silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : adlhiyah paramita
    Nim : 858893001
    Judul : sulit mengenal konsep bilangan
    Pokjar : dinas kabupaten Probolinggo
    Lokasi pembelajaran: di dalam kelas
    Kelompok : usia 4 – 5 tahun
    Kesimpulan dari pembelajaran video di atas adalah
    1. Guru sudah bagus dalam mengenalkan konsep bilangan dengan cara permainan yang sederhana dan mudah di ingat oleh anak seperti lagu – lagu dan bermain tepuk
    2. Anak juga dapat memperhatikan ketika guru menjelaskan konsep bilangan
    3. Di dalam pembelajaran guru menggunakan alat yang ada di sekitarnya itu menurut saya sudah bagus, untuk mengenal kan konsep bilangan seperti spidol atau bola
    4. Guru untuk mengenal kan konsep bilangan dengan lembar kerja juga sudah cukup bagus,
    5. Di dalam video tersebut guru memberi kan semangat kepada anak dengan menggunakan cap bintang kepada tangan anak, membuat anak Tambah semangat
    6. Menurut saya alangkah baik jika guru tidak langsung menggunakan bahasa Inggris dalam mengenalkan konsep bilangan, jika tidak sering ajarkan di dalam kelas karena saya liat anak – anak banyak kebingungan.
    Jika ingin menggenalkan konsep bilangan kepada anak2 menggunakan bahasa Inggris, guru kenal kan dulu angka 1 – 10 menggunakan bahasa Inggris seperti ayo anak – anak sekarang mengenal angka dengan menggunakan bahasa Inggris yaa, ibu guru kasih contoh
    Ini angka berapa yaaa, misal nya 1, bahasa Inggris nya 1 apa ya, jadi seperti itu dulu
    Jika guru sudah sering mengenalkan angka dengan bahasa Inggris di dalam kelas, tidak apa-apa kita seling pembelajaran nya dengan bahasa Inggris.
    Keseluruhan dalam video pembelajaran sudah bagus.

  2. Nama : Mylinda Tricia
    NIM: 858738135
    Judul: Sulit mengenal konsep bilangan
    Pengembang : Netty Hernawati
    Lokasi : Dalam kelas
    Kelompok Anak: 5-6 Tahun (B)

    Dalam Video pembelajaran ini guru mengupayakan agar anak bisa mengenal konsep bilangan dengan cara anak diajak kesebuah permainan yang membuat mereka senang dan mudah untuk menangkap konsep bilangan yang di harapkan. Ada beberapa teknik yang diterapkan oleh guru yang ada dalam video tersebut dengan membilang dengan tepuk dan lagu, memberikan lembar tugas, memberikan reward terhadap anak, Membuat APE konsep bilangan terhadap anak. Kelebihan dari pembelajaran yang sudah diterapkan ini anak konsep dan tekniknya sudah benar dan sangat membantu untuk diterapkan pada anak adapun kelemahannya ia guru di sini beperran aktif terhadap situasi kelas, anak tidak bebas dalam berekspresi dan lingkup ruang yang sempit setidaknya anak bisa belajar di ruang terbuka dan anak bisa lebih luas dalam berekspresi.

  3. Setelah menyimak video” Sulit mengenal konsep bilangan ” . Menurut saya pada video ini guru sudah dengan baik dalam menyampaikan materi pembelajaran konsep bilangan yaitu dengan metode pemberian tugas dengan teknik mengambil bola , metode bercakap cakap dengan bermain tepuk dan bernyanyi tentang bilangan, dan juga metode pemberian tugas dengan lembar kerja anak dengan memberikan tugas kepada anak untuk memasangkan benda sesuai dengan bilangannya dan melingkari benda sesuai dengan bilangannya . Dan untuk penguatan materi konsep bilangan kepada anak guru meminta anak mengambil sesuatu sesuai dengan bilangan yang di sebutkan oleh guru dan memberikan penghargaan kepada anak yang benar sesuai dengan bilangan yang diminta guru dengan memberikan cap di tangan anak.
    Terima kasih

  4. Nama : Martina

    Nim : 856032116

    Pokjar : Asahan

    Dari video pembelajaran di atas, materi pembelajaran dalam video tersebut ialah “sulit mengenal konsep bilangan”, guru menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak melalui permainan, menyanyikan lagu, berhitung menggunakan objek benda di sekitar seperti bola dan spidol. Dalam permainan bola, anak terlihat senang karena mendapat kesempatan berhitung dan mengambil bola sesuai dengan bilangan yang disebutkan oleh guru tersebut. Guru juga memberikan tugas kepada anak-anak untuk memasangkan atau melingkari benda sesuai dengan lambang bilangan yang telah dipelajari. Guru perlu meningkatkan keceriaan dan meningkatkan semangat anak dalam belajar. Serta mengembangkan media yang lebih menarik dan kreatif untuk menarik minat belajar pada anak. Terlihat dalam video tersebut guru telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini dan memberikan stempel bintang sebagai bentuk apresiasi pada anak yang telah mampu menyelesaikan tugas dengan baik.

