silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : RATNA EKA SUSANTI
NIM : 858733548
Prodi : PGPAUD
POKJAR : LAMONGAN
A. Identitas Video :
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama pengembang Video : Netti Hernawati
Lokasi : Di dalam Kelas
Kelompok anak dalam video : TK
Ringkasan materi dalam video :
Video tersebut berisi tentang pembelajaran anak usia dini tentang cara mengenal konsep bilangan dengan metode yang menyenangkan dan mudah di mengerti bagi anak didik agar anak didik tidak mengalami kesulitan dalam memahami konsep bilangan . Cara-cara yang dilakukan guru dalam video tersebut untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak didik adalah sebagai berikut :
1. Dengan menggunakan permainan menghitung bola
2. Dengan tepuk tangan
3. Dengan bernyanyi bilangan
4. Dengan lembar kerja memasangkan bilangan
B. Guru dalam video tersebut sudah melakukan asesmen dan evaluasi dengan memberikan penilaian kepada anak yang sudah berhasil mengerjakan dengan benar dan melakukan evaluasi pada anak didik yang sudah mengerjakan namun masih ada kesalahan. Guru juga sudah membenarkan cara membilang dengan benar pada anak didik.
C. Hal yang perlu diperbaiki dalam video pembelajaran tersebut adalah :
Seharusnya guru melakukan pengarahan awal pada proses pembelajaran seperti menjelaskan cara membilang dengan benar dan teliti dan memberikan contoh menghitung dengan menggunakan media / alat peraga. Dengan pengarahan tersebut maka anak akan lebih mudah memahami materi yang telah disampaikan oleh guru.
Nama : Devi
Nim : 859874186
Pokjar : Tebing Tinggi, Medan
Setelah melihat video pembelajaran mengenai “sulit mengenal konsep bilangan” Bahwa apa yang guru tersebut ajarkan menurut saya sangat baik.
1. Guru tersebut mengajarkan kepada siswa nya untuk mengenal bilangan dengan memakai berbagai media seperti bola, spidol, dan kertas bergambar.
2. Belajar dengan menggunakan 2 bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
3.Memberikan penghargaan kepada siswa tersebut sebuah stempel bintang, lalu
4. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk praktek langsung menghitung bola dengan mengenalkan konsep bilangan.
Nama : Tiara Aulia Fisabilah
NIM : 857490216
UPBJJ/POKJAR : Bandung/Awipari
Dalam video tersebut menayangkan tentang pemecahan masalah bagaimana seorang guru mengatasi anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan. Upaya yang dilakukan guru yaitu : mengenalkan konsep bilangan dengan permainan mengunakan alat peraga seperti bola lalu anak diminta mengambil bola sesuai bilangan yang diintruksikan oleh guru, kemudian menghitungnya bersama-sama, anak juga diajak untuk membilang dengan tepuk dan nyanyian, guru memberikan tugas berupa lembar kerja sehingga anak menghitung gambarnya sendiri lalu memasangkan dengan lambang bilangan yang sesuai atau dengan melingkarinya, terakhir guru mengulas hasil karya anak dan memberikan apresiasi berupa stempel bintang di tangannya.
Secara umum, tayangan video tersebut sudah cukup menarik. Guru menggunakan benda konkret sebagai media untuk membilang, dimana hal itu sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Namun menurut saya, hal yang perlu diperbaiki adalah ketika saat pembukaan, sebelum menjelaskan kegiatan apa yang akan dilakukan sebaiknya guru mengajak anak untuk ice breaking, atau bergerak sambil bernyanyi, sehingga anak akan antusias dan lebih semangat.
Ketika melakukan permainan menghitung bola, ada sebagian anak yang merasa bosan, tidak memperhatikan temannya dan menghitung bola temannya. Menurut saya permainan bisa dilakukan dengan cara berkelompok dan estafet bola, anak berkompetisi untuk mengambil, siapa yang paling cepat mengumpulkan bola sesuai bilangan yang diintruksikan guru.
