silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
NAMA : VENI NORMAZALIANTI
NIM : 877674407
Menurut pendapat saya cara tersebut efektif untuk membantu anak yang sulit untuk mengenal konsep bilangan, di dalam video tersebut guru memberikan beberapa metode yaitu permainan menghitung bola, menyanyikan nyanyian yang berhubungan dengan konsep bilangan, serta memberikan tugas lembar kerja untuk memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangan serta melingkarinya, kemudian memberikan stempel bagi anak yang berhasil melakukan tugas tanpa salah.
Nama : Esra Nova Renti Siahaan
NIM :859811898
Vidio Pembelajaran : Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Menurut saya strategi guru mengajarkan anak agar mengenal konsep bilang itu seperti apa sudah benar, namun kesalahan yang dilakukan guru dari vidio tersebut adalah anak langsung diajak bermain angka, yang menurut saya lebih baik apabila anak itu pertama sekali kita buat ice breaking/ bernyanyi mengenai angka serta mengenalkan angka tersebut dengan media yang akan kita gunakan. Dan kemudian barulah anak itu kita suruh untuk melakukan kegiatan dalam mengenal angka.
Nama : sri swarni
Nim : 856522033
video pembelajaran : Anak sulit mengenal konsep bilangan
Video ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-Kanak dalam membantu anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya yang dilakukan antara lain mengajak anak untuk membilang melalui permainan dan lagu, serta menggunakan alat peraga permainan konsep bilangan untuk membantu anak memahami jumlah dan lambang bilangan
Nama : Wiji Tulus Asari
Nim : 858757633
vidio pembelajaran yang membahas tentang anak yang sulit mengenal konsep bilangan.guru memberikan sebuah pemahaman yang menarik yang sangat dimengerti oleh murid dengan memberikan pemahaman melalui bermain dan memberikan penjelasan melalui belajar membilang dengan melingkari jumlah benda.Serta guru dapat membeikan apreasi berupa semangat pujian maupun reward atau hadia bagi yang dapat mengerjakan.sehingga vidio diats mudah dipahami bagi kita terutama kita sebagai mahasiswa yang membutuhkan pengetahuan bagaimana cara mengajar dengan benar dan dapat disenangi oleh anak-anak.
Nama :Margareta Miliriati Hia
Nim : 855869151
Menurut saya dari video di atas,strategi pembelajaran yg di sampaikan guru sangat menyenangkan bagi peserta didik,dengan memberikan contoh sehingga anak anak dapat memahaminya.selain itu dengan media yg di gunakan guru,anak dapat terlibat dalam permainan tersebut.jadi dengan metode pembelajaran yg di lakukan guru,anak dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya,pada konsep membilang,mengenal bentuk,dan mengenal warna.
Nama : Dhanisaq Ari Cahyani
Nim : 858980365
Nah contoh praktik yang sangat baik dan efektif dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Kombinasi antara pendekatan bermain, penggunaan alat peraga konkret, variasi tugas, dan penguatan positif menciptakan fondasi yang kuat bagi pemahaman matematika anak di masa depan. Guru ini patut menjadi inspirasi bagi pendidik PAUD lainnya.
Nama :Sri Febriyati
NIM : 856283912
Dalam vidio ini adalah teknik pembelajaran mengenal konsep bilangan untuk anak usia dini dengan cara bermain dan praktek langsung oleh anak seperti berhitung menggunakan bola atau benda,menghitung gambar dan melalui lagu (ice breaking) sehingga pembelajaran jadi menarik dan menyenangkan bagi anak.disini guru juga tidak lupa memberikan reward kepada anak berupa stempel bintang bagi anak yang bisa menghitung dengan benar.reward ini sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan rasa percaya diri anak dan sebagai motivasi bagi anak supaya lebih semangat lagi belajar.
NAMA : MARIA ULFAH
NIM: 857644227
anak sulit mengenal konsep bilangan
Strategi cara agar pembelajaran yang di sampaikan guru agar menyenangkan untuk anak didik dan seorang guru memberikan contoh agar anak faham mengenal konsep bilangan seperti guru melibatkan peserta didik untuk beryanyi mengenal angka dan melakukan dg cara memasangkan benda sesuai bilanganya. Agar anak dapat meningkatkan kognitifnya
Sekian dan terimakasih
Nama : Siti Mulia Saroh
NIM : 858548515
Izin menanggapi video diatas.
Menurut saya, semua pembelajaran yang diberikan sangat baik untuk membantu dalam perkembangan aspek kognitif, seperti melibatkan anak dalam hitung bilangan, variasi media, nyanyi dengan lambang bilangan.
Saran saya, untuk anak PAUD sebaiknya berkisar antara 20-30 menit dikarenakan kemampuan konsentrasi anak masih terbatas sehingga pembelajaran kognitif berdurasi singkat dan tidak mengganggu pembelajaran aspek lainnya serta anak tetap fokus dan aktif. terima kasih.
Nama:WAN malia
Nim:855902435
Menurut video diatas cara penyampaian pembelajaran cukup menyenangkan bagi peserta didik dengan memberikan sebuah contoh diawal sehingga anak dapat memahami namun menurut saya lebih baik anak sebelum memasuki tahap pengenalan konsep bilangan lebih baik anak diajak untuk ice breaking dahulu misalnya atau mengenalkan dengan cara bernyanyi agar lebih membuat anak bisa berimajinasi dalam bermain sekaligus mampu memahami dengan cara bermain, anak tersebut pun akan lebih tertarik dan merasa bahagia saat kita atau guru menyampaikan Konsep bilangan itu kepada anak didik kita.