silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Menurut saya dalam menstimulasi murid untuk pengenalan bilangan sudah bagus, guru tersebut melalui permainan dan tepuk untuk pengenalan bilangan, karena anak lebih menyukai cara yang seperti ini daripada yang harus terfokus dengan buku apabila terlalu terfokus maka anak akan bosan dan gaduh. Teknik bernyanyi dengan menebutkan bilangan dengan menyebutkan anggota tubuh sesuai dengan bilangan yang diucapkan, melalui pemasangan lembar kerja dengan cara melingkari bilangan akan membuat anak jauh lebih mudah dipahami.
    Melalui permainan mengambil bola secara bergantian dapat melatih kecerdasan emosial anak, anak dapat melatih dalam pemecahan masalah. Teknik penguatan yang dapat dilakukan apabila anak telah dapat mengambil bilangan yang sesuai maka dapat kita lakukan dengan memberikan reward berupa setempel berupa bintang pada tangan, atau pemberian hadiah sederhana.

  2. Nama : Ucin Chintia Devi
    Nim : 859029488
    Prodi : 121-PGPAUD
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Mohon izin menanggapi video diatas. Menurut pendapat saya mengenai video diatas adalah metode yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran sudah sangat baik, menggunakan media yang dapat menarik minat anak dan secara nyata dapat digenggam anak dan dihitung oleh anak. Saat menjelaskan juga posisi guru dan anak-anak sudah baik, yaitu saling berhadapan sehingga dapat disimak oleh semua anak. Namun, ada baiknya saat selesai menghitung bola guru dapat juga memperlihatkan simbol angka sesuai dengan jumlah bola tersebut agar anak dapat lebih memahami jumlah dan simbol angka dari jumlah tersebut. Guru dapat menulisnya pada papan kecil yang dapat dipegang ataupun menggunakan media belajar seperti “Cards” yang berisi angka.

    Terima Kasih.

  3. Nama : Imroatul mukhassona
    Nim : 858169714
    Prodi : SI PG PAUD
    Saya mengambil judul video sulit mengenal konsep bilangan
    Menurut pendapat saya video yang dilakukan guru dalam pengembangan bidang kognitif yaitu mengenalkan konsep bilangan pada anak. Ketika mengenalkan konsep bilangan Ibu guru menggunakan media pembelajaran berupa media permainan bola, yaitu anak disuruh mengambil jumlah bola sesuai ucapan Ibu guru, dan juga anak di suruh tepuk-tepuk dan bernyanyi. Terlihat anak semua berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.

  4. Nama : Sulistiyani
    NIM : 857971467
    Prodi : PG PAUD

    Video yang saya amati adalah tentang ” sulit mengenal bilangan ”
    Konsep bilangan merupakan salah bagian dari perkembangan kognitif anak.Ada beberapa hal yang saya amati antara lain :
    1. Secara umum micro teaching yang dilakukan guru sudah baik dengan menggunakan metode permainan untuk menarik minat anak untuk mengenalkan angka dengan konsep sederhana yaitu dengan mengambil jumlah bola.
    2. Saat guru mengajar,anak-anak terlihat kurang antusias dan terkesan guru lebih banyak memberikan bantuan jawaban ke anak dalam berhitung.Akan lebih optimal lagi jika anak diberikan kesempatan sendiri untuk menebak jumlah bilangannya sampai betul-betul anak kesulitan dan meminta bantuan ke guru.
    3. Media pembelajaran yang dipakai bisa lebih bervariasi lagi agar anak bisa memilih permainan yang mereka sukai dengan konsep yang sama yaitu mengenal bilangan.
    4. Pemberian reward stempel menambah semangat dan rasa bangga terhadap anak karena anak merasa dihargai oleh guru.

  5. NAMA : DEWINTA YUNITA
    NIM : 857495516

    Pada video micro teaching di atas pendidik sangat pandai membimbing anak-anak mengenal konsep bilangan dengan memperhatikan beberapa aspek perkembangan, seperti mengatakan “Subhanallah” ketika anak melalukan seesuatu (aspek agama dan moral), mengambil dan menggenggam bola (aspek fisik motorik), menghitung banyaknya bola yang diambil dengan yang diperintahkan pendidik (aspek kognitif), memotivasi anak lain agar tidak mengolok ketika temannya salah mengambil bola namun memberi dukungan agar temannya semakin tertarik belajar mengenai bilangan serta mengapresiasi ketika anak dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dengan berkata “wah hebat” (aspek sosial emosional). Selain itu, pendidik juga menyisipkan gerak dan lagu agar anak-anak mengenal konsep bilangan dalam contoh yang konkret “dua mata saya, hidung saya satu”, serta pendidik memberikan materi pembelajaran melalui wadah bermain yang menyenangkan anaka. Hal ini sesuai dengan karakteristik anak yaitu anak belajar melalui bermain

  6. Nama : Auli Syafa Nurani
    NIM : 857607472

    Video yang menarik, dalam video upaya yang telah dilakukan guru dalam kegiatan mengenal konsep bilangan sudah baik. Dimana guru melakukan berbagai upaya dari mulai melalui nyanyian, tepuk dan permainan serta dilengkapi dengan lembar kerja anak yang dapat membantu anak lebih mudah dalam mengenal konsep bilangan. Guru juga sudah baik dalam memberikan feedback kepada anak yang berupa reward. Dari mulai verbal seperti ucapan hingga reward berupa stempel bintang pada anak yang telah berhasil. Tentunya masih banyak lagi upaya yang dapat dilakukan oleh seorang guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak.

  7. Bismillah menanggapi video pembelajaran tersebut, didalam video pembelajaran tersebut guru sangat kreatif didalam menyampaikan konsep bilangan terhadap anak, namun ada saja memang kesulitan yang ditemukan didalam pembelajaran ketika anak tidak mengenal konsep bilangan, didalam evaluasi pembelajaran guru dapat menilai dengan mudah dengan sistem bergiliran dengan metode bermain 1 yaitu dengan bermain bola, yang kedua dengan teknik penugasan dan terakhir guru memberikan apresiasi terhadap anak yaitu dengan memberikan tanda bintang terhadap anak, bila prinsip evaluasi menggunakan teknik pendekatan terhadap anak maka akan dengan mudah guru dapat menilai siswa.

  8. Nama : Siti Maftukhah
    NIM :857836428
    Matkul : Pematapan Kemampuan Proofesional
    Program Study : PGPAUD
    UPBJJ : Surakarta
    Judul: Anak sulit mengenal konsep bilangan
    Nama pengembang: NETTI HERNAWATI
    Kelompok : Anak TK
    lokasi : di dalam Kelas
    Analisis Video
    1. Dalam Video pembelajaran tentang kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan.anak- anak mengikuti kegiatan dengan antusias namun juga ada beberapa yang masih mainan sendiri saat berkegiatan
    2. Kelemahan guru dalam melakukkan pembelajaran
    – Guru tidak memberi contoh terlebih dahulu saat berkegiatan anak- anak langsung melakukkan kegiatan
    – Guru pendamping tidak membantu mengkondisikan murid saat pembelajaran
    – Guru tidak menggunakan Ape saat mengenalkan bilangan
    3. Kelebihan guru dalam melakukkan pembelajaran
    Metode yang digunakan guru sudah tepat, guru memberikan beberapa cara bagaimana anak dapat mengenal konsep bilangan seperti
    – Bermain mengambil bola di dalam keranjang dengan jumlah bola sesuai intruksi guru
    – Menyanyikan lagu tentang anggota tubuh
    – Bertepuk dengan menggunakan konsep bilangan
    – Menghitung jumlah benda pada gambar
    – Membuat alat peraga kemudian anak-anak diminta untuk meletakkan sejumlah benda sesuai dengan lambang bilanganya
    – Memasangkan benda sesuai dengan jumlahnya
    – Melingkari benda sesuai dengan jumlahnya
    – Guru memberi reward kepada anak setelah berkegiatan
    4. Hal yang unik saat guru melakukkan pembelajaran
    – Guru menggunakan bahasa inggris disela-sela proses pembelajaran
    – Guru memberikan reward kepada anak berupa stempel bintang di tangan anak
    5. Upaya untuk meningkatkan pembelajaran dalam video ini adalah
    • Sebaiknya saat bermain mengambil bola dapat di lakukkan di luar kelas lebih luas
    • Guru memberikan pemahaman cara bermain terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan
    • Saat mengambil bola ada 2/3 anak yang mengambil bersamaan agar anak berkompetisi saat mengambil bola dengan jumlah yang sesuai dengan intruksi guru seperti perlombaan
    • Sebaiknya guru juga menggunakan media kartu angka jadi anak juga bisa langsung mengenal bentuk angka
    • Anak yang menghitung sendiri jumlah bola yang di ambil
    • Sebaiknya kegiatan melingkari gambar sesuai dengan jumlahnya di ganti dengan menempelkan angka sesuai dengan jumlahnya

  9. Nama : Siti Nur Jannah
    NIM : 857762901
    PRODI :PGPAUD

     Judul : Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan
     Nama Pengembang Video : Netti Hernawati
     Lokasi : Ruang Kelas

    Video pemlebalajaran diatas tentang Sulitnya Anak Mengenal Konsep Bilangan sudah bagus seorang guru mengajak anak untuk bernyanyi tentang konsep bilangan kemudian ia juga sudah menggunakan media bola dan memberikan reward kepada peserta didik yang sudah mampu mengenal konsep bilangan, namun alangkah lebih bagusnya lagi, beliau membuat kegiatan semenarik mungkin dengan cara bermain sambil belajar agar anak tidak terlihat jenuh dan senang saat melakukan kegiatan, seperti mengambil kartu angka kemudian anak mengambil bola yang sudah disediakan sesuai dengan kartu angka yang sudah dia ambil sebelumnya.

  10. Menurut pendapat saya, guru sudah bagus dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak, dengan media bola. Guru meminta anak untuk mengambil bola sebanyak bilangan yang diperintahkan. Selain itu, guru juga mengenalkan konsep bilangan dengan bernyanyi lagu “Dua mata saya”, tepuk “Tepuk 1, tepuk 2 dan lain sebagainya” selain mengajarkan konsep bilangan dengan bermain tepuk guru juga dapat melatih konsentrasi anak. Selanjutnya guru mengajak anak untuk mengenal konsep bilangan dengan melingkari lambang bilangan pada lembar kegiatan sesuai dengan jumlah benda. Pada kegiatan ini, guru menjelaskan dan memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa, agar siswa lebih memahami apa yang harus dikerjakannya. Setelah itu guru memberikan penguatan kepada anak berupa bintang bagi anak yang telah berhasil mengambil spidol sesuai yang diperintahkan oleh guru tanpa salah.

Leave a Reply