Nama : Noer Septiana Poerwulan Sari
Nim : 858734793
Prodi : PGPAUD/BI
Dalam video tersebut guru sudah baik dalam pembelajaran mengenal konsep bilangan, guru mengajarkan sambil bermain dan tidak lupa guru memberikan pujian berupa kata-kata, tepuk tangan, dan pemberian bintang pada anak sehingga anak merasa senang dalam pembelajaran tersebut.
Menurut saya kekurangan dari video pembelajaran tersebut… sebaiknya sebelum pembelajaran dimulai anak-anak diajak bernyanyi dan berhitung 1 -10 dengan media kartu huruf atau dengan jari-jari tangan. sehingga anak mengetahui angka-angka terlebih dahulu sebelum anak-anak diberi pertanyaan tentang bilangan tersebut.
Nama: TRI KURNIA ANDRIYANI
Nim: 858167133
Identitas vidio :
– Judul : Anak sulit mengenal konsep bilangan
– Nama pengembang: NETTI HERNAWATI
– Lokasi : Sekolahan / diruangan kelas
– Kelompok : Anak TK
– Ringkasan materi :
Dalam vidio ini adalah upaya seorang guru TK dalam mengatasi anak yang sulitbmengenal konsep bilangan sehingga guru mempunyai cara intuk mengatasinya yaitu :
1.dengan mengajak anak untukbmembilang dengan permainan dan lagu atau tepukan tangan
2.membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak-anak diminta untuk meletakkan sejumblah benda sesuai lambang bilangan tersebut
3.memberikan tugas berupa lembar kerja dengan memasangkan benda sesuai lembar bilangan tersebut
4.mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik dengan memberinya penguatan kepada anak dengan hasil karyanya yang baik berupa stempel bintang ditangannya
B.ASESMENT : guru menggunakan penilaian dengan satu jenis (stempel bintang pada tangan ) sehingga tidak ada anekdot atau penilaian lembar kerja yang dapat digunakan untuk merivew sehingga dapatbdilakukan assesment lanjutan atau evaluasi
EVALUASI : guru tidak mengetahui antara anak yang bisa mengenal konsep bilangan dengan yang tidak mengenal konsep bilangan sebab guru tidak melakukan evaluasi dan hanya melekukan KBM seperti biasa.
C.Hal yang perlu diperbaiki adalah :
1.Pada pembukaan
Ketika anak akan memualai pelajaran,anak bisa dibariskan terlebih dahulu untuk antri bersalaman dengan guru sambil menyebutkan atau berhitung mulai angka 1 sampai selesai (semua anak bersalaman ) kemudian menuju tempat duduk masing-masing
2.Pada inti
-Dengan nyanyian dan tepuk sangat tepat dilakukan sebab anak akan dengan mudah mengingatnya
-Dengan menggunakan media bola juga tepat tetapi lebih tepatblagi jika dengan media angka yang tertulis dan dengan menyerupai bentuk,semisal angka satu seperti tiang bendera,angka dua sepertibbebek,angka empat seperti kursi terbalik dan sebagainya,sehingga anak akan lebih mudah mengingatnya.
– Dengan menggunakan lembar kerj sangat tepat tetapi akan lebih baik jika lembar tersebut itu berwarna sehingga bisa sekaligus mengenalkan warna juga
3.Pada penutup
Anak akan lebih baik ketika mengakhiri pelajaran,kita ulas kembali pelajaran yang tadi dilakukan sehingga guru bisa mengevaluasi pelajaran tersebut dan bisa mengetahui anak yang belum bisa dan yang sudah bisa mengenal konsep bilangan.
D. Dalam pembelajaran dividio tersebut sudah sangat bagus cara untuk
mengenalkan bilangan tersebut dengan langkah tepuk,bernyanyi,lembar kerja.tetapi alangkah baiknya pembelajaran tersebut dengan menggunakan APE agar anak senangbsekaligus lebih mudah untuk menangkap pembelajaran tersebut.
