silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Nama : Baiq Husnul Hidayah

    NIM : 859167168

    PRODI : PGPAUD – S1

    Seri Pembelajaran : Seri Pengembangan Kognitif PAUD

    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Nama Pengembang : Netti Hernawati

    Kelompok : Anak TK usia 5-6 tahun

    Lokasi : Di dalam kelas

    – Video ini menggambarkan upaya seorang guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada peserta didik, dimana guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan lagu dan tepuk, dan permainan mengambil bola didalam keranjang sejumlah yang diperintahkan guru. Selain itu, guru juga memberikan lembar kerja siswa (LKS) dengan menghubungkan gambar dengan lambang bilangan yang sesuai. Di akhir kegiatan, guru memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil spidol sejumlah yang diperintahkan tanpa salah, dengan memberikan stempel ditangan anak. Pada proses KBMnya, guru menggunakan metode yang menyenangkan sehingga anak dapat memahami konsep bilangan sederhana.

    – Asesmen dan Evaluasi dalam pembelajaran : pada video pembelajaran, guru tidak melaksanakan asesment, dikarenakan tidak terdapat kegiatan mengisi lembar observasi/ membuat catatan kecil selama kegiatan. Guru hanya melakukan kegiatan pembelajaran seperti biasa, sehingga guru tidak mengetahui mana siswa yang sudah memahami materi dan siswa yang belum memahami materi dengan baik. Namun, diakhir kegiatan, guru melakukan penguatan materi, yang ditandai dengan pemberian stempel pada tangan siswa yang berhasil mengambil spidol sejumlah yang diperintahkan oleh guru.

    – Hal yang harus diperbaiki pada proses pembelajaran : pada dasarnya, kegiatan pembelajaran dalam video, sudah bagus. Namun, dapat ditambahkan dengan kegiatan yang lebih menarik, sehingga seluruh siswa dapat ikut aktif dalam proses pembelajaran, seperti kegiatan membuat angka menggunakan plastisin berwarna sejumlah spidol/ bola yang disebutkan oleh guru; mengklasifikasikan jumlah bola berdasarkan warna dan menghitung jumlah bola sesuai dengan warnanya masing-masing; permainan lomba mengisi ember menggunakan bola dan menghitung jumlah bola yang dibutuhkan agar ember terisi penuh dengan bola, dst.

    Wassalamu’alaikum wr.wb

  2. Nama: FITROTIN NISA’
    NIM: 858171441
    PRODI: BI PGPAUD SEMESTER 2
    UPBJJ: SURABAYA
    POKJAR: UT MULIA BOJONEGORO
    JUDUL : ANAK SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN

    menurut pendapat saya, dalam vidio tersebut, guru sangat menarik dalam memberikan materi tentang konsep pengenalan bilangan. berbagai media dan permainan seperti menghitung bola dalam keranjang, menyanyi 2 mata saya, lalu melingkari gambar dengan menghitung. teknik tersebut juga saya terapkan di lembaga saya. dan itu sangat kondusif saya kembangkan, anak-anak menjadi lebih fokus dan senang, secara tidak langsung mereka dapat mengenal konsep bilangan dengan berbagai alat atau media. mungkin untuk penilaian yang bisa digunakan adalah hasil perkembangan atau ceklist perkembangan anak dan catatn anekdot, bisa juga dengan hasil karya anak tersebut melalui gambar yang sudah di warnai.

