silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Video ini sangat bagus,dapat menginspirasi guru PAUD dalam pembelajaran konsep mengenal bilangan.guru sudah menggunakan media pembelajaran yang di sukai anak,anak anak terlihat senang dengan kegiatan tersebut.

  2. Nama: Fitriyah
    Nim: 858535748
    Dengan melihat vidio” anak sulit mengenal konsep bilangan” menjadi inspirasi saya sebagai guru bagaimana mengenalkan konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan melalui lagu dan permainan yang membuat anak antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan, karena anak-anak terlibat langsung dalam pembelajaran.

  3. video ini memberikan contoh dalam mengenalkan lambang bilangan kepada anak dengan media sederhana yang mudah dimainkan oleh anak.

  4. Saya sangat mengapresiasi video ini karena menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan dunia anak usia dini. Guru berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui lagu, tepuk, dan permainan bilangan. Upaya guru tersebut sangat baik dengan mengajak anak membilang dengan permainan membuat anak merasa senang. Anak-anak tampak antusias dan terlibat aktif, yang menunjukkan bahwa pendekatan bermain sangat efektif dalam mengenalkan konsep matematika awal.

  5. Saya sangat mengapresiasi video ini karena menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan dunia anak usia dini. Guru berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui lagu, tepuk, dan permainan bilangan. Anak-anak tampak antusias dan terlibat aktif, yang menunjukkan bahwa pendekatan bermain sangat efektif dalam mengenalkan konsep matematika awal.

  6. Saya sangat mengapresiasi video ini karena menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan dunia anak usia dini. Guru berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui lagu, tepuk, dan permainan bilangan. Guru juga dapat memberikan apresiasi kepada anak berupa pemberian stempel bintang. Anak-anak tampak antusias dan terlibat aktif, yang menunjukkan bahwa pendekatan bermain sangat efektif dalam mengenalkan konsep matematika awal.

  7. Video ini sangat menarik dan bermanfaat sebagai contoh praktik pembelajaran konsep bilangan di PAUD. Guru telah berupaya menggunakan pendekatan yang menyenangkan melalui lagu, tepuk tangan, alat peraga, dan permainan konkret yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak usia dini.
    Namun demikian, masih ada beberapa hal yang dapat ditingkatkan. Guru tampak masih mendominasi proses pembelajaran, sehingga anak-anak belum diberi cukup ruang untuk bereksplorasi dan belajar mandiri. Selain itu, tidak semua anak terlihat aktif terlibat dalam kegiatan—ini penting untuk diperhatikan agar semua anak mendapatkan pengalaman belajar yang merata.
    Secara keseluruhan, video ini memberikan gambaran nyata tentang bagaimana guru berupaya membantu anak mengenal angka dengan cara yang kreatif. Pembelajaran akan menjadi lebih efektif jika guru dapat lebih menyesuaikan pendekatan dengan kebutuhan individual anak, memperkaya variasi media pembelajaran, dan lebih banyak memberi kesempatan anak untuk aktif dan terlibat secara langsung.

  8. Saya sangat mengapresiasi vidio ini karena menampil kan bagaimana cara mengenalkan bilangan melalui pembelajaran yang menyenangkan dimana guru menggunakan metode metode yang kreatif dan menyenangkan agar anak dapat mudahemahami konsep bilangan

  9. Video ini sangat menarik karena menampilkan pembelajaran konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan dunia anak. Penggunaan lagu, permainan bola, serta lembar kerja sudah tepat untuk menstimulasi pemahaman angka pada anak usia dini. Selain itu, pemberian penghargaan berupa stempel bintang juga menjadi motivasi positif bagi anak.

    Namun, saya melihat masih ada beberapa hal yang bisa ditingkatkan, seperti pemerataan kesempatan bagi semua anak untuk berpartisipasi aktif, serta variasi media yang digunakan agar anak tidak cepat bosan dan bisa belajar angka dari berbagai pendekatan.

    Secara keseluruhan, video ini memberikan inspirasi praktik baik yang bisa diterapkan dan dimodifikasi oleh guru PAUD lainnya. Terima kasih kepada tim pengembang yang sudah menyajikan tayangan edukatif ini.

  10. Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam membantu anak mengenal konsep bilangan tergolong tepat dan sejalan dengan prinsip Developmentally Appropriate Practice (DAP). Guru telah memanfaatkan beragam metode pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini, khususnya melalui kegiatan bermain dan aktivitas konkret.
    1. Mengajak anak membilang melalui lagu, permainan, dan tepuk tangan merupakan cara yang efektif karena memanfaatkan pendekatan yang menyenangkan dan melibatkan gerakan, sehingga mendukung gaya belajar anak yang bersifat auditif dan kinestetik.
    2. Pembuatan alat permainan konsep bilangan dan kegiatan mencocokkan jumlah benda dengan lambang angka menunjukkan penerapan pembelajaran yang konkrit dan mudah dipahami anak, sesuai dengan tahap berpikir operasional konkret menurut teori Piaget.
    3. Pemberian tugas berupa lembar kerja dapat melatih kemampuan motorik halus serta mengenalkan keterampilan mencocokkan simbol bilangan dengan jumlah benda. Namun demikian, aktivitas ini sebaiknya tidak dijadikan kegiatan utama, melainkan sebagai pelengkap.
    4. Pemberian pujian dan hadiah berupa stempel bintang di tangan anak merupakan bentuk penguatan positif yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan semangat belajar anak.
    5. Menampilkan hasil karya anak yang baik sebagai contoh dapat membantu anak lain memahami tugas dengan lebih jelas. Namun, guru perlu memastikan semua anak tetap merasa dihargai agar tidak terjadi perasaan dibandingkan.

Leave a Reply