Nama : TRI KURNIA ANDRIYANI
Nim : 858167133
A. Identitas vidio :
Judul : Anak sulit mengenal konsep bilangan
Nama pengembang : NETTI HERNAWATI
Lokasi : Sekolahan / diruangan kelas
Kelompok : Anak TK
Ringkasan materi :
Dalam vidio ini adalah upaya seorang guru TK dalam mengatasi anak yang sulitbmengenal konsep bilangan sehingga guru mempunyai cara intuk mengatasinya yaitu :
1. Dengan mengajak anak untukbmembilang dengan permainan dan lagu atau tepukan tangan.
2. Membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak-anak diminta untuk meletakkan sejumblah benda sesuai lambang bilangan tersebut.
3. Memberikan tugas berupa lembar kerja dengan memasangkan benda sesuai lembar bilangan tersebut.
4. Mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik dengan memberinya penguatan kepada anak dengan hasil karyanya yang baik berupa stempel bintang ditangannya.
B. ASESMENT :
Guru menggunakan penilaian dengan satu jenis (stempel bintang pada tangan ) sehingga tidak ada anekdot atau penilaian lembar kerja yang dapat digunakan untuk merivew sehingga dapatbdilakukan assesment lanjutan atau evaluasi
EVALUASI :
Guru tidak mengetahui antara anak yang bisa mengenal konsep bilangan dengan yang tidak mengenal konsep bilangan sebab guru tidak melakukan evaluasi dan hanya melekukan KBM seperti biasa.
C. Hal yang perlu diperbaiki adalah :
1. Pada pembukaan
Ketika anak akan memualai pelajaran,anak bisa dibariskan terlebih dahulu untuk antri bersalaman dengan guru sambil menyebutkan atau berhitung mulai angka 1 sampai selesai (semua anak bersalaman ) kemudian menuju tempat duduk masing-masing
2. Pada inti
• Dengan nyanyian dan tepuk sangat tepat dilakukan sebab anak akan dengan mudah mengingatnya.
• Dengan menggunakan media bola juga tepat tetapi lebih tepatblagi jika dengan media angka yang tertulis dan dengan menyerupai bentuk,semisal angka satu seperti tiang bendera,angka dua seperti bebek, angka empat seperti kursi terbalik dan sebagainya,sehingga anak akan lebih mudah mengingatnya.
• Dengan menggunakan lembar kerj sangat tepat tetapi akan lebih baik jika lembar tersebut itu berwarna sehingga bisa sekaligus mengenalkan warna juga
3. Pada penutup
Anak akan lebih baik ketika mengakhiri pelajaran,kita ulas kembali pelajaran yang tadi dilakukan sehingga guru bisa mengevaluasi pelajaran tersebut dan bisa mengetahui anak yang belum bisa dan yang sudah bisa mengenal konsep bilangan.
D. Dalam pembelajaran dividio tersebut sudah sangat bagus cara untuk mengenalkan bilangan tersebut dengan langkah tepuk,bernyanyi,lembar kerja.tetapi alangkah baiknya pembelajaran tersebut dengan menggunakan APE agar anak senangbsekaligus lebih mudah untuk menangkap pembelajaran tersebut.
Nama : Lilis Zumrotus Sa’adah
Nim : 858734177
UPBJJ : Surabaya
Pokjar : Lamongan
Menurut pendapat saya kegiatan dalam Vidio anak sulit mengenal konsep bilangan pada anak usia dini diatas upaya pembelajaran yang dilakukan guru sudah baik, terlihat dari upaya guru sebelum pembelajaran mengenal bilangan, guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan lagu dan tepuk, guru juga memakai alat peraga (bola yang berwarna warni) yang digunakan untuk membilang, memberi kesempatan anak untuk membilang dengan alat peraga tersebut. Guru juga memberi penguatan konsep membilang melalui pemberian tugas berupa lembar kerja yaitu melingkari angka sesuai dengan lambang bilangannya, dan memberi reward kepada anak yang melakukan tugas dengan baik berupa setempel bintang.
Hanya… kekurangan dalam vidio tersebut guru kurang menguasai kelas sehingga anak-anak ada yang kurag memperhatikan penjelasan guru ketika menerangkan, guru kurang memberi kesempatan pada anak yang lain untuk melakukan kegiatan membilang dengan alat peraga, sebaiknya lembar kerja disesuaikan dengan tema atau topik pada hari itu dan gambarnya berwarna sehingga anak tidak hanya mengenal konsep bilangan saja tetapi juga mengenal warna serta peran guru pendamping yang ada dikelas tidak melakukan tugasnya dengan baik.
