Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. Nama : Siti Velizha Tampoi
    Nim : 859863595

    Video guru dalam mengajar diatas sudah sangat baik karena memberikan stimulasi yang tepat dan disenangi anak-anak, mulai dari bernyanyi bersama, menghitung bola bersama dan memberikan lembar kerja untuk melatih fokus dan kemandirian anak-anak serta memberikan penguatan dan apresiasi penghargaan dengan ara memberikan stempel bintang untuk meningkakan motivasi pada anak.

  2. Nama : Nur Dia Aputi ayu
    Nim : 859423787
    Upbjj : Makassar

    Video tersebut memperlihatkan seorang guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak didiknya melalui metode bermain bernyanyi, di mana metode ini lebih mudah dipahami oleh anak usia dini, karena mereka belajar sambil bermain, memberikan lembar kerja juga sangat membantu anak agar bisa mengenal lambang bilangan dengan mudah.

  3. Nama : Desi Verania Devasari
    NIM: 859900339

    dari video tersebut bahwa anak:
    – Kesulitan memahami konsep bilangan: Video ini mengingatkan kita bahwa anak-anak usia dini mungkin mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak seperti bilangan. Penting untuk menggunakan metode pembelajaran yang konkret dan menarik untuk membantu mereka memahami konsep ini.

    – Pentingnya pendekatan individual: Video ini menunjukkan bahwa setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda. Guru perlu mengenal anak-anak secara individual dan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat untuk setiap anak.

    – Peran Micro-Teaching (MT): MT merupakan alat yang berharga bagi guru untuk mengembangkan kemampuan mengajar dan merenungkan praktik mereka. Video ini menunjukkan bagaimana MT dapat membantu guru dalam mengatasi tantangan pembelajaran dan meningkatkan kualitas pengajaran.

    – Pentingnya kolaborasi: Video ini mendorong guru untuk berkolaborasi dengan kolega, berbagi pengalaman, dan mencari solusi bersama untuk mengatasi tantangan pembelajaran.

    – Keterbatasan video: Video ini mungkin tidak menawarkan solusi yang spesifik untuk mengatasi kesulitan anak-anak dalam memahami konsep bilangan. Namun, video ini memberikan pengingat penting bahwa guru perlu memahami kesulitan anak-anak dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk membantu mereka belajar.

    Sekian dan terimakasih.

  4. Nama : Indah wahyuningsih
    Nim :856655338
    UPBJJ : Kota Jambi

    judul video : sulit mengenal konsep bilangan
    video diatas sangat menginspirasi dan tentunya sangat membantu seorang guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilngan. pada video di berikan beberapa cara agar anak dengan mudah mengenal konsep bilangan, yaitu diantaranya dengan mengenalkan angka melalui permainan bola kemudian lagu, tepuk dan juga reward berupa cap di tangan sehingga akan menarik anak untuk ikut berpartisipasi dalam mengikuti permainan yang diberikan. sehingga akan mempermudah ibu guru dalam mengembangkan kemampuan dasar anak dalam mengenal konsep bilangan.

  5. Nama : Lisnawati
    Nim : 856066352
    ” sulit mengenal konsep bilangan ”
    Pada video diatas pada pembelajaran guru menggunakan metode bernyanyi dan bermain. Metode ini lebih mudah dipahami oleh anak usia dini.
    Guru menerapkan berbagai strategi untuk mengenalkan konsep bilangan dengan cara yang menarik perhatian anak.

