silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Rizki Prihamsari
NIM : 857971743
POKJAR : Gunungkidul Yogyakarta
Menurut hasil pengamatan saya terhadap video tersebut, secara garis besar guru sudah bagus dalam mengajarkan berhitung. Yang semula hanya terlihat monoton menghitung bola saja dan terlihat kurang menarik bagi anak, setelah guru berinovasi dengan metode pembelajaran lain, tentu menumbuhkan minat anak dalam belajar berhitung. Hanya saja sedikit saran saya,
1. Agar media dan alat pembelajaran supaya lebih beragam lagi, seperti : memakai biji-bijian, kerang, batu, botol bekas, dan sebagainya, dan berilah angka, agar anak mengambil sesuai angkanya, tentu anak akan senang sekali.
2. Pembelajaran dapat dilakukan di luar kelas agar tercipta suasana baru yang tidak membosankan. Seperti : anak diberi kaleng bilangan dan mencari batu kerikil diluar, menghitung pohon disekitar sekolah, memetik daun dan menghitung.
Sebagai guru, menciptakan kegiatan yang menyenangkan adalah sebuah kewajiban. Karena prinsip di taman kanak kanak adalah “bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain” Terimakasih.
Nama : Rizki Prihamsari
NIM : 857971743
POKJAR : Gunungkidul Yogyakarta
Menurut hasil pengamatan saya terhadap video tersebut, secara garis besar guru sudah bagus dalam mengajarkan berhitung. Yang semula hanya terlihat monoton menghitung bola saja dan terlihat kurang menarik bagi anak, setelah guru berinovasi dengan metode pembelajaran lain, tentu menumbuhkan minat anak dalam belajar berhitung. Hanya saja sedikit saran saya,
1. Agar media dan alat pembelajaran supaya lebih beragam lagi, seperti : memakai biji-bijian, kerang, batu, botol bekas, dan sebagainya, dan berilah angka, agar anak mengambil sesuai angkanya, tentu anak akan senang sekali.
2. Pembelajaran dapat dilakukan di luar kelas agar tercipta suasana baru yang tidak membosankan. Seperti : anak diberi kaleng bilangan dan mencari batu kerikil diluar, menghitung pohon disekitar sekolah, memetik daun dan menghitung.
Sebagai guru, menciptakan kegiatan yang menyenangkan adalah sebuah kewajiban. Karena prinsip di taman kanak kanak adalah “bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain” Terimakasih.
Nama : NUR TANTY SETIOWATI
NIM : 858169889
POKJAR : Tulanngan Sidoarjo
menurut hasil pengamat saya terhadap vidio tersebut, guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan berbagai macam teknik menurut saya bagus karena anak-anak bisa bermain sambil belajar, seperti berhitung menggunakan alat peraga bola dengan bentuk bola bulat kecil dan warna-warni anak jadi lebih mudah berhitung bisa juga mengenal warna juga, dan berhitung menggunakan tepuk juga bagus melatih konsentrasi anak. dan yang terakhir memberi tugas berupa gambar sehingga anak suka dan tak lupa guru memberikan reword untuk anak yang menyelesaikan tugas dengan benar.
Nama : Oryza sativa dewi
Nim : 857761956
Judul video : Sulit mengenal konsep bilangan
Pengemban video : Netti hernawati
Lokasi : Di dalam kelas
Kelompok : Tk
1.Guru harus memahami teknik mengenal konsep bilangan seperti di atas , yaitu :
-Guru memberi kegiatan anak membilang dengan permianan lagu dan tepuk
-Guru memberi kegiatan memasangkan benda dengan lambang bilangan , serta melingkari benda sesuai lambang bilangan
-Guru memberi apresiasi kepada anak yang telah berhasil , berupa pemberian stempel bintang di tangan
Nama : Aina Uzzahro
Nim : 858674594
UPBJJ UT SURABAYA Pokjar Waru
menurut saya, video tersebut sangat membantu anak untuk mengenal konsep bilangan dan juga mempermudah anak untuk mengingat apa yang ia pelajari. Sebagai guru harus memahami bagaimana cara mengenalkan konsep bilangan pada anak supaya anak-anak lebih cepat memahami bilangan. Adapun sebagian murid yang masih belum bisa mengenal bilangan dengan sempurna maka dari itu guru wajib melatih anak didiknya dengan cara yang mudah dipahami oleh anak didik. Sekian…
Nama :njileken angelia br Tarigan
NIM 859870734
Program studi PGPAUD
konsep bilangan dan menbilang jumlah benda sudah bagus. Karena dilakukan dengan permainan, media bola, bernyanyi dan tepuk. Setelah itu anak diberikan tugas untuk mengetahui sejauh mana anak menerima materi yang diberikan guru. Guru tersebut juga memberikan reward berupa pemberian tanda bintang kepada anak yang dapat membilang benda dengan benar.
