silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Dalam video ini guru telah menggunakan beberapa metode atau kegiatan yang menyenangkan dan di sukai anak paud terima kasih atas tips dari video cara mengajar dalam video ini🙏🏻
Assalamualaikum Wr Wb
Kepada YTH Ibu Tutor
Rekan Tuton sekalian
Perkenalkan
Nama : Hidayatun Nahariyah
NIM : 858538009
Prodi : PGPAUD
UPBJJ : Semarang
Izin menanggapi dan memberikan refleksi tentang video seri pembelajaran yang berjudul ANAK SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN.
Terima kasih kepada UT yang sudah mengunggah video dengan mengangkat topik yang sangat relevan dengan masalah yang sering kita hadapi di dalam kegiatan pembelajaran beserta contoh upaya yang dapat kita lakukan.saya sangat setuju dengan cara yang dilakukan oleh guru yakni mengenalkan konsep bilangan kepada anak melalui cara yang interaktif dan menyenangkan.Pendekatan belajar dengan lagu dan tepuk akan membuat konsep bilangan menjadi lebih hidup dan mudah melekat pada diri anak.kegiatan memasangkan lambang bilangan dengan benda membangun pemahaman yang kuat antara kuantitas fisik dan simbol bilangannya sehingga mampu menjadi fondasi yang penting dalam dunia matematika.pemanfaatan alat peraga edukatif yang beragam dan menarik juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang interaktif.Saya ingin menambah sedikit,dalam mengenalkan konsep bilangan ke anak biasanya saya juga menggunakan lagu yang memanipulasi bentuk labang bilangan.contoh :1 seperti tongkat,2 bebek berenang,3 burung terbang dan seterusnya.
Dari video di atas yang dapat saya simpulkan dalam menghadapi anak yang masih kesulitan dalam mengenal konsep bilangan adalah
1.Guru di tuntut untuk memiliki kreativitas dan inovasi dalam menciptakan metode pengajaran yang sesuai dengan dunia anak
2.Pembelajaran secara langsung dengan menghubungkan konsep abstrak menjadi konkret penting untuk membangun pemahaman anak
3.Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan yang mampu mendorong partisipasi aktif anak
Demikian pendapat yang dapat saya sampaikan.mohon maaf atas kekurangan
Wassalamualaikum Wr.Wb
yth. bapak/ibu tutor
ijinkan saya memperkenalkan diri
Nama : Nur Sita Isnaini
NIM: 858530867
Prodi : PG PAUD
UPBJJ : Semarang
ijinkan saya menanggapi video yang telah saya saksikan di atas, dari video tersebut terlihat guru sedang mengenalkan konsep bilangan pada anak didiknya di kelas. dengan karakteristik anak usia dini yang masih dalam proses mengembangkan seluruh aspek perkembangan dalam dirinya, guru kelas tersebut menstimulasi dengan berbagai pendekatan yang menarik, seperti bernyanyi, bermain pada anak didiknya sehingga anak didik menjadi tidak mudah bosan dan dapat belajar sambil bermain sehingga lebih mudah memahami pembelajaran yang di sampaikan oleh guru. Dimana pada dasarnya anak kesulitan jika hanya di perkenalkan sesuatu hanya melalui teori saya, sehingga memang anak membutuhkan praktek nyata yang akan memudahkan mereka mengingat dan di terapkan dalam keseharian mereka.
dan melalui video- video pada guru pintar online ini pula dapat saya jadikan contoh untuk di terapkan pada pembelajaran di kelas tempat saya mengajar setiap harinya. Namun alangkah lebih baiknya jika di tambahkan lagi video- video yang lebih banyak untuk dpat menjadi inspirasi bagi para guru untuk di terapkan pada siswa di kelasnya,.
demikian tangggapan saya pada video ini. terimakasih
Nama : Siti Rohkimah
Nim : 859939424
Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Video pembelajaran tersebut sangat bagus sekali karena dalam video tersebut guru menggunakan berbagai teknik untuk menstimulasi anak didiknya dalam mengenalkan konsep bilangan dengan berbagai macam alat peraga. Didalam kegiatan tersebut guru mengajak anak mengenal konsep bilangan dengan media sambil bermain, lalu guru menghitung dan menyebutkan jumlah benda yang dibawa anak tersebut lalu menghitungnya bersama-sama.
Dalam video tersebut guru juga menyampaikan pembelajaran mengenal konsep lambang bilangan dengan mengajak bernyanyi, bertepuk-tepuk terlebih daahulu dalam memberikan penguatan. Guru juga mmeberikan reward pada anak dengan memberikan stempel bintang di tangan kanan dan kiri bagi anak yang bisa menjawab.