  3. Nama : Nih Daniati
    NIM : 857421039
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Pada video yang saya tonton guru tidak melakukan pembukaan di awal pembelajaran dan menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan. Guru langsung memberikan pembelajaran tentang konsep mengenal bilangan melalui permainan disalam kelas sambil berhitung untuk mengenal konsep bilangan pada anak usia dini,dengan metode atau cara mengambil bola dari dalam keranjang sesuai dengan angka yang disebutkan gurunya.
    Namun akan lebih baik jika pada kegiatan mengambil bola dalam keranjang anak dibiarkan menghitung sendiri dan menunjukkan pada temannya.
    Menurut saya teknik yang dilakukan guru dalam pengenalan konsep bilangan sudah bagus dengan bernyanyi bersama dengan menggunakan alat peraga badan sendiri, dengan tepuk dan alat bantu seperti bola dan LK.
    Dengan memberikan riward pada anak yang berhasil mengambil spidol tanpa salah membuat anak lain lebih termotivasi untuk belajar, namun akan lebih baik pada kegiatan tersebut anak dibiarkan menghitung sendiri jumlah spidol yang diambilnya.

  4. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    Nama : Tuti Anggraini
    NIM : 857159197
    Prodi : PG PAUD BI
    Pokjar : Pondok Pinang

    3a.
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang Video : Netti Hernawati
    Lokasi : di dalam kelas
    Kelompok anak : anak TK usia 5-6 tahun

    Berikut ringkasan materi dalam video :
    Video tersebut berisi tentang seorang guru yang sedang mengajarkan konsep bilangan kepada anak didiknya melalui beberapa teknik yaitu melalui teknik mengambil bola didalam keranjang secara bergantian sesuai dengan instruksi guru, melalui teknik bernyanyi yang berisi tentang konsep bilangan yaitu menyanyikan dua mata saya dengan menggunakan anggota tubuh, serta guru memberikan lembar kegiatan siswa dan meminta murid untuk memasangkan benda dengan lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai dengan lambang bilangannya, melakukan permainan tepuk bilangan, dan menggunakan penguatan kepada anak mengambil sejumlah spidol yang diperintahkan tanpa salah berupa pemberian stempel bintang di tangan.

    b. Dalam video tersebut guru telah melakukan penerapan assesmen yaitu guru memberikan reward berupa stempel bintang yang di tangan anak-anak. Selain itu guru juga melakukan penilaian melalui lembar kerja siswa dengan memasangkan benda dengan lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai dengan lambang bilangan, guru juga bisa melakukan penilaian anekdot, melalui pengumpulan data, mengamati dan meneliti kemampuan setiap anak didiknya sesuai kemampuan anak masing-masing.

    c. Menurut pendapat saya kekurangan dalam video tersebut yaitu :

    – Pada kegiatan sebelum memulai pembelajaran alangkah baiknya anak-anak diajak untuk bernyanyi atau
    bertepuk tangan agar lebih mencairkan suasana hati anak-anak supaya lebih cepat untuk menyerap
    konsep bilangan yang akan diajarkan.
    – Guru harus mencari kegiatan atau permainan yang lebih menarik lagi supaya fokus anak-anak tertuju
    pada guru yang sedang menjelaskan, tidak sibuk main sendiri atau mengobrol dengan teman di dalam
    kelas.
    – Lembar kerja siswa menggunakan bentuk yang menarik dan warna warni. Diharapkan bentuknya yang
    disukai anak-anak seperti bentuk binatang, makanan, sayur-sayuran, atau buah-buahan. Selain itu
    harus dibuat warna-warni sesuai dengan usia anak-anak.
    – Pada saat kegiatan penutup, guru harus mengulang materi konsep bilangan yang sudah diajarkan pada
    hari tersebut, agar guru bisa mengetahui mana anak yang sudah paham mana yang belum, supaya besok
    bisa diulang kembali untuk anak yang belum mengerti konsep bilangan tersebut.

    – Kelebihan dalam video tersebut yaitu :
    – Guru sudah tepat dan kreatif mengenalkan konsep bilangan dengan bola warna-warni, ditambah
    dengan bernyanyi, dan permainan bertepuk tangan agar mudah dihafalkan anak serta tidak cepat lupa.
    – Guru sudah bagus memberikan reward berupa stempel bintang di tangan anak agar anak selalu memiliki
    semangat yang tinggi ketika belajar.

