silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Rahmadhani Indah Wahyuni
    Nim : 857730342
    Upbjj : Semarang pokjar Rembang

    Ijin mennaggapi,,,,

    1) Reaksi siswa pada video tersebut yaitu anak – anak mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga pembelajaran terlihat kondusif.
    2) Kelemahan guru dalam video tersebut yaitu pembelajaran tidak diawali dengan ice breaking terlebih dahulu, guru juga kurang melakukan interaksi dengan anak didik, sehingga anak – anak kurang semangat dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran.
    3) Kelebihan guru dalam video tersebut yaitu konsep pembelajaran yang dilakukan sudah bagus dan memudahkan anak dalam mengenal bilangan, guru juga memberikan reward pada anak.
    4) Hal unik yang saya temukan dalam video tersebut yaitu terlihat anak – anak yang kondusif mengikuti pembelajaran, tidak ada yang aktif bermain, tidak ada yang berlari – larian, semua mengikuti pembelajaran dengan baik.
    5) Upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut yaitu alangkah baiknya sebelum melakukan kegiatan pembelajaran melakukan ice breaking terlebih dahulu atau penawaran reward, sehingga anak semangat dan antusias dalam melakukan pembelajaran dan tidak ada yang mengantuk.

    Sekian dan terimakasih,,,,

  2. Video ini sangat bermanfaat untuk saya sebagai pemula menjadi guru TK, khusunya mengenai tentang cara mengenalkan konsep bilangan kepada anak didik saya

  3. Video tentang konsep bilangan diatas sudah baik, namun ada beberapa hal yang perlu ditambahkan supaya semakin baik lagi.
    Berikut kelebihan pembelajaran diatas:
    1. Guru mengenalkan konsep bilangan dengan cara yang bervariatif. Antara lain melalui: lagu, bermain tepuk, benda konkrit, lembar tugas, dan praktik langsung.
    2. Guru juga memberikan kesempatan kepada setiap anak untuk maju ke depan.
    3. Guru memberikan apresiasi kepada anak-anak yang sudah berhasil menyelesaikan tugas melalui pujian, tepuk tangan, dan stempel bintang. Bagi anak yang belum berhasil pun juga tetap diberikan apresiasi dan juga penguatan.
    4. Guru mengenalkan konsep bilangan dengan cara yang santai dan bertahap.
    Hal-hal yang perlu diperhatikan supaya pembelajaran semakin menarik:
    1. Sebaiknya disediakan keranjang kecil untuk tempat anak mengambil bola sesuai jumlah, supaya anak tidak kesusahan saat membawa.
    2. Kegiatan bernyanyi bisa dilakukan sambil berdiri supaya anak-anak menjadi lebih senang dan bersemangat.
    3. Setelah mengenalkan konsep bilangan secara melingkar, sebaiknya anak-anak dijadikan dua kelompok dan dipandu masing-masing satu guru supaya kesempatan anak untuk praktik langsung semakin besar.
    4. Guru bisa memberikan beberapa ice breaker atau gerak dan lagu di awal pembelajaran untuk membangun suasana hati anak.
    5. Guru juga bisa menyiapkan beberapa keranjang kecil yang sudah ada angkanya, lalu meminta anak untuk memasukkan bola sejumlah angka tersebut. Kegiatan ini dilakukan setelah guru meminta anak mengambil bola sejumlah yang guru sebutkan, atau bisa juga meletakkan spidol sesuai angka yang tertera di keranjang.
    6. Anak juga sebaiknya diberikan kesempatan untuk mengajukan dirinya sendiri untuk maju ke depan dengan cara mengangkat tangan.
    7. Di akhir kegiatan perlu diberikan recalling, mengingat materi yang sudah dipelajari dan memberikan pesan dan kesan pada anak-anak.

