silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : AYU ARIASTUTIK
NIM :855873517 Dalam video ini,sangat menginspirasi sekali..bisa dilihat seorang guru mempunyai peranan penting untuk anak yang sulit mengenal konsep bilangan, bagaimana seorang guru harus bisa menerapkan pembelajaran yang bisa dipahami oleh anak -anak terutama untuk Anak Usia Dini.guru memerlukan keterampilan tesendiri untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak guru secara tidak langsung memperkenalkan lambang bilangan kepada anak melalui kegiatan bermain. Anak usia dini lebih mudah memahami konsep bilangan atau huruf dengan menggunakan benda-benda konkret. Seperti yang ditunjukkan dalam video, guru memperkenalkan konsep bilangan dengan menggunakan bola, melingkari gambar sesuai jumlah yang ditentukan, serta menghitung spidol. Anak-anak terlihat senang dan lebih mudah memahami konsep bilangan karena metode yang digunakan adalah belajar sambil bermain yang menyenangkan. Guru juga memberikan pujian berupa tepuk tangan dan memberikan stempel bintang di tangannya kepada anak yang berhasil menghitung dengan benar. Video ini sangat inspiratif dan layak diterapkan pada anak usia dini, terutama untuk mengembangkan kemampuan dasar serta menanamkan pemahaman bahwa belajar sambil bermain itu menyenangkan.
NURUL HIDAYAH
855872658
Dari vidoe di atas dapat di simpulkan bahwa belajar berhitung itu tidaklah membosankan tergantung bagaimana kita sebagai pendidik mengajak anak anak belajar berhitung sambil bermain jauh menyenangkan. belajar berhitung dengan cara bernyanyi juga bisa menjadi sebuah ide pembelajaran yang sangat menyenangkan
Nama : Susi
Nim : 855872389
Dari video tersebut, Anak² Sulit Mengenal Konsep Bilangan, guru mengajarkan konsep bilangan dengan memanfaatkan berbagai teknik dan media yang bervariasi. Ibu guru mengajarkan konsep bilangan melalui kegiatan bernyanyi, tepuk tangan, dan bermain. Guru juga menyajikan beberapa jenis permainan yang dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep bilangan, selain menggunakan lagu dan tepuk.
Meskipun demikian, disarankan agar guru juga memperkenalkan bentuk-bentuk angka pada awal pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan media gambar atau bentuk geometri yang berwarna-warni, sehingga anak lebih tertarik dan mudah memahami konsep tersebut. Dengan demikian, saat guru memberikan lembar kerja yang memuat gambar benda dan lambang bilangan, anak akan lebih mudah mencocokkan jumlah gambar benda dengan lambang bilangan tersebut.
Pada akhir pembelajaran, guru memberikan penguatan kepada anak dan mengapresiasi kinerjanya dengan memberikan stempel bintang.
Neneng Komariyah
857622135
mengenai vidio tersebut di atas tentang konsep mengenal bilangan, dalam kegiatan menghitung bola sebaiknya guru bisa menambahkan media kartu angka sehingga anak dapat mengetahui bentuk angkanya.
Anak sulit mengenal konsep bilangan, dan guru memerlukan inovasi dalam mengajar dikelas supaya anak lebih bisa antusias dalam menerima setiap materi yang diberikan. Anak akan lebih memahami belajar dengan adanya permainan supaya tidak jenuh. Guru harusnya memberikan reward pada anak supaya lebih semangat berupa pujian. Pada video tersebut guru sudah bagus dalam menyampaikannya.
Nama : SAKINAH AGUSTIN MAWADAH
NIM : 855872672
UPBJJ : UT SURABAYA
Saya akan menanggapi tentang video diatas dengan judul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”. Menurut pendapat saya dalam tayangan video diatas adalah cara guru dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak sudah bagus. Terlihat guru sudah mengajak anak untuk membilang melalui permainan bola dan menghitungnya. Setelah itu guru mengajak anak untuk mengenal konsep bilangan melalui lagu “dua mata saya” dan tepuk, kemudian guru juga mengajak anak memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai dengan pasangannya. Dan juga menghitung spidol sesuai dengan perintah guru kemudian guru memberikan reward (stempel tangan) untuk anak yang sudah bisa melakukannya.
Pengenalan konsep bilangan menggunakan bola merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan bisa dilakukan oleh setiap anak. Dalam video tersebut, guru mengajarkan konsep bilangan dengan menggunakan benda nyata yaitu mngambil bola dalam keranjang yang bertujuan untuk menggambarkan konsep bilangan dengan cara yang lebih konkret, agar anak bisa melihat dan memegang benda secara nyata sehingga konsep bilangan lebih mudah dipahami oleh anak.
FAJRIA NOVIANTI
857520594
Setelah menonton video seri pembelajaran PAUD ‘sulit mengenal konsep bilangan’ memberi inspirasi pada saya dalam menyediakan kegiatan untuk menstimulus kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan. Kegiatan- kegiatannya dapat dilakukan melalui nyanyian, bermain menggunakan media yang ada di sekolah dan juga melalui lembar kerja anak. Pemberian stempel dari guru pada anak yang berhasil menyelesaikan tugasnya mampu menginspirasi untuk memberikan rasa bahagia pada anak
Video tentang ” Sulit mengenal konsep bilangan” ini sangat bagus sekali dan bisa menginspirasi guru lain yang memiliki permasalahan yang sama dengan anak didiknya terkait konsep bilangan. Dalam video tersebut pembelajaran yang disampaikan sangat interaktif. Bu Santi melibatkan anak-anak dalam proses pembelajaran. Bu Santi juga memberikan motivasi kepada anak-anak yang maju dan memberikan apresiasi berupa stempel bintang. Proses pembelajaran tentang konsep bilangan yang disampaikan oleh Bu Santi juga menyenangkan yaitu melalui permainan edukatif dan lewat lagu. Selain itu pengenalan konsep bilangan lewat latihan dengan menggunakan gambar juga bisa memudahkan anak dalam memahami materi yang disampaikan. Terimakasih GPO yang sudah memberikan contoh video pembelajaran yang sangat membantu bagi para guru.
Dewa Ayu Sri Meilania
859023573
Setelah menonton video tersebut saya dapat menambah ilmu baru yaitu mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak tidak hanya melalui angka tetapi dapat melalui lagu, tepuk dan menghitung langsung benda-benda yang ada disekitar anak-anak, mulai dari diri anak sendiri yaitu jumlah mata, hidung, telinga, tangan, kaki dan lain sebagainya.