silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,483 Comments

  1. Nama: Widi Astuti
    NIM: 859442758
    Assalamualikum Wr.Wb..
    Izin Menanggapi video ini, menurut saya video ini menunjukkan strategi yang sangat menarik dan menyenangkan untuk mengembangkan aspek kognitif anak, khususnya dalam pengenalan konsep bilangan dan berhitung. kegiatan bermain bola sambil menghitung bukan hanya melatih kemampuan numerasi anak, tapi juga melibatkan aspek motorik dan sosial emosional secara bersama. dan guru dalam video ini terlihat aktif memberikan arahan yang jelas menggunakan media bola sebagai alat bantu hitung yang konkret dan familiar bagi anak-anak. anak-anak terlihat antusias dan vokus karena pembelajaran di lakukan melalui gerak dan permainan yang sesuai dengan dunia mereka.
    Sekian Terimakasih..

  2. cara mengajarnya menurut saya sudah oke, karena sesuai dengan perkembangan anak usia dini yang memang lebih suka hal hal yang bisa dilihat dan disentuh langsung, disini guru juga mengajak anak-anak main sambil belajar, misalnya main bola sambil ngitung lalu ada alat peraga seperti gambar dan tulisan angka yang dijadikan tugas di kertas untuk menyocokan jumlah benda sama angkanya, dan anak-anak yang hasilnya benar dikasih stempel bintang di tangannya sebagai bentuk apresiasi, tapi menurut saya lebih baik tugasnya dibedakan dengan contoh supaya anak tidak meniru yang sebelumnya sehingga melatih kognitifnya

  3. Assalamualaikum wr. wb izin menanggapi vidio pembelajaran di atas yaa
    Nama : TIA PURNAMA
    Nim : 858197627

    Video di atas memberikan gambaran yang sangat baik tentang pendekatan yang dapat dilakukan oleh guru TK untuk membantu anak-anak mengenali konsep bilangan. Penggunaan permainan dan lagu sebagai media pengajaran sangat efektif dalam menarik perhatian anak-anak, karena mengkombinasikan belajar sambil bermain. Metode pembelajaran ini tidak hanya membuat mereka lebih tertarik, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan .
    Terimakasih sebelumnyaa
    Wassalamualaikum wr. wb.

  4. Nama : Rahmatika Maya Safiana
    NIM : 837554117
    UPBJJ UT : Kendari

    Assalamualaikum wr. wb

    setelah menonton video diatas mengenai anak yang Sulit Mengenal Konsep Bilangan ada beberapa faktor yang mungkin menjadi alasan yaitu kurangnya minat belajar pada anak, kurangnya dukungan keluarga dalam belajar, tidak memahami konsep sejak awal. Sebagai seorang guru untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara yang telah dijabarkan dalam video diatas seperti
    1. Ajarkan berhitung dengan lagu.
    2. Gabungkan angka dalam tugas sehari-hari.
    3. Mainkan permainan angka dengan teman-temannya.
    4. Tuliskan angka dan minta anak menggambarnya.
    5. Tunjukkan angka di sejumlah benda.
    demikian saran yang dapat saya sampaikan jika ada kurangnya mohon dimaafkan.
    Terimakasih.

