silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian padaΒ anak Β .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Assallamualaikum Wr.Wb
Nama : Fatimah Nasution
Nim : 859882065
Prodi : PG PAUD
a. Analisis Video
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembang Video : Netti Hernawati
Lokasi : Ruang Kelas
Kelompok Anak : TK (Taman Kanak – Kanak)
Ringkasan materi dalam video:
Berdasarkan video tersebut guru sedang mengajarkan konsep bilangan didalam kelas. Guru menggunakan bola dan menyuruh salah satu anak untuk mengambil bola dalam keranjang sesuai perintah guru. Guru menyebutkan ambil kan bola seven (tujuh) guru menggunakan bahasa inggris. Namun terdapat salah satu anak mengambil bola yang tidak sesuai dengan apa yang di perintahkan oleh guru. Dalam video di jelaskan teknik yang digunakan untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Seperti teknik bernyanyi, tepuk tangan, lembar kerja, pemasangan benda sesuai lambang bilangannya.
b. Guru sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi. Guru memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil menjawab tanpa salah dengan pemberian stempel bintang di tangan.
c. Pendapat saya guru perlu lagi menambah kegiatan agar anak dapat dengan mudah mengenal konsep bilangan seperti bermain engklek dengan menggambar angka – angka di kotak engklek tersebut. Bermain lego dengan menulis angka di selembar kertas dan menyuruh anak mengambil lego sesuai yang tertulis di dalam kertas, membilang sambil berbelanja dengan menyuruh anak membilang apa yang dibelinya. Membuat permainan memancing ikan dan meminta anak untuk menghitung ikan yang di pancingnya. Dengan adanya permainan yang menarik membuat anak suka untuk belajar konsep bilangan.
Terima kasih
Wassallam.
Nama : Khomariyah
Nim : 857763365
Judul: sulit mengenal konsep bilangan
Menurut pendapat saya teknik yang digunakan guru saat mengajar sangat bagus. Anak dikenalkan bilangan perlahan-lahan. Dengan cara menghitung dengan benda seperti menggunakan bola, daun, dll. Kemudian mengenalkan konsep bilangan dengan permainan lagu dan tepok. Memberikan lembar kerja dengan cara memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangan, dan dengan cara melingkari benda sesuai dengan lambang bilangan. Memberikan reward kepada anak yang berani maju dan bisa mengenal bilangan dengan benar, dengan memberikan reward kepada anak yang bisa, agar dapat memotivasi anak supaya semangat dalam mengenal konsep bilangan. Guru juga harus kreativ dan sabar dalam mengenalkan konsep bilangan, agar anak tidak tertekan dengan pembelajaran, sehingga tujuan yang hendak dicapai dapat tercapai. Selain itu, guru juga bisa berkreasi dengan berbagai media yang ada, misal bolpoin, spidol, penghapus, pensil dll. Tak hanya itu guru juga bisa mendekorasi kelas dengan angka dan gambar yang menarik, sehingga anak juga dapat mengenal melalui apa yang ia lihat.
Nama : Sukma Narulita
Nim : 856804934
Prodi : S1 PGPAUD
Semester : 8
A. Analusis video
Judul : Sulit mengenal Konsep Bilangan
Nama pengembsng video : Netti
Herawati
Lokasi : Ruang kelas TK
Dari hasil pengamatan saya melalui video GPO upaya menigkatkan perkembangan kongnitif anak.
guru sedang mengenalkan konsep bilangan kepada anak melalui kegiatan menghitung bola.
Guru mempersilakan anak untuk mengambil bola di dalam keranjang dengan menggunakan bahasa inggris silahkan ambil bolanya seven ( tujuh). Namun ada salah satu anak yang mengambil tidak sesuai perintah guru. Teknik yang guru lakukan untuk megenalkan bilangan melalui tepukan,nyanyian,lembar kerja,dan melingkari lambang bilangan yang sesuai.
Setelah selesai kegiatan guru mengevalusi kegiatan anak dan memberi apreasi kepada anak yang dianggap mampu menyelesaikan tugasnya sesuai harapan memberikan setempel bintang ditangannya.