  4. Nama : Nanik khasanah
    Nim : 857753593
    Pokjar : Rembang
    Prodi : PG PAUD

    Analisis Vidio
    a. – Judul : Anak sulit mengenal konsep bilangan
    – Nama Pengembang video : Netti Hernawati
    – Lokasi : Ruang kelas
    – Kelompok anak dalam video : Kelompok Taman kanak-kanak (PAUD)
    – Ringkasan materi dalam video :
    Dalam video tersebut terlihat upaya seorang guru taman kanak-anak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya yang dilakukanan antara lain : sebelum pembelajaran guru memberi stimulus mengenal bilangan dengan mengajak anak untuk membilang dengan lagu dan tepuk, memakai alat peraga (bola warna warni) dan menyuruh anak untuk mengambil bola sesuai angka yang guru minta. Kemudian guru memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu melingkari angka sesuai jumlah gambar. Kemudian kegiatan akhir guru mengajak anak mengulas kembali hasil karya dan memberikan reward berupa stempel bintang ditangannya.
    b. Guru tersebut sudah menerapkan prinsip assessment dan evaluasi
    – Assesment terlihat ketika guru menyaksikan dan mengamati secara langsung melalui bentuk lembar kerja yang nantinya akan ditulis dihasil pengamatan.
    – Evaluasi terlihat ketika guru melakukan penilaian secara objektif atau secara langsung ketika guru menyuruh salah satu anak untuk mengambil bola sebanyak yang diminta guru.
    c. Yang perlu diperbaiki dalam video tersebut yaitu guru kurang memberi kesempatan pada semua anak untuk memakai alat peraga untuk membilang, guru kurang menguasai kelas sehingga anak-anak ada yang kurang memperhatikan penjelasan guru, asyik menggobrol dengan temannya serta peran guru pendamping dalam video tersebut tidak melakukan tugasnya dengan baik.

  5. Assalamualaikum.Wr.Wb

    Nama : Gita Maulinda
    NIM :858307422
    Pokjar : Marabahan (Barito Kuala)
    UPBJJ : Banjarmasin (Kalimantan selatan)
    Program Studi : 121/PGPAUD-S1
    Semester : II

    a.) Identitas Vidio
    * Judul : Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    * Nama Pengembang : Netti Hernawati

    * Lokasi : Sekolah / di dalam ruang kelas

    * Kelompok : Anak TK

    * Ringkasan Meteri : Cara seorang Guru TK untuk mengatasi anak yang sulit dalam mengenal konsrp bilangan dalam pembelajaran. Untuk itu Guru tersebut memiliki cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan :

    1.) Mengajak anak untuk membilang dengan permainan,Lagu,dan tepuk tangan.

    2.) Mengolah alat sebagai peraga untuk permainan yang memcakup konsep bilangan,kemudian anak-anak di minta memindahkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan yang tertera.

    3.) Tidak hanya itu, Guru juga memberikan tugas seperti lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai dengan lembar bilangan yang tertera tersebut.

    4.) Guru Mengulas kembali hasil karya anak, kemudian memberikan penilaian seperti ( stempel berbentuk bintang yg di capkan ketangan anak) sehingga anak dapat merasa senang dan bahagia ketika diapresiasi dengan baik oleh Guru nya.

    b.) Terkait Assesment, ya Guru menggunakan penilaian dengan satu jenis seperti memberi ( stempel berbentuk bintang yang di cap kan di tangan anak) sehingga tidak ada catatan anekdot / penilaian lembar kerja yang dapat digunakan untuk mereview sehingga dapat kembali dilakukan bentuk assesment lanjutan seperti Evaluasi.