  6. Nama: Ni Kadek Dwi Anggreni Jnana Putri
    NIM: 859047533
    Kesimpulan dari yang saya tonton adalah
    Didalam vidio seorang guru mengajak anak bermain bola dengan mengambil bola sesuai dengan bilangan yang diinstruksikan, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran bilangan dilakukan dengan bermain sambil belajar hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, guru juga memberikan instruksi menggunakan bahasa inggris dan tanya jawab.
    Berbagai macam tekhnik yang bisa dilakukan yaitu:
    • Guru dapat mengajak anak dengan bernyanyi,dan bertepuk tangan
    • lembar kerja yang bisa dilakukan dengan membulatkan bilangan,memasangkan benda sesuai dengan lambing bilangannya.
    • Memberika penguatan pada anak yang telah berhasil memngambil spidol sesuai jumblah yang telah diinstruksikan berupa pemberian stempel ditangan.
    Yang saya lakukan dalam kegiatan tersebut yaitu:
    • Mengajak anak memindahkan kelereng dengan menghitung jumblah kelereng
    • Kolase bentuk bilangan.
    • Menebalkan garis putus-putus angka.
    • Menarik garis bilangan
    • Dan mencocokkan bilangan.

    Dari vidio ini bagi saya sangat bermanfaat karena saya dapat mengetahui lebih luas lagi hambatan-hambatan dan cara menangani pada kesulitan yang dihadapi dilapangan serta belajar dengan membangun susasana yang lebih menyenangkan.

  7. Nama : Umi Mufsita
    Nim : 877687062

    “Sulit mengenal konsep Bilangan”
    Vidio tersebut memberikan cara agar anak belajar mengenai konsep membilang dengan cara bermain ,bertepuk dan bernyanyi sungguh menyenangkan sekali ini sudah sesui dengan prinsip pembelajaran AUD yaitu mnyenangkan dan tidak lupa guru juga harus memberi apresiasi kepada anak yang telah mampu mengenel konsep bilangan dan terus mengajari anak yang kesulitan belajar mengenal konsep bilangan dengan penuh kesabaran.terimakasih.

  8. NAMA:RURY ANGGARENI
    NIM:877308171
    PRODI:PGPAUD
    UPBJJ:SURABAYA
    Mohon ijin saya berkomentar Anak yang sulit mengenal konsep bilangan mungkin belum sepenuhnya memahami hubungan antara angka dan jumlah benda. Untuk membantu, guru dapat menggunakan objek nyata seperti balok atau kancing untuk menghitung, memperkenalkan angka melalui lagu atau permainan, dan memvisualisasikan angka dengan gambar. Pengulangan yang menyenangkan dan kontekstual dapat memperkuat pemahaman mereka tentang konsep bilangan.Kesulitan mengenal konsep bilangan pada anak bisa disebabkan oleh kurangnya pengalaman langsung dengan angka atau benda yang dapat dihitung. Untuk mengatasi ini, guru dapat menggunakan metode pembelajaran berbasis objek (misalnya, menghitung balok, buah, atau jari). Selain itu, permainan interaktif seperti “Tebak Jumlah” atau lagu berhitung dapat membuat konsep bilangan lebih mudah dipahami. Pengulangan yang menyenangkan, konsisten, dan terintegrasi dengan aktivitas sehari-hari akan memperkuat pemahaman anak tentang angka dan bilangan.

  9. NAMA : NOVI NOER RAMADAN
    NIM : 857390457

    Video ini sangat inspiratif karena menunjukkan bagaimana seorang guru TK dengan penuh kreativitas dan kesabaran menghadapi tantangan anak yang kesulitan memahami konsep bilangan. Pendekatan yang digunakan guru melalui permainan, lagu, tepuk, alat peraga, dan lembar kerja menunjukkan bahwa pembelajaran di usia dini harus menyenangkan, konkret, dan sesuai dengan dunia anak. Guru juga memberikan penghargaan positif seperti stempel bintang, yang dapat meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri anak. Secara keseluruhan, video ini mencerminkan praktik pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak (developmentally appropriate practice) dan bisa menjadi contoh baik bagi para pendidik PAUD.

  10. Nama :Nur Azizah
    NIM :858004327

    Dari video tersebut guru berupaya mengenalkan bilangan pada anak melalui nyanyian,tepuk tangan,dan menghitung benda secara nyata

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://globelegislators.org/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://www.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://piaud.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/