Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. Nama : Anis Kamilia
    NIM : 858989386
    POKJAR : Rangkang Kraksaan probolinggo
    Vidio diatas memperlihatkan seorang Guru memiliki segala cara meningkatkan pengenalan konsep bilangan kepada anak didik dengan menggunakan teknik bermain, bernyanyi dan memberikan tugas dengan menggunakan cara ini anak merasa tidak terbebani dan hanya merasa sedang bermain. dengan cara ini anak tidak merasa bosan dan malas untuk belajar. memberikan apresiasi kepada siswa juga sangat efektif dengan Guru memberikan stempel bintang ditangan siswa itu hal yang sangat membuat siswa senang atas pencapaiannya. dan vidio diatas sangat bermanfaat untuk kita contoh terimakasih.

  2. assalamualaikum wr.wb
    NAMA: JALEHA
    NIM: 858316421
    UPBJJ: BANJARMASIN

    Dengan melihat dari Video tersebut bahwa menunjukkan upaya kreatif guru-guru Paud dalam mengenalkan konsep bilangan angka dengan cara melalui bermain bola warna warni dengan ini juga dapat melatih anak agar mudah mengenal warna warna,lalu menyanyikan lagu, tepuk bilangan, itu juga membuat anak- anak semakin seru dan bersemangat dalam bermain, karena guru dan teman- temannya memberi semangat hal ini yang berhasil memicu antusiasme anak. Penguatan positif seperti bermain balok yang ada huruf bilangannya dan balok nya berwarna warni itu juga dapat memotivasi murid. tetapi, guru juga perlu memberikan bimbingan lebih pada intensif anak yang kesulitan dengan permainan ini. saat murid salah mengambil jumlah bola, dan menggunakan alat peraganya untuk memperjelas konsep- konsep yang sudah diberikan Secara keseluruhan dengan anak- anak. dengan ini pendekatan guru jadi sangat menarik bagi anak didik.

  3. assalamualaikum wr. wb.
    NAMA: JALEHA
    NIM: 858316421
    UPBJJ: BANJARMASIN

    DENGAN VIDEO DIATAS TEMA : ANAK SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN.
    Pada video diatas , seorang guru dengan menyampaikan aturan bermain kepada anak- anak, dengan memilih anak yang duduknya paling rapi dan bagus maka akan bermain lebih awal, dari video tersebut terlihat guru memanggil seorang anak laki-laki sebagai peserta pertama untuk bisa bermain lebih awal, anak itu pun diminta oleh gurunya untuk mengambil 4 bola dari keranjangnya. dalam video tersebut anak mengambil bola nya pada keranjang yang sudah tersedia dengan berisi banyak bola- bola, dan memberikannya empat bola itu kepada gurunya Dan Guru pun langsung menghitung jumlah bola yang telah diambil oleh anak tersebut secara bersama dengan anak yang lain nya. dan jumlah yang ditentukan oleh guru yaitu 4 bola, dan yang diberikan anak pun juga 4 bola Guru memberikan sebuah kata pujian pada anak tersebut atas keberhasilan dalam bermain yang dilakukannya dengan benar.

  4. assalamualaikum wr.wb
    NAMA: JALEHA
    NIM: 858316421
    UPBJJ: BANJARMASIN
    dalam video diatas dengan guru yang sedang mengenalkan konsep bilangan berhitung pada anak-anak, guru mengenalkan berhitung dengan menggunakan bola warna- warni
    dengan ini anak jua akan dapat mengenal warna warna. dengan mengenalkan bilangan angka dapat dilakukan dengan hal yang mudah yang dilakukan oleh guru dan orang tua dirumah.seperti nyanyian,tepukan dan berbagai aktivitas lain yang menarik untuk membuat proses belajar

  5. Bismillah
    Topik : anak sulit mengenal konsep bilangan
    Dalam video ditampilkan beberapa trik untuk memudahkan anak mengenal konsep bilangan, dengan benda yang ada di sekitarnya, hal ini membuat anak merasa lebih senang belajar angka dan bilangan. Menurut saya yang lebih menariknya anak anak diberi penguatan saat anak menjawab seperti diberi apresiasi cap bintang. Hal ini membuat anak merasa dihargai dan menjadi lebih bersemangat.