Kegiatan yang dilakukan guru tersebut sudah sesuai dengan bidang pengembangan yang hendak dicapainya.π
Nama :Sevania Kristiani tarigan
Nim :855976381
Upbjj :medan
Pokjar karo
β Judul : Anak sulit mengenal konsep bilangan
Menurut saya,Mengenal Konsep Bilangan pada Anak TK melalui Gambar Angka Berseri
Atau Guru mengajak anak belajar sambil bermain yaitu dengan permainan anak mengambil bola sesuai dengan perintah ibu guru kemudian guru menghitung kembali jumlah bola yang telah diambil anak tersebut.Lalu guru mengajak anak bernyanyi dan bertepuk yang berkaitan dengan bilangan. Anak diminta mengisi lembar kerja dengan memasangkan benda dan melingkari sesuai dengan lambang bilangan. Penguatan yang diberikan guru saat kegiatan tersebut anak diminta menghitung spidoldan memberikan reward berupa stempel bintang pada anak yang benar menghitung jumlah spidol tersebut.
Nama : Ulfah Hasanah
NIM : 857504353
Program studi: PGPAUD
Judul : sulit mahal konsep bilangan
Nama pengembang video : Netti Hernawati
Lokasi : di dalam kelas
Kelompok anak : TK
a. Ringkasan materi dalam video:
Dalam video tersebut guru sedang mengajarkan anak untuk mengenal konsep bilangan dengan berbagai cara dan media di antara lain dengan melalui teknik tepuk dan bernyanyi diberikan lembar kerja dan memasangkan benda sesuai bilangannya. selain itu, guru mengajak bermain anak sambil membilang bola yang diperintah oleh guru.
b. Berdasarkan video tersebut guru sudah baik dalam menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi selain itu guru juga memberikan reward dan memberi stempel bintang jika anak bisa membilang dengan baik.
c. Hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang guru lakukan dalam video tersebut :
-Di awal pembelajaran guru tidak memberitahu konsep bilangan 1 sampai 10 seharusnya sebelum pembelajaran dimulai kuras memberitahu konsep bilangannya.
-Dalam menyediakan media seharusnya bisa ditambah lagi dengan balok.
-Anak-anak sebaiknya yang maju ke depan bisa dengan mengacungkan tangan.
Nama : Maya Ismandari
NIM : 857239746
judul : sulit mengenal konsep bilangan
pengembang : Netti hernawati
menurut pendapat saya video tersebut dibuat cukup menarik, anak tidak hanya diajarkan bilangan tapi juga diajarkan secara konkrit benda nya, karena untuk anak usia dini mengenal dan mempelajari sesuatu harus dengan hal yang konkrit yaitu terlihat benda nya, bisa di pegang bukan hanya khayalan. divideo tersebut guru juga terlihat menguasai kelas, sebelum berkegiatan anak-anak juga diingatkan kembali aturan bermain, sehingga anak tertib menunggu giliran. cara menarik lain nya juga diajarkan dengan melalui tepuk dan lagu, penguatan juga dilakukan di akhir pembelajaran. namun hal yang perlu diperbaiki adalah guru terlihat mendominasi kelas, hendaknya anak diberikan kesempatan untuk menilai diri dan temannya. berikan pertanyaan yang memancing anak untuk berfikir dan berikan kesempatan kepada anak-anak untuk membantu teman nya yang menemukan kesulitan. kegiatan belajar juga hendaknya dapat mengakomodir anak-anak dengan tipe kinestetik. akan lebih menyenangkan jika mengenal konsep bilangan dengan cara sambil bergerak, seperti melompat lah sebanyak 4 kali, atau pindahkan bola dan masukkan ke dalam keranjang sebanyak 4. terima kasih
Nama : Naimah
NIM : 857925105
Program Studi : PGPAUD
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Secara Keseluruhan tayangan video cukup menarik. Membahas tentang sebuah pemecahan masalah bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada peserta didik. Untuk penggunaan strategi, metode dan asesmen pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan alat peraga benda-benda konkrit , hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, yang dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Namun guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut atau masih berpusat oleh guru. Dalam membuka kegiatan pembelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.Guru memberikan apersepsi bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Guru memberikan perintah anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya. Guru dalam memilih anak untuk mengambil bola hanya anak perempuan saja akan lebih bervariasi jika anak laki-laki juga terlibat jadi tidak merasa di kesampingkan.Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan menggunakan alat peraga badan sendiri.Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan menggunakan alat peraga yang ada disekitar anak. Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri. Memberikan apresiasi kepada anak dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
ο Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran? anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut
ο Kelemahannnya masih berpusat pada guru dalam menghitung jumalah bola yang di ambil, kegiatan dalam mengambil/spidol terkesan monotonn tidak di kenalkan terlebih dulu symbol angka
ο Kelebihannnya: guru telah memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan kegiatan, sehingga guru mengetahui sejauh mana anak dalam mengenal konsep bilangan, Dalam pengenalan konsep bilangan upaya guru tersebut sudah baik.
