silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
NAMA : DINA LAILATUS SIAM R
NIM : 858734571
Dalam video tersebut guru sudah mengenalkan konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan karena menggunakan media yang disukai anak-anak yaitu bola warna warni. Anak juga merasa antusias karena guru melibatkan anak secara langsung untuk bermain bola sambil berhitung. Anak juga merasa senang karena diakhir kegiatan belajar guru memberikan reward berupa stempel bintang kepada anak.
saran saya: Untuk menggunakan media lebih beragam. Sehingga anak yang tidak mendapat giliran maju ke depan bisa bermain sesuai dengan keinginan anak.
Menurut saya cara guru mengajar sudah bagik karena guru menggunakan banyak jenis kegiatan permainan agar anakmengenal konsep bilangan dan mengetahui cara berhitung seperti melalui lagu, dalam bermain mengambil bola sesuai dengan perintah, dan juga mengerjkaan latihan lembar tugas untuk mencocokkan benda sesuai dengan lambang bilangannya dan melingkari angka sesuai dengan jumlah bendanya. Dan hal yang menarikadalah pada saat guru tersebut memberikan reward ke anak.
Namun, sebagai saran, sebaiknya guru bisa lebih menjelaskan kegiatan dengan lebih jelas dan juga memberikan contoh terlebih dahulu. Agar anak bisa lebih mudah memahami kegiatan yang akan mereka lakukan.
Terima kasih
Nama : Dyah Ayu Utari Dewi
NIM : 858171892
Prodi : PGPAUD BI
Menurut saya peran guru dalam mengenalkan konsep bilangan pada video tersebut sudah bagus, seperti membilang dengan bola. Dengan mengenalkan konsep bilangan dengan permainan, bernyanyi dan tepuk anak akan lebih mudah untuk memahaminya. Untuk penerapan prinsip asesmen dan evaluasi oleh guru sudah bagus dengan meminta anak maju untuk mengambil pensil sesuai perintah yang mudah difahami anak dan mengevaluasinya dengan menghitung bersama-sama jumlahnya. Guru memberikan apresiasi dengan bintang ditangan dan tepuk tangan bersama.
Nama : Retno Dwi Ningsih
Nim : 857783927
Jurusan:S1 PG PAUD
Semester 9
UPBJJ : Surakarta
Judul : Anak Sulit Mengenal Konsep Lambang Bilangan
Pada video pembelajaran tersebut memperlihatkan guru mengajak anak untuk membilang angka melalui permainan bola kecil. media yang digunakan cukup menarik untuk anak selain dapat mengenal konsep bilangan anak juga bisa mengenal macam-macam warna pada bola tersebut.
Kelemahan :
a. Kegiatan dalam video tersebut guru tidak memberikan contoh permainan yang terlebih dahulu sehingga di awal anak-anak masih ragu dan merasa bingung. tidak adanya kegiatan pembuka untuk menumbuhkan semangat anak sehingga terlihat juga masih banyak anak yang tidak berkonsentrasi dalam permainan tersebut.
b. karena jumlah anaknya dalam kelas banyak, sebagian besar belum dapat melakukan praktik langsung dan terkesan hanya melihatnya saja
Kelebihan :
Kegiatan yang menambah semangat anak yaitu guru mengajak anak untuk membilang angka dengan permainan lagu dan tepuk, Guru tersebut juga memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai dengan lambang bilangannya.
pengenalan bilangan lebih mudah dengan media atau alat tersebut dan sesekali diselingi dengan nyanyian dsb.
Upaya guru yang harus dilakukan tersebut antara lain:
1. untuk permainan ini sudah bagus untuk melatih konsentrasi anak, mungkin bisa juga ditambahi lagu tentang membilang, untuk membiasakan anak supaya membilangnya dapat sesuai urutan.
2. guru seharusnya memperagakan terlebih dahulu bagaimana cara bermain permainan, posisi duduk anak-anak bisa diubah menjadi kereta antara boys dan girls agar anak antusias untuk menunggu giliran, saat mengambil bola hendaknya anak yang mengambil sembari berhitung agar guru bisa menilai sampai mana kemampuan berhitung anak tersebut. Di dalam video guru berhitung bersama-sama dengan semua anak dikhawatirkan ada salah satu anak yang belum begitu bisa tertutupi oleh anak yang bisa.
3. untuk media tersebut mungkin sudah agak tertinggal, bisa dimodifikasi menggunakan berbagai macam media seperti tutup botol, stik es krrim, batu-batuan, daun-daunan, dll, agar anak menjadi antusias saat pembelajaran.
4. Mungkin untuk pemberian stempel bintang bisa diberikaan untuk semua siswa yang sudah mengerjakan, untuk membedakan siswa yang paling baik dan kurang dalam mengerjakan dapat dibedakan dengan jumlah bintang dalam stempel. Agar anak-anak termotivasi untuk mendapat nilai yang baik (bintang yang lebih banyak).
Nama : Osy Mulyari
Nim: 858735416
Dalam video tersebut guru mengenalkan konsep bilangan dengan mengajak anak membilang dengan permainan, lagu dan tepuk. Membuat alat peraga permainan konsep bilangan. Memberikan lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya. Guru memberikan reward kepada anak yang telah melaksanakan tugas dengan memberi stempel bintang di tangannya. Menurut saya sangat bagus pembelajaran yang dilakukan oleh guru di video tersebut, metode dan media yang digunakan berfariasi sehingga anak tidak bosan dalam belajar.
Nama : ENTIEN NURFARIDA
Nim : 858169248
Menurut pendapat saya video yang dilakukan guru dalam pengembangan bidang kognitif yaitu mengenalkan konsep bilangan pada anak.
1. alat peraga yang digunakan oleh guru yaitu bola, hal ini sudah tepat karena anak menghitung jumlah bola yang harus diambil sesuai perintah guru.
2. selain bola untuk meningkatkan anak untuk mengenal konsep bilangan adalah dengan cara memberikan kartu huruf secara acak, kemudian itu guru dapat menyebutkan angka sesuai urutan