silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : DINA FATIN ALFIYAH
NIM : 858538134
Assalamualaikum wr wb
Setelah saya menonton video tentang sulit mengenal konsep bilangan, video tersebut sangat bermanfaat sehingga dapat mengetahui cara bagaimana menghadapi anak yang sulit dalam mengenal konsep bilangan yaitu dengan mengajak anak membilang menggunakan permainan bisa dengan lagu dan tepuk, pendidik juga bisa menyiapkan atau membuat alat peraga permainan konsep bilangan sehingga dapat meningkatkan atau memantik anak agar dapat mengenal konsep bilangan.
Assalamu’alaikum wr.wb
Nama : Diny Wahyu Pratiwi
NIM : 858755883
UPBJJ : UT- Surabaya
Dari video yang telah dijelaskan tersebut, seorang guru dapat mengikuti beberapa langkah agar anak mampu mengenal konsep bilangan secara baik diantaranya :
1) Ajak anak untuk ice breaking untuk memberikan pemanasan pada diri anak sebelum memasuki pembelajaran (bisa melalui lagu, ice breaking)
2) kemudian anak diajak mengenal konsep angka melalui media yang interaktif
3) selalu ajak anak untuk berdiskusi
4) berikan penguatan dengan memberikan reward bagi yang mau menjawab dan menjawab dengan benar.
Terimakasih
Nama : Siti Nurhayati
NIM : 859668887
Dari video yang sudah saya tonton “sulit mengenal konsep bilangan” kita harus lebih kreatif dan aktif cara mengenalkannya dengan banyak gambar berwarna, dengan lagu, permainan ataupun dengan hal nyata seperti menghitung pensil yang ada dan lainnya. memberikan penguatan dengann memberi reward untuk memotivasi anak
Assalamualaikum wr.wb.
Nama : Vela Nuryanti
NIM : 858197713
UPBJJ : Palangkaraya
Setelah mengamati vidio diatas yaitu “Sulit mengenal konsep bilangan”.
Dalam vidio tersebut memperlihatkan seorang guru yang sedang mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak dengan menggunakan pendekatan bermain. Seperti menyanyi lagu angka, guru menyebutkan angka lalu anak mengambil benda sesuai angka yang di sebutkan, dan kemudian menggunakan kertas lembar kerja untuk anak menghitung ada berapa jumlah gambar yang ada di kertas tersebut. Setelah anak dapat menyelesaikan tugas tersebut guru memberikan pujian pada setiap pencapaian anak dan memberikan dukungan yang positif dengan memberikan reward stiker bintang di tangan agar anak lebih semangat untuk belajar. Kegiatan pembelajaran pada vidio diatas sudah cukup bagus.
nama : Evrita hunaidah
nim : 877310723
Menurut pendapat saya video pembelajaran ini sudah sangat baik dalam mengenalkan angka kepada anak-anak PAUD. Penyampaian yang sistematis, penggunaan visual yang menarik, dan elemen musik atau lagu membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Dengan sedikit penambahan pengulangan dan lebih banyak kesempatan untuk anak-anak berpartisipasi, video ini dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam mendukung perkembangan kognitif anak-anak, khususnya dalam mengenal angka 1 hingga 10.
Nama:Apriyati sari
NIM: 858011046
UPBJJ-UT Yogyakarta
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Setelah saya mengamati video tersebut, guru melakukan beberapa langkah yang sangat menarik untuk membantu anak-anak memahami konsep bilangan.
Pertama, guru mengajak anak-anak untuk mengenal angka melalui aktivitas bernyanyi dan tepuk angka. Kegiatan ini membantu anak mengenal urutan bilangan dengan cara yang menyenangkan.
Kedua, guru menggunakan alat peraga berupa bola- bola kecil warna warna untuk membangun pemahaman konkret. Anak-anak diminta untuk meletakkan sejumlah benda sesuai dengan angka yang ditunjukkan.
Selanjutnya, guru memberikan tugas berupa lembar kerja, di mana anak diminta memasangkan gambar benda dengan lambang bilangan yang sesuai atau melingkari jumlah benda berdasarkan angka yang diberikan.
Akhirnya, guru memberikan apresiasi dengan memberikan stempel bintang di tangan anak-anak yang berhasil mengerjakan tugas dengan baik.
Menurut saya, pendekatan ini sangat efektif karena mengkombinasikan bermain, visualisasi konkret, dan penghargaan emosional untuk memperkuat konsep bilangan pada anak usia dini.
NAMA : SITI SAHAWIA LILIWERI
NIM : 859298516
SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN
Program ini memperlihatkan upaya kreatif seorang guru Taman Kanak-kanak dalam membantu anak-anak memahami konsep bilangan. Guru menggunakan pendekatan bermain dan bernyanyi, seperti melalui permainan, lagu, dan tepuk, untuk membuat proses belajar terasa menyenangkan. Selain itu, guru menyediakan alat peraga berbentuk permainan konsep bilangan, di mana anak-anak diminta meletakkan benda sesuai lambang bilangan yang ditentukan. Anak juga diberikan tugas berupa lembar kerja yang mengharuskan mereka memasangkan atau melingkari benda berdasarkan lambang bilangan. Untuk memotivasi, guru mengulas karya anak-anak dan memberikan penguatan positif, seperti memberikan stempel bintang pada anak yang hasil karyanya baik. Strategi ini menekankan pembelajaran aktif, konkret, dan penghargaan positif untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep bilangan.
NAMA : PIRGINITA MAKALALAG
NIM : 859957153
vidio yang saya lihat memperlihatkan bagaimana guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini.melalui lagu anak-anak lebih muda memahami materi yang disampaikan guru.guru juga dituntut untuk dapat berkreasi dan berinovasi dalam merancang rencana pembelajaran agar anak bersemangat.anak-anak terkadang sulit mengenal bilangan itu karena berbagai faktor mulai kurangnya fokus saat belajar bahkan adanya ganguan peran orang tua dalam motivasi belajar.
Assalamu’alaikum wr.wb
Nama : Leni Lisnawati
NIM : 857473685
UPBJJ : UT- Bandung
Dari video yang telah dijelaskan tersebut, seorang guru dapat mengikuti beberapa langkah agar anak mampu mengenal konsep bilangan secara baik diantaranya :
Ajak anak untuk ice breaking untuk memberikan pemanasan pada diri anak sebelum memasuki pembelajaran (bisa melalui lagu, ice breaking)
kemudian anak diajak mengenal konsep angka melalui media yang interaktif
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Nuraini Ahmad
Nim : 859312061
UPBJJ : UT- KUPANG
Dari video yang telah dijelaskan tersebut tentang “sulit mengenal konsep bilangan” saya termotivasi sekali untuk dapat menyiapkan bahan ajar yang menarik serta mengajarkan konsep kedapa anak didik saya. Terimakasih🙏