silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama: Ita Fuaidah
Nim : 858851914
Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
Nama pengembang video : Netti Hernawati
Lokasi : di dalam kelas
Kelompok anak : TK
Tanggapan saya mengenai video pembelajaran tersebut yaitu, menurut pendapat saya proses pembelajaran dalam video tersebut sudah baik, mungkin untuk tambahan saja ketika bermain bola bisa menambah dengan berbagai ukuran, sehingga bisa dilakukan pembelajaran tambahan tentang ukuran besar dan kecil. Lalu saat mengambil spidol bisa disisipi tentang belajar warna. Untuk Latihan angka/ bilangan juga bisa menggunakan anggota badan yaitu dengan jari. Lebih diperbanyak lagi untuk bernyanyi agar anak lebih semangat dalam belajar.
Metode yang di lakukan guru tersebut sudah bagus, dengan menggunakan media bola untuk mengenal konsep bilangan. Di lakukan juga dengan bernyanyi dan tugas lembar kerja
NAMA : LETHA YULIA PICAL
NIM. : 855704904
PROGRAM STUDI : PGPAUD
SEMESTER. : VIII
Yang dilakukan guru tersebut pada video merupakan teknik yang baik yang dapt ditanamkan pada anak dalam mengenalkan konsep bilangan serta anak dapat mengenal dan juga membilang angka-angka tersebut. Selain konsep-konsep pembelajaran pada kegiatan tersebut, guru juga dapat melakukan kegiatan lain seperti :
1. Menempel angka pada gambar bola.
2. Melakukan kegiatan olahraga untuk melatih motorik kasar anak seperti permainan lari bola dengan menentukan banyaknya jumlah bola.
3. Menghubungkan jumlah gambar pada benda dengan angka yang sesuai.
Dengan kegiatan-kegiatan tersebut diatas dengan teknik bermain sambil belajar, dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal dan menghitung konsep bilangan. Dan dengan melakukan kegiatan dengan berulang-ulang anak akan merasa senang dan juga gembira, dan bagi anak yang masih mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan, kita selaku guru harus terus menerus menstimulasi dan memberikan rangsangan bagi anak tersebut sehingga anak dapat berkembang dengan baik.
Nama : Ruth Stephfany Gunawan
NIM : 858752713
Jurusan: PGPAUD BI
Cara guru mengenalkan konsep bilangan pada anak didik sudah cukup menarik dan interaktif (dua arah). Adanya respon positif pada saat anak didik kurang tepat mengambil bola sesuai dengan jumlah yang diminta juga sudah tepat. Guru memberi dukungan semangat dan mengapresiasi anak untuk menambah jumlah bola hingga mencapai jumlah yang diminta. Selain itu, adanya lembar kerja dan penguatan di akhir kegiatan belajar dan pemberian reward berupa stempel bintang juga menambah semangat anak untuk bisa memahami konsep bilangan.
Alangkah lebih baik jika dalam mengenalkan konsep bilangan, guru memulai dengan kegiatan membilang melalui lagu atau tepukkan terlebih dahulu, lalu menunjukkan kartu angka pada siswa dan menambah permainan bersama bertepuk tangan sesuai angka yang ditunjukkan oleh guru. Ketika bermain mengambil bola sesuai jumlah yang diminta guru juga dapat menyediakan bola bagi beberapa anak sekaligus atau mengganti bola dengan kancing, sehingga semua anak dapat berkegiatan bersama. Karena jika satu per satu atau hanya beberapa orang saja yang dipanggil, tujuan pembelajaran dan capaiannya menjadi kurang efektif dan menyeluruh. Alangkah baiknya jika permainan atau kegiatan yang disusun dapat dilakukan oleh beberapa atau semua anak sekaligus. Dengan demikian dapat meminimalisasikan jumlah anak yang mulai bosan dan tidak fokus karena menunggu dan tidak memperoleh giliran dalam melakukan kegiatan.
Nama : Imelda Mursalim. (858752784)
Judul : Sulit mengenal konsep bilangan Nama pengembang video : Netty Hernawati
Lokasi : dalam kelas Kelompok anak : 5- 6 tahun
Kegiatan mengenalkan konsep bilangan merupakan salah satu kegiatan pembelajaran untuk anak usia dini. Di video ini tampak guru melakukan banyak kegiatan untuk memantapkan konsep bilangan ke anak. Guru juga dapat mengetahui perkembangan anak dengan memanggil beberapa anak untuk melakukan kegiatan berhitung. Dimana pada proses ini, guru dapat mengetahui anak sudah mengenal konsep bilangan yang diminta. Proses asesmen yang dilakukan oleh guru adalah dengan meminta anak untuk mengambil bola atau spidol dan juga mengerjakan lembar kerja berhitung. Dengan adanya hal tersebut, guru dapat mengetahui perkembangan konsep bilangan anak.
Perbaikan yang dapat dilakukan oleh guru pada kegiatan ini:
-Guru dapat memanggil beberapa anak untuk melakukan kegiatan mengambil bola sehingga guru dapat meminimalisir waktu anak untuk menunggu gilirannya. Hal ini sama terjadi dengan kegiatan mengambil spidol. Guru bisa menyediakan beberapa pos, sehingga anak tidak perlu menunggu gilirannya terlalu lama.