  6. Nama : Nurlela Latif
    NIM : 858590776

    Dalam program video diatas yang dapat di amati guru memberikan pembelajaran perkembangan kognitif pada anak belajar sambil bermain, bernyanyi dalam mengenal bilangan konsep. Serta pemberian tugas pada anak menggunakan alat peraga permainan konsep bilangan, guru dapat memberikan motivasi pada anak percaya diri penguatan dan apresiasi kepada anak berupa stempel bintang di tangannya.

    Pengembangan kognitif pada anak usia dini fokus pada kemampuan mereka untuk belajar dan memahami konsep-konsep baru. Ini termasuk bagaimana mereka menangkap informasi melalui indera, mengolahnya, dan menghubungkannya dengan pengalaman mereka

  7. assalamualaikum wr. wb
    NAMA: JALEHA
    NIM: 858316421
    UPBJJ: BANJAR MASIN

    Didalam Video diatas ini ialah pemahaman dengan konsep bilangan angka dengan pada anak usia dini ini bisa untuk ditingkatkan melalui metode pembelajaran yang interaktif, efektif, konkret, dan menyenangkan untuk anak- anak didik kita. seperti video diatas anak bermain bola warna warni dengan cara berhitung, dan dengan bola warna warni itu juga bisa membuat anak lebih mengenal dengan warna. Guru sangat berperan penting dalam menciptakan suasana belajar dan menyenagkan bagi anak dan yang positif dan memberikan apresiasi untuk mendorong motivasi anak belajar dalam bermain sambil belajar seperti video diatas guru sangat arternatif sekali memilih permainan yang mudah dilakukan oleh anak untuk bermain.

  8. Nama : Nurlela Latif
    NIM : 858590776
    Dalam program video diatas yang dapat di amati guru memberikan pembelajaran perkembangan kognitif pada anak belajar sambil bermain, bernyanyi dalam mengenal bilangan konsep. Serta pemberian tugas pada anak menggunakan alat peraga permainan konsep bilangan, guru dapat memberikan motivasi pada anak percaya diri penguatan dan apresiasi kepada anak berupa stempel bintang di tangannya.
    Pengembangan kognitif pada anak usia dini fokus pada kemampuan mereka untuk belajar dan memahami konsep-konsep baru. Ini termasuk bagaimana mereka menangkap informasi melalui indera, mengolahnya, dan menghubungkannya dengan pengalaman mereka

  9. Nama : Illiyatul Ulya Choiriyah
    Nim : 877958978

    Dari video diatas terlihat seorang guru yang mengajar anak didiknya belajar berhitung menggunakan bola yang mana bola itu digunakan sebagai media yang menarik agar anak anak semangat dan tidak merasa bosan. Yang mana anak anak mengambil bola sesuai perintah dari ibu guru dan dari situ juga anak anak bisa belajar warna dari bola yang diambilnya. Konsep bilangan bisa diajarkan kepada anak dengan cara tepuk, permainan, lagu dan memberikan lembar kerja.
    Guru juga bisa memberikan apresiasi kepada anak dengan cara memberi tepuk stempel bintang dan tos atau dipeluk sehingga anak anak lebih semangat lagi berangkat sekolah dan lebih giat dalam belajar.

  10. nama : Candra Febriyanti 857725634
    pokjar : Salut Mandalika Jepara UPBJJ Semarang

    dalam video diatas merupakan upaya dari guru untuk memberikan pembelajaran agar perkembangan kognitif anak semakin meningkat, terutama dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

    upaya yang dilakukan guru tersebut sangat bagus, beliau menerapkan komunikasi yang sangat baik, interaksi yang terjalin pun sangat baik sehingga anak-anak antusias dalam melakukannya. guru tersebut juga selalu memberikan apresiasi kepada anak yang mau mengerjakan apa yang diperintah oleh guru.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/