silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
NAMA : SUYATINI
NIM : 857762349
PRODI : S1 PGPAUD
Menurut saya kegiatan pembelajaran Anak Usia Dini tentang konsep lambang bilangan pada video di atas sudah bagus. Dengan permainan anak-anak akan lebih tertarik untuk memperhatikan dan lebih mudah memahami. Guru dalam video di atas juga memotivasi anak dengan memberikan reward dengan pujian, anak pintar dan ucapan terimakasih. Jadi meskipun anak belum benar, mereka tidak akan takut untuk mencoba dan belajar lagi. Jika boleh menambahkan, anak-anak boleh juga dikenalkan bentuk-bentuk angkanya satu oersatu dengan menggunakan kartu angka atau alat peraga lainnya yang ada tulisan angka. Terimakasih
Nama : Nani Sugianto
Nim : 857239001
Prodi : BI PAUD
Pokjar : Tangerang
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…..
Menurut saya apa yang sudah di lakukan guru dalam video tersebut sudah optimal dalam mengupayakan bagaimana peserta didik nya bisa memahami konsep bilangan melalui metode bermain, alat peraga dan juga bertepuk. Karena tentang usia anak ini masih dalam tahap pra operasional dimana kognitif mereka akan terbuka teringat dengan mudah melalui cara bermain. Guru juga sudah memotivasi siswa dengan memberikan reward walaupun tidak sepenuhnya benar, yang penting mereka sudah berani untuk mencoba.
Setelah saya melihat video tentang sulit mengenal konsep bilangan pada anak menurut pendapat saya upaya yang dilakukan guru dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak dengan berbagai media bermain sudah sangat baik dengan bermain menggunakan bola berwarna _warni,pensil warna,bernyanyi dan bertepuk tangan membuat anak _anak semakin antusias dalam mengenal konsep bilangan selain itu membuat anak-anak tidak merasa bosan dalam mengenal konsep bilangan.tetapi ada kekurangan yang belum dilakukan oleh guru saat mengenalkan konsep bilangan kepada anak yaitu sebelum memulai pembelajaran guru haruslah mengenalkan kepada anak angka satu sampai sepuluh dengan menulisnya dipapan tulis atau menggunakan kartu angka agar anak lebih memahami angka_angka yang mereka pelajari.
Nama : Andriani
Nim: 856450993
Pokjar : Air Molek
PGPAUD
Menurut saya video tentang cara mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan sudah baik.
Terlihat guru telah menggunakan berbagai media dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak-anak. Sebelum memberikan tugas kepada anak,guru terlebih dahulu mengajak anak membilang dengan permainan mengambil bola didalam keranjang. Namun, pada saat melakukan permainan mengambil bola didalam keranjang,sebaiknya guru mengganti bola dengan ukuran yang berbeda-beda, agar anak bisa membedakan besar,sedang dan kecil pada bola tersebut. Guru juga mengajak anak bernyanyi 2 mata saya dan bertepuk. Pada kegiatan inti, guru memberikan LKA kepada anak yaitu menghitung dan melingkari jumlah gambar yang sesuai. Setelah itu, guru juga memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil spidol sejumlah yang diperintahkan ibu guru dengan memberikan stempel bintang ditangan anak.
Nama: Linda puspawardani
Nim: 858749421
Setelah saya melihat video tentang sulitnya mengenal konsep bilangan pada anak menurut pendapat saya upaya yang dilakukan guru dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak dengan berbagai media bermain sudah sangat baik dengan bermain menggunakan bola berwarna-warni,pensil warna, bernyanyi dan bertepuk tangan membuat anak-anak semakin antusias dalam mengenal konsep bilangan selain itu membuat anak-anak tidak merasa bosan dalam mengenal konsep bilangan.tetapi ada kekurangan yang belum dilakukan oleh guru saat mengenal konsep bilangan kepada anak yaitu sebelum memulai pembelajaran guru haruslah mengenalkan kepada anak angka satu sampai sepuluh dengan menulisnya dipapan tulis atau menggunakan kartu angka agar anak lebih memahami angka_angka yang mereka pelajari.