-Saat menerangkan lembar kerja, guru dapat menggunakan papan yang bersih, sehingga anak tidak teralihkan perhatiannya dengan tulisan yang banyak di papan tulis.
-Guru dapat membuat display lembar kerja yang lebih besar saat menerangkan, sehingga seluruh anak dapat melihat jelas bagaimana cara menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru.
-Anak-anak dapat mengerjakan lembar kerja di meja supaya mereka lebih fokus dan tidak terpengaruh oleh teman disekitarnya.
Nama : Nina Wido Setyawati
NIM : 858732782
Jurusan : PG PAUD BI
Menurut saya, video tentang ” Sulit mengenal konsep bilangan ” sudah cukup baik karena guru yang mengajar memberikan banyak variasi metode belajar kepada anak untuk memudahkan anak memahami konsep bilangan. Guru juga melakukan observasi perkembangan setiap anak melalui pembelajaran yang dilakukan sehingga guru dapat mengetahui kemampuan masing-masing anak. Tidak lupa juga guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat menyelesaikan dan melakukan tugas sesuai perintah gurunya dengan baik, Begitupun untuk anak yang masih belum tepat dalam melakukan perintah seperti mengambil 7 bola tetapi hanya 6 yang terambil, guru tetap memberikan penjelasan kepada anak bahwa jumlah yang diambil kurang 1 agar anak juga mengetahui jumlah yang tepat.
Nama : Ria Rafika Fitri
NIM : 858739642
Menurut saya, apa yang dilakukan guru dalam video ini sudah bagus dalam rangka memberikan solusi ketika sulit mengenal konsep bilangan. Solusi yang dilakukan guru tersebut antara lain mengajak anak mengenal bilangan melalui permainan, lagu, tepuk, dan pemberian lembar kerja yang meminta anak untuk melingkari lambang bilangan sesuai jumlah gambar di atasnya. Dalam video juga terlihat guru memberikan penghargaan pada anak yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. Tetapi dalam video tersebut saya melihat anak yang kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran, untuk mengatasi hal ini mungkin guru harus lebih kreatif lagi dalam mengelola pembelajaran sehingga anak dapat mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat.
Nama : Wina Winanda Septiani
Nim : 857294918
UPBJJ : Bogor
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama : Halimatus Sa’diyah
NIM : 858172404
PRODI : S1 PGPAUD BI
UPBJJ : 71 SURABAYA
POKJAR: AL AQOBAH
Menurut saya dalam video kegiatan pembelajaran mengenal konsep bilangan Guru telah menerapkan berbagai metode pembelajaran melalui beberapa media pembelajaran diantaranya dengan mengajak anak memahami konsep bilangan melalui kegiatan bertepuk bilangan, bernyanyi lagu anak yang berkaitan dengan konsep bilangan, mengajak anak bermain mengambil bola dalam keranjang sesuai dengan bilangan yang di sebutkan guru, demonstrasi dengan memberi contoh dan menjelaskan bagaimana mengerjakan lembar tugas anak serta memberi penguatan pada anak berupa pemberian Reward dengan memberi tanda bintang pada tangan anak.
Kekurangan pada proses pembelajaran dalam video tersebut adalah :
-kurangnya Stimulus dari Guru baik itu pemahaman tentang cara berhitung yang benar, mengenal konsep bilangan melaui lambang bilangan/Kartu angka sehingga ketika salah satu anak maju untuk melakukan kegiatan main, anak tersebut kelihatan bingung dan kurang memahami konsep bilangan.
-dalam kegiatan bermain bola maupun menghitung pensil peserta didik kurang antusias dan lebih asyik mengobrol sendiri dengan temannya serta tidak memperhatikan teman yang sedang melakukan kegiatan main.
sedangkan Kelebihannya antara lain :
-Guru memberikan apresiasi kepada anak didik baik itu verbal melalui kata “ayo-ayo” maupun non verbal dengan memberikan tepuktangan maupun Reward berupa stempel bintang pada tangan anak.
-Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan metode yang tepat dan kreatif seperti : demonstrasi,unjuk kerja maupun pemberian tugas.
-guru mengajak anak untuk duduk dalam posisi melingkar hal ini membuat anak bisa melihat leluasa ke segala arah terutama saat guru menjelaskan materi lembar kerja anak.
Setelah melihat video tentang pembelajaran konsep bilangan pada anak usia dini adi atas, kamiakan menyampaikan beberapa pendapat.
Metode pembelajaran pengenalan konsep bilangan dalam video di atas sudah cukup baik. Memang untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini agak sulit. hal ini berkaitan dengan kemampuan anak yang berbeda-beda, ada yang langsung bisa dan ada anak yang guru harus ekstra dalam menerangkan. Anak-anak tentunya akan lebih cepat mengerti jika mengenalkan konsep bilangan melalui bermain, bernyanyi dan tepuk serta lembar kerja.
Untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak pertama kali, metode yang sebaiknya digunakan adalah bernyanyi agar anak mengerti dulu apa itu bilangan, bagaimana bilangan 1, 2 dan seterusnya sampai sepuluh. Jika anak sudah paham tentang bilangan 1 sampai sepuluh barulah kita gunakan metode bermain dan pemberian lembar kerja.
Anak akan lebih bersemangat dan tertarik pada pembelajaran mengenal konsep bilangan jika guru juga memberikan reward kepada anak yang jawabannya betul atau sudah mampu untuk membilang.
Terima kasih ……