silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Siti Nurhalimah
Nim : 858662797
Jurusan PGPAUD semester 8
Rumusan masalah dari video tersebut:
Anak sulit mengenal konsep lambang bilangan
Kelemahannya :
1.saat guru menjelaskan anak masih belum antusias masih ada anak yang menggoyangkan badannya dan ada anak yang duduknya belum tertib.
2.saat guru menjelaskan menghitung gambar di papan tulis anak menerima sepidol dengan menggunakan tangan kirinya itu menunjukkan perilaku tidak sopan.
Kelebihanya:
1.guru sebelum melakukan kegiatan mengajak anak bernyanyi dan bertepuk-tepuk terlebih dahulu dan memberikan penguatan.
2.guru memberikan reward memberi stempel bintang di tangan kanan dan kirinya pada anak yang bisa menjawab pertanyaan.
Solusinya :
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru harus lebih kreatif lagi dalam memberikan permainan/kegiatan yang menarik bagi anak .
Guru harus menstimulus pengembangan kognitif anak dengan menggunakan media yang menarik untuk anak.
Guru juga harus menanamkan nilai-nilai pembentukan karakter anak kepribadian yang lebih baik.
Nama : Fitria Ulung Masfuk Ansyah
NIM : 858839196
Prodi : PG PAUD BI
Menurut saya dalam video tersebut apa yang dilakukan guru dalam pembelajaran sudah baik. Ketika mengenalkan konsep bilangan Ibu guru menggunakan media pembelajaran berupa permainan bola, yaitu anak disuruh mengambil jumlah bola sesuai ucapan Ibu guru. Selain bermain bola guru juga bernyanyi dan bertepuk untuk mengenal konsep bilangan. Selanjutnya anak diberikan lembar kegiatan untuk dikerjakan supaya dapat menambah tingkat pemahaman anak dan mengenalkan nama bilangan.
Nama : Muji Riyani
NIM : 85755104
Prodi : S1 PG PAUD
Menurut saya guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik, menggunakan media dan metode yg dapat menarik minat anak . Terlihat anak semua berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Nama : Immamatun Khasanah
NIM : 857607322
PRODI : PG PAUD
Tanggapan saya dari video “Sulit mengenal konsep bilangan”
Kelemahan :
– Guru masih terlihat dominan dalam pembelajaran kerena guru menghitung benda yang sudah diambil oleh anak
– Kurangnya antusias pada anak karena pada saat diajak tepuk tangan untuk menyemangati temannya banyak yang tidak ikut tepuk tangan
Kelebihannya :
– Tehnik pengenalan konsep bilangan yang guru gunakan sangatlah bagus yaitu dengan membilang benda yang ada di sekitar,bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri dan juga bermain tepuk
– Guru dudah menggunakan alat peraga yang ada disekitar anak
– Anak sudah dilatih untuk mandiri dengan mengerjakan tugas LKS
– Pemberian Reward berupa stempel bintang pada anak yang bisa menghitung benda dengan benar tanpa bantuan
Solusi :
– Alangkah baiknya jika anak mengambil dan menghitung sendiri bola yang telah mereka ambil dari keranjang sambil di tujukkan kepada teman-temannya
– Alangkah baiknya jika alat peraga konkret dan tiruan yang digunakan lebih beraneka ragam
Nama : SRI NUR HIKMAH SYAM
Nim : 859408264
Menurut pendapat saya video yang dilakukan guru dalam pengembangan bidang kognitif yaitu mengenalkan konsep bilangan pada anak.
1. alat peraga yang digunakan oleh guru yaitu bola, hal ini sudah tepat karena anak menghitung jumlah bola yang harus diambil sesuai perintah guru.
2. selain bola untuk meningkatkan anak untuk mengenal konsep bilangan adalah dengan cara memberikan kartu huruf secara acak, kemudian itu guru dapat menyebutkan angka sesuai urutan 1-20 dan anak yang mendapatkan kartu angka tersebut akan maju kedepan kelas sesuai angka yang ia dapatkan. kemudian, guru juga dapat menyuruh anak tersebut untukmengambik barang yang telah disediakan oleh guru sesuai angka didalam kartu yang ia dapatkan.
3. langkah yang dapat dilakukan guru tersebut, sudah tepat namun alangkah lebih baiknya guru dapat memberikan cap bintang/stempel bintang pada anak yang melalukan tugasnya dengan benar agar mereka merasa senang seperti, disekolah tempat saya mengajar bahwa kalau ada seorang anak yang sudah mengerjakan tugas atau mewarnai dengan rapih saya memberikannya pernghargaan cap bintang/stempel bintang sebanyak-banyaknya. namun yang belum benar akan diberikan kesempatan untuk mengulangi agar anak tersebut tidak putus asa.
4. hambatan yang dialami oleh guru adalah disaat mengenalkan konsep tersebut, biasanya adalah seorang anak kurang fokus dan asyik main sendiri sehingga tidak memperhatikan dan kurang mengerti dengan apa yang dipelajarinya.
5. yang saya lakukan saat ingin mengenalkan konsep bilangan tersebut kepada anak-anak, saya ajak untuk bernyanyi dan bertepuk tangan serta berhitung dan menyebutkan angka dengan bahasa indonesia maupun secara bahasa inggris, agar anak dapat lebih bersemangat dan fokus dalam belajar mengenal konsep bilangan.
