silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Ai Andriani (877798798)
Menurut saya, video ini bermanfaat bagi guru PAUD terutama saya, karena dapat menambah referensi saya dalam proses belajar mengajar. Selain menarik, pembelajaran pada video ini juga melibatkan anak secara langsung, sehingga memberikan gambaran juga kepada saya bagaimana anak dalam mengikuti strategi pembelajaran pada video ini dan bagaimana respon anak. Saya sedikit memberikan saran lain agar meningkatkan kemenarikan dalam pembelajaran yaitu bisa dengan bernyanyi sambil berhitung seperti menyanyi ayam bebek kemudian ayam berdekatan sebanyak empat ayam, kemudian anak berkumpul satu sama lain sebanyak empat orang.
Nama: Aulina Maghfiroh
NIM : 857991824
UPBJJ: Yogyakarta
Assalamualaikum wr.wb
Izin menanggapi vidio pembelajaran tersebut.
Vidio tersebut memperlihatkan kegiatan yang dilakukan seorang guru untuk mengenalkan bilangan kepada anak didiknya. Kegiatan yang dilakukan tersebut didalam kelas. Dalam vidio tersebut, seorang guru menyuruh anak untuk mengambil bola yang didalam keranjang sesuai perintah guru dan kemudian menghitungnya bersama teman-teman. Kegiatan tersebut selain melatih anak mengetahui bilangan juga melatih kepercayaan diri seorang anak berdiri dihadapan anak-anak yang lainnya. Guru juga menggunakan teknik konsep bilangan dengan bernyanyi sambil bertepuk. Kegiatan lainnya adalah memberikan lembar kerja kepada anak untuk melingkari bilangan sesuai gambar benda yang ada.
Guru juga memberikan reward (penghargaan) bagi anak yang bisa mengambil spidol sesuai dengan perintah guru dengan memberikan stempel bintang pada tangan anak.
Pemberian reward bagi anak sangat bermanfaat agar anak termotivasi untuk selalu belajar agar selalu bisa mendapatkannya.
Nama : Mahmudah
NIM : 858316145
Analisis : ANAK SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN
Dari Video yang saya tonton menunjukan strategi guru dalam pembelajaran konsep bilangan untuk anak usia dini. guru menggunakan berbagai media dan tekhnik yang bervariasi. Terlihat pada video guru menguasai kelas dengan baik, memberikan permainan kepada anak seperti anak diminta mengambil bola sesuai jumlah bilangan agar mereka belajar secara langsung melalui pengalaman nyata ( hands-on ) .
Guru juga mengajak anak berhitung sambil bermain dan menyanyi atau bertepuk untuk membuat suasana yang menyenangkan. Dalam strategi mengajarnya guru juga memberi lembar kerja yang kontekstual dengan mengenalkan lambang bilangan seperti tugas mencocokan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan. Dan guru juga tidak lupa memberikan apresiasi hasil kerja anak dengan memberikan penguatan berupa stempel bintang. Jadi pendapat saya dari video diatas relevan dengan pembelajaran konsep bilangan untuk anak usia dini dengan menggabungkan unsur bermain, gerak, lagu, media konkret, serta penguatan positif. guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan , bermakna dan efektif untuk membantu anak dalam mengenal bilangan. Terima kasih
Bismillah. Izin menanggapi video Sulit Mengenal konsep bilangan
Menurut saya, video tersebut merupakan sumber belajar yang bermanfaat bagi guru PAUD. Video tersebut menunjukkan beberapa strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk membantu anak belajar konsep bilangan, dengan menggunakan berbagai strategi seperti, Mengajak anak membilang melalui permainan , lagu, dan tepuk tangan. Menggunkan alat peraga untuk membantu anak menggambil benda sesuai dengan yang di sebutkan guru. Memberikan lembar kerja yang melibatkan memasangkan dan melingkari benda sesuai dengan angka yang di tunjukan. Memberikan penghargaan kepada anak yang berhasil seperti memberikan setempel Bintang ke tangan anak.
Video-video dari Guru Pintar Online merupakan sumber belajar yang sangat bermanfaat bagi guru PAUD. Video-video tersebut dapat membantu guru PAUD dalam mengajar, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan mendukung pengembangan profesional mereka.
Nama : Melani Rosita Rasid
NIM : 857985694
UPBJJ : YOGYAKARTA
Setelah saya melihat video Sulit Mengenal Konsep Bilangan, ibu guru dengan berbagai metode memberikan beberapa strategi bagaimana cara mengenal konsep bilangan pada anak-anak. Dengan bermain kreatif dan menyenangkan, bernyanyi sambil tepuk dan dengan lembar kerja anak. Dengan membangun rasa percaya diri anak-anak guru mengajak anak-anak maju kedepan serta pemberian awards menambah semangat anak dalam belajar. Video ini sangat membantu saya sebagai guru dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak didik saya.
