silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Verinta Adelia Putri
Nim : 858979529
Dari video diatas menerangkan seorang guru dalam mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan yaitu seperti :
1. Mengajak anak untuk bermain bola dan mengenalkan angka bilangan dengan menghitung bola yang ada
2. Guru mengajak anak untuk mengenal angka bilangan dengan bernyanyi dan permainan tepuk tangan
Guru dapat memberikan penguatan kepada anak dengan cara memberikan stempel.
NAMA: DINAR SUA TANTRI
NIM : 858568137
AKPMM PGPAUD SEMESTER 8
SALUT BANDUNG TULUNGAGUNG
Mata Kuliah: Pemantapan Kemampuan Profesional
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan.
Dari video di atas kita dapat mempelajari bagaimana cara/ upaya untuk mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan.
Beberapa teknik mengenal konsep bilangan pada anak diantaranya:
a. mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk;
b. membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut;
c. memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan
d. mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Demikian yang dapat saya sampaikan, terimakasih.
Sumber: BMP PAUD 4501/ Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar.
Nama : Siti Rina Munawaroh
NIM : 857263558
Prodi : Pendidikan Guru PAUD
Saya akan memberikan tanggapan untuk video seri pembelajaran PAUD yang berjudul ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
Video ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak untuk mengatasi kesulitan anak-anak dalam mengenal konsep bilangan.
Upaya yang dilakukan oleh guru tersebut yaitu :
1. Mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu
2. Membuat alat peraga permainan konsep bilangan berupa bola, anak diminta mengambil bola sesuai dengan lambang bilangannya
3. Memberikan tugas berupa lembar kerja menghitung benda dan melingkari lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda.
4. Mengulas kembali hasil karya anak dan mengapresiasi serta memberikan penguatan kepada anak berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Video ini sangat bermanfaat sebagai referensi bagi guru dalam menyampaikan pembelajaran . Namun menurut pengamatan saya , pada video ini terdapat beberapa masalah yang patut menjadi refleksi, diantaranya:
1. Beberapa siswa terlihat bosan dan mengantuk selama proses pembelajaran, hal ini dapat disebabkan oleh media belajar yang kurang menarik bagi anak-anak
2. Saat guru menyampaikan materi dengan menunjukkan contoh untuk mengerjakan bahan ajar , gambar yang ditunjukkan terlalu kecil sehingga beberapa siswa kesulitan untuk melihat gambarnya. Serta papan tulis yang penuh dengan tulisan membuat siswa sulit fokus dalam memperhatikan gambar pada bahan ajar, untuk mengatasinya kita dapat menggunakan gambar yang lebih menarik perhatian anak , dengan variasi bentuk dan warna.
3. Adanya bahasa yang dicampur mengenai nama bilangan , sehingga akan menimbulkan kebingungan pada beberapa siswa yang memang memiliki kesulitan dalam mengingat nama dan lambang bilangan, untuk mengatasinya dimohon guru untuk konsisten menggunakan salah satu bahasa saja .
Terimakasih
Nama : Siti Rina Munawaroh
NIM : 857263558
Prodi : Pendidikan Guru PAUD
Saya akan memberikan tanggapan untuk video seri pembelajaran PAUD yang berjudul ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan” dengan link video sebagai berikut https://gurupintar.ut.ac.id/sulit-mengenal-konsep-bilangan/
Video ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak untuk mengatasi kesulitan anak-anak dalam mengenal konsep bilangan.
Upaya yang dilakukan oleh guru tersebut yaitu :
1. Mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu
2. Membuat alat peraga permainan konsep bilangan berupa bola, anak diminta mengambil bola sesuai dengan lambang bilangannya
3. Memberikan tugas berupa lembar kerja menghitung benda dan melingkari lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda.
4. Mengulas kembali hasil karya anak dan mengapresiasi serta memberikan penguatan kepada anak berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Video ini sangat bermanfaat sebagai referensi bagi guru dalam menyampaikan pembelajaran . Namun menurut pengamatan saya , pada video ini terdapat beberapa masalah yang patut menjadi refleksi, diantaranya:
1. Beberapa siswa terlihat bosan dan mengantuk selama proses pembelajaran, hal ini dapat disebabkan oleh media belajar yang kurang menarik bagi anak-anak
2. Saat guru menyampaikan materi dengan menunjukkan contoh untuk mengerjakan bahan ajar , gambar yang ditunjukkan terlalu kecil sehingga beberapa siswa kesulitan untuk melihat gambarnya. Serta papan tulis yang penuh dengan tulisan membuat siswa sulit fokus dalam memperhatikan gambar pada bahan ajar, untuk mengatasinya kita dapat menggunakan gambar yang lebih menarik perhatian anak , dengan variasi bentuk dan warna.