Saran saya untuk penggunaan media lebih beragam dan memilih permainan yang menyenangkan.
UPBJJ Malang Pokjar Kota Kediri Menurut saya cara guru mengenalkan konsep bilangan dan menbilang jumlah benda sudah bagus. Karena dilakukan dengan permainan, media bola, bernyanyi dan tepuk. Setelah itu anak diberikan tugas untuk mengetahui sejauh mana anak menerima materi yang diberikan guru. Guru tersebut juga memberikan reward berupa pemberian tanda bintang kepada anak yang dapat membilang benda dengan benar. Saran saya untuk penggunaan media lebih beragam dan memilih permainan yang menyenangkan.
Nama: Okliya pradesi
NIM :857844948
Judul video: Sulit mengenal konsep bilangan
Menurut hasil pengamatan saya proses mengajar secara keseluruhan sudah bagus guru menggunakan tehnik mengenalkan konsep bilangan dengan berbagai cara diantaranya;
1. Mengajak anak bermain mengambil bola didalam keranjang sesuai jumlah yang disebutkan guru lalu menghitung bersama-sama semua anak diajak menghitung bola yang diambil teman sdh sesuai prinsip belajar anak yaitu anak adalah pembelajar aktif.
2. Mengenalkan konsep bilangan menggunakan lagu dan tepuk ini akan mempermudah anak untuk mengingat dan memahami konsep bilangan, ini juga bisa menjadi ice breaking ditengah proses pembelajaran supaya anak tidak bosan.mengenal bilangan dengan tepuk akan melatih kosentrasi anak,anak akan fokus mendengar dan mewnghitung jumlah tepukan.
3. Memakai LK lembar kerja yaitu memasangkan jumlah gambar dengan bilangan yang tepat dibawahnya
4. Memberikan reward/pujian kepada anak yang mampu menyelesaikan tugas
Guru sudah tepat dengan menggunakan stategi pembelajaran “Meningkatkan keterlibatan indra”Anak secara langsung memperoleh pengalaman secara langsung dengan mengambil bola lalu menghitung secara bersama-sama,Guru juga menerapkan strategi analisis tugas dengan menggunakan LK,sebelum memberi tugas guru menjelaskan dan memberi contoh menghitung benda yang ada di gambar lalu melingkari bilangannya,Guru juga memberikan penghargaan efektif dengan memberikan pujian kepada anak dan memberikan reward berupa cap bintang ditangan,guru juga menggunakan media konkret menghitung spidol dalam video pembelajaran diatas guru dapat melakukan asesmen dengan Observasi dan juga hasil karya yaitu lembar LK
Nama : Nina Rosdiana
NIM : 857496414
Prodi : PGPAUD
UPBJJ : Bandung
Video pembelajaran dalam mengenal komsep bilangan dengan cara permainan dan bernyanyi sudah sangan baik dilakukan. Memperkenalkan angka pada anak usia dini yang dikemas melalui permainan benda-benda ataupun nyanyianakan lebih memudahkan anak dalam menerima pembelajaran, karena anak belajar dengan hati senang yang secara tidak langsung anak sedang belajar menyebutkan angka bilangan dengan konsep membilang benda dan menyebutkan jumlah anggota tubuh.
menurut pendapat saya dalam video tersebut apa yang sudah dilakukan guru dalam menyampaikan pembelajaran mengenal konsep bilangan sudah benar. ketika mengenalkan konsep bilangan pada anak guru sudah menggunakan media pembelajaran langsung seperti permainan bola, anak di suruh mengambil jumlah bola sesuai dengan apa yang diperintahkan guru. selain dengan media bola juga bisa dengan menyanyi dan bertepuk tangan selanjutnya anak di berikan lembar kegiatan /lembar kerja untuk dukerjakan anak agar lebih meningkatkan pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan
selain dengan media tersebut bisa juga menggunakan media kartu angka yang bervariasi/ berwarna warni agar lebih menarik anak
Nama : Nina Rosdiana
NIM : 857496414
Prodi : PGPAUD
UPBJJ : Bandung
Judul video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Video pembelajaran dalam mengenal komsep bilangan dengan cara permainan dan bernyanyi sudah sangan baik dilakukan. Memperkenalkan angka pada anak usia dini yang dikemas melalui permainan benda-benda ataupun nyanyianakan lebih memudahkan anak dalam menerima pembelajaran, karena anak belajar dengan hati senang yang secara tidak langsung anak sedang belajar menyebutkan angka bilangan dengan konsep membilang benda dan menyebutkan jumlah anggota tubuh.