silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Menurut Pendapat saya upaya Guru dalam megenalkan konsep bilangan kepada anak sudah baik karena menggunakan stratergi yang tepat. dari video ni dapat kita lihat di awal ada anak yang mulai mengerti dengan apa yang sudah diperintahkan oleh guru berarti anak tersebut menyimak dengan baik. guru juga megenalkan konsep bilangan dengan media menarik minat anak untuk mengenal angka. dengan cara bermain sambil belajar jgaa sangat menarik minat anak seperti bermain menggunakan bola, berhitung sambil bernyanyi dan menghitung gambar sesuai dengan angka.
Nama :Emi Sulikah
Nim : 858740869
Prodi : FKIP PGPAUD
Hasil analisis video
Pada video pembelajaran tersebut tentang kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan. Metode yang digunakan guru sudah tepat, guru waktu kegiatan pembelajaran menggunakan metode sambil bermain.Ada beberapa teknik yang digunakan guru dalam mengenalkan konsep bilangan,diantaranya:
Guru mengajak mengenal bilangan dengan cara bernyanyi “dua mata saya”
Guru mengajak anak permainan bertepuk tangan sesuai dengan perintah gurutakkan benda sesuai lambang bilanganya
Guru membuat alat peraga konsep bilangan kemudian anak disuruh mele
Guru memberikan tugas lembar kerja memasangkan benda dengan pasanganya
Guru memberikan tugas melingkari benda yang sesuai dengan jumlahnya
Guru memberikan penguatan kepada anak dari materi yang telah dipelajari
Di dalam video pembelajaran diatas ada beberapa kelebihan dan kekuranganya :
Kelebihanya :
Guru sudah menggunakan alat peraga bola dalam kegiatan belajar mengenal konsep bilangan
Guru menyampaikan materi konsep bilangan dengan cara bermain
Metode yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan metode bermain,bernyanyi,bermain tepuk
Guru meriview langsung materi yang telah diajarkan kepada anak dan memberika apresiasi langsung kepad anak
Kekurangannya :
Kegiatan belajar tidak harus dilakukan di dalam kelas,kegiatan belajar bisa dilaksanakan diluar kelas atau outdoor learning. Anak biasanya akan lebih bersemangat jika belajar di alam bebas belajar sambil bermain ditempat terbuka
Guru tidak memberikan pemahaman terlebih dahulu kepada anak cara bermainya bagaimana
Sebaiknya guru juga menggunakan media kartu angka jadi anak juga bisa langsng mengenal bentuk angkanya seperti apa
Waktu evalusi guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada anak untuk menghitung jumlah bolanya sendiri jadi anak akan mengetahui langsung bola yang diambil jumlahnya sudah sesuai apa belum
Waktu mengambil bola sebaiknya diberikan tempat agar anak lebih mudah membawanya,Karena di video anak kelihatan kerepotan membawa bola sampai ada yang jatuh bolanya
Nama : Tendriyani Amkas
Nim : 857163459
UPBJJ : Jakarta
POKJAR : Mutiara Insan Bekasi
Prodi : PGPAUD
Assalamuaikum
A. Identitas Video
Judul : Anak sulit mengenal konsep bilangan
Nama Pengembang : Ibu Netti Hernawati
Lokasi : Dalam Kelas
Kelompok : TK
Ringkasan Materi : Video yang saya lihat tersebut menerangkan tentang seorang guru yang konsep yang di terapkan kepada anak -anak sudah bagus ,di mana guru mengajak anak-anak mengenal bilangan dengan cara bermain dan bernyanyi,di mana anak-anak lebih menyukai belajar sambil bermain , guru menggunakan media bola, yang di mana anak-anak mengambil bola sesuai yang di perintahkan ,mengenalkan bilangan dengan bernyanyi dua mata saya dan menghitung gambar yang di sedia kan seperti gambar bintang ,gelas dan pensil,dan guru memberikan apresiasi dimana anak-anak yang sudah mengerjakan tugasnya dengan baik dan saya melihat di dalam video anak-anak menjadi lebih mengerti dan anak-anak jadi lebih semangat belajarnya.
B. Prinsip Assement : Guru memberikan pembelajaran dengan bermain,bernyanyi ,bertepuk tangan dan memberikan penguatan dengan memberi LKA,dan guru memberikan reaward gambar bintang kepada anak-anak didik yang mengerjakan tugas sehingga anak merasa bangga dengan keberhasilannya.
Prinsip Evaluasi : Guru tidak memberikan meja untuk anak-anak dalam mengerjakan tugas nya,dan masih ada anak-anak yang kurang maksimal dalam mendengarkan guru yang sedang memberikan materinya.