Nama : Laela Nur Hidayati
NIM : 857654909
Judul Video : Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Sebagai pendidik kita sering menghadapi dengan berbagai macam masalah dalam pembelajaran salah satunya yaitu anak sulit dalam mengenal konsep bilangan. Berdasarkan video diatas saya sangat setuju dengan cara yang dilakukan oleh guru. Karena sebagai pendidik kita memang perlu menstimulasi dan merancang pembelajaran yang menyenangkan dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menstimulasi pada anak yang sulit mengenal konsep bilangan yaitu dengan cara mengenalkan bilangan menggunakan metode yang menyenangkan seperti dengan lagu atau dengan tepuk-tepuk sehingga akan lebih melekat dengan mudah dipahami oleh anak. Untuk mengatasi anak sulit mengenal konsep bilangan guru memerlukan ketrampilan tersendiri untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak, salah satunya dengan kegiatan bermain. Anak usia dini lebih mudah memahami konsep bilangan dengan benda- benda konkret, seperti yang ditunjukkan dalam video. Dimana guru menggunakan ragam benda konkret seperti bola warna warni, melingkari gambar sesuai dengan jumlah yang ditentukan dan menghitung spidol warna. Anak-anak terlihat senang karena terlibat langsung sehingga pembelajaran menjadi aktif dan anak juga lebih mudah memahami konsep bilangan karena metode yang digunakan adalah belajar sambil bermain yang menyenangkan. Anak juga diberikan apresiasi berupa pujian dengan tepuk tangan dan reward kepada anak dengan memberi stempel bintang pada tangan anak yang berhasil menghitung dengan benar sehingga anak akan lebih termotivasi.
Nama : Siti Inganatul Khasanah
Nim : 857650016
UPBJJ: UT Purwokerto
Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Ijin menanggapi video di atas nggih bunda.. Menurut saya video tersebut menggambarkan pembelajaran kreatif yang telah dilakukan oleh guru di dalam kelasnya untuk membantu anak mengenal konsep bilangan dengan berbagai metode yang menarik dan menyenangkan bagi anak, seperti: bernyanyi, tepuk, dan menggunakan benda langsung. Tidak lupa guru juga memberikan apresiasi kepada anak-anak tersebut dan memberikan penguatan ketika ada anak yang mengambil bola kurang tepat. Anak terlihat enjoy ketika proses pembelajaran dan dapat belajar dengan menyenangkan sehingga pembelajaran tersebut dapat bermakna bagi anak.
Nama : Eva Beathrix Justina Gilda
NIM : 858530011
Menurut saya, video di atas memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana seorang guru Taman Kanak-kanak dapat mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan. Video ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan, seperti menggunakan lagu, permainan, tepuk tangan, dan alat peraga, guru dapat membantu anak memahami bilangan dengan lebih mudah. Saya juga melihat bahwa pentingnya memberikan penguatan positif, seperti stempel bintang, sangat efektif untuk memotivasi anak. Dari tayangan ini, saya belajar bahwa mengenalkan konsep matematika kepada anak usia dini perlu dilakukan secara bertahap, menarik, dan sesuai dengan dunia mereka yang penuh bermain.
Menurut saya, video di atas memberikan gambaran yang jelas dan inspiratif tentang bagaimana seorang guru Taman Kanak-kanak dapat mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan. Video ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan, seperti menggunakan lagu, permainan, tepuk tangan, dan alat peraga, guru dapat membantu anak memahami bilangan dengan lebih mudah. Saya juga melihat bahwa pentingnya memberikan penguatan positif, seperti stempel bintang, sangat efektif untuk memotivasi anak. Dari video ini, saya belajar bahwa mengenalkan konsep matematika kepada anak usia dini perlu dilakukan secara bertahap, menarik, dan sesuai dengan dunia mereka yang penuh bermain.
Nama : Kadek Diah Fatmawati
Nim : 859043837
izin menjawab ibu tutor..
Dari video yang di tampilkan diatas merupakan upaya upaya yang di lakukan pendidik khususnya guru paud untuk dapat mengatasi permasalahan anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan ,berbagai strategi pembelajaran yang digunakan guru diantaranya yaitu,melalui bermain bola-bola kecil,melalui bermain anak akan merasa senang serta tidak di paksa untuk mengenal konsep bilangan dengan sendirinya anak anak mengenal konsep bilangan tanpa harus di paksa hal tersebut terlihat dari antusiasme anak anak ketika di ajak berhitung bola yang di ambil oleh anak.kegiatan kedua yaitu melalui bernyanyi,mengenal bilangan di mulai dari banyaknya anggota tubuh yang mereka miliki ,kegiatan ketiga yaitu melalui tepuk banyaknya bilangan yang disebutkan .kegiatan ke empat yaitu pemberian tugas untuk mengaplikasikan informasi yang di dapat dari bermain,bernyanyi maupun tepuk ,pemberian tugas berupa melingkari bilangan,mencocokan dengan lambang bilangan serta pemberian reward atau penguatan kepada anak karena sudah mau mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru berupa stempel bintang.
terima kasih..
Nama : Siti Nur Lailatur Rohmah
NIM : 858877211
Dalam video tersebut dijelaskan strategi untuk mengajarkan anak ketika sulit mengenal konsep bilangan. yaitu anak dikenalkan dengan angka sekaligus membilang benda secara nyata, hal ini efektif sehingga anak lebih terkonsep dan dapat lebih memahami konsep bilangan dengan menghadirkan benda secara nyata. Pada tahap dasar anak dapat diajarkan bernyanyi dengan lagu yang mengandung jumlah bilangan seperti dua mata saya, balonku ada lima dan lain-lain. Anak diminta mengambil bola sesuai dengan jumlah. Selain mengajarkan konsep bilangan teknik pembelajaran ini juga mengajarkan tentang disiplin dan tata tertib sehingga anak dapat lebih fokus dan berkonsentrasi dalam belajar. Perlu juga memberikan apresiasi atau reward sederhana kepada anak setelah selesai melakukan tugasnya.