  5. Assalamualaikum
    Nama : Septianika Lindri Aeum Putri
    Nim : 857164049
    Jurusan : PAUD Bi
    Mata Kuliah : Evaluasi Perkembangan TK

    A. Identitas Video

    Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang Video : Netty Hernawati
    Lokasi : Di dalam Kelas
    Kelompok Anak : TK A ( usia 4-5 tahun )

    Ringkasan Materi dalam Video :
    Anak sulit mengenal Konsep Bilangan, sehingga guru harus pintar dalam melakukan berbagai tekhnik pengajaran dan pembelajaran pada anak dalam mengenalkan Konsep Bilangan dengan cara-cara sebagai berikut :
    1. Anak di perkenalkan konsep bilangan melalui permainan dan lagu atau tepuk
    2. Guru membuat alat peraga permainan konsep bilangan melalui permainan mengambil bola, kemudian anak diminta meletakkan bola sesuai lambang bilangan yang disebutkan oleh guru
    3. Anak diberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya.
    4. Guru mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik
    5. Guru memberikan reward berupa penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

    Menurut tanggapan saya, di dalam video pembelajaran mengenai mengenal konsep bilangan yang telah diajarkan oleh guru kepada peserta didik, sudah cukup baik, yakni :
    1. guru bisa melakukan proses kegiatan belajar mengajar dikelas dengan cara yang menyenangkan.
    2. mengajak anak-anak untuk berani mencoba dalam melakukan permainan mengambil bola sesuai dengan instruki yang diberikan oleh guru
    3. Guru juga memberikan contoh cara mengerjakan lembar kerja memasangkan benda ssuai lambang bilangannya, atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya.

    Namun, menurut pendapat saya, ada beberapa hal yang harus diperbaiki pada proses pembelajaran yang guru lakukan dalam video tersebut :
    Dalam proses kegiatan belajar mengajar dikelas sebaiknya guru melakukan berbagai tahapan pembelajran , sebagai beriku :
    1. Kegiatan Pembukaan :
    a. Berdoa
    B. Bernyanyi
    c. melakukan ice breaking ( melalui gerak dan lagu atau tepukkan ) , agar anak-anak semangat untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas
    2. Kegiatan inti :
    a. Guru menyampaikan terlebih dahulu kepada peserta didik mengenai konsep bilangan berapa apa yang akan dipelajari oleh anak-anak hari ini.
    b. Guru menyiapkan berbagai instrumen pembelajaran yang menarik berupa angka-angka bilangan yang akan di pelajari hari ini bisa menggunakan flash card, dan menyiapkan benda-benda yang akan dibutuhkan akan dalam permainan mengenal konsep bilangan, bisa menggunakan bola, pensil,dan lain-lain.
    c, Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memilih dan mencoba sendiri bilangan berapa yang akan diambil dan konsep permainan bola, hal ini dimaksudkan agar anak dapat lebih kreatif dan inisiatif dalam mengenal konsep bilangan dengan caranya sendiri.
    d. Guru memberikan arahan atau bantuan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mencoba dalam mempraktikkan permainan konsep bilangan ataupun dalam mengerjakan lembar kerja memasangkan benda sesuai konsep bilangan.

    3. Penutup :
    a. Guru mengulang kembali pembelajaran konsep bilangan yang telah di pelajari hari ini ( review )
    b. Guru memberikan reward kepada seluruh siswa yang telah berhasil dan melakukan / mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini dengan baik berupa pemberian stempel.
    c. Guru memberitahukan kepada siswa tujuan dari kegiatan pembelajaran mengenal konsep bilangan hari ini kepada peserta didik.
    d. Berdoa

  6. Mohon Ijin Menanggapi,
    Nama : Rahayu Maike Karismawati
    Nim : 856820233
    Prodi : S1 PGPAUD
    UPBJ : Argamakmur- Bengkulu
    A. Identitas Vidio:
    Judul Vidio: Mengatasi Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Pengembang: Netty Hernawati
    Lokasi : Ruangan Kelas
    Kelompok : Usia 5-6 tahun
    Ringkasan Materi Vidio yang saya tonton: Mohon Ijin untuk menanggapi..
    Penyajian Vidio mengenai Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan dengan metode yg Guru berikan dengan mengajak anak bernyanyi, melakukan tepuk, melibatkan anak dalam berinteraksi dengan menunjukkan gambar dan menyebutkan jumlahnya dan mengerjakan LKA pada anak merupakan suatu kegiatan untuk menstimulasi anak dalam mengenal konsep bilangan bagi anak Usia 5-6 tahun.
    B. Kelebihan dari Vidio ini sudah memberikan stimulasi kepada anak agar anak dapat mengatasi kesulitannya dalam mengenal konsep bilangan dengan metode yang disampaikan. Guru memberi contoh dalam pembelajaran kepada penonton. sehingga dapat disimpulkan dalam menangani masalah dalam membimbing anak didik sesuai usia anak membutuhkan tekhnik yang baik agar anak dapat mudah memahami konsep bilangan dengan sukacita tidak dengan terpaksa.
    C.Kekurangannya:
    – Guru kurang aktif mengajak anak untuk bebas bergerak..anak menjadi mudah bosan karena terlalu monoton
    – Kurang menggunakan benda alam disekitar, anak bisa diajak keLuar ruangan agar anak lebih leluasa dalam bermain
    – Posisi duduk anak ketika mengerjakan LKA menurut saya kurang nyaman, sebab dengan posisi demikian tanpa sengaja sedang membentuk postur/bentuk tulang punggung anak bermasalah. Sebaiknya gunakan Meja yang sesuai dengan usia anak. agar bentuk Tulang punggung anak kedepannya tidak terganggu/cidera karena salah duduk.
    Terimakasih.