Terimakasih
Nama : Khusnul Khotimah
Nim : 858861922
Pokjar : Bandung Tulungagung
Dalam Vidio diatas menurut pendapat saya sudah baik…dalam pembelajaran itu guru sudah menggunakan media menghitung bilangan dengan menggunakan bola ,adapun cara cara memberikan pemahaman terhadap anak yang sulit dalam mengenal konsep bilangan diantaranya :
1.anak bisa mengenal bilangan dengan mengunakan batu kerikil
2.anak bisa diberi lembaran untuk menggambar benda sesuai angka.
3.anak juga bisa belajar dengan cara menyanyi ..dan bertepuk…
Terima kasih…🙏🙏🙏
Nama Devi Yulianti
Nim 858169753
Prodi : PG PAUD BI
Dari hasil video saya akan memberikan beberapa pendapat saya tentang judul video “Kesulitan Mengenal Konsep Bilangan”.
Setelah menyaksikan tayangan pd video tsb dp di ambil makna nya apa yg di lakukan sudah menarik karena guru mengajak anak belajar sambil bermain lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan bola yg ukuran nya kecil yg yg sehingga anak anak dgn mudah untuk mengenggam nya dengan jumlah yang agak banyak,dan juga ada bolpain,serta kertas bergambar ,yg mana jumlah bilangan yg sudah di tentukan oleh guru dengan cara ini anak anak akan lebih mudah mengingat jumlah bilangan yg telah guru berikan
Kekurangan dari video tersebut:
Alangkah baiknya saat guru membuka pembelajaran, guru tidak langsung menerangkan tentang pembelajaran, akan tetapi lebih mengajak anak untuk mencairkan suasana dan membangun semangat anak. Misalnya diajak menyanyi, ice breking yang mana nyanyian dan ice breaking itu mengarah pada pembelajaran pada tema yang akan disampaikan pada hari itu.
Nama : MUFIDATUN NIKMATIS SHOLIHIN
NIM : 858733032
Prodi : PGPAUD BI
POKJAR : TUBAN
A. Identitas Video :
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama pengembang Video : Netti Hernawati
Lokasi : Di dalam Kelas
Kelompok anak dalam video : TK
Ringkasan materi dalam video :
Video tersebut berisi tentang pembelajaran anak usia dini guru tersebut memeberikan pembelajaran cara mengenal konsep bilangan dengan metode yang menyenangkan dan mudah di mengerti bagi anak didik agar anak didik tidak mengalami kesulitan dalam memahami konsep bilangan .
Adapun cara-cara yang dilakukan guru dalam video tersebut untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak didik adalah sebagai berikut :
1. Dengan menggunakan permainan menghitung bola
2. Dengan tepuk tangan
3. Dengan bernyanyi bilangan
4. Dengan lembar kerja memasangkan bilangan
5. Menghitung spidol dan mengapresiasi anak dengan memberikan bintang
B. Guru dalam video tersebut sudah melakukan asesmen dan evaluasi dengan memberikan penilaian kepada anak yang sudah berhasil mengerjakan dengan benar dan melakukan evaluasi pada anak didik yang sudah mengerjakan namun masih ada sedikit kesalahan. Guru juga sudah membenarkan cara membilang dengan benar pada anak didik.
C. Hal yang perlu diperbaiki dalam video pembelajaran tersebut adalah :
Seharusnya guru mengajak anak untuk icebreaking dan melakukan pengarahan awal pada proses pembelajaran seperti menjelaskan cara membilang dengan benar dan teliti dan memberikan contoh menghitung dengan menggunakan media / alat peraga. Dengan pengarahan tersebut maka anak akan lebih mudah memahami materi yang telah disampaikan oleh guru.
Guru juga seharusnya mengajak anak untuk Membuat aturan main sebelum belajar agar anak juga lebih fokus saat menerima pembelajaran.