silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,121 Comments

  1. Nama : Adhinda Pringgandani
    NIM : 877600198

    Dalam video tersebut menjelaskan tentang fenomena anak yang sulit mengenal apa itu konsep bilangan. Dan dari video tersebut terdapat cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Yaitu dengan cara : Sebelum peserta didik memulai kegiatan atau mengerjakan tugas , guru bisa mengajak peserta didik untuk membilang dengan permainan atau bernyanyi diiringi lagu bertepuk tanga selain itu juga dapat dengan memberikan lembar kerja seperti memasangkan antara benda sesuai dengan lambang bilangan tersebut atau juga melingkari benda yang sesuai angka atau lambang bilangan.

    Permasalahan video diatas juga sering sekali saya hadapi dengan menonton video tersebut saya mendapatkan ilmu baru tentang bagaimana menjadi guru PAUD yang baik dan juga mengetahui agaimana cara mengatasi dan memperbaiki cara kerja saya.

  2. Video ini bertujuan untuk membantu anak-anak mengenal dan memahami konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Melalui berbagai aktivitas, guru berusaha memfasilitasi anak-anak dalam mengenal angka dan jumlah secara konkret. Guru menerapkan berbagai strategi untuk mengenalkan konsep bilangan. Mengajak anak-anak untuk membilang melalui permainan dan lagu atau tepuk, yang dapat meningkatkan minat dan motivasi mereka dalam belajar. Membuat alat peraga permainan konsep bilangan. Memberikan tugas berupa lembar kerja untuk memasangkan benda sesuai lambang bilangan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan

  3. Izin menanggapi bunda..
    Nama : erna rahayu
    Nim : 858825324

    Video ini merupakan salah satu cara bagaimana mengatasi anak yang sulit mengenakan konsep bilangan, dari video diatas bisa kita lihat media yang di gunakan sudah bagus, anak2 juga terlihat antusias saat ber main, walaupun masih ada yang sedikit kesulitan. Metode yang di gunakan juga sudah bagus yaitu dengan metode pendekatan dan pemberian tugas. Video ini bisa di gunakan di lembaga untuk mengatasi bagaimana cara mengenalkan konsep bilangan pada anak dengan cara yang menyenangkan.

  4. Nama : Salmiah
    Nim. : 859403416

    Assalamualaikum wr.wb
    Izin menanggapi🙏
    Dalam vidio tersebut menggambarkan upaya seorang guru mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan dengan beberapa cara,seperti:
    1. Mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu atau dengan tepuk.
    2. Membuat alat peraga permainan konsep bilangan,kemudian anak meletakkan benda sesuai lambang bilangan.
    3. Memberikan tugas berupa lembar kerja,seperti memasangkan benda seduai lambang bilangan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan.
    Terima kasih🙏

  5. Nama : Linda Kurniawati
    Nim : 857830362

    dalam video “anak kesulitan memahami konsep bilangan”tersebut menjelaskan bagaimana cara memberikan pemahaman anak terhadap konsep bilangan dengan melalui nyanyian dan menghitung benda konkret.setelah itu guru memberikan reward,hal ini merupakan cara agak anak tertarik akan konsep bilangan.

  6. Dalam video tersebut guru memberikan upaya pada anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan. Hal yang guru lakukan ialah mengajak anak untuk menghitung dan mengambil bola sesuai instruksi yang guru arahkan. Ada beberapa anak yang belum paham konsep tersebut, kemudian guru memberikan pemahaman melalui pengenalan konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan seperti tepuk² dan lagu². Dengan memberikan konsep pemahaman yang menyenangkan anak akan lebih mudah memahami apa yang guru sampaikan.

  7. Nama : Miftahurrahmah
    Nim : 856339082
    Mata Kuliah : Pemantapan kemampuan mengajar

    Anak sulit mengenal konsep bilangan memang sering sekali terjadi, entah anak tersebut lupa ataupun hanya bisa menyabutkan angkanya saja namun tidak bisa menunjukkan berapa jumlahnya. Dari video diatas dapat kita pelajari dan kita coba praktikkan ke anak yang masih sulit mengenal konsep bilangan dengan cara menggunakan media bola untuk berhitung atau berbagai media yang lainnya.

  8. Nama : Ekalola Esthy Kusumaningtyas
    NIM : 859662521

    Anak sulit mengenal konsep bilangan memang sering terjadi, terdapat banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Dalam video tersebut ibu guru sudah sangat memperhatikan anak dengan baik, memberikan bimbingan khusus agar anak bisa mengerti dengan baik, memberikan pengertian untuk anak yang kesulitan, mempunyai metode yang cocok dengan anak yang kesulitan. Anak yang kesulitan juga mampu menerima dengan baik karena merasa nyaman dan tidak tertekan dengan yang disampaikan oleh ibu guru.

  9. Nama : Dyah Ayu Krisnasari
    NIM : 857859077

    Penggunaan permainan, lagu, dan tepuk cenderung membuat anak lebih tertarik dan bersemangat dalam belajar. Aktivitas ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Pemberian lembar kerja tambahan dan pengulasan hasil karya menunjukkan adanya upaya untuk membantu anak yang mungkin masih kesulitan. Momen-momen tak terduga dari reaksi dan interaksi anak-anak selama kegiatan pembelajaran bisa menjadi hal yang unik dan menarik untuk ditangkap dalam video.

  10. Nama : ASA RIZKY AMALIA
    NIM : 858568975

    “SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN”

    Dari video yang ditayangkan para pendidik mengenalkan konsep bilangan dengan bernyanyi, bermain sambil belajar yaitu menghitung bola sesuai perintah guru dan selanjutnya memberikan penguatan dengan tugas menghitung gambar lalu melingkari angka yang benar.
    Menurut saya metode tersebut sudah sesuai dengan perkembangan dan usia anak, dengan nyanyian anak akan mudah menangkap apa yang disampaikan pendidik, dengan bermain anak akan merasa senang dan tidak merasa ditekan untuk belajar padahal mereka sedang belajar dengan cara bermain, kemudian pemberian tugas membuat anak belajar fokus dan konsentrasi dengan apa yang sedang dikerjakannya.
    Salah satu kemampuan dasar anak yaitu berhitung akan terpenuhi melalui kegiatan yang menyenangkan.

Leave a Reply