silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Nama : Sylviani
    NIM :857076245
    Matkul : Pematapan Kemampuan Profesional
    Program Study : PGPAUD S1 AKPMM
    Semester : 8
    POKJAR KALIDERES JAKARTA
    Judul: Anak sulit mengenal konsep bilangan
    Analisis Video
    1. Dalam Video pembelajaran tentang kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan.anak- anak mengikuti kegiatan dengan antusias namun juga ada beberapa yang masih mainan sendiri saat berkegiatan
    2. Kelemahan guru dalam melakukkan pembelajaran
    – Guru tidak memberi contoh terlebih dahulu saat berkegiatan anak- anak langsung melakukkan kegiatan
    – Guru pendamping tidak membantu mengkondisikan murid saat pembelajaran
    – Guru tidak menggunakan Ape saat mengenalkan bilangan
    3. Kelebihan guru dalam melakukkan pembelajaran
    Metode yang digunakan guru sudah tepat, guru memberikan beberapa cara bagaimana anak dapat mengenal konsep bilangan seperti
    – Bermain mengambil bola di dalam keranjang dengan jumlah bola sesuai intruksi guru
    – Menyanyikan lagu tentang anggota tubuh
    – Bertepuk dengan menggunakan konsep bilangan
    – Menghitung jumlah benda pada gambar
    – Membuat alat peraga kemudian anak-anak diminta untuk meletakkan sejumlah benda sesuai dengan lambang bilanganya
    – Memasangkan benda sesuai dengan jumlahnya
    – Melingkari benda sesuai dengan jumlahnya
    – Guru memberi reward kepada anak setelah berkegiatan
    4. Hal yang unik saat guru melakukkan pembelajaran
    – Guru menggunakan bahasa inggris disela-sela proses pembelajaran
    – Guru memberikan reward kepada anak berupa stempel bintang di tangan anak
    5. Upaya untuk meningkatkan pembelajaran dalam video ini adalah
    • Sebaiknya saat bermain mengambil bola dapat di lakukkan di luar kelas lebih luas
    • Guru memberikan pemahaman cara bermain terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan
    • Saat mengambil bola ada 2/3 anak yang mengambil bersamaan agar anak berkompetisi saat mengambil bola dengan jumlah yang sesuai dengan intruksi guru seperti perlombaan
    • Sebaiknya guru juga menggunakan media kartu angka jadi anak juga bisa langsung mengenal bentuk angka
    • Anak yang menghitung sendiri jumlah bola yang di ambil
    • Sebaiknya kegiatan melingkari gambar sesuai dengan jumlahnya di ganti dengan menempelkan angka sesuai dengan jumlahnya

  2. Menurut saya pengenalan konsep bilangan yang ada di video diatas sudah sangat bagus, karena dilakukan dengan kegiatan yang mudah di mengerti anak dengan konsep bermain yang memang identik dengan anak usia dini, melakukan kegiatan pengenalan konsep bilangan dengan cara mengambil bola sesuai jumlah yang di tentukan, melingkari bilangan sesuai jumlah gambar, dan melakukan gerakkan tepukan dengan angka yang disebutkan sangat disukai oleh anak usia dini, dengan begitu anak akan merasa bahagia dengan bahagia maka anak akan lebih mudah memahami dan mengingat apa yang sedang di ajarkan tanpa adanya rasa takut dan kurang percaya diri karena guru mengajarkan dengan ceria dan ramah akan membuat anak merasa senang dan aman.

  3. Nama: Wilandaoni Sibarani
    Nim : 857065504
    Prodi : S1 PGPAUD
    Semester : 8
    UT Jakarta
    Judul video: Sulitnya mengenal konsep lambang bilangan

    Setelah menyaksikan tanyan video “sulitnya mengenal konsep lambang bilangan” diatas, saya melihat bahwa cara guru sudah bagus dalam menghitung benda sambil membilang angkanya sambil bermain menggunakan media bola namun ada beberapa hal yang masih kurang. Menurut saya dalam mengenalkan konsep lambang bilangan, sebaiknya:

    1. Sebelum mengajarkan “lambang bilangan” untuk anak usia dini, adakalnya kita mengenalkan lebih dulu bentuk angka 1-10 baik itu dengan nyanyian, atau dengan kartu angka bergambar, atau dengan mengajak bertepuk sambil membilang, sehingga anak-anak merasa senang dan tidak merasa bosan.