3. Adanya bahasa yang dicampur mengenai nama bilangan , sehingga akan menimbulkan kebingungan pada beberapa siswa yang memang memiliki kesulitan dalam mengingat nama dan lambang bilangan, untuk mengatasinya dimohon guru untuk konsisten menggunakan salah satu bahasa saja .
Terimakasih.
Assalamualaikum wr. wb.
Nama : Konita Fajriati
NIM: 857331557
Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Di dalam video ini, guru mengenalkan konsep bilangan dengan kegiatan bermain bola, yaitu menghitung jumlah bola yang diambil sesuai dengan arahan guru
dengan menyebutkan angka. Ada anak laki-laki yang berhasil mengambil bola dengan jumlah yang sesuai arahan guru, namun ada juga anak perempuan yang
belum sempurna untuk pengenalan konsep bilangannya masih perlu bimbingan dan motivasi terus untuk penguatan pengenalan konsep bilangannya.
Di sesi selanjutnya, guru juga mengenalkan konsep bilangan dengan media lembar kegiatan bergambar lalu mengajak anak-anak untung menghitug jumlah gambar
dan menuliskan angka sesuai jumlah. Terakhir, guru memberikan penguatan dengan menghitung jumlah spidol dan memebrikan stemple bintang di tangan anak
memberikan umpang balik kepada anak yang sudah percaya diri dan pantang menyerah.
Dari kegiatan di atas untuk mengenalkan konsep bilangan dapat dilakukan, namun saran saya untuk selanjutnya memberikan kegiatan yang lebih kompleks dari
sebelumnya, agar guru dapat melihat perkembangan anak dalam pnegenalan konsep bilangan.
Nama : DEFY SETYOWATI
NIM : 857585227
UPBJJ UT-Purwokerto
SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN
Dalam video tersebut guru mengenalkan berbagai kegiatan atau pembelajaran variatif dan kreatif dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak PAUD. Dari kegiatan dengan menghitung benda dan gambar, menyanyi, tepuk, dan diakhiri reward sebagai bentuk penghargaan anak.
Kesimpulannya guru bisa menggunakan berbagai macam media yang ada secara berbeda sesuai dengan topik guna mengenalkan konsep bilangan pada anak. Guru juga dituntut kreatif dan inovatif guna menciptakan kegiatan yang berbeda dan menarik dalam setiap pembelajarannya agar anak tertarik dan mengerti arti konsep bilangan.
Nama : Prematira Nurhardini Waluyajati
NIM : 858528355
UBJJ UT Semarang
ijin menanggapi video di atas
Menurut saya saat ini banyak pergeseran penanaman rasa cinta tanah air. Video di atas, seorang guru ataupun orangtua lebih tertarik untuk meberikan apresiasi terhadap budaya luar negeri seperti tokoh pahlawan, makanan , lagu juga pakaian. Padahal penanaman nilai cinta tanah air yang utama ditanamkan kepada anak itu mulai dari lingkungan rumah dan sekolah. Saat anak ingin mengetahui tentang budayanya sendiri, guru dan orangtua tidak menanggapinya, malah menjunjung tinggi budaya luar.
Hal apa saja yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak?
1. Menggunakan baju batik / kebaya, baik saat ada acara keluarga besar maupun saat peringatan hari nasional di sekolah.
2. Mengenalkan keanekaragaman makanan khas daerah daripada makanan luar seperti pizza, spaghetti, ramen, dll.
3. Mengajak anak untuk berlibur ke tempat wisata di indonesia, misal kebun binatang gembiro loka, ancol dufan, pantai , dan memberi pemahaman tentang keindahan alam indonesia
4. Mengunjungi museum -museum atau tempat bersejarah tentang perjuangan pahlawan.
Bagaimana sikap Anda jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah?
Bahasa daerah saat ini sering dilupakan, mreka lebih memilih untuk berbahasa indonesia dan asing. Jikapun tahu bahasa daerah, itu terbatas kata-kata kasar. Jika ada keluarga yang berbicara bahasa daerah, sebaiknya memang didukung, juga diberi pemahaman kepada anak tentang makna /arti bahasa terebut. Jika itu bahasa kasar, beri tahu anak agar tidak mengikuti.