Nama : Mahmudah
NIM : 858316145
ANALISIS : ANAK SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN
Dari video yang saya tonton menunjukan strategi guru dalam pembelajaran konsep bilangan untuk anak usia dini. guru menggunakan berbagai media dan tekhnik yang bervariasi. terlihat pada video guru menguasai kelas dengan baik, memberikan permainan kepada anak seperti anak diminta mengambil bola sesuai jumlah bilangan agar mereka belajar secara langsung melalui pengalaman nyata (hands-on). Guru juga mengajak anak berhitung sambil bermain dan menyanyi atau bertepuk untuk membuat suasana menyenangkan. dalam strategi mengajarnya guru juga memberi lembar kerja yang kontekstual dengan mengenalkan lambang bilangan seperti tugas mencocokan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan. dan guru juga tidak lupa memberikan apresiasi hasil kerja anak dengan memberikan penguatan berupa stempel bintang. jadi pendapat saya tentang video diatas sudah relevan dengan pembelajaran konsep bilangan untuk anak usia dini dengan menggabungkan unsur bermain, gerak, lagu, media konkret serta penguatan positif. guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, bermakna dan efektif untuk membantu anak dalam mengenal bilangan. Terima kasih
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Nama: Puji Astutik
NIM: 859051178
Video ini sangat membantu guru PAUD dalam mengembangkan pembelajaran yang ada di PAUD.
Guru bisa mengajak anak untuk membilang dengan menyanyi atau menggunakan tepuk, atau bisa menunjukkan jari jari mereka, atau sebelumnya guru menulis dipapan tulis, jadi sewaktu bernyanyi guru bisa sambil menunjuk angka yang dipapan tulis
Memanfaatkan bahan bekas seperti kardus, yang dibentuk menjadi angka diwarnai agar lebih menarik, kemudian anak disuruh mencari angka angka tersebut
Bisa menggunakan piring kecil yang tengahnya ditulisi angka, kemudian menghitung batu sejumlah angka yg tertera dipiring. Memakai piring dan penjempit baju juga bisa
Memberikan reward bagi anak yang sudah bisa mengerjakannya dengan memberikan 1 kata berharga untuk mereka…misalnya luar biasa, hebat, keren…
Terima kasih🙏
Asalamualaikum mohon izin untuk menanggapi vidio tentang “Kesulitan Mengenal Konsep Bilangan”
Nama : Siti Nurhalimah
Nim : 856655417
UPBJJ : JAMBI
Setelah saya melihat dan mendengarkan hasil vidio tersebut bahwasannya pada saat proses pembelajaran dimana ada ibu guru dan guru pendamping mengajak anak untuk duduk membuat lingkaran dan guru memberikan pembukaan untuk menjelaskan berbagai macam kegiatan yaitu: bermain berhitung bola, kemudain ibu guru mengajak anak untuk melihat bagaimana cara bermainnya dengan contoh sebagai berikut:
1. Salah satu anak laki-laki bernama reza untuk maju kedepan untuk menghitung bola sebanyak 4
2. Salah satu dari anak perempuan untuk bernama naila untuk mengambil bola sebanyak 7
3. Guru menujukkan jumlah gambar sesaui dengan angka
4. Guru mengajak anak untuk menghitung sambil bernyayi dan bertepuk
5. Guru memberikan penguatan ketika anak sudah bisa menyelesaikan kegiatannya ataupun yang masih belum bisa berhitung
Dari upaya-upaya diatas diharapkan kita sebagai pendidik akan lebih mudah untuk mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan, boleh dengan membuat alat peraga edukatif ataupun media-media yang menarik lagi sehingga anak belajar mengenal konsep bilangan akan merasa mudah diingat dan menyenangkan.
Mengenati video anak sulit mengenal konsep bilangan
Program yang digambarkan tersebut sudah cukup baik dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Berikut beberapa saran dan solusi untuk meningkatkan efektivitas program: seperti Variasi Aktivitas: Pastikan aktivitas pembelajaran bervariasi untuk memenuhi kebutuhan belajar anak yang berbeda-beda. Contohnya, selain permainan dan lagu, bisa ditambahkan aktivitas outdoor atau penggunaan teknologi. seperti Penggunaan Alat Peraga yang Inovatif: Alat peraga yang digunakan bisa lebih inovatif dan interaktif, seperti penggunaan aplikasi digital atau mainan edukatif yang dapat meningkatkan minat anak. seperti Pemberian Umpan Balik yang Konstruktif: Selain memberikan penguatan positif, guru juga bisa memberikan umpan balik konstruktif kepada anak yang masih kesulitan, sehingga anak tahu apa yang perlu diperbaiki. seperti Kolaborasi dengan Orang Tua: Melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran bisa membantu meningkatkan efektivitas program. Orang tua bisa melanjutkan pembelajaran di rumah dengan cara yang menyenangkan. seperti Evaluasi dan Penyesuaian: Guru perlu secara berkala mengevaluasi efektivitas program dan melakukan penyesuaian jika diperlukan, berdasarkan perkembangan dan kebutuhan anak.
Dengan implementasi saran-saran tersebut, program dapat menjadi lebih komprehensif dan efektif dalam membantu anak mengenal konsep bilangan.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Hartini
Nim. : 877797692
UPBJJ.: Jakarta
Izin menanggapi vidio
Vidio ini merupakan vidio yang sangat bermanfaat. Bagaimana guru mengajak anak-anak untuk mengenal konsep bilangan dengan cara menghitung bola dalam keranjang. Jadi anak tahu konsep bilangan, dan mengajarkan anak penjumlahan dan pengurangan. Konsep-konsep yang diberikan sangat bervariasi diselingi dengan lagu, tepuk sehingga anak-anak merasa senang, semangat dan tidak bosan. Vidio ini membantu saya agar lebih kreatif lagi.
Terimakasih
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh