silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama :Rustiani
NIM : 857606391
Program Studi : PG PAUD
Pokjar : Purwokerto Utara
Video Pembelajaran : Pengembangan Kognitif PAUD
a.Identitas video
-Judul :Mengenal konsep bilangan
-Nama Pengembang Video :Netti Hernawati
-Lokasi :Ruang kelas TK
Kelompok : Taman Kanak – Kanak
Ringkasan Materi : Di dalam video tersebut ada seorang guru yang sedang mengenalkan konsep bilangan kepada peserta didiknya.Guru mengenalkan konsep bilangan dengan cara bermain,bernyanyi dan bertepuk.Dalam video tersebut guru mengarahkan anak untuk mengambil bola sesuai dengan perintah,Guru juga mengajak anak – anak bernyanui dengan menyebutkan lambang bilangan.dalam kegiatan pembelajaran guru memberikan tugas kepada anak untuk berhitung dan melingkari lambang bilangan yg sesuai.
b.Guru dalam video tersebut telah melakukan asesmen dan evaluasi dengan memberikan stempel bintang kepada anak yang menyelesaikan tugasnya dengan baik.Guru juga menggali informasi kepada anak – anak dengan cara bertanya jumlah bola,menanyakan gambar yang ada di apapn tulis.
c.Menurut saya di dalam video tersebut sudah bagus dalam mengajak anak untuk mengenal lambang bilanaan,Mungkin perlu ditambah lagi dengan kegiatan seperti bermain puzle angka,tebak angka atau bisa juga bermain peran sebagai pendagang agar lebih mengena lagidalam mengenal lambang bilangan.
Nama : Rumiana zulfa
Nim : 837290805
Pokjar : Samarinda
Judul video : Anak sulit mengenal konsep bilangan
Dari video yang sudah saya simak metode pembelajaran yang diberikan untuk anak usia dini sudah baik. Dalam video guru mengajak anak berhitung benda secara bersama-sama, berkomunikasi dua arah dengan anak, mengerjakan tugas menghitung gambar, mengenal bilangan dengan tepuk-tepuk bersama anak. Metode yang diberikan mudah dimengerti dan diikuti oleh anak usia dini. Menurut saya agar lebih efektif lagi pengenalan gambar angka saat berhitung juga perlu untuk anak usia dini agar anak tetap mengenal bilangan sambil berhitung.
Nama Triya Lesmana
Nim 859138705
Semester 9
UPBJJ UT MATARAM
Dari video diatas ada kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan:
Cara guru menjelaskan kepada anak sudah bagus, Yaitu dengan cara menyuruh anak mengambil bola secara bergiliran, misalnya si A disuruh oleh guru mengambil bola sebanyak 7 bola dengan warna yang sama misalnya warna merah kemudian si A mengambil dengan benar. Selanjutnya anak tersebut menghitung jumlah bola yang diambil, itulah cara guru melatih daya ingat anak dalam menghitung atau membilang angka 1-10.
Kekurangan :
Alangkah baiknya guru menanyakan perasaan anak anak hari ini apakah senang atau tidak dengan kegiatan hari ini, dengan mereview pembelajaran kepada anak untuk tujuan apakah anak anak sudah paham atau belum tentang konsep bilangan tersebut.
Nama : Eva Aryani
NIM : 857502342
UPJJ : UT Bandung
A. Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembangan Video : Netti Hernawati
lokasi : di Kelas
kelompok Anak : TK
Ringkasan Materi : Dalam video diatas menggambarkan proses pembelajaran anak PAUD untuk mengenal konsep bilangan yaitu dengan mengajak anak bermain menghitung bola sesuai dengan yang diucapkan guru, bernyanyi dengan tepuk angka, anak diberikan lembar kerja dan guru menjelaskan cara mengerjakannya.
B. Sudah karena pada video tersebut memberikan kesempatan kepada setiap anak untuk melakukan setiap kegiatan, sehingga guru anak mengetahui sejauh mana setiap anak mengenal konsep bilangan.
C. Menurut saya seharusnya guru menyediakan lambang angkanya/ atau dengan menggunakan kartu angka agar anak lebih ingat pada bentuk angka tidak hanya diucapkan saja oleh guru
Menurut pendapat saya…cara guru mengenalkan konsep bilangan, cara guru berinteraksi dengan anak, dan juga cara guru memberikan penghargaan pada anak sudah cukup baik. Hanya sedikit saran, mungkin untuk anak usia dini, akan lebih menyenangkan jika cara mengenalkan konsep bilangan dengan beberapa ragam main (bukan hanya bola), tetapi juga misalnya dengan batu warna, manik-manik, kartu huruf, dll (bukan dengan lembar kerja).
Mohon maaf jika ada kesalahan
Terimakasih
Nama : Maya Asih Intania
NIM : 857066774
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional
UPBJJ : UT Jakarta
Menurut pendapat saya video tersebut yang disampaikan oleh guru sudah baik, guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan bagus. Dalam pembelajaran guru sudah menggunakan media agar anak dapat tertarik dan anak lebih cepat paham, dengan mengatur anak untuk duduk melingkar diharapkan semua anak akan bisa menyimak dan memperhatikan guru dengan baik. Guru juga sudah memberikan kesempatan pada anak untuk maju ke depan dan mengambil bola sesuai angka yang disebutkan oleh guru. Akan tetapi guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu sehingga anak-anak kesulitan dan masih ada yang belum mengerti dan tidak paham. Adanya media pembelajaran untuk mengenalkan konsep bilangan contohnya menggunakan batu-batuan, bola kecil, kayu lidi, kartu angka, dadu, dll. Diperbanyak kegiatan yang bervariasi untuk mengenalkan konsep bilangan, tujuannya supaya anak tidak jenuh atau bosan, Misalnya yaitu mencari pasangan dari jumlah benda dengan bilangan angka.
Choirun Nisak(858660059)
Pokjar: UPBJJ Surabaya
Judul video: anak sulit mengenal konsep bilangan:
IDENTIFIKASI:
Dari video tersebut,dapat kita lihat ada beberapa tehnik dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak :
1 dengan melalui bermain
2. melalui bernyanyi
3 melalui tepuk
4.mengerjakan lembar kerja
kelebihan:
1. guru sangat telaten dan sabar dalam mengerjakan konsep bilangan pada anak
2 pemberian penguatan pada anak sudah tepat dengan memberikan lembar kerja pada anak dan memberikan stempel bintang pada anak
3. bernyanyi merupakan identitas pembelajaran di taman kanak-kanak.
kekurangan :
1.permainan kurang kreatif,tidak membuat anak lebih luas untuk bergerak sehingga anak cenderung bosan.
2 guru terlalu monoton dalam melakukan permainan sehingga anak ada yang bergurau sendiri.
Assalammualaiikum wr wb
Nama :siti umu farikhah
NIM : 858735122
UPBJJ : pokjar waru
Pokjar : sidoarjo
A. Identitas Video yang saya Saksikan
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembang : Netti Hernawat
Lokasi/Tepat : Diruang Kelas
Kelompok : Taman Kanak-kanak (TK)
RINGKASAN MATERI VIDIO:
Dalam video tersebut guru telah memaparkan cara pembelajaran guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Guru tersebut sudah bagus sekali dalam menyampaikan materi dan mengajak anak-anak mengenal konsep bilangan dengan cara bermain sambil belajar, dengan cara guru memanggil anak didiknya untuk berdiri dan mengambil bola sesuai dengan perintah guru.Lalu guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
B. Prinsip Assement : Guru memberikan pembelajaran dengan bermain,bernyanyi-nyanyi ,bertepuk tangan dan memberikan penguatan dengan memberi lembar kerja ,dan guru memberikan reaward gambar bintang kepada anak-anak didik yang mengerjakan tugas sehingga anak merasa bangga dengan keberhasilannya.
Prinsip Evaluasi : Guru belum melakukan evaluasi. Disini guru hanya melakukan KBM, guru tidak mereview pembelajaran yang telah dilakukan sehingga guru tidak tahu anak yang sudah dapat mengenal konsep bilangan dengan anak yang belum mengenal konsep bilangan.
C. Jelaskan pendapat Anda, hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut. ?Pada dasarnya yang dilakukan guru pada video diatas sudah baik, memberikan cara yang berfariasi dalam mengajarkan konsep bilangan pada anak.dan ada beberapa yang harus diperbaiki oleh guru yaitu guru harus lebih ceria saat mengajar dan antusias, untuk media lebih kreatif lagi untuk menarik anak-anak,,
Assalammualaiikum wr wb
Nama :siti umu farikhah
NIM : 858735122
UPBJJ : pokjar waru
Pokjar : sidoarjo
A. Identitas Video yang saya Saksikan
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembang : Netti Hernawat
Lokasi/Tepat : Diruang Kelas
Kelompok : Taman Kanak-kanak (TK)
RINGKASAN MATERI VIDIO:
Dalam video tersebut guru telah memaparkan cara pembelajaran guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Guru tersebut sudah bagus sekali dalam menyampaikan materi dan mengajak anak-anak mengenal konsep bilangan dengan cara bermain sambil belajar, dengan cara guru memanggil anak didiknya untuk berdiri dan mengambil bola sesuai dengan perintah guru.Lalu guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
B. Prinsip Assement : Guru memberikan pembelajaran dengan bermain,bernyanyi-nyanyi ,bertepuk tangan dan memberikan penguatan dengan memberi lembar kerja ,dan guru memberikan reaward gambar bintang kepada anak-anak didik yang mengerjakan tugas sehingga anak merasa bangga dengan keberhasilannya.
Prinsip Evaluasi : Guru belum melakukan evaluasi. Disini guru hanya melakukan KBM, guru tidak mereview pembelajaran yang telah dilakukan sehingga guru tidak tahu anak yang sudah dapat mengenal konsep bilangan dengan anak yang belum mengenal konsep bilangan.
C. Jelaskan pendapat Anda, hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut. ?Pada dasarnya yang dilakukan guru pada video diatas sudah baik, memberikan cara yang berfariasi dalam mengajarkan konsep bilangan pada anak.dan ada beberapa yang harus diperbaiki oleh guru yaitu guru harus lebih ceria saat mengajar dan antusias, untuk media lebih kreatif lagi untuk menarik anak-anak,,
Assalammualaiikum wr wb
Nama :siti umu farikhah
NIM : 858735122
UPBJJ : pokjar waru Pokjar : sidoarjo
A. Identitas Video yang saya Saksikan Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembang : Netti Hernawat
Lokasi/Tepat : Diruang Kelas
Kelompok : Taman Kanak-kanak (TK)
RINGKASAN MATERI VIDIO: Dalam video tersebut guru telah memaparkan cara pembelajaran guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Guru tersebut sudah bagus sekali dalam menyampaikan materi dan mengajak anak-anak mengenal konsep bilangan dengan cara bermain sambil belajar, dengan cara guru memanggil anak didiknya untuk berdiri dan mengambil bola sesuai dengan perintah guru.Lalu guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
B. Prinsip Assement : Guru memberikan pembelajaran dengan bermain,bernyanyi-nyanyi ,bertepuk tangan dan memberikan penguatan dengan memberi lembar kerja ,dan guru memberikan reaward gambar bintang kepada anak-anak didik yang mengerjakan tugas sehingga anak merasa bangga dengan keberhasilannya. Prinsip Evaluasi : Guru belum melakukan evaluasi. Disini guru hanya melakukan KBM, guru tidak mereview pembelajaran yang telah dilakukan sehingga guru tidak tahu anak yang sudah dapat mengenal konsep bilangan dengan anak yang belum mengenal konsep bilangan.
C. Jelaskan pendapat Anda, hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut. ?Pada dasarnya yang dilakukan guru pada video diatas sudah baik, memberikan cara yang berfariasi dalam mengajarkan konsep bilangan pada anak.dan ada beberapa yang harus diperbaiki oleh guru yaitu guru harus lebih ceria saat mengajar dan antusias, untuk media lebih kreatif lagi untuk menarik anak-anak