  7. sebaiknya sediakan beberapa macam kegiatan main yang bisa menarik minat anak, karna terlihat ada anak yang bosan sehingga menguap. mungkin saja anak tersebut tidak berminat pada kegiatan main itu. sebaiknya kurangi pengguanaan lembar kerja untuk anak, mengenal konsep bilangan sebaiknya menggunakan bape konkret, walpoun hanya menghitung batu, kelereng, tuutp botol. itu akan lebih mengena pada anak. lakukan juga appersepsi dan perbanyak kaglimat motivasi sebelum memulai kegiatan agar anak lebih semangat dan termotivasi lagi

  8. Nama : Ika Hariati
    NIM : 856032338
    Pokjar : ASAHAN

    Dari video yang sudah saya simak metode pembelajaran yang berjudul “sulit mengenal konsep bilangan” yang diberikan kepada anak usia dini sudah baik. Dalam video guru mengajak anak berhitung benda secara bersama-sama, berkomunikasi dua arah dengan anak, mengerjakan tugas menghitung gambar, mengenal bilangan dengan tepuk-tepuk bersama anak. Metode yang diberikan mudah dimengerti dan diikuti oleh anak usia dini. upaya guru dalam vidio pembelajaran diatas sudah sangat bagus dalam menstimulus anak untuk mengenal konsep bilangan .
    Kemudian guru juga menggunakan permainan dan lagu untuk membantu anak-anak belajar membilang, membuat alat peraga untuk mengajarkan konsep bilangan, dan memberikan tugas pada anak-anak
    Meskipun sudah menggunakan cara yang bervariasi, guru perlu meningkatkan keceriaan dan antusiasme dalam mengajar, serta mengembangkan media yang lebih kreatif dan unik untuk menarik minat anak-anak. Selain itu, guru juga perlu melakukan evaluasi setelah kegiatan pembelajaran untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan yang dialami oleh anak-anak dalam memahami konsep bilangan.dan anak dapat lebih berkembang secara optimal

  9. Nama: Lusi dhayanti
    NIM: 858163476
    Prodi : S1 PAUB BI

    Dari hasil video di atas saya akan memberikan pendapat saya tentang video tersebut.
    Cara yang dilakukan guru tersebut sudah baik dalam pengenalan konsep bilangan pada anak. Dengan menggunakan media benda nyata akan lebih mengena pada ingatan anak. Stimulasi dua arah telah dilakukan oleh guru tersebut dalam berinteraksi dengan anak. Dengan melakukan demonstrasi pada anak menyeluruh ( satu persatu ) akan lebih baik untuk mendapatkan pengalaman secara langsung bagi setiap anak. Pada anak usia TK A masih memerlukan bimbingan dalam mengembangkan kemampuan mengenal angka, sehingga demonstrasi pada awal pembelajaran merupakan cara yang baik dalam menyampaian materi. Dan menjadi lebih cepat paham dan mengerti tentang kosep mengenal bilangan,

  10. Setelah menyimak Vidio pembelajaran “sulit mengenal konsep bilangan”
    Menurut saya:
    1.guru kurang bersemangat dalam memerangkan pembelajaran, sehingga tampak dalam Vidio ada beberapa anak yang menguap dan terlihat biasa-biasa saja.
    2.Dalam menyampaikan materi mengenal bilangan sebaiknya guru menunjukkan lambang bilangan terlebih dahulu sebelum menyuruh anak untuk mengambil bola sesuai bilangan yang disebutkan guru. Atau biar anak tampak antusias guru juga bisa menyiapkan kartu angka untuk dipilih anak sebelum anak mengambil bola nya.
    3.guru juga bisa mengajak anak untuk bernyanyi nama- nama bilangan dengan menggunakan jari anak-anak sendiri agar semua anak ikut berperan aktif dalam pembelajaran.
    4.Dalam Vidio juga tampak anak laki-laki tidak ikut serta dalam permainan menghitung bola,disitu terkesan guru hanya senang mengajak anak perempuan.
    5.pemberian tugas melalui lembar kerja untuk menguatkan pemahaman anak, sudah cukup baik
    Anak yang sudah faham akan bilangan bisa tampak dari lembar kerja yang dikerjakan.
    6. Dalam pemberian reward ketika anak benar menjawab ketika guru menyuruh untuk maju kedepan juga sudah bagus karena hal itu membuat anak akan semakin semangat dalam belajar.

Leave a Reply