silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Misja Zubaidah
    858447295
    Upbjj samarinda
    Mohon izin menanggapi
    Tehnik yang dilakukan oleh guru dalam mengenalkan bilangan kepada anak sudah sangat baik. Guru juga memberikan motivasi kepada anak sehingga anak lebih senang belajar.

  2. Menurut saya, tehnik yang di berikan guru tersebut bagus sekali. Anak sudah mengenal konsep berhitung /angka dari awal sebelum kegiatan inti di mulai, yaitu melalui lagu dan tepuk.
    Dilanjutkan dengan pembelajaran inti mengenal konsep berhitung dari penjumlahan dan pengurangan bahkan mengenal konsep warna dari spidol. Pada intinya anak mmapu menguasai konsep berhitung atau angka tanpa terbebani, dengan sendirinya anak menguasainya karena ada sela – sela permainan yang dibubuhkan konsep pembelajaran. Suatu pembelajran yang menyenangkan

  3. Ringkasan pada vidio ini menurut saya bahwa hasil vidio ini menerangkan tentang mengenal benda, gambar, lagu dan tepuk melalui konsep bilangan.
    Misalnya : guru menyuruh anak membawakan bola yang berada pada tempatnya.
    Misalnya si A membawakan bola 4 lalu berhitung bolah bersama-bersama.
    Si B mengambil bola 7 lalu anak mengambilnya dan memberikan bola kepada gurunya dan setelah itu menghitung bersama-bersama, ternyata yang di ambil oleh si B ini ada 6 bola, berarti masih kurang 1, lalu ibu guru pun menyuruhnya untuk mengambilkan satu bola lagi dan menghitung bersama-bersama lagi.
    Selain dengan permainan, anak pun bisa mengenal konsep melalui lagu dan tepuk tangan seperti menyanyikan lagu dua mata saya dan tepuk 1,2,3 dsb.
    Dan bisa juga melalui gambar atau benda-benda. Seperti memasangkan benda sesuai bilangannya dan melingkari gambar sesuai bilangannya.
    Menurut pendapat saya pasti ada kekurangan dan kelebihannya
    Kekuranganya :
    • Ketika anak menerima spidol memakai tangan kiri, guru tidak memberi tahu/ menegur yang seharusnya menerima tangan kanan.
    • ketika mengenalkan gambar, seharusnya gambar nya lebih besar, supaya anak-anak terlihat dengan jelas.
    Kelebihannya :
    • guru sudah menguasai materi, sehingga dengan cara bertepuk anak-anak menjadi bersemangat dan tidak bosan.
    • guru mengenalkan bilangan dengan cara bahan-bahan yang mudah di cari.

  4. Kelebihannya :
    • guru sudah menguasai materi, sehingga dengan cara bertepuk anak-anak menjadi bersemangat dan tidak bosan.
    • guru mengenalkan bilangan dengan cara bahan-bahan yang mudah di cari.

  5. Menurut pendapat saya pasti ada kekurangan dan kelebihannya
    Kekuranganya :
    • Ketika anak menerima spidol memakai tangan kiri, guru tidak memberi tahu/ menegur yang seharusnya menerima tangan kanan.
    • ketika mengenalkan gambar, seharusnya gambar nya lebih besar, supaya anak-anak terlihat dengan jelas.
    Kelebihannya :
    • guru sudah menguasai materi, sehingga dengan cara bertepuk anak-anak menjadi bersemangat dan tidak bosan.
    • guru mengenalkan bilangan dengan cara bahan-bahan yang mudah di cari.

  6. Nama : Angela Wahyu Septianti
    Nim : 857746835

    Dalam video “Anak yang sulit mengenal lambang bilangan”, guru berhasil menjelaskan konsep bilangan dan mendemonstrasikannya melalui penggunaan permainan, media, bernyanyi, dan tepuk. Selain itu, anak-anak diberikan tugas untuk memastikan bahwa mereka memahami materi yang telah diberikan dan diberikan reward berupa tanda bintang untuk meningkatkan motivasi. Meskipun demikian, terlihat jelas bahwa permainan yang dilakukan tidak terlalu beragam dan beberapa anak terlihat kurang antusias. Oleh karena itu, guru selalu menciptakan permainan yang menantang dan menyenangkan untuk memastikan bahwa siswa tetap tenang saat belajar tentang laporan keuangan. Selain itu, sangat penting untuk membantu anak-anak memahami materi dengan cara yang lebih baik dengan mengedepankan penggunaan media yang berbeda satu sama lain.