Nama: Nova Novia
NIM: 857434035
Prodi : PG PAUD
Setelah melihat video mengenai anak yang sulit mengenal lambang bilangan menurut saya kelebihan dalam video tersebut yaitu guru sudah bagus dalam mengenalkan lambang bilangan kepada anak melalui berbagai macam permainan dari menyebutkan angka, membilang, bernyanyi dan tepuk, melingakari angka sesuai jumlah gambar dan memberikan reward kepada anak yang sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.
Adapun kekurangan dalam video tersebut yaitu
1. Belum siapnya anak dalam mengikuti pembelajaran tersebut terbukti dengan adanya anak yang masih belum diam dan menguap.
2. Pada saat pengambilan bola anak merasa kesulitan saat mengambil bola yang terlalu banyak karena tidak adanya keranjang untuk tempat bola yang sudah di ambil anak terbukti dengan adanya bola yang terjatuh saat sudah di ambil oleh anak.
3. Tidak semua anak terlibat dalam permainan tersebut hanya sebagian anak saja yang aktif.
Adapun saran untuk video tersebut yaitu guru harus lebih variatif dalam pemilihan media pembelajaran yaitu dengan menggunakan korek api, batu, kartu angka, dan sebagainya.
Nama: Santi Devi Herliana
NIM: 859170252
PRODI: PG PAUD
Dalam video mengenai anak sulit mengenal lambang bilangan… Dalam video tersebut kegiatan inti dalam pengenalan lambang bilangan seperti menghitung bola dalam keranjang, menghitung banyak spidol, LK pengenalan lambang bilangan dengan melingkari bilangan sesuai banyak gambar sudah baik…
Namun ada beberapa yang perlu diperhatikan kembali dalam masalah:
1. Pada saat anak mengambil bola dalam keranjang.. guru bisa memberikan wadah tersendiri untuk menghitung bola sehingga anak-anak tidak kesulitan dalam menggenggam bola..
2. Pada saat anak- anak mengambil spidol alangkah baiknya anak-anak yang menghitung sendiri jumlah spidol yang diambil..
Nama : Kresma Elsa Kusumasari
Nim : 858785141
Jurusan PGPAUDS1 Semester 8
Menurut saya cara guru mengenalkan konsep bilangan dan menbilang jumlah benda sudah bagus. Karena dilakukan dengan permainan, media bola, bernyanyi dan tepuk. Setelah itu anak diberikan tugas untuk mengetahui sejauh mana anak menerima materi yang diberikan guru. Guru tersebut juga memberikan reward berupa pemberian tanda bintang kepada anak yang dapat membilang benda dengan benar.
Tetapi terlihat disitu guru kurang menciptakan permainan yang bervariasi
Nama : Eni Winarti
Nim: 856820004
UPBJJ: BENGKULU
POKJAR: KAUR
STUDI : PGPAUD
Setelah saya melihat Vidio di atas yang berjudul “anak yang sulit mengenal lambang bilangan” mengurus saya apa yang di lakukan oleh guru dalam menstimulasi anak sudah benar yaitu dengan menggunakan media seperti menggunakan bola, bernyanyi sambil bertepuk dan bilangan bergambar.Ketika mengenalkan konsep bilangan Ibu guru menggunakan media pembelajaran berupa permainan bola, yaitu anak disuruh mengambil jumlah bola sesuai ucapan Ibu guru. Selain bermain bola guru juga bernyanyi dan bertepuk untuk mengenal konsep bilangan. Selanjutnya anak diberikan lembar kegiatan untuk dikerjakan supaya dapat menambah tingkat pemahaman anak dan mengenalkan nama bilangan. Dan guru sudah memberikan motivasi kepada anak dengan memberinya kesempatan untuk ikut berperan dalam permainan bola, bertepuk dan menghitung gambar.
Terima kasih
Nama : Heny Alfiyatur Rohmah
NIM : 858814948
Anak sulit mengenal konsep lambang bilangan
Kelemahannya :
1. kurangnya antusias anak pada saat diajak tepuk tangan untuk menyemangati temannya masih banyak yang tidak ikut tepuk tangan.
2. .saat guru menjelaskan anak masih belum antusias masih ada anak yang menggoyangkan badannya dan ada anak yang duduknya belum tertib.
3.saat guru menjelaskan menghitung gambar di papan tulis anak menerima sepidol dengan menggunakan tangan kirinya itu menunjukkan perilaku tidak sopan.
Kelebihanya:
1.guru sebelum melakukan kegiatan mengajak anak bernyanyi dan bertepuk-tepuk terlebih dahulu dan memberikan penguatan.
2.guru memberikan reward memberi stempel bintang di tangan kanan dan kirinya pada anak yang bisa menjawab pertanyaan.
Solusinya :
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru harus lebih kreatif lagi dalam memberikan permainan/kegiatan yang menarik bagi anak .
-Guru bisa menggunakan kartu angka yang bervariasi atau berwarna warni sambil bisa menyebutkan warna dan simbol angka sehingga anak tidak merasa bosan.
-Guru harus menstimulus pengembangan kognitif anak dengan menggunakan media yang menarik untuk anak.
Guru juga harus menanamkan nilai-nilai pembentukan karakter anak kepribadian yang lebih baik.