    *Evaluasi : Guru masih belum dapat mengetahui antara anak yang bisa /mengenal konsep bilangan dengan yang tidak bisa /belum mengenal konsep bilangan. Sebab Guru tidak melakukan Evaluasi. Dan hanyabmelakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasanya saja.

    c.) Hal yang perlu di perbaiki yaitu :

    * Disaat Pembukaan
    Saat anak akan memulai kegiatan pelajaran. Anak bisa diajak duduk tertib,melingakar agar dapat melihat satu dengan yang lainnya lalu anak bisa diajak untuk berhitung sesuai dengan tempat duduknya. Ketika duduk melingkar Guru bisa dengan cara menunjuk satu per satu anak dan memanggil nama anak agar anak bisa menyebutkan angka dimulai dari angka 1 sampai dengan seterusnya seseuai berapa orang anak yang ada di kelas tersebut. Cara ini juga bisa di terapkan untuk mengetahui jumlah absensi anak pada hari itu.

    * Pada saat kegiatan inti

    – Menyanyikan lagu dan berbagai tepuk. Metode ini juga sangat baik sebab dengan melakukan ini anak akan bersemangat dan mudah dalam mengingat.

    – Dengan media bola juga baik dan sagat menyenangkan, selain itu bisa juga dengan menggunakan metode pengenalan melalui display seperti berbagai gambar-gambar yang bertuliskan angka sesuai dengan banyaknya gambar. Misalnya, gambar Donat 1 buah dibawahnya bertuliskan angka 1 dan seterusnya. Hal ini juga menyenangkan dan bermakna bagi anak. Anak pun menjadi lebih mudah dalam mengingat.

    – Kemudian menggunakan lembar kerja juga baik tetapi akan lebih baik lagi jika lembar tersebut berwarna – warni sehingga dapat menambah fokus anak dan dapat pula secara tidak langsung Guru mengenalkan warna kepada anak.

    * Pada saat Kegiatan penutup
    Ketika di akhir kegiatan akan lebih baik jika Guru melakukan refleksi harian kepada anak dengan mempertanyakan kembali apa saja yang sudah di lakukan serta di kerjakan di kegiatan hari itu. Pelajaran apa saja yang sudah bisa anak tangkap, kegiatan apa saja yang mereka sukai dan tidak disukai, kemudian apakah ada anak yang merasa kesulitan dalam pelaksaan kegiatan pada hari itu. Dan sebagainya, sehingga Guru dapat mengevaluasi pelajaran tersebut dan dapat mengetahui anak yang belum bisa dan yang sudah bisa mengenal konsep bilangan tersebut.

    d.) Dalam pembelajaran di vidio tersebut dan baik cara seorang Guru untuk mengenalkan konsep bilangan tersebut dengan permainan, bertepuk tangan, menyanyi, mengerjakan lembar kerja sudah sangat baik dan bagus. Tetapi akan lebih menyenangkan dan akan lebih mudah lagi untuk di ingat oleh anak bisa menggunakan APE dan display-display yang bermakna agar anak senang dan bahagia dalam menangkap suatu pembelajaran yang di berikan oleh Guru.

    Cukup Sekian dan Terimakasih,,,
    Wassalamualaikum.Wr.Wb🙏

  6. Nama: Anggita Ayu Diansih
    NIM: 857508906
    Pokjar: Sinergi
    Semester: II-PGPAUD AKPMM

    a. Identitas Video
    Judul: Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Lokasi: Kelas
    Kelompok: TK

    Ringkasan materi:
    Dalam video tersebut menunjukkan bagaimana cara guru mengajar konsep bilangan dengan berbagai cara agar mudah dipahami anak lalu guru mengenalkan lambang bilangan serta berhitung dan memilih lambang bilangan yang sesuai dengan jumlah benda yang sudah dihitung.

    b. Guru sudah melakukan asesmen dengan sangat baik, yaitu dengan cara memberikan stempel bintang kepada anak yang berhasil mengerjakan tugasnya sampai tuntas dan memberikan tugas berupa lembar kerja kepada anak untuk diberikan nilai dan sebagai bahan evaluasi pembelajaran anak. Tetapi guru tidak memberikan evaluasi kepada anak, melainkan hanya memberikan penjelasan materi sehari-hari sesuai dengan RPPH.

    c. Dalam video tersebut guru sudah sangat baik memberikan materi/ bahan ajar kepada anak, hanya saja pada saat menyiapkan bahan ajar yang akan diberikan kepada anak sebaiknya memilih atau membuat gambar dengan berbagai variasi warna agar anak tertarik mengerjakannya.