  5. Nama : Nur Dayanti
    NIM : 858167237
    Prodi : PG-PAUD BI

    menurut saya kegiatan pembelajaran dalam video tersebut sudah bagus, tapi alangkah baiknya jika:
    1. Ketika anak telah selesai mengambil bola, hendaknya guru memberikan ruang untuk anak tersebut menghitung sendiri bola yang telah diambil, setelah itu baru guru mengajak anak untuk menghitung secara bersama
    2. Pada saat memberikan lembar kerja, hendaknya lembar kerja didesain lebih baik lagi seperti memberikan warna dan gambar-gambar yang lebih menarik, sehingga ketika anak mau mengerjakan lembar tersebut, anak akan lebih bersemangat lagi.

  6. Nama : Nur Dayanti
    NIM : 858167237
    Prodi : PG-PAUD BI

    menurut saya kegiatan pembelajaran dalam video tersebut sudah bagus, tapi alangkah baiknya jika:
    1. Ketika anak telah selesai mengambil bola, hendaknya guru memberikan ruang untuk anak tersebut menghitung sendiri bola yang telah diambil, setelah itu baru guru mengajak anak untuk menghitung secara bersama
    2. Pada saat memberikan lembar kerja, hendaknya lembar kerja didesain lebih baik lagi seperti memberikan warna dan gambar-gambar yang lebih menarik, sehingga ketika anak mau mengerjakan lembar tersebut, anak akan lebih bersemangat lagi

  7. Nama : Nur Dayanti
    NIM : 858167237
    Prodi : PG-PAUD BI

    menurut saya kegiatan pembelajaran dalam video tersebut sudah bagus, tapi alangkah baiknya jika :
    1. Ketika anak telah selesai mengambil bola, hendaknya guru memberikan ruang untuk anak menghitung sendiri bola yang telah diambil, setelah itu baru guru mengajak anak untuk menghitung secara bersama
    2. Pada saat memberikan lembar kerja, hendaknya lembar kerja didesain lebih baik lagi seperti memberikan warna dan gambar-gambar yang lebih menarik, sehingga ketika anak mau mengerjakan lembar tersebut, anak akan lebih bersemangat lagi.

  8. Nama : kosnantin agustina
    Nim. : 858739327
    Prodi. : PGPAUD BI
    UPBJJ. : Surabaya
    Pokjar : Tuban / Kalijogo

    Dalam vidio yang saya lihat,adalah bagaimana upaya seorang guru dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak didiknya dengan cara bermain bola (mengambil bola sesuai perintah guru dan menghitungnya bersama-sama).guru juga mengajak anak didiknya untuk bernyanyi tentang bilangan sambil bertepuk tangan,memberikan penjelasan pada anak didik bagaimana menyelesaikan suatu masalah (bilangan),dan anak didiknya disuruh untuk mengerjakan lembar kerja sesuai penjelasan yang diberikan oleh guru.guru juga memberikan semangat dan apresiasi pada anak didiknya dengan memberikan stempel bintang pada anak yang berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.guru juga memberikan penguatan diakhir kegiatan.
    – kelebihan : dalam penyampaian materi Menurut saya sudah bagus materi yang disampaikan jelas dan mudah dilakukan oleh anak.
    -kekurangan : sebelum masuk pada kegiatan hendaknya guru melakukan ice breaking dulu berupa tepuk tangan atau gerakan-gerakan sederhana agar anak didik lebih siap dalam melakukan kegiatan.

  9. Nama : Atik Utami
    NIM : 857979644
    Prodi : PG PAUD S1

    Assalamualaikum mohon ijin menanggapi video pembelajaran tersebut.