    2. Selanjutnya barulah guru bercerita tentang tema pada hari itu, seperti tema “kendaraan di darat” dan guru menyediakan benda-benda yang terkait seperti mainan mobil-mobilan, mainan sepedaan, mainan kereta, dan sebagainya.

    3. Selanjutnya guru bisa mengajak anak bermain angka menggunakan media disekitarnya seduai dengan tema pembelajaran. Hal ini sangat mempengaruhi dalam proses pembelajaran mengenal bilangan. Anak-anak dapat mengenal konsep lambang bilangan sambil memegang/menyentuh benda secara langsung

    4. dalam permainan angka dengan benda, guru dapat memanggil satu anak secara bergantian sambil guru meminta anak mengambil benda sebanyak angka yang disebutkan oleh guru tersebut.

    5. Setelah menghitung bersama anak-anak yang lain dari benda yang diambil oleh temannya, misalkan guru membilang angka 6, lalu anak mengambil sebanyak 6, dan mengajak anak-anak yang lain untuk menghitung besama, jika bendanya sesuai dengan jumlah yang disebutkan, Guru sebaiknya menuliskan kembali bentuk angka 6 dipapan tulis atau bisa juga guru menunjukkann kartu angka 6. hal ini sangat penting untuk dilakukan sehingga anak dapat memahami dengan benar bentuk angkanya, tidak hanya pada menghitung bendanya, tetapi yang perlu ditekaknkan disini adalah bentuk/konsep angkanya.

    6. selanjutnya guru bisa memberikan reward kepada anak yang berhasil tadi seperti memberikan “aplause/tepuk tangan” atau stem bintang sebanyak 5.

  4. Nama: Shirley
    NIM: 857066126
    PRODI: PGPAUD 122 semester 8
    Video: Sulit mengenal konsep bilangan

    Dalam video pembelajaran tersebut menurut saya, guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan metode yang baik dan menyenangkan dalam mengenalkan konsep bilangan 1-10, kemudian membilang sambil bernyanyi dengan bertepuk tangan dan gerak lagu, dan dilanjutkan dengan permainan mengambil bola sesuai jumlah angka yang diinstruksikan lalu guru memberikan lembar kerja anak dan memberikan penghargaan kepada anak yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar.

    Kelebihan video pembelajaran:
    1. Metode pengenalan konsep bilangan yang guru gunakan sudah baik dengan membilang benda yang ada di sekitar, bernyanyi bersama dengan alat peraga dan berhitung dengan tepuk tangan.
    2. Guru mengajak anak-anak untuk menghitung bola yang telah diambil, kemudian guru mengevaluasi anak-anak apakah sudah sesuai dengan instruksi yang sudah disampaikan guru.
    3. Guru menjelaskan kepada anak-anak sebelum memberikan lembar kerja untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak untuk tugas yang akan dikerjakan.
    4. Guru menggunakan kosakata bahasa inggris dalam mengajar kepada anak sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran.
    5. Guru memberikan apresiasi berupa stempel gambar bintang kepada peserta didik yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.

    Hal-hal yang perlu dilakukan perbaikan:
    1. Anak terlihat kurang antusias, ada anak yang menguap dan mengantuk,dan ada anak yang mengobrol dengan temannya. dan pada saat diajak bertepuk tangan untuk menyemangati teman yang mengambil bola, banyak yang tidak ikut bertepuk tangan.
    2. Guru tidak memberikan contoh dalam berhitung mengambil bola.
    3. Guru pendamping terlihat kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran
    4. Kegiatan pembelajaran berpusat pada guru karena guru tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk mengambil bola dan menghitung secara mandiri jumlah bola yang sudah diambil anak.
    5. Media yang digunakan guru kurang variatif karena hanya menggunakan bola saja karena ada sebagian anak kesulitan memegang bola.
    6. Contoh lembar kerja ditempelkan pada papan yang terdapat banyak tulisan, hal ini dapat mempengaruhi fokus anak.

    Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran:
    1. Kegiatan bermain bola dapat dilakukan di luar ruangan, agar anak lebih leluasa untuk anak mengambil bola bersamaan seperti perlombaan. agar anak lebih semangat, dan yang menonton lebih antusias dalam menyemangati.
    2. Guru menjelaskan cara bermain terlebih dahulu kepada anak sebelum melakukan kegiatan pembelajaran.
    3. Guru pendamping dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti membantu anak lebih fokus dan membantu guru utama dalam memberikan pemahaman cara bermain.
    4. Guru menunggu anak selesai mengambil bola dan membiarkan anak untuk menghitung secara mandiri jumlah bola yang telah diambil.
    5. Guru dapat membuat media pembelajaran lebih bervariatif tidak hanya satu bentuk benda, bisa menggunakan mainan bentuk buah, bentuk geometri, atau bahan alam yang ada disekitar, membuat kartu warna-warni. guru dapat mengenalkan kartu angka untuk mengenalkan nama dan lambang bilangan, dan menghitung jumlah benda.

  5. Nama : ayu shintya
    Nim : 859033037
    Prodi : PG PAUD Semester 2

    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Seri : Pengembangan Kognitif PAUD
    Nama Pengembang Video : Netty Hernawati
    Lokasi : Ruang kelas
    Ringkasan Materi dalam Video :
    Dalam video ini pembelajaran dilakukan di dalam kelas, dan guru memanggil anak satu persatu lalu memerintahkan murid untuk mengambil bola sesuai dengan perintah guru kemudian guru memerintahkan semua murid untuk menghitung jumlah bola yang diambil, pada murid pertama jumlah bola yang diambil sesuai dengan perintah guru, namun pada murid yang kedua ini jumlah bola yang diambil tidak sesuai dengan yang diperintahkan, guru tersebut memerintahkan mengambil 7 bola tetapi murid hanya mengambil 6 bola kemudian murid tersebut diperintahkan untuk mengambil kekurangannya lagi 1 agar sesuai dengan jumlah yang di minta oleh guru

    Tanggapan saya terhadap vidio diatas :
    Menurut saya pada video tersebut cara guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak sudah bagus yaitu dengan menerapkan kegiatan bermain sambil belajar dan menyanyikan lagu yang berkaitan dengan konsep bilangan, dengan cara itu anak akan lebih mudah memahami konsep bilangan. Selain itu mengajak anak mengenal konsep bilangan dengan memberikan anak lembar kerja melingkari angka sesuai jumlah akan membuat anak mengetahui bentuk dari bilangan tersebut.

  6. Nama : Zainuddin
    NIM : 858935875
    Kesulitan mengenal konsep bilangan
    Setiap anak memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Ada anak yang berkembangan secara pesat ada pula yang lamban. Dalam video diatas permasalahan anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan. Anak tersebut belum mengenal bilangan dan jumlah benda. Guru meminta anak mengambil bola sejumlah 7 namun yang diambilnya sejumlah 6.
    Yang dilakukan guru dalam mengenalkan bilangan kepada anak dengan cara bermain mengambil bola sejumlah bilangan yang disebutkan sangat menarik bagi anak. karena anak akan menerka nerka tentang berapa banyak bola yang akan diambil saat guru memintanya untuk mengambilnya.
    motivasi juga dari guru adalah saat pemberian reward berupa support kalimat-kalimat positif, hal tersebut memberikan semangat kepada anak untuk terus belajar.

