silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama: Evi Lintari
    Nim:858100135
    Izinkan saya menanggapi video pembelajaran diatas, dari video pembelajaran diatas terlihat kegiatan pengembangan yang di lakukan ada kelemahan dan kelebihan dan di dalam kegiatan pengembangan juga terlihat upaya yang di lakukan oleh guru untuk mengatasi setiap permasalahan yang terjadi pada saat kegiatan pengembangan sehingga proses pengembangan dan tujuan pembelajaran tersampaikan dengan baik

  2. Nama : Tina Tasniati
    NIM : 877679484
    Jurusan : PG PAUD

    Judul “Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
    Menurut saya video ini sangat menarik dan begitu bermanfaat bagi kita. Melalui video tersebut kita dapat mengetahui bagaimana cara untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak. Fenomena anak seringkali sulit mengenal konsep bilangan kerap terjadi. Untuk itu kemampuan guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak sangat diperlukan.
    Berdasarkan video tersebut, ada beberapa teknik mengenalkan konsep bilangan kepada anak yaitu :
    1. Sebelum mulai mengerjakan tugas pada anak, guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu dan tepuk atau memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya.
    2. Memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil benda sesuai dengan perintah tanpa salah berupa reward stempel bintang ditangannya.
    Jika teknik tersebut ini diterapkan semaksimal mungkin pada kegiatan pembelajaran tentunya akan sangat membantu kita sebagai guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak.

  3. Nama : Yulia Putri
    NIM : 857777521

    Video diatas sangat menginspirasi calon guru dan guru pendidik anak usia dini, sebab mengulas permasalahan yang sering ditemui oleh pendidik anak usia dini, yaitu anak sulit mengenal konsep bilangan yang merupakan salah satu lingkup pengembangan matematika dasar. Pengenalan yang dilakukan dengan bantuan benda-benda atau barang yang tak jauh dari dunia anak seperti pensil, krayon, buku, bola menjadi sarana yang mendukung dan bermanfaat dalam pengenalan konsep bilangan. Video dengan durasi pendek yang langsung pada intinya sangat ampuh menambah pengetahuan bagi kami para Pendidik Anak Usia Dini .

  4. Nama : Winarsih
    NIM : 857957545
    Judul : Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Menurut saya video yang saya tonton sangat menarik, guru memiliki kreativitas yang bagus dan membuat anak-anak sangat tertarik dalam mengenal konsep bilangan. Guru mengajak anak-anak bermain mengambil bola sesuai dengan angka yang disebutkan oleh guru. Selain melalui permainan, guru juga mengajak anak-anak untuk bermain tepuk dengan mengucap lambang bilangan. Guru juga mengajak anak-anak bernyanyi yang menyebutkan lambang bilangan seperti 2 mata saya dan juga guru mengajak anak-anak untuk mengerjakan lembar kegiatan. Namun, pada saat permainan berlangsung ada yang perlu diperhatikan pada saat kegiatan anak-anak, yaitu guru kurang menyediakan wadah untuk anak mengambil bola, sehingga anak sulit memegang bola dengan jumlah yang cukup banyak.

  5. Nama: Ni Gusti Kadek Martini
    NIM: 859044126

    Setelah menonton video “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”, menurut saya video tersebut sangat menarik dan edukatif. Metode yang digunakan untuk membantu anak mengenal konsep bilangan pada video tersebut juga sangat kreatif yaitu dengan mengajak anak mengambil bola sejumlah yang diinstruksikan oleh guru, kemudian melakukan tepuk dengan mengucap lambing bilangan, dan mengajak anak bernyanyi dengan mengucap lambing bilangan seperti “dua mata saya”. Selain itu guru juga mengajak anak untuk mengerjakan lembar kegiatan. Isi dari video tersebut dapat menginspirasi guru dan calon guru dalam memberikan pembelajaran bagi anak didik, serta metode-metode yang disajikan dapat dipraktekkan dalam kegiatan pembelajaran terutama untuk anak yang sulit mengenal konsep bilangan.

  6. Nama : Octaviani
    NIM : 857405328 (UPBJJ BOGOR)
    Dalam video yang salah lihat mengenal konsep bilangan, pada video ini guru mengenalkan konsep bilangan dengan permainan bola dan guru memberikan nyanyian-nyanyian yang membuat anak tidak bosan dan fokus dalam mengikuti intruksi yang di berikan oleh guru nya, apa yang mereka pegang harus di sebutkan jumlah nya tanpa anak-anak sadari bahwa anak-anak sudah mengenal konsep bilangan, metode atau cara yang di gunakan guru sangat baik karena membuat anak menjadi fokus melihat guru menjelaskan kegiatan dan memberikan bintang bagi yang anak bisa menjawab membuat anak menjadi termotivasi dalam mengerjakan tugasnya.

  7. Ratih Perwitasari
    NIM. 857862305
    Setelah menonton video diatas, bahwa guru dalam menstimulasi anak dalam mengenal konsep bilangan sangat baik, kreatif dan inovatif yaitu membilang dengan tepuk, permainan mengambil bola, menggunakan alat peraga, menggunakan alat belajar yang konkret dengan mengambil benda sesuai jumlah bilangan, memberikan tugas memasangkan benda sesuai jumlah bilangan atau melingkarinya serta memberikan apresiasi bagi anak yang hasil karyanya baik. Sehingga anak dalam mengenal konsep bilangan dengan belajar sambil bermain dengan mudah dan menyenangkan bagi anak. Jadi pengembangan konsep dasar anak dapat berkembang dengan baik melalui stimulasi yang tepat.

  8. Nama: Dwi Kartika Sari
    NIM: 859947912
    UPBJJ: Jakarta

    Dalam video di atas tampak seorang guru yang mengajarkan konsep bilangan. Pembelajaran konsep bilangan kepada anak hendaknya menggunakan benda konkret dan benda yang ada di sekitar anak, sehingga pembelajaran terasa menjadi lebih bermakna. Lakukan kegiatan yang menyenangkan pada awal pembelajaran, seperti menyanyi, bermain tepuk, atau melakukan permainan-permainan lainnya. Di akhir pembelajaran, berikan penguatan kepada anak jika mereka berhasil melakukan kegiatan dengan benar.

  9. setelah melihat video diatas bu guru sedang mengerjakan konsep bilangan metode yang digunakan sangatlah menarik,guru mengajak menyanyi dan bermain dengan menggunakan bilangan,namun pada saat bermain ibu guru tidak menyiapkan tempat untuk bola jadi anak-anak sulit untuk memahami konsep bilangan.

  10. setelah melihat vidio diatas saya mendaptkan pemahaman dan bagaimana cara mengatasi anak yg sulit dalam mengenal konsep bilangan.Hal itu dapat dilakukan dg bermain yaitu dg mengambil bola sesuai dg jumlahnta,anak dpt praktek langsung dlm mengenal bilangan.selain itu jg dpt dilakukan dg memasangkan gambar sesuai bilangannya.Setelah anak sudah dpt menyelesaikan tugasnya dg benar guru hrs memberikan penguatan atau reward spt gambar/stempel bintang agar anak senang.

Leave a Reply