C. Pendapat saya yang harus di perbaikin yaitu Guru harus membuka pembelajaran dengan mengajak anak-anak bernyanyi untuk anak merasa senang dan memberikan pemahaman terlebih dulu kepada anak-anak didik seperti menjelaskan kegiatan berhitung dengan baik sehingga anak-anak tidak bingung jika di suruh mengerjakan tugasnya seperti mengambil bola,dan alangkah baiknya dipersiapkan juga media seperti balok angkah sehingga anak-anak dapat mengenal konsep bilangan sesuai dengan bentuk angkahnya.sehingga anak tidak hanya membayangkan .guru lebih fokus pada tercapainya tujuan dari pembelajaran materi tersebut dan sebelum di akhiri pembelajaran guru sabaiknya menanyakan perasaan anak-anak tentang belajar hari ini dan belajar apa saja hari ini,bertujuan untuk mengevaluasi apakah pembelajaran hari ini sudah mampu di terima dengan baik oleh anak-anak didik .
Terima Kasih.
Nama :Emi Sulikah
Nim : 858740869
Prodi : FKIP PGPAUD
Hasil analisis video
Pada video pembelajaran tersebut tentang kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan. Metode yang digunakan guru sudah tepat, guru waktu kegiatan pembelajaran menggunakan metode sambil bermain.Ada beberapa teknik yang digunakan guru dalam mengenalkan konsep bilangan,diantaranya:
– Guru mengajak mengenal bilangan dengan cara bernyanyi “dua mata saya”
– Guru mengajak anak permainan bertepuk tangan sesuai dengan perintah gurutakkan benda sesuai lambang bilanganya
– Guru membuat alat peraga konsep bilangan kemudian anak disuruh mele
– Guru memberikan tugas lembar kerja memasangkan benda dengan pasanganya
– Guru memberikan tugas melingkari benda yang sesuai dengan jumlahnya
– Guru memberikan penguatan kepada anak dari materi yang telah dipelajari
Di dalam video pembelajaran diatas ada beberapa kelebihan dan kekuranganya :
Kelebihanya :
– Guru sudah menggunakan alat peraga bola dalam kegiatan belajar mengenal konsep bilangan
– Guru menyampaikan materi konsep bilangan dengan cara bermain
– Metode yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan metode bermain,bernyanyi,bermain tepuk
– Guru meriview langsung materi yang telah diajarkan kepada anak dan memberika apresiasi langsung kepad anak
Kekurangannya :
– Kegiatan belajar tidak harus dilakukan di dalam kelas,kegiatan belajar bisa dilaksanakan diluar kelas atau outdoor learning. Anak biasanya akan lebih bersemangat jika belajar di alam bebas belajar sambil bermain ditempat terbuka
– Guru tidak memberikan pemahaman terlebih dahulu kepada anak cara bermainya bagaimana
– Sebaiknya guru juga menggunakan media kartu angka jadi anak juga bisa langsng mengenal bentuk angkanya seperti apa
– Waktu evalusi guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada anak untuk menghitung jumlah bolanya sendiri jadi anak akan mengetahui langsung bola yang diambil jumlahnya sudah sesuai apa belum
– Waktu mengambil bola sebaiknya diberikan tempat agar anak lebih mudah membawanya,Karena di video anak kelihatan kerepotan membawa bola sampai ada yang jatuh bolanya
Nama: Mufidatul Khasanah
NIM: 857835505
1. Alat peraga yang digunakan oleh guru menurut saya sudah tepat.
Seperti,membilang dengan permainan lagu dan tepuk, menggunakan gambar pada papan tulis dan menghitung gambar secara bersama, memberikan penguatan pada anak yang telah berhasil mengambil benda sejumlah yang diminta.
2. Permainan lain yang dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan selain dengan menggunakan lagu dan tepuk yaitu seperti permainan mengelompokkan benda kemudian dihitung, permainan lompat sambil menghitung berapa banyak lompatan, serta permainan kartu angka.
3. Menurut saya langkah langkah yang dilakukan oleh guru sudah tepat. Guru tersebut meyusun kegiatan dengan media yang bervariasi. Mulai dari permaian, menggambar, serta media alat peraga seperti bola dan keranjang.
4. Hambatan yang mungkin dapat dialami guru dalam mengenalkan konsep bilangan yaitu membagi giliran atau mengatasi anak yang belum bisa dan sudah bisa. Sebab dalam sebuah kelas tidak semua murid sudah paham tentang konsep bilangan, tapi ada juga anak yang belum bisa.
5. Cara yang mungkin dapat dilakukan yaitu memberikan kegiatan secara bersama-sama terlebih dahulu. Anak yang sudah dapat mengerjakan kegiatannya maka diberi porsi yang sedikit disaat mengarjakan. Sebaliknya untuk anak yang belum memahami, maka anak tersebut dapat kita dampingi.