  7. Nama : Olivia
    NIM : 858752437
    Video : Sulit mengenal konsep Bilangan

    Dalam pembelajaran di video, Guru melakukan pembukaan dengan konsep berhitung dengan menggunakan bola. Guru mengajak anak melakukan langsung. Setelah itu Guru menjelaskan bagaiamana mengerjakan lembar kerja. Guru juga menggunakan tepuk dan lagu dalam pembelajaran konsep berhitung. siswa juga dapat belajar berhitung dengan bernyayi. Sebaiknya Guru dapat merancang 2 atau 3 aktivitas berhitung dalam proses pembelajaran sehingga anak dapat memilih aktivitas mana dulu yang di kerjakan. menghindari anak menunggu teman, anak yang telah selesai mengerjakan lember kerja dengan cepat. Guru juga mempunyai metode yang baik menangani anak yang salah dalam berhitung.

  8. Nama : Vidia Hartini
    Nim : 858732173
    Prodi: PGPAUD-BI
    menurut saya kegiatan guru pada video sudah menarik. Guru menggunakan berbagai alat peraga dalam mengenalkan konsep bilangan sehingga dapat menarik perhatian anak yang sulit dalam mengenal konsep bilangan. Guru juga sering kali memberi reward berupa pujian kepada siswa yang berani maju kedepan sehingga anak merasa termotivasi untuk berani maju kedepan
    Kelebihan:
    Pengenalan konsep bilangan disajikan secara menyenangkan kepada anak menggunakan benda-benda konkrit, karena anak TK cenderung tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Sehingga ketika melakukan pembelajaran dengan menggunakan benda konkrit anak akan termotivasi untuk terus memuaskan ketertarikannya pada benda konkrit tersebut.
    Kelemahan :
    pembelajaran tidak diawali dengan ice breaking terlebih dahulu, guru juga kurang melakukan interaksi dengan anak didik, sehingga anak – anak kurang semangat dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran.

  9. Nama : Azmil Mustaqorroh
    NIM : 858746053
    Prodi : PG PAUD BI
    Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang Video: Netti Hernawati
    Lokasi : Di Kelas

    Dalam mengajarkan anak untuk lebih mudah mengenal konsep bilangan yang ditayangkan di dalam video sudahlah benar. Sebelum mengajak anak mengenal angka, guru memberikan apersepsi dengan menyanyikan sebuah lagu/gerak dan lagu yang berhubungan dengan konsep bilangan. Dengan menggunakan media secara langsung, anak-anak lebih mudah dalam memahami konsep bilangan yaitu dengan cara ,Anak dapat menghitung jumlah teman perempuan dan laki-laki yang ada di kelas. Memasukkan bola pada keranjang-keranjang sejumlah bilangan yang tertempel dikeranjang. Masih banyak lagi cara-cara yang dapat dilakukan guru dengan berbagai kegiatan kreatif sehingga mampu membantu anak-anak dalam mengenal konsep bilangan.

  10. NAMA : Siti Komala Sari
    NIM : 857180161
    PGPAUD S-1 SEMESTER 8 KOTA TANGERANG

    Menurut pendapat saya dalam tayang video diatas, guru mengajar anak – anak untuk membilang bilangan sangat menarik menggunakan bola. Karena pada awal pembelajaran guru memberikan kegiatan membilang bilangan dengan benda yang konkret. Ini membuat anak – anak lebih tertarik untuk terus memperhatikan apa yang disampaikan guru. Selain adanya pembelajaran bilangan dengan benda konkret ibu guru juga mengajak anak untuk bernyanyi dan tepuk. Disini terlihat guru setelah memberikan stimulus kepada anak – anak berupa kegiatan yang menarik. Guru menambah pengetahuan mereka mengenal bilangan dengan cara memberikan tugas. Serangkaian kegiatan yang telah diberikan guru kepada anak -anak untuk melatih membilang bilangan sudah tepat. Kegiatan membilang bilangan bisa berkesan baik dan menyenangkan pada anak – anak karena guru memberikan variasi kegiatan yang tidak membuat anak – anak bosan dan terbebani.

Leave a Reply