silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
NAMA : PUTRI RENIKA
NIM : 859801525
Dalam video tersebut, guru berupaya membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan. Guru mengajak anak-anak untuk menghitung dan mengambil bola sesuai dengan instruksi yang diberikan. Beberapa anak tampak masih belum memahami konsep-konsep tersebut. Untuk mengatasinya, guru kemudian memperkenalkan konsep bilangan melalui cara-cara yang menyenangkan, seperti menggunakan tepuk-tepuk dan lagu-lagu. Dengan metode yang menyenangkan ini, anak-anak menjadi lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.
Nama : Nila Rahmawati M Saleh
Nim : 856106692
Video yang baru di tayangkan menunjukkan guru sedang memberika pembelajaran menghitung menggunakan media bermain dan media yang lainnya… dengan media yang berbeda dan unik bisa mampu membangkitkan semangant anak dan tidak mudah bosan.
Mohon izin menyampaikan pendapat
Nama : Ima Melati
NIM : 858318568
Refleksi saya dari video yang saya tonton yaitu Seri Pembelajaran PAUD “Sulit Mengenal Konsep Bilangan. Upaya guru dalam mengatasi anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya melakukan kegiatan yang menyenangkan tentunya bagi anak seperti dengan memberikan teknik melalui permainan lagu-lagu tentang angka dan tepuk, dengan demikian diharapkan anak mampu mengenal lambang bilangan, anak mampu berpikir logis, dan anak mampu memecahkan masalah, memberikan penghargaan berupa kata-kata yang baik untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak seperti : ‘kamu pintar, kamu hebat, dan sebagainya’. Video-video dari guru pintar online sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD sebagai contoh bahan pembelajaran untuk saya ajarkan kepada peserta didik di lembaga saya mengajar dan menambah wawasan saya. Terima kasih telah berbagi ilmu
Assalamualaikum
Perkenalkan saya Tanjung Kencana dari UPBJJ Bogor. NIM 857339211.
Tayangan di atas menunjukkan bahwa guru mengenalkan konsep bilangan melalui beberapa teknik.
1. Permainan menghitung bola.
2. Bernyanyi
3. Lembar kerja ( melingkari angka sesuai dengan jumlah benda yang tertera pada gambar)
4. Memberikan reward atau penghargaan bagi anak yang telah berhasil menghitung spidol sesuai dengan instruksi ibu guru.
Teknik-teknik tersebut di atas telah sesuai dengan perkembangan kognitif anak usia dini yaitu mengenal konsep bilangan dengan benda konkret. Saran saya permainan bisa dilakukan lebih menarik, misalnya lomba di luar ruangan untuk memasukkan bola ke dalam keranjang, biarkan anak yang menghitung bolanya, yang memasukkan bola paling banyak itulah pemenangnya. Kemudian pengenalan konsep bilangan bisa dilakukan melalui kegiatan bermain peran singkat, dengan skenario jual beli di pasar. Anak membeli sejumlah telur, beberapa buah dan sebagainya. Video di atas tidak menampilkan pilihan alat main yang bisa dimainkan anak, sehingga pembelajaran masih cenderung didominasi guru. Sehingga menurut saya belum cukup memotivasi kreativitas anak. Anak lebih mudah mengingat melalui pengalaman belajar yang dibentuknya secara mandiri dibandingkan diajarkan atau diberitahu oleh orang dewasa. Menurut Sutanto (2011, hlm. 107), konsep bilangan pada anak PAUD memiliki keunikan, yaitu: a) mampu menghitung hingga sepuluh, b) menyebutkan urutan bilangan, c) menyusun bilangan dari 1 sampai 10, d) menghubungkan simbol bilangan dengan jumlah benda, serta e) membedakan dan membuat dua kelompok benda dengan jumlah yang sama atau tidak sama, lebih banyak serta lebih sedikit. Sehingga berdasarkan pendapat ini, ibu guru dapat menyajikan alternatif pilihan main, seperti mengelompokkan benda dengan warna yang sama kemudian menghitungnya secara berurutan, membandingkan jumlah benda mana yang lebih banyak dan mana yang lebih sedikit.
Nama : Risalatul Muawanah
NIM : 858018934
Anak usia dini kadang tampak sulit mengenal bilangan karena memang sedang berada dalam tahap awal perkembangan kognitif, khususnya dalam memahami konsep angka secara abstrak.
Beberapa alasan utama seperti : Konsep bilangan itu abstrak, Kurangnya pengalaman konkret, Terlalu fokus pada hafalan, Perkembangan bahasa yang belum matang, Rentang perhatian yang pendek
Mohon ijin menanggapi
Nama : Suryatin
NIM : 858191429
video tersebut sangat menginpirasi bagi guru dan calon guru bagimana cara mengatasi masalah dan bagaimana cara memperkenalkan anak pada konsep hitung melalui bermain yang sangat menyenangka. Penggunaan media sangatlah penting, interaksi guru dengan anak juga sangat penting, melalui bernyanyi dan bertepuk anak anak mudah mengingat, serta melatih disiplin belajar tertib dengan anak duduk rapi boleh main duluan, serta penghargaan reward bagi anak sangat memotivasi anak dan meningkatkan percaya diri anak.terima kasih.
ssalamu’alaikum Wr. Wb
Ijin menanggapi isi video
Nama : ria julita
NIM : 856641727
UPBJJ : UT jambi
Setelah mengamati video yang berjudul “SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN” menurut pendapat saya video ini menggambarkan seorang guru PAUD dalam membantu anak didiknya untuk memahami konsep bilangan, dengan cara yang menyenangkan dan mudah di pahami, Dalam Video tersebut guru menggunakan berbagai metode pembelajaran alat peraga yang menarik, antaranya dengan mengajak anak berhitung melalui permainan bola, tepuk tangan, dan lagu. Selain itu, alat peraga dimanfaatkan untuk menggambarkan konsep bilangan, seperti dengan meminta anak untuk mengambil bola sesuai perintah guru. Dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran alat peraga yang menarik membuat anak lebih mudah dalam mengenal konsep bilangan dengan baik.
Terimakasih
NAMA : ARINA SULISTIANI
NIM : 878186041
izin melakukan analisis untuk vidio berjudul MENGENAL KONSEP BILANGAN, pada vdio di atas guru berupaya untuk mengenalkan konsep bilangan melalui berbagai cara, antara lain mengambil bola sesuaibilangan yang di tentukan, bernyanyi 2 mata saya, melingkari angka sesuai jumlah gambar dengan menggunakan alat peraga lain yang bisa meningkatkan konsep bilangan. setelah anak sudh mampu mengenal bilangan akan di berikan reward setempel bintang atau yang lali seperti anak juga di berikan reward berupa kata kata seperti : kamu pintar, kamu hebat.
vidio vidio di GPO ini membantu permasalahan permasalahan yang ada saat mengajar, terima kasih
Nama : Khansa Laila
Nim : 858526795
UBJJ. : Semarang
Video singkat namun sangat jelas maksud dari videonya . Selain mudah dimengerti , video tersebut dapat membantu kita sebagai pendidik dalam menghadapi masalah sulit mengenal konsep bilangan pada anak. Video tersebut juga menunjukkan bahwa ada banyak cara untuk membantu anak mengenal konsep bilangan .
Mohon izin menyampaikan pendapat,
Nama : Nur Azizah
NIM : 858709291
UPBJJ Surabaya
Secara keseluruhan, program ini memberikan gambaran tentang pendekatan yang efektif dan menyenangkan dalam membantu anak untuk mengenal konsep bilangan. Dengan menggunakan berbagai metode, guru dapat menciptakan suasana belajar yang interaktif dan mendukung perkembangan kognitif anak. pendekatan yang komprehensif dan inovatif dalam membantu anak yang mengalami kesulitan mengenal konsep bilangan. Selain itu, juga diberikan tugas lembar kerja dan penguatan positif berupa stempel bintang, yang mendukung pemahaman dan motivasi anak. Dengan melihat video ini menjadikan inspirasi dan ilmu bagi saya yang kebetulan saat ini di lembaga saya masih banyak anak yang kurang memahami konsep bilangan, dengan hanya metode dan media sederhana yang ada dikelas dapat kita manfaatkan sebagai bahan ajar bagi anak-anak.