silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. nama: Dian Eri Purwati
    NIM: 857760503
    pokjar: Cempaka

    Pada video diatas, fenomena anak kesulitan mengenal konsep bilangan memang banyak terjadi. Sebagai seorang guru PAUD harus pintar dan kreatif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, agar anak-anak menjadi senang dan materi mudah diterima. Divideo tersebut guru sudah baik dalam menyampaikan pokok materi. Dengan mengajak anak untuk bermain bola, dan melibatkan langsung dalam kegiatan menghitung bola. Sebelum materi mengenal konsep bilangan dimulai guru juga mengajak anak-anak untuk bernyanyi yang lagunya sama dengan materi konsep bilangan. Kegiatan mengenal konsep bilangan ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan batu-batu kecil, biji-bijian, daun, tutup botol, dll.

    kekurangan dalam video tersebut menurut saya adalah guru tidak menunjukkan angka saat menghitung bola. guru hanya menyuruh anak untuk mengambil bola 4, 7 dan menghitungnya, tidak ada perintah untuk menunjukkan angkanya.

  2. Nama : Sang Ayu Putu Ratna Dewi
    NIm : 859029653
    Prodi : 121 – PGPAUD-S1 (Masukan Sarjana)
    Kode & Nama UPJJ : 77 – Denpasar

    Menurut Video yang terlampir di atas dapat dilihat beberapa kelebihan dan juga kekurangan dalam video tersebut diantaranya :
    Kelebihannya :
    1. Suara guru terdengar jelas dan juga lantang, sehingga siswa dapat mendengarkannya dengan baik.
    2. Guru juga sudah memilih metode yang baik dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak
    3. Guru juga mengkombinasikan dengan Bahasa Inggris saat mengajar
    4. Media bola warna – warni juga sudah baik dalam pengenalaan konsep bilangan untuk anak
    Kekurangannya:
    1. Banyak anak – anak yang kurang memperhatikan gurunya
    2. Guru hanya memberikan kesempatan untuk anak yang duduknya baik saja
    3. Kurangnya stimulasi di awal kegiatan
    4. Kurangnya kesepakatan kelas pada awal pelajaran
    5. APE yang digunakan terbatas
    Sebaiknya :
    1. Pada awal kegiatan sebaiknya guru memberikan stimulasi yang beruhubungan dengan angka seperti bernyanyi dan juga berhitung dengan tangan
    2. Perlu adanya kesepakatan kelas saat awal pelajaran. Misalnya saja jika pelajaran sudah dimulai anak dan guru akan duduk yang rapi dan mendengarkan. Apabila tidak memperhatikan jadi guru akan memanggil anak tersebut dan bernyanyi tentang angka atau yang lainnya
    3. Penggunaan bola sudah baik dalam hal ini, hanya saja APE yang lain juga diperlukan. Misalnya pohon angka atau aquarium angka
    Terimakasih

  3. Nama : Novitasari
    Nim : 858165939
    Menurut saya dalam vidio pembelajaran tersebut guru sudah baik dalam proses mengajar, guru juga dapat menyampaikan konsep bilangan ke murid dengan baik dan menggunakan APE yang menarik penuh warna, sehingga anak antusias untuk mengikuti belajar. selaian itu guru juga mengajak murid untuk menyanyi bersama, namun ada beberapa yang harus diperbaiki dalam proses mengajar guru dalam vidio tersebut, seperti guru terlebih dahulu memberi contoh dalam menghitung benda, mengenalkan jumlah bilangan dan lambang bilangan.

  4. Nama : Retno Sri Andriani
    NIM : 858449622
    Prodi : S1/ PG PAUD
    Pokjar : Amanah Balikpapan
    UPBJJ : Samarinda

    Berdasarkan video yang sudah saya lihat guru berusaha mengenalkan tentang konsep bilangan kepada anak didiknya dengan berbagai teknik diantaranya:
    1. Bermain bola dengan cara memanggil anak untuk mengambil bola di ruang kelas dan meminta anak-anak yang tidak dipanggil untuk menghitung secara bersama-sama sehingga baik yang dipanggil maupun tidak mereka fokus terhadap guru.
    2. Bernyanyi untuk memfokuskan perhatian anak-anak terhadap materi yang akan disampaikan
    3. Memberikan lembar tugas dengan memasangkan benda sesuai jumlahnya dan melingkari benda sesuai dengan lambang bilangannya.
    4. Bermain tepuk sesuai dengan jumlah yang guru sebutkan.
    5. Guru juga memberikan penguatan atau motivasi kepada anak dengan memberikan penghargaan stempel bintang dan pujian tepuk tangan kepada anak yang sudah mengambil spidol sesuai jumlahnya dengan tepat.