Nama:Inawati
NIM: 857750724
PRODI:PG PAUD
A.Identitas Vidio
Judul:Sulit mengenal konsep bilangan
Nama pengembang:Netti Hernawati
Lokasi: Dalam kelas
Kelompok:Seri Pembelajaran PAUD
Ringkasan: Guru mengajarkan
pengenalan bilangan dengan
1.meminta anak satu-satu bergantian
mengambil bola dari keranjang
2. Melalui lagu dan tepuk-tepuk
3. Melalui mengerjakan lembar kerja
4.melalui maju satu-satu menghitung
spidol
Guru memberikan penguatan dan tanda
bintang anak yang berhasil
B.Dari hasil analisa Vidio, guru belum melakukan prinsip asesmenet dan evaluasi.tanda bintang yang diberikan guru itu hanya sebatas bentuk apresiasi/reward kepada anak yang bisa membilang.kalaupun itu sebagai upaya menilai anak ,itupun belum sesuai prinsip asesmenet pada tingkat paud karena hanya menilai tingkat pengenalan bilangan /perkembangan kognitif saja tidak bersifat menyeluruh dan belum menunjukkan penilaian formatur/proses untuk menilai tingkat perkembangan anak
C.Hal yang perlu diperbaiki yaitu media,alat dan strategi pembelajarannya.1. Untuk mengambil bilangan sebaiknya anak tidak maju satu- satu tapi bisa dibuat kelompok dan disediakan bola beberapa keranjang,jadi anak tidak bosan menunggu giliran 2. Sebelum kegiatan pengenalan bilangan,guru sebaiknya mengadakan pemetaan kebutuhan belajar berkaitan tingkat kesiapan belajar anak,minat dan cara belajarnya terhadap bilangan misal lewat permainan kartu bilangan.3.anak dikegiatan awal juga bisa mengajak anak bercakap-cakap dan berdiskusi tentang bilangan dikaitkan kejadian riil anak dan bisa lewat menonton Vidio YouTube kartun berkaitan bilangan 4.lalu anak di ajak memainkan ragam main yang sudah disiapkan misal membilang dengan benda secara langsung,membilang dengan berkreasi dengan gambar, atau meniru bilangan dengan bahan lospart.
5. Dalam Vidio juga terlihat anak menulis tanpa alas,jadi sebaiknya guru menyediakan sarana prasarana yang nyaman
6.Kegiatan pengenalan bilangan bisa dilakukan diruang terbuka supaya anak lebih semangat misal menghitung benda diluar kelas seperti pohon,batu,dsb
Nama : Amaliatul Magfiroh
NIM : 857351494
UPBJJ : UT Bogor
Dalam video ini berisikan bagaimana seorang menstimulasi setiap anak didiknya dalam mengenal konsep bilangan dengan berbagai metode antara lain:
1. Membilang benda sesuai dengan angkanya menggunakan mainan yang ada disekitar anak yaitu bola
2. Menghitung jumlah anggota tubuh dengan metode bernyanyi
3. Bermain tepuk tangan dengan menyebutkan angkanya
4. Memberikan Lembar kerja berupa memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangannya dan melingkari angka sesuai dengan jumlah gambar yang terdapat dilembar kerja.
menurut saya kegiatan diatas sudah bisa mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan untuk anak karena banyaknya variasi metode yang digunakan. Namun pada kegiatan lembar kerja sebaiknya dihilangkan dan diganti dengan metode bermain dengan balok, lego, atau loosepart karena benda-benda ini lebih menarik untuk dimainkan anak sambil mengenalkan konsep bilangan.
menurut saya penilaian ibu benar sekali biasanya setiap pembelajaran dapat disisipkan dalam kegiatan pembuka dan kegiatan inti dan ketika dalam kegiatan penutup guru memberikan penguatan pemahaman pembelajaran konsep bilangan yang telah diberikan pada kegiatan pembuka dan inti.
beberapa anak terlihat kurang bersemangat dalam kelas, guru berusaha mengalihkan perhatian anak dengan mengunakan media bola.
media lembar kegiatan dapat di ganti dengan media lain seperti kartu angka dan benda kongkret anak merasa senang dan bersemangat
guru dapat melakukan ricalling di akhir kegiatan sebagai penguatan kepada anak didik
dalam kegiatan pembelajaran guru harus menyiapkan rancangan kegiatan dan penilaan sebagai bentuk evaluasi kegiatan. apakah capaian perkembangan anak sudah terpenuhin atau belum, dan guru dapat mengtahui aspek-aspek perkembangan lain anak sudah terpenuhi atu belum
trimakasih atas jawaban dari teman-teman guru lain sangat membantu saya juga dalam persiapan mengajar
nama : dewi nika luchsari
nim : 858797375
kelas : 8B Pokjar batu
beberapa anak terlihat kurang bersemangat dalam kelas, guru berusaha mengalihkan perhatian anak dengan mengunakan media bola. media lembar kegiatan dapat di ganti dengan media lain seperti kartu angka dan benda kongkret anak merasa senang dan bersemangat guru dapat melakukan ricalling di akhir kegiatan sebagai penguatan kepada anak didik dalam kegiatan pembelajaran guru harus menyiapkan rancangan kegiatan dan penilaan sebagai bentuk evaluasi kegiatan. apakah capaian perkembangan anak sudah terpenuhin atau belum, dan guru dapat mengtahui aspek-aspek perkembangan lain anak sudah terpenuhi atu belum trimakasih atas jawaban dari teman-teman guru lain sangat membantu saya juga dalam persiapan mengajar