Nama : Mega Juniar
Nim : 856196612
Pokja : simalanggang
Smtr :9
Tugas : 1 LMS
Menurut saya video Tentang “Mengenal konsep Bilang ” yaitu
1.Terlihat di dalam video ,konsep ” yg di terapkan guru sudah baik dan benar.
2.Konsep mengenal ,membilang, menyebutkan, menulis,gerakan dan nyanyian yg di berikan sangat mudah diikuti anak sehingga anak memahami penbelajan ,menjadikan tercapainya tujuan pelajaran guru tersebut.
3.Pemberian rewed terhadap anak dan kegiata yg menyenangkan membantu anak akan tercapainya tujuan pembelajaran , termotivasinya anak akan keingin untuk pembelajaran yg akan datang
4.Dari kegiatan tersebut kita sebagai guru harus lebih banyak belajar , kreatif dan inovatif untuk mengembangkan permainan ” yang lebih di sukai dan menyenangkan bagi anak ,agar tujuan pembelajaran tercapai.
Terimakasih 🙏.
Nama : SOLYANTI
NIM : 857978871
Seri Pengembangan Kognitif PAUD
– Sulit mengenal konsep bilangan
Naskah oleh : Neti Hernawati
Penelaah materi : Siti Aisyah
Penelaah media : Trini Prastati
Sutradara : Donny Harsabudhi
Presenter : Paramitha Purnama
Dalam video ini anak diajak guru untuk mengenal konsep bilangan, yaitu anak diajak bermain bola di dalam kelas dengan mengambil dan menghitung bola dari aba- aba dan perintah guru. Anak bergantian satu per satu.
Adapun tehnik konsep bilangan kepada anak diantaranya yaitu a) Sebelum memulai mengerjakan tugas pada anak , guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu, dan juga tepuk. b) Guru juga dapat memberikan lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya, c) Dapat memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil spidol sejumlah yang diperintahkan guru tanpa salah yaitu berupa syempel bintang di tangannya.
Nama: Siti Nur Asiyah
NIM: 858162578
Dalam vidio tentang “sulit mengenal konsep bilangan” guru telah menggunakan metode pembelajaran yang sesuai. Guru mengajak anak-anak menghitung dengan menggunakan benda konkrit. Sehingga anak dapat mempraktikkan secara langsung. Adapun cara yang dilakukan guru apabila ada anak yang belum mampu dalam mengenal konsep bilangan. Cara tersebut antara lain menggunakan metode bernyanyi dengan lagu anggota tubuh, selain itu mengenal konsep bilangan bisa juga melalui tepuk. Guru juga dapat memberikan lembar kerja dengan menghubungkan banyak benda dengan lambang bilangan atau melingkari angka yang sesuai dengan banyak bilangan.
Namun, di vidio hanya menjelaskan tentang anak yang belum mampu dalam berhitung saja. Padahal pada pembelajaran ada anak yang sudah mampu berhitung, namun belum mampu mengenal lambang bilangan.
NAMA : NAZILA LAILATUL QODRI
NIM : 859164718
Dalam vidio diatas (sulit mengenal konsep bilangan).guru menggunakan metode yang sangat membantu anak didik kita. Belajar menghitung menggunakan bola dapat membantu anak didik untuk memahami konsep tersebut dan tidak membosankan bagi anak-anak didik .Adapun cara yg dilakukan guru atau teknik sebelum belajar ialah;
-Sebelum memulai pelajaran guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan lagu dan tepuk,
– memberikan penguatan pada anak dengan cara mengambil spidol sejumlah yang diperintahkan guru.
Dalam video “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” tersebut menggambarkan bahwa proses pembelajaran pengenalan bilangan dengan cara sambil bermain. Guru mengajak membilang dengan cara mengambil bola dan kemudian membilangnya bersama-sama. Selain itu guru juga memberikan selingan dengan bernyanyi bersama, serta tepuk bersama agar anak senang dan tidak bosan. kemudian guru memberikan tugas kepada anak dengan melingkari gambar sesuai bilangan, untuk mengetahui sejauh mana anak memperhatikan keterangan guru. dan pada akhir pembelajaran guru memberikan penguatan berupa reward kepada anak yang bisa menjawab dengan benar, sehingga anak merasa bangga dan senang karena pendapatnya dihargai oleh guru.