    Dari beberapa teknik yang guru lakukan membuktikan bahwa guru bisa menguasai kelas dengan baik. Pembelajaran tidak hanya terpusat pada guru tapi anak-anak juga ikut terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga di harapkan tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal.

    Guru juga sudah melakukan asesmen dengan cara meminta anak maju ke depan untuk mengambil dan menghitung jumlah bola, menyuruh anak mengerjakan Lembar Kerja Anak (LKA) tentang membilang benda dan guru juga memberikan penguatan atau motivasi dengan cara memberikan stempel bintang apabila anak berhasil menghitung spidol sesuai dengan jumlah yang disebutkan oleh guru dengan tepat dan memberikan tepuk sebagai tanda pujian. Sedangkan bentuk evaluasinya adalah guru melakukan secara langsung ditunjukkan dengan guru meminta anak yang salah mengambil bola untuk menambahkan jumlah yang salah.

    Namun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang guru lakukan dalam video tersebut adalah:

    1. Guru kurang ekspresif dalam mengajar. Sebagai guru TK kita harus menunjukkan mimik wajah yang ceria sehingga membawa anak nyaman dan menikmati pembelajaran.
    2. Guru seharusnya menunjukkan contoh bilangan 1-10 terlebih dahulu sehingga anak-anak sudah melihat konsep bilangan sebelum mereka melakukan beberapa tugas dari guru.
    3. Guru seharusnya menyiapkan tempat untuk menaruh bola yang diambil oleh anak karena anak terlihat kesulitan membawa jumlah bola yang agak banyak.
    4. Guru seharusnya menggunakan media yang lebih besar sehingga dapat terlihat jelas oleh anak.

  5. Nama : Shofiyatun
    NIM : 858736156
    Prodi : S1 PGPAUD

    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang : Netti Hernawati
    Lokasi : di Dalam Kelas
    Kelompok Anak : Taman Kanak-kanak
    Ringkasan Materi : Dalam video yang telah saya lihat, Guru telah melakukan kegiatan untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan menggunakan beberapa teknik yaitu;
    1. Guru mengajak anak bermain bola, dengan cara memanggil anak bergantian untuk mengambil bola dalam keranjang yang telah disediakan. Kemudian mengajak anak untuk menghitung bola bersama – sama.
    2. Guru mengajak anak bernyanyi bersama -sama agar suasana lebih menyenangkan
    3. Guru mengajak anak bermain tepuk bersama -sama sesuai dengan jumlah bilangan yang telah disebutkan oleh guru
    4. Guru memberikan tugas berupa lembar kerja anak dengan cara anak melingkari angka sesuai dengan jumlah lambang bilangannya.
    5. Guru memberikan penguatan dan motivasi kepada anak agar anak lebih semangat dalam belajar.
    Dari kegiatan yang ada dalam video yang dilakukan oleh guru telah membuktikan bahwa Guru mengenalkan konsep bilangan dengan menggunakan beberapa teknik. Selain itu, Guru juga telah menguasai kelas, sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan lancar dan kondusif. Teknik yang dilakukan oleh Guru pun bervariasi sehingga dapat menarik perhatian anak seperti guru menggunakan bola warna warni, menggunakan gambar sebagai medianya.

    Dalam video tersebut, Guru juga telah melakukan asesmen dengan cara menyuruh anak maju kedepan mengambil bola dan menghitung jumlah bola yang telah diambil dan disebutkan oleh guru. Menyuruh anak anak mengerjakan lembar kerja tentang melingkari angka sesuai benda. Selain itu, Guru juga telah memberikan penguatan dan motivasi kepada anak dengan cara pemberian stempel bintang kepada anak.

    Adapun hal yang perlu diperbaiki menurut saya yaitu;
    1. Dalam kegiatan pembukaan, seharusnya Guru mengajak anak melakukan kegiatan pembuka tidak langsung materi.
    2. Guru seharusnya menanyakan perasaan anak, agar anak siap dalam melakukan kegiatan hari itu.
    3. Guru seharusnya menyiapkan tempat untuk bola yang telah diambil oleh anak.
    4. Media yang digunakan guru kurang besar.
    5. Guru dapat membagi kelas dalam 3 kelompok dalam pembelajaran tersebut, agar semua anak dapat terlibat dalam proses pembelajaran tersebut.

    Sekian pendapat saya
    Terimakasih

  6. Sebaiknya guru menyediakan media, dalam hal ini bola dan keranjang lebih dari 1, agar anak-anak tidak terlalu lama menunggu giliran
    Kegiatan pembelajaran bisa dilakukan di luar kelas , agar anak-anak lebih semangat

  7. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Nama : Siti Fatimah
    NIM : 857760338
    Prodi : Pg PAUD
    3a.
    Judul : sulit mengenal konsep bilangan
    Nama pengembang Vidio: Netty Hermawati
    Lokasi : di dalam kelas
    Kelompok anak : umur 5-6 tahun
    Ringkasan materi dalam Vidio:
    Dalam Vidio yang sudah saya lihat adalah seorang pendidik atau guru sedang memberikan beberapa metode atau cara pembelajaran untuk mengenal konsep bilangan dengan beberapa cara,dintaraanya adalah mengambil bola dalam keranjang sesuai apa yang diminta guru, bernyanyi dua mata saya untuk mengenal konsep bilangan dengan anggota tubuh,bertepuk dengan menunjukkan konsep bilangan 1,2,3,4,5.memberikan LK yang di lembar tersebut ada gambar dan angknya,anak-anak diminta untuk menghitung gambar kemudian mencari angka sesui jumlah gambar kemudian angknya dilingkari,untuk penguatan konsep bilangan ank ditunjuk untuk maju kedepan menghitung benda yang ada disalah satu gambar di LK tersebut,seperti menghitung pensil atau sepidol warna.jika anak sudah berhasil dan benar dalam mengenal konsep bilangan anak mendapatkn hadian berupa bintang atau setempel bintang di tangannya.

    b.dalam Vidio diatas guru sudah melakukan asesmen dengan cara melakukan beberapa metode pembelajaran kepada anak untuk mencapai atau membantu kemampuan perkembangan anak dalam mengenal konsep bilangan,seperti halnya mengambil benda sesuai angka yang diminta,menghitung pensil dan bertepuk dan bernyanyi sesuai syair yang bertujuan mengenal konsep bilangan.
    Guru juga sudah mengevaluasi dengan mengumpulkan data,mengamati,meneliti tentang aktifitas pembelajaran anak didiknya,apakah mereka sudah mampu dalam mengenal konsep,apakah anak didiknya sudah memenuhi standar kompetensi yang diharapkan. Jika ada yang belum memenuhi standar yang diharapkan maka guru bisa mencari solusi untuk bagaimana cara anak tersebut mampu atau memenuhi sesuai standar yang di harapkan.

    c.Hal yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang guru lakukan dalam vidio tersebut adalah dalam membuka kelas atau permulaan akan pembelajaran konsep bilangan akan lebih baiknya ajaklah anak untuk bertepuk dulu atau bernyanyi yang ada konsep bilangannya,dan diajak bercakap cakap dalm bermain tentang bola yang akan di jadikan media untuk mengenal konsep bilangan,kemudian disediakan tempat atau keranjang dalam menaruh bola yang diambil dr keranjang satunya sesuai permintaan guru,supaya anak lebih nyaman dalam membawa bola,seperti terlihat di Vidio kalau guru minta 7 bola,untuk anak yang ingin mengambil 7 bola itu kan pastinya tangannya g muat untuk membawanya.sehingga cuma yang dia ambil cuma yang muat ditangannya.dan untuk yang di panggil untuk maju upayakan bergntian,bukan anak yang sama supaya guru bisa melihat siapa yang mampu dan mememuhi standar yang diharapkan.