  7. Menurut saya, pada video pembelajaran, cara ibu guru sudah tepat dalam mengenalkan bilangan kepada anak didik dengan menghitung sambil bermain, menggunakan lagu dalam berhitung dengan menghitung anggota tubuh. Memotivasi anak dengan memberikan reward berupa bintang pada anak yang dapat membilang/berhitung dengan benar. Tetapi sedikit kelemahannya, anak terlihat kurang antusias mungkin karena ibu guru terlalu dominan dalam proses pembelajaran.

  8. Nama : Siti Suwaebah
    NIM : 857293385
    Universitas Terbuka
    Fakultas : PGPAUD
    Semester : 9 (Sembilan)

    Berdasarkan video diatas mengenai aspek pengembangan kognitif yaitu sulit mengenal konsep bilangan, metode tersebut cukup baik dan menarik. Namun, alangkah lebih tepatnya metode tersebut di fokuskan apakah untuk kelompok A atau B agar hasilnya lebih baik. Walaupun sebenarnya metode tersebut dapat di gunakan untuk kelompok A dan B hanya saja di bedakan dari tingkat kesulitannya karena melihat dari capaian perkembangan berdasarkan usia. Dari beberapa kegiatan yang telah dipaparkan salah satu pada kegiatan anak mengambil bola sesuai instruksi dari ibu guru dapat saja dilaksanakan di luar atau lapangan karena sepertinya anak akan lebih menarik melakukannya serta alangkah lebih baik anak dilibatkan juga ketika menghitung bola yang sudah diambil olehnya. Dan untuk LK (Lembar Kerja) alangkah lebih baik berwarna agar anak lebih menarik. secara keseluruhan metode yang digunakan sudah cukup baik, dalam hal meningkatkan aspek pengembangan apapun salah satunya seperti aspek pengembangan kognitif perlu adanya stimulus atau pengulangan dan media yang bervariasi atau menarik.

  9. Nama: Muslicha
    NIM : 857163552
    Program : S1- PGPAUD AKPMM
    Semester: 2
    Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
    Lokasi : di dalam kelas

    Dalam video yang ditayangkan dalam pengenalan konsep bilangan yang diajarkan guru sudah cukup jelas. Guru mengajak anak membilang dengan bentuk permainan dan lagu, dalam bentuk permaian seperti mengambil bola sesuai dengan jumlah angka yang disebutkan, akan tetapi guru perlu menyertakan pula bentuk dari angka -angka yang disebutkan bisa dalam bentuk flas card, sehingga anak akan lebih jelas dalam mengenal konsep bilangan. untuk benda-benda yang dipergunakan agar lebih beragam lagi bisa 3 atau 4 macam benda dalam satu kegitatan permainan.

    Guru memberikan pengutan berupa reword kepada anak yang berhasil menyelesaikan kegiatan dengan benar bentuk reword berupa setempel bentuk bintang hal ini bisa menjadi motivasi dan lebih semangat buat
    anak. contoh bentuk reword yang lain bisa berupa emoiji senyum atau kertas bentuk bintang yang bisa
    dikumpulkan dalm kantong prestasi masing-masing anakyang ada dikelas.

  10. Nama : Izzah Lidina
    NiIM :858165914
    Pokjar : UT Lamongan 2022.2

    Cara pembelajaran mengenalkan bilangan kepada anak-anak sudah bagus. Dalam video tersebut guru menggunakan benda konkret untuk mengenalkan bilangan sehingga anak mudah untuk memahaminya. Selain itu guru juga mengajak anak untuk bernyanyi mengenal bilangan hal tersebut membuat siswa senang dan tidak bosan selama kegiatan belajar berlangsung.
    Terimakasih atas edukasinya

Leave a Reply