  5. Zuliyanah
    NIM : 858532387
    JUDUL : Sulit mengenal konsep bilangan

    Pada video yang sudah saya lihat, menurut saya cara mengajarkan dalam mengenalkan konsep bilangan kurang sedikit di senangi minat anak, pada saat anak di suruh untuk mengambilkan jumlah bola dalam keranjang, guru tidak memfasilitasi anak untuk berhitung bola dalam jumlah banyak. lebih baiknya di sediakan keranjang kecil atau berupa nampan untuk menaruh jumlah bola yang sudah di hitung pada anak, anak berhitung dalam jumlah 4 mungkin anak bisa membawa dengan kedua tangannya. dalam jumlah 7 anak kemungkinan tidak bisa membawa bola yang di hitung dalam jumlah 7. mungkin bola dalam jumlah 7- 10 anak sulit untuk membawanya. sesudah ibu guru berhitung berapa jumlah bola bersama- sama sebaiknya ada kartu angka yang akan di perlihatkan atau di kenalkan pada anak angka yang sesuai pada jumlah bola tersebut. atau bisa ibu guru memperlihatkan dan memberi pertanyakan pada anak kartu-kartu angka yang lainnya, agar anak dapat membedakan dan mengingat beberapa bentuk angka.
    kegiatan dalam memberikan lembar kerja untuk anak menurut saya sedikit kurang bagus. lebih baiknya menggunakan benda- benda yang nyata yang sudah di sediakan di sekolahan. karena anak lebih suka berhitung benda langsung dari pada bentuk gambar, kalau lembar kerja gambar anak lebih suka untuk di warnai.
    dalam pembelajaran berhitung 4 spidol menurut saya guru juga mempersiapkan beberapa kartu angka yang ada di wadah atau keranjang. setelah anak mengambil spidol dan berhitung bersama ibu guru dan teman- teman kemudian anak mencari kartu angka yang sudah di sediakan oleh ibu guru, agar anak mengetahui angka 4 itu seperti apa. apabila anak dalam mengambil kartu angka salah seorang guru dapat membantu mencarikan kartu angka yang benar dan di tunjukkan pada anak- anak yang lainnya, dalam kegiatan hal seperti itu anak akan lebih senang dan belajar mengingat konsep bilangan, dengan cara membuat kartu- kartu angka yang menarik untuk minat anak agar anak lebih suka mengenal konsep bilangan.
    dalam video tersebut bermanfaat untuk diri saya untuk berbagi ilmu dalam mendidik anak usia dini.
    Terima kasih

  6. Nama : Safachudriatin nisak
    NIM :860140023
    setelah melihat video di atas saya menyimpulkan dan mempelajari jika siswa yang sulit mengenal bilangan maka bisa kita ajarkan menggunakan metode yang mengasyikkan contohnya dengan benda yang ada di sekitar seperti bola setelah itu anak anak juga di ajarkan menulis angka menggunakan kertas yang ada gambarnya sehingga anak tidak jenuh juga memberikan suatu reward kepada anak jika bisa menjawab apa yang di tanya oleh guru untuk menyemangati dan mengukur perkembangan anak, dengan adanya video ini saya mendapatkan tambahan ilmu jika belajar tidak harus dengan selalu menulis di papan tulis tetapi dapat belajar dengan menggunakan benda benda yang ada di sekitar.
    sekian kesimpulan dari saya terimakasih…

  7. Nama : Mar’atus Solihah
    NIM : 877856194

    Menurut saya pengajaran Pendidik saat mengajarkan anak didiknya tentang mengenal konsep bilangan sangat jelas dan mudah di pahami oleh anak.Pendidik mengajarkan tentang konsep bilangan menggunakan alat yang kongkrit sehingga anak mudah memahami interupsi pendidik.

  8. nama : Siti Aisyah(858530953)
    video di atas menunjukkan kegiatan pengembangan kognitif mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan berbagai cara atau strategi. Kegiatan pertama meminta anak mengambil bola sesuai dengan jumlah hal ini memberikan pengalaman secara langsung kepada anak untuk mengenal jumlah benda. Kemudian anak diajak untuk menyanyikan lagu jumlah anggota tubuh. anak belajar konsep bilangan seperti jumlah mata, mulut, hidung dll dengan cara bernyanyi atau tepuk. Kegiatan selanjutnya, anak diajak untuk menghitung jumlah benda yang ada pada lembar kerja dan melingkari lambang bilangan yang sesuai. Dengan berbagai cara yang digunakan akan menambah pengetahuan anak tentang konsep bilangan . pada saat pembelajaran di kelas anak akan lebih tertarik dan merasa senang

  9. Nama : Nur Inayah Arlika Sari
    Nim : 859404339

    Assalamu’alaikum
    Izin menjawab..

    Menurut saya video tersebut merupakan sebuah strategi untuk mengajarkan anak tentang konsep bilangan sambil bermain. Dimana guru bisa menciptakan suasana kelas yang aktif dan interaktif menggunakan media konkrit. Terlihat guru dalam video memiliki beberapa metode yang bervariasi dan menyenangkan untuk mengenalkan konsep bilangan. Metode yang digunakan yaitu bermain bola sambil menghitung, bernyanyi lagu jumlah anggota tubuh, tepukan, lembar kerja yang berupa kegiatan memasangkan jumlah gambar pada lambang bilangan yang tesedia, juga dengan kegiatan mengambil spidol sesuai jumlah yang diminta guru. Tidak lupa juga guru memberikan kalimat punian dan rewards untuk anak yang berhasil menyelesaikan tugasnya.

    Terimakasih^^

Leave a Reply