Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. Nama : Susiatun
    NIM : 858005121

    Dalam viedo tersebut diatas , saya dapat melihat bahwa guru memberikan kegiatan yang kreatif dan menarik dengan memberikan benda yang nyata untuk memperkenalkan konsep bilangan, tentunya dapat divariasikan dengan berbagai media yang ada di sekolah masing masing. selain itu pengenalan angka juga dapat dilakukan dengan lembar kerja seperti dalam video tersebut dan masih banyak lagi variasi lembar kerja untuk mengenalkan konsep bilangan.
    demikian pendapat dari saya. trimakasih

  2. Nama : ARISMA AYU USNAINI
    NIM : 858529744
    Prodi : PGPAUD Semester 4
    Judul video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Dalam video pembelajaran diatas, guru mampu menjelaskan aturan bermain dan penguasaan kelas dengan baik yaitu guru mengajar anak bermain mengambil bola sesuai jumlah bilangan yang disebutkan oleh guru ketika ada anak yang belum mengenal jumlah bilangan seperti ketika guru memberi arahan mengambil bola sebanyak 4 tetapi anak mengambil bola sebanyak 5 guru mengajak anak untuk membilang dengan menggunakan lagu agar anak mudah memahami dan lebih semangat lagi selain itu guru memberikan apresiasi anak dengan memberikan stampel bintang pada anak yang mampu mengambilkan spidol sesuai perintah guru sehingga anak akan merasa bersemangat.

    Terima kasih…..

  3. NAMA :SARLINDA
    NIM : 859179535
    UT MATARAM

    Dalam video pembelajaran pengenalan konsep bilangan diatas, yang dilakukan guru sudah tepat dengan mengajak anak bermain bermakna (meaning full playing) mengenalkan anak konsep bilangan dengan memanfaatkan benda yang ada disekitar anak akan lebih mudah anak memahami dan mengingat apa yang dilakukan, dengan begitu anak akan melakukan instruksi yang diberikan guru dengan perasaan senang dan tidak terbebani. Setelah melakukan permainan kemudian guru memberikan Lembar Kegiatan (LK) kepada siswa hal ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap konsep bilangan yang dikenalkan melalui kegiatan bermain di awal kegiatan pembelajaran.
    Terumakasih

  4. Nama : VINA MEILISA
    NIM : 857519235
    Prodi : PGPAUD
    Judul video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Dalam video tersebut guru secara langsung mempraktekkan lambang bilangan dengan menghitung langsung, disertai dengan lagu-lagu dan memberikan apresiasi kepada anak dengan perhatian yang lembut dan bersemangat. Guru juga memberikan apresiasi dengan memberikan bintang kepada anak yang berhasil menjawab dengan baik. Guru memberikan tugas mandiri kepada anak berupa mengerjakan worksheet untuk menambah kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan

    Terima kasih…..

  5. NAMA :SARLINDA
    NIM : 859179535
    UT MATARAM

    Dalam video pembelajaran pengenalan konsep bilangan diatas, yang dilakukan guru sudah tepat dengan mengajak anak bermain bermakna (meaning full playing) mengenalkan anak konsep bilangan dengan memanfaatkan benda yang ada disekitar anak akan lebih mudah anak memahami dan mengingat apa yang dilakukan, dengan begitu anak akan melakukan instruksi yang diberikan guru dengan perasaan senang dan tidak terbebani. Setelah melakukan permainan kemudian guru memberikan Lembar Kegiatan (LK) kepada siswa hal ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap konsep bilangan yang dikenalkan melalui kegiatan bermain di awal kegiatan pembelajaran. Guru juga tidak lupa memberikan apresiasi terhadap anak yang berhasil melakukan instruksi yang diberikan guru

    Terimakasih

  6. Nama : Yuli wulandari
    NIM : 857469298
    Dalam vidio pembalajaran di atas,guru mengenalkan anak pada konsep bilangan,guru disini sudah cukup baik dalam mengenalkan pembilangan yaitu dengan menggunakan media yang ada yaitu mainan.alangkah baiknya bila dalam menggunakannya dengan cara berlomba,anak akan termotivasi dan lebih bersemangat karena ada semacam kompetisi.
    Tetapi disini ada saja beberapa anak masih kurang mengenal dalam pembilangan,guru mengenalkan kembali dengan cara bernyanyi dan bertepuk.dengan menggunakan anggota tubuhnya dan panca indra kita.ada banyak cara mengenalkan anak dalam mengenalkan huruf dan angka,asalkan guru dan orang tua bekerja sama dalam menstimulasi anaknya.

  7. Assalamualaikum Wr. Wb
    Izin memberi tanggapan tentang video diatas, sebelumnya perkenalkan saya,
    Nama : Nenden Yulianti
    NIM : 877638608
    Video seri pembelajaran PAUD yang menggambarkan upaya guru dalam mengatasi kesulitan anak mengenal konsep bilangan tersebut sangat positif dan patut diapresiasi. Strategi yang digunakan guru sudah tepat dan kreatif, karena menggabungkan multisensori (pendengaran, penglihatan, gerakan) dan pendekatan positif. Namun, penting untuk memastikan bahwa pembelajaran tetap fleksibel dan tidak terlalu terstruktur agar sesuai dengan tahap perkembangan anak PAUD yang masih belajar melalui eksplorasi dan bermain

  8. Nama : Nila Aini
    NIM : 8568553077
    UPBJJ : Kota Bengkulu
    Assalamu’alakum wr.wb
    Video Anak sulit mengenal konsep bilangan
    pada video, guru sudah memberikan materi pembelajaran yang sangat bagus. karena dengan melalui bermain sambil belajar, anak akan mudah memahami dan dapat mengerti dengan konsep bilangan. Namun menurut saya akan lebih baik jika anak di ajak membuat langsung angka yang disebutkan, setelah anak mengambil dan membilang bola anak di beri kesempatan untuk membuat atau menulis angka yang disebutkan memakai spidol di papan tulis atau pada kertas karton. disela permainan guru boleh mengajak anak sambil bernyanyi dan berhitung Dengan begitu, anak akan lebih cepat mengingat dan paham, serta bermain sambil belajar akan terasa lebih menyenangkan.

    wassalamu’alaikum wr wb

  9. Nama: Anastasia Br Barus
    Nim : 856049958
    Pada video pembelajaran tersebut guru sudah mampu melakukan kegiatan belajar yang aktif dan menarik bagi anak. Guru tidak hanya melakukan kegiatan belajar dengan cara menulis akan tetapi sambil bermain berhitung bola, bernyanyi, dan bertepuk tangan. Serta guru juga memberikan umpan balik pada anak sehingga dapat menambah penguatan pada anak.

  10. nama:Dewi yuliyanti
    Nim:857268905

    menurut saya video di atas ‘tentang sulitnya anak mengenai konsep bilangan ” sudah bagus sekali mengenalkan anak dengan cara bermain,bernyanyi lebih memudahkan anak untuk mengingat namun menurut saya bisa ditambahkan kegiatan seperti ketika anak sesudah sudah menghitung jumlah bola anak di beri kesempatan untuk membuat bilangannya itu sendiri, bisa juga mengunakan media pasir dan sebagainya agar anak lebih memahami dan mengenal konsep bilangan yang lebih menyenangkan

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://sipil.teknik.untan.ac.id/