  7. Nama : Surti Ningsih
    Nim : 858737918
    Prodi : PGPAUD BI
    Assalamualaikum wr wb
    Menurut saya dalam video pembelajaran diatas tentang pengenalan ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan” dalam pembelajaran tersebut sudah bagus, karena dalam pengenalan konsep bilangan untuk anak usia TK tergolong sulit dan biasanya kecerdasan seseorang berbeda-beda. Sehingga ketika guru menerangkan ada sebagian anak yang mudah memahami dan sebagian juga ada belum bisa memahami. Melalui video tersebut guru memperkenalkan bilangan menggunakan beberapa metode yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak seperti:
    1. Menggunakan bola, guru memberi kesempatan kepada anak maju kedepan untuk menghitung jumlah bola sesuai angka yang disebutkan bu guru, disini guru memberi dukungan kepada anak sehingga mereka akan percaya diri dan mampu melakukannya.
    2. Dengan bernyanyi dua mata saya
    3. Bertepuk tangan sesuai dengan angka yang disebutkan guru
    4. Dengan menggunakan lembar kerja, yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangan.
    Setelah anak selesai mengerjakan tugas dengan baik guru memberi reward berupa kalimat pujian dan juga memberi stempel bintang. Adapun kekurangan dalam video tersebut sebaiknya guru memberikan contoh dalam pengenalan konsep bilangan sehingga anak lebih memahami kegiatan yang dilakukan.

  8. Nama : Maria Ulfa Hasanah
    NIM : 858739072
    UPBJJ : Surabaya
    Pokjar : Mitra Caraka Ponorogo

    Menurut saya pembelajaran yang dilakukan sudah cukup baik dimana guru telah menggunakan berbagai media dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak-anak, selain itu guru juga memberikan reward yang membuat anak-anak menjadi semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan berhitung, namun di awal pembelajaran guru terlihat lebih mendominasi kegiatan dan kurang memperhatikan anak-anak yang masih pasif dalam mengikuti pembelajaran.

  9. Nama : emi kalsum
    Nim : 859161095
    Prodi : PGPAUD
    pokjar : lombok barat
    UPBJJ : Mataram
    ” sulit mengenl konsep bilangan”
    Dalam video tersebut menunjukkan bahwa dimana seorang guru mengenalkan konsep bilangan dengan berbagai media di antaranya menggunakan bola, bernyanyi menghitung anggota badan dan menggunakan lembar latihan kerja serta tepuk 1.2.3.4
    Semua kegiatan ini di lakukan sebagai upaya memperkenalkan anak konsep bilangan,, agar anak bisa dengan mudah memahami konsep bilangan.
    1. Menurut saya dalam video tersebut, guru sudah melakukan asesmen di mana guru menyuruh anak mengambil bola sesuai dengan jumlah yang sudah di perintahkan di samping itu guru juga membagikan lembar kereja untuk di kerjakan oleh anak.
    2. Kekurangan yang ada pada video tersebut adalah
    Guru lebih mendominasi dalam pembelajaran.
    Dalam penyampaian materi kurang bersemangat sehingga anak terlihat
    Kurang bersemangat.
    Kelebihan dalam video tersebut adalah
    Penyusunan Kegiatan pembelajaran yang di buat sudah cukup baik .

  10. Assalammualaiikum wr wb
    NAmA : RISKA ARIANI
    NIM : 858304402
    UPBJJ : 49/ BANJARMASIN
    Pokjar : Kandangan

    A. Identitas Video yang saya Saksikan
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang : Netti Hernawati
    Lokasi/Tepat : Diruang Kelas
    Kelompok : Taman Kanak-kanak (TK)

    Ringkasan Materi :
    Dalam Video yang saya lihat terdapat upaya atau usaha seorang guru dalam mengatasi anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan, dan guru pun memberikan beberapa cara bagaimana anak dapat mengenal konsep bilangan seperti video yang sudah saya saksikan. seperti :

    * Guru memilih media yang menyenangkan yang mana dengan media pembelajaran menggunakan bola kecil dengan meminta anak untuk mengambil jumlah bola sesuai dengan arahan yang diberikan guru lalu mengitungnya kembali
    * Guru juga Tidak hanya menggunkan media pembelajaran yang nyata seperti menggunakan media benda akan tetapi juga anak bisa mengenal konsep bilangan dengan menyanyikan lagu anggota tubuh dengan menghitung jumlahnya
    * sebelum seorang pendidik memulai memberikan unjuk kerja bergambar sesuai dengan jumlah atau konsep bilangan pada anak. guru juga dapat mengajak anak permainan lagu dan tepuk tangan sesuai dengan konsep bilangan yang menyenangkan.
    * Penguatan dalam video tersebut guru yaitu meminta anak mengambil spedol sesuai dengan intruksi tanpa salah dengan memberikan stempel bintang ditangan anak tersebut.

    B. Apakah Guru dalam Video yang Anda saksikan tersebut telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini?
    *Prinsip Asesmen
    Dalam video tersebut penerapan prinsip asesmen yang dilakukan guru sudah baik dengan memberikan penilaian dengan stiker bintang kepada anak yang dapat menyebutkan dan mengambil spedol yang guru intruksikan secara tepat. sehingga anak merasa senang dengan keberhasilannya.
    * Prinsip Evaluasi
    Dalam video tersebut Penerapan prinsip evalusi yang dilakukan guru sudah bagus ketika ada anak yang salah mengambil jumlah bola yang di intruksikan guru. maka seorang guru memberikan evalusi dengan memberikan penjelasan dan arahan bahwa jumlah yang di ambil anak tersebut masih kurang satu (1)

    C. Jelaskan pendapat Anda, hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut.
    Dalam video tersebut seorang pendidik langsung melakukan pembelajaran pada kegiatan inti akan tetapi seorang guru seharusnya sebelum melakukan suatu proses pembelajaran guru melakukan evaluasi kepada anak per individu apakah mereka sudah tau atau sudah mengenal konsep bilangan. sehingga saat proses pembelajan berlangsung seorang guru memberiakan pertanyaan sesuai dengan kemampuan anak tersebut.
    selain itu guru juga tidak melalukan alokasi waktu pada proses pembelajaran seperti.

    * Pembukaan
    -yang mana anak di mualai dengan berbaris sehingga anak dapat menyebutkan angka sesuai dengan urutanya
    – bernyanyi sesui dengan tema dan sub tema yang digunakan sehingga anak merasa nyaman dan gembira memulai proses pembelajaran

    * Kegiatan Inti
    – guru alangkah baiknya mengenalkan konsep bilangan terlebih dahulu seperti gambar berwana, dan kartu angka yang menarik minat belajar anak sembari menyakan apakah anak itu sudah mengetahui konsep bilangan dari angka yang rendah sampai angka yang mereka ketahui

    * Penutup
    seharusnya pada saat mengakhiri proses pembelajaran seorang guru juga harus mengevaluasi pengetahun anak tentang pembeljaran yang sudah dilakukan anak, dengan menayakan ulang sehingga seorang guru tau apa penyebab atau kesulitan dalam pembelajaran tadi sehingga seorang guru juga dapat mengevalusi cara dia menggunakan media atau strategi apa yang lebih mudah di pahami anak-anak sesuai dengan kempampuan anak masing-masing

Leave a Reply