    Video ini menggambarkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dalam mengenalkan konsep bilangan dengan menggunakan media benda konkret dan lembar kerja. Yaitu dengan mengajak anak untuk belajar membilang dengan cara meminta anak mengambil bola sejumlah tertentu, membilang dengan benda/spidol, menghitung gambar benda dan melingkari angka yang sesuai. Selain itu guru juga mengenalkan konsep bilangan dengan lagu dan tepuk tepuk.
    Kegiatan tersebut sangat bagus dan mampu menstimulasi perkembangan kognitif anak dalam mengenal bilangan, mengembangkan rasa percaya diri, dan mengembangkan motorik halus anak.
    Namun bisa ditambahkan lagi kegiatan untuk memperkuat pemahaman anak misalnya dengan anak diajak untuk mempraktekkan menulis angka. Bisa dengan dicontohkan di papan tulis, kemudian anak diminta membuat sendiri di buku. Agar selain anak tahu bentuk bilangannya, anak juga bisa menulis sendiri angka angka tersebut.
    Terimakasih.

  10. Nama : Eni Rahmawati
    NIM : 857843749
    Prodi : PGPAUD BI
    Pokjar : Salatiga

    Judul video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang Video : Netti Hernawati
    Lokasi : di dalam kelas
    Kelompok anak : anak TK usia 5-6 tahun

    Berikut ringkasan materi dalam video :
    Video tentang seorang guru yang mengajarkan konsep bilangan kepada anak didik dengan menggunakan beberapa metode, yaitu: metode mengambil bola didalam keranjang secara bergantian sesuai dengan instruksi guru, metode bernyanyi yang syairnya mengenai konsep bilangan yaitu menyanyikan dua mata saya dengan menggunakan anggota tubuh, serta guru memberikan lembar kegiatan siswa dan meminta murid untuk memasangkan benda dengan lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai dengan lambang bilangannya, melakukan permainan tepuk bilangan, dan menggunakan penguatan kepada anak mengambil sejumlah spidol yang diperintahkan tanpa salah berupa pemberian stempel bintang di tangan.

    b. Dalam video tersebut guru telah melakukan penerapan assesmen yaitu guru memberikan reward berupa stempel bintang di tangan anak.
    Selain itu guru juga melakukan penilaian melalui lembar kerja siswa dengan memasangkan benda dengan lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai dengan lambang bilangan, guru juga bisa melakukan penilaian anekdot, melalui pengumpulan data, mengamati dan meneliti kemampuan setiap anak didiknya sesuai kemampuan anak masing-masing.

    c. Menurut pendapat saya kekurangan dalam video tersebut yaitu :
    1. Pada kegiatan sebelum memulai pembelajaran sebaiknya anak diajak untuk bernyanyi atau
    bertepuk tangan atau gerak badan sederhana untuk lebih mencairkan suasana hati anak-anak supaya lebih cepat untuk menyerap materi konsep bilangan yang akan diajarkan.
    2. Guru harus mencari kegiatan atau permainan yang lebih menarik lagi supaya fokus anak-anak tertuju
    pada guru yang sedang menjelaskan, tidak sibuk main sendiri atau mengobrol dengan teman di dalam
    kelas.
    3. Lembar kerja siswa menggunakan bentuk yang menarik dan warna warni. Diharapkan bentuknya yang
    disukai anak-anak seperti bentuk binatang, makanan, sayur-sayuran, atau buah-buahan. Selain itu
    harus dibuat warna-warni sesuai dengan usia anak-anak.
    4. Pada saat kegiatan penutup, guru harus mengulang materi konsep bilangan yang sudah diajarkan pada
    hari tersebut, agar guru bisa mengetahui mana anak yang sudah paham mana yang belum, supaya besok
    bisa diulang kembali untuk anak yang belum mengerti konsep bilangan tersebut.

    Kelebihan dalam video tersebut yaitu :
    1. Guru sudah tepat dan kreatif mengenalkan konsep bilangan dengan bola warna-warni, ditambah
    dengan bernyanyi, dan permainan bertepuk tangan agar mudah dihafalkan anak serta tidak cepat lupa.
    2. Guru sudah baik memberikan reward berupa stempel bintang di tangan anak agar anak termotivasi untuk lebih memperhatikan

Leave a Reply