Judul : Anak sulit mengenal konsep bilagan

    Kelebihannya :
    Dalam vidio ini seorang guru dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan dan guru tersebut berupaya dengan mengajak anak-anak untuk membilang dengan permainan menggunakan bola, lagu dan juga tepuk. Dengan cara anak mengambil bola dalam keranjang sesuai perintah kemudian di ambil dan di bawa kedepan untuk dihitung kembali bola tersebut apakah sesuai dengan yang diperintahkan, kemudian anak diberikan tugas sebelum pemberian tugas anak diajak bernyanyi dan tepuk untuk mengulang kembali konsep bilangan setelah pemberian lembar tugas anak diperintahkan untuk melingkari bilangan sesuai jumlahnya setelah itu guru memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil spidol sesuai perintah dan diberikan hadiah berupa stempel bintang.

    kelemahannya :
    Guru tidak mengenalkan terlebih dahulu konsep bilangan kepada anak misalnya dari 1 sampai 10 agar anak terlebih dahulu mengetahui bilangan tersebut, sebaiknya anak yang sudah mengambil bola dan dibawa kedepan di hitung lagi oleh anak dan guru hanya memdampingi saja.

  2. Nama ; Nunung Nuryani
    NIM : 857493727
    Prodi : S1 PGPAUD AKPMM

    Dalam video tersebut di jelaskan tentang teknik mengenal konsep bilangan kepada anak, yaitu :
    1. Sebelum memulai tugas pada anak, guru dapat :
    – mengajak anak membilang menggunakan lagu dan tepuk.
    – Memberi tugas berupa lembar kerja, yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya, dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya.
    2. Memberikan penguatan kepada anak yang berhasil mengambil benda sesuai jumlah tanpa salah berupa stampel bintang pada tangan.

    Teknik yang di gunakan sudah bagus dan sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Namun, yang perlu di perhatikan lagi adalah :
    – Jika di tambah dengan pengenalan bentuk bilangan, anak akan lebih baik.
    – Pilih kegiatan yang dapat membangkitkan semangat anak, misalnya ketika melakukan gerak dan lagu, usahakan anak dan guru sambil berdiri dan ada iringan musik.
    – Tunjukan ekspresi antusias guru setiap anak melakukan kegiatan, karena senyum saja tidak cukup. dan hal ini sangat mempengaruhi semangat anak.

  3. Nama:leti herewati
    Nim:856819894
    Video yg di tanggapi:sulit mengenal konsep bilangan
    Pokjar:seluma

    Dari hasil analisis video
    Setelah menyaksikan tayangan pd video tsb dp di ambil makna nya apa yg di lakukan sudah menarik karena guru mengajak anak belajar sambil bermain dg menggunakan media yg nyata yg ada di lingkungan kelas seperti bola yg ukuran nya kecil yg yg sehingga anak anak dgn mudah untuk mengenggam nya dg jml yg agak banyak,dan juga ada bolpain,serta kertas bergambar ,yg mana jumlah bilangan yg sudah di tentukan oleh guru dg cara ini anak anak akan lebih mudah mengingat jumlah bilangan yg telah guru berikan ataau kenal kan pd anak selain dg media guru jg mengajak anak mengenal konsep bilangan melalui seni tepuk dan nyanyian swhingga kognitif anak semakin berkembang ,selain itu guru jg mengenal kan sikap antri dlm pembelajaran nya,setalah anak berhasil dg menunjuk kan hasil bilangan nya sebagai guru kita harus lah memberikan penguatan seperti kata kata pujian,tepukan tangan dan jg memberikan stempel bintang itu sebagai reward guru kepda anak agar mereka senang bersemangat untuk mengembangkan kognitif nya dlm mengenal konsep bilangan pd saat pembelajaran berlangsung.
    Terimah kasih 🙏🙏

  4. Nama : Asra Iswanto Nifa
    Nim : 859287054
    UPBJJ : UT Kupang
    Semester : II-PG PAUD AKPMM
    MK : Evaluasi Pembelajaran TK
    a.Identitas video yang saya saksikan
    Judul :Sulit Mengenal Konsep
    Bilangan
    Nama Pengembang video : Netti
    Hernawati
    Lokasi: Didalam Kelas
    Kelompok anak :TK
    Ringkasan materi:
    Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan.upaya guru tersebut antara lain:mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk tangan,membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya,dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya berupa pemberian stempel bintang ditangannya.
    b.Guru dalam video,apakah sudah menerapkan assessment dan evaluasi?
    -Penerapan assessment atau penilaian
    Guru sudah memberikan penilaian berupa bintang yang distempel pada tangan anak anak, sedangkan bagi seorang guru tidak hanya dengan satu penilaian saja melainkan dengan penilaian anekdot,hasil karya atau penilaian lewat lembar kerja siswa yang bisa dilaksanakan untuk mereview penilaian dan dapat dilakukan evaluasi kembali.
    -Penerapan evaluasi
    Dalam video tersebut guru tidak melakukan evaluasi,hanya melakukan kegiatan belajar mengajar separti sehari-hari dalam kelas dan tanpa mereview ulang pembelajaran yang dilakukan,sehingga seorang guru tidak mengetahui mana anak yang telah mengenal konsep bilangan dengan anak yang belum mengenal konsep bilangan.
    C.hal yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran tersebut
    -Kegiatan pembukaan
    Setelah anak anak masuk kelas,guru mengajak anak anak menyanyi atau bermain tepuk tangan dengan menyebut konsep bilangan,sehingga anak terstimulasi dengan konsep bilangan dalam bentuk nyanyian dan memudahkan anak dalam mengingat.
    -Kegiatan inti
    Guru melakukan media pembelajaran pembelajaran konsep bilangan dengan memakai kartu angka/puzzle angka sehingga anak lebih mengenal bentuk dari angka tersebut,bisa juga dengan benda atau sesuatu yang menyerupai bentuk angka seperti pensil untuk angka 1,bebek untuk angka 2,dan angka lainnya,bisa juga dengan nyanyian atau bertepuk tangan untuk mengajarkan konsep bilangan kepada anak sehingga pembelajaran konsep bilangan lebih menyenangkan dan mengasyikkan,penggunaan lembar kerja siswa dengan kertas berwarna sehingga anak juga bisa belajar mengenal warna
    -Kegiatan penutup
    Guru melakukan review ulang pembelajaran sebelum menutup kegiatan pembelajaran hari itu.tujuannya adalah guru bisa mengetahui anak mana yang sudah bisa mengenal konsep bilangan dan anak mana yang belum mengenal konsep bilangan.

  5. Nama:trisnawati
    Nim:85917135
    Prodi:BPPAUD
    Yg di terapkan Bu guru dalam Vidio tersebut,cara mengenalkan bilangan pada anak2 dengan menggunakan alat bantu bola,sangat bagus,disini guru juga mengajarkan anak2 untuk,melati diri,sabar dalam menunggu giliran bermain,kegiatan sambil bernyanyi juga sangat membantu anak dalam mengembangkan aspek seni,dimana anak2 akan menikmati permainan sambil bernyanyi.
    Dan alangkah lebih baik,jika Bu guru menyediakan bentuk angkah dari kertas,atau poster angka,sehingga anak tidak hanya menyebut saja tetapi anak2 juga dapat mengenal angka secara langsung.

  6. Nama :Enung Siti NA
    NIM :857236084
    Pokjar :UT Serang
    Setelah menyaksikan video tentang pengenalan konsep Bilangan menurut pendapat saya guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik terlihat guru menggunakan benda (bola) sebagai media untuk mengenalkan konsep berhitung, guru juga sudah berusaha untuk mengikutsertakan teman-teman lain untuk ikut berperan aktif yaitu saat melakukan menghitung bola yang sudah diambil oleh temannya dimana guru mengikutsertakan anak-anak lain untuk membantu menghitung bolanya dan memberikan pertanyaan apakah bola yang diambil sudah benar sesuai instruksi,selain itu juga untuk mengetahui apakah anak-anak sudah memahami konsep bilangan guru juga memberikan tugas yaitu membilang gambar ( anak menghitung kemudian melingkari angkanya).
    kelemahannya :guru sebaiknya tidak mengucapkan arahan atau berkata “jangan dikasih tau ya teman-teman mungkin bisa di ganti dengan kata lain seperti ayo teman-teman kasih semangaat…atau ayo ibu yakin pasti bisa. setelah menghitung bola sebaiknya guru juga menunjukkan angkanya dengan menggunakan Flashcard angka untuk lebih memberikan penguatan konsep membilang kepada anak-anak. demikian pendapat saya teima kasih

  7. Nama : Yuslina Fera Wilyana
    Nim : 858735108
    Prodi : PG Paud masukan Sarjana
    Judul video: Sulit mengenal konsep bilangan

    Pada video pembelajaran mengenai pengenalan konsep bilangan pada AUD, guru sudah menyampaikan kegiatan pembelajaran dengan baik dan menyenangkan dengan cara bernyanyi, bertepuk bilangan, serta bermain dalam permainan mengenai bilangan, dalam video tersebut anak-anak semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
    Dalam kegiatan tersebut guru sudah menerapkan prinsip assessment dan evaluasi pada anak, ketika anak mau maju dan mengambil spidol sejumlah bilangan yg diminta oleh guru, anak kemudian diberi penghargaan berupa stempel bintang di tangan.
    Evaluasi pembelajaran pada AUD lebih mengutamakan proses daripada hasil, dalam penyampaian proses pembelajaran pada video tersebut sudah baik.

  8. Nama: Nisa aulia
    NIM: 859171215
    UPBJJ UT MATARAM
    Judul video: sulit mengenal konsep bilangan
    pengembang: Netti hernawati
    Hasil pengamatan video
    Kelebihan :
    Kegiatan yang menambah semangat anak yaitu guru mengajak anak untuk membilang angka dengan
    permainan lagu dan tepuk, Guru tersebut juga memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan
    benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai dengan lambang bilangannya.
    Adapun kekurangan dalam video tersebut yaitu
    1. Belum siapnya anak dalam mengikuti pembelajaran tersebut terbukti dengan adanya anak yang masih belum diam dan menguap.
    2. Pada saat pengambilan bola anak merasa kesulitan saat mengambil bola yang terlalu banyak karena tidak adanya keranjang untuk tempat bola yang sudah di ambil anak terbukti dengan adanya bola yang terjatuh saat sudah di ambil oleh anak.
    3. Tidak semua anak terlibat dalam permainan tersebut hanya sebagian anak saja yang aktif.
    Adapun saran untuk video tersebut yaitu guru harus lebih variatif dalam pemilihan media pembelajaran yaitu dengan menggunakan korek api, batu, kartu angka, dan sebagainya.

  9. Nama : Laila Ulfah Muthmainnah
    Nim : 857501784
    Prodi : PGPAUD (Masukan Sarjana)
    Semester : 2 (dua)
    UPBJJ : Bandung

    a. Identitas Video : Seri Pengembangan Kognitif
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengemban Video : Netti Hernawati
    Lokasi : Sekolah TK
    Kelompok Anak dalam Video : Kelompok Anak TK
    Ringkasan materi : “Strategi Guru mengatasi Anak yang sulit mengenal Konsep Bilangan”
    Awal Kegiatang Pembelajaran supaya anak paham mengenai konsep bilangan anak di ajarkan dulu tentang konsep bilngan boleh dengan nyanyian atau tepuk yang berkaitan dengan pengenalan konsep bilangan misalnya tepuk satu kali (prok) tepuk 2x (prok, prok) laulu setelah itu anak di ajarkan dulu pengenalan konsep bilangan melalui gambar di papan tulis atau buku LKS misalnya menghubungkan gambar yang berhubungan dengan konsep bilangan lalu setelah itu anak mulai mulai mengenal konsep bilangan melalui benda dan menghitung benda tersebut dan anak didik pun tidak akan kesulitan dalam menjawab kinswp bilangan.
    b. Guru tersebut sudah memberikan evaluasi dengan memberikan contoh gambar di papan tulis mengenai konsep bilangan sehingga anak didik tidak kesulitan dalam mengenal konsep bilangan.
    c. Hal yang harus di perbaiki dalam pada proses pembelajaran ini adalah guru harus sering memberikan contoh konsep bilangan benda dulu melalui gambar lalu menghubungkan benda sesua. jumlahnya lalu mulai menghitung benda melalui benda-benda yang akan di hitung oleh anak didik.

Leave a Reply