Bagaimana peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air? Berikan pendapat Anda!
orangtua berperan aktif dalam menanamkan rasa cinta tanah air dalam sikap/ perilaku ( bersikap ramah dan santun, ), cerita sejarah ( saat mengajak anak melihat tugu muda, orangtua bisa menceritakan sejarahnya), pemahaman langsung ( Mengibarkan bendera saat hari nasional, seperti 17 agustus, hari pancasila, dll)
Bagaimana peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak? Berikan contoh!
Sekolah berperan penting dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air. Di sekolah kami, setiap hari senin anak-anak mengadakan upacara bendera, peringatan hari nasional dengan memakai baju batik/kebaya/ baju tradisional daerah, mengenalkan makanan khas daerah, mengenaklkan gerak dan lagu kebangsaan dan daerah pada anak, berbicara bahasa indonesia dengan baik dan benar, mengenalkan bahasa dan lagu daerah (jawa) setiap hari jumatserta kegiatan karyawisata dan outting class .
Terima kasih
Nama : Dwita Maya Puspitasari
NIM : 857388128
Semester : 9
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Pada video telah dijelaskan bagaimana cara mengenal bilangan dengan menyenangkan dan mudah dimengerti yaitu dengan benda yang biasa anak lihat sehari-hari atau benda yang dikenal anak dan mudah ditemui seperti bola, spidol dan gambar-gambar yang biasa mereka lihat. Selain dengan benda konkret, metode bermain digunakan pada video tersebut sehingga anak tidak mudah jenuh. Hal ini sejalan dengan tahapan perkembangan anak dalam konsep pengukuran dimana Anak Usia Dini berada dalam tahap Praoperasional-operasional konkret artinya anak memerlukan pengalaman dalam memahami konsep bilang.
Dalam video tersebut kita juga dapat melihat bagaimana anak diajarkan secara bertahap untuk memahami konsep bilangan seperti konsep membilang yaitu anak diajak untuk bernyanyi sambil menunjuk anggota badan sesuai dengan jumlah yang disebutkan. Tahap selanjutnya anak melalui korespodensi satu-satu dan terakhir masuk ke tahap kuantitas, perbandingan dan simbol bilang dimana anak diminta untuk mengambil bola dan spidol yang jumlahnya sesuai dengan guru sebutkan.
Selain itu pada video tersebut guru tidak pernah lupa untuk mengapresiasi pekerjaan anak berupa tepuk tangan dan pemberiaan stempel pada tangan anak. Apabila anak kurang tepat maka guru mencoba mengarahkan atau menstimulasi anak sehingga anak dapat mengetahui kesalahannya.
Dengan metode bermain melalui benda konkret dan apresiasi membuat anak menjadi termotivasi dan mudah memahami konsep bilang tersebut sehingga perkembangan kognitif anak dapat meningkat dengan baik.
Nama : Eka Dyah Pratiwi
NIM : 877967519
Dalam vidio tersebut guru mengenalkan konsep bilangan dengan kegiatan bermain bola, yaitu menghitung jumlah bola yang diambil sesuai dengan arahan guru
dengan menyebutkan angka. Ada anak laki-laki yang berhasil mengambil bola dengan jumlah yang sesuai arahan guru, namun ada juga anak perempuan yang
belum sempurna untuk pengenalan konsep bilangannya masih perlu bimbingan dan motivasi terus untuk penguatan pengenalan konsep bilangannya. guru juga sangat berinovatif dalam memanfaatkan media pembelajaran, sehingga anak-anak lebih berantusias dalam mengenal konsep bilangan.
Nama : FITRIA KUNTARI
NIM : 859674218
Ijin menanggapi video tersebut
Dimana seorang guru sedang mengupayakan bagaimana anak didiknya dapat mengenal lambang bilangan. Menurut saya beberapa cara atau metode yang digunakan guru sudh sesuai. Dengan mengajak anak bernyanyi,,bertepuk dengan menggunakan hitungan lalu mengambil dan menghitung menggunakan benda yg konkrit, akan tetapi ketika membilang dengan menggunakan angka alangkah baiknya juga disertakan dgn bentuk angka’y..misalnya dlm gambar bintang yg ditempel dipapan tulis, hnya ada gambar sja tanpa ditampilkan bentuk angkanya. Mungkin apabila gambar itu disertai bentuk angka akan lebih memudahkan anak dlm mengenal angka.
Trimaksh 🙏