ο Hal -hal unik: Anak di berikan reward oleh guru dengan memberikan setempel bintang
ο Upaya yang dapat di usukan:
1. Pada kegiatan pembukaan alangkah baikanya jika di berikan ice briking yang terkait dengan konsep angka tidak langsung ke kegiatan inti,
2. Pada kegiatan inti untuk kegiatan mengenal konsep bilangan pada anak di berikan pembelajaran yang bervariasi dengan media permainan missal kartu angka mencontoh angka dengan louspart,
3. Pada kegiatan penutup anak di ajak untuk recalling pembelajaran yang sudah di lakukan, missal anak dia ajak untuk menyebutkan bilangan 1-10, di ajak berhitung, mengenal symbol angka , menirukan angka.
Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Dalam video seorang guru mengajak anak didiknya untuk bermain bola sambil berhitung. Guru memanggil anak didik dengan ajakan siapa yang tertib akan dipanggil terlebih dulu. Dengan demikian anak-anak akan duduk tertib dengan harapan akan segera di panggil untuk bermain bola sambil menghitung bolanya. Setelah semua anak mendapatkan giliran , guru akan mengetahui anak-anak yang mana yang belum paham tentang konsep bilangan dan guru akan meminta anak yang masih keliru dengan mengulang Kembali menghitung bola yang sudah diambilnya
Sebelum guru memberikan tugas pada anak, guru dapat mengajak anak didik untuk belajar konsep bilangan dengan cara membilang dengan permainan tepuk dan menyanyi, kemudian guru dapat memberikan lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya.
Tehnik lain guru juga dapat memberikan penguatan kepada anak yang berhasil mengambil benda sesuai instruksi guru tanpa salah, berupa pemberian stemple bintang di tangannya.
Masukan : untuk membuat anak tertarik dan lebih semangat dalam mengikuti kegiatan, alangkah lebih mengena jika pengenalan angka dilakukan menggunakan media angka yang besar berwarna warni dan menarik bagi anak
Nama : Baiq Husnul Hidayah
NIM : 859167168
PRODI : PGPAUD -S1
Video ini menggambarkan upaya seorang guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada peserta didik, dimana guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan lagu dan tepuk, dan permainan mengambil bola didalam keranjang sejumlah yang diperintahkan oleh guru. Selain itu, guru juga memberikan lembar kerja siswa (LKS) dengan menghubungkan gambar dengan lambang bilangan yang sesuai. Di akhir kegiatan, guru memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil spidol sejumlah yang diperintahkan tanpa salah, dengan memberikan stempel ditangan anak.
Pada proses KBMnya, guru menggunakan metode yang menyenangkan sehingga anak dapat memahami konsep bilangan sederhana, dan seluruh anak ikut aktif didalam kegiatan.
Nama . Rusmey panjaitan
Nim : 856031977
UPBJJ : Medan
Pokjar : Asahan
Dalam Video PAUD5 Sulit mengenal Konsep Bilangan
Pengenalan Lambang bilangan dilakukan guru beberapa cara yaitu bertepuk tangan ,bernyanyi dan pengambilan bola dengan perintah guru dan pengenalan bilangan , guru tersebut sudah bagus dimana guru sudag menggunakan beberapa kegitan dan kemudian guru memberikan tugas kepada anak untuk mengetahui kemampuan anak mengenal angka dan jumlahnya,saran saya guru menggunakan kartu angka ketika mengambil bola dan anak mengenal simbol angka.