    Hanya itu yang dapat saya simpulkan,mohon maaf dan terimakasih…

  8. nama : Lita Wisna Hanna Lumbangaol
    NIM : 859887673

    dari video yang saya saksikan, tentang sulitnya pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini memiliki kelemahan maupun kelebihan.

    kelebihan nya adalah guru sudah mengajarkan konsep bilangan dengan beberapa metode seperti dengan lagu, tepuk dan alat bantu belajar sesperti bola. teknik mengajar yang sabar dan lembut kepada anak usia dini akan membuat anak cinta belajar.

    kekurangan yang ada dalam video tersebut adalah Guru sebaiknya mengenalkan konsep bilangan terlebih dahulu. misalnya angka 1-10 , mengajak anak menghitung dengan jari 1-10 lalu menunjukkan benda sesuai angka yang di hitung maupun disebutkan. lalu ada baiknya sebelum memulai pelajaran guru mengajak anak bernyanyi dan warming up guna menambah semangat anak dalam belajar.
    terimakasih.

  9. Nama : Fitri mahanani
    Nim : 857972523
    Judul : Mengenal konsep bilangan (bermain bola)
    Nama pengembang : Netti hernawati
    Lokasi : Didalam kelas
    Kelompok : Tk B
    Ringkasan materi : sebelum memulai tugas kepada anak guru mengajak anak2 untuk mengenal konsep bilangan dengan cara permainan,lagu dan tepuk tangan.contoh dalam video tersebut guru memerintah anak mengambil bola sesuai angka yg disebutkan oleh guru kemudian dihitung secara bersama2,guru juga dapat memberi tugas berupa lembar kerja memasang benda sesuai lambang bilangan dan melingkari benda sesuai lambang bilangan.teknik lain guru memberikan penguatan anak yang berhasil mengambil benda sesuai bilangannya tanpa salah diberi reward berupa pemberian stempel ditangan.
    Menurut pendapat saya di video tersebut ,dalam proses belajar mengajar guru belum cukup menguasai keadaan didalam kelas karena seharusnya guru jangan hanya terfokus pada satu dua anak saja jd ketika ada anak yg lain tidak memperhatikan guru bisa menunjuk agar maju lebih dulu supaya anak bisa kembali fokus ke dalam kegiatan tersebut.tetapi untuk konsep belajar guru sudah bagus karena sudah menggunakan konsep bilangan dengan permainan, bernyanyi dan bertepuk sehingga anak tidak merasa cepat bosan.guru juga sudah menggunakan peraga gambar jadi ank yg belum atau sulit mengenal konsep bilangan bisa melihat gambar.menurut saya itu sudah cukup membantu hanya kurang menghidupkan suasana di kelas saja.mungkin itu saja pendapat yg bisa saya sampaikan ada kuranglebih mohon maaf🙏

  10. Nama: Suriani
    Nim: 856031938
    Pokjar: Asahan
    Semester: 8 PGPAUD AKPMM
    Nama pengembang video: Netty Herawati
    Lokasi: Dalam kelas
    Kelompok B
    Anak sulit mengenal lambang bilangan sehingga guru perlu memberikan kegiatan atau mencari solusi gimana cara agar anak bisa mudah mengenal konsep bilangan.
    Dalam video tersebut guru memberikan pembelajaran dengan cara yang tepat dengan mengajak anak mengambil bola di keranjang dan menghitung nya di depan kelas, kemudian mengajak anak bernyanyi dan menyebut bilangan, bertepuk tangan sebanyak bilangan yang di sebutkan oleh guru, kemudian menghitung pensil warna dan mengajak anak melingkari bilangan yang sesuai dengan gambar nya.Guru juga tidak lupa memberikan apresiasi kepada anak yang telah berhasil melakukan kegiatan sesuai perintah guru.

    •Kelebihan dari video tersebut: Guru mampu memberikan pembelajaran dengan baik dan dapat menarik minat anak dalam memberikan pemahaman dalam konsep bilangan sudah sbaik dengan menggunakan berbagai media yang ada di dalam kelas.
    • Kelemahan guru dalam memberikan pembelajaran guru tidak melakukan pembukaan di awal pembelajaran dan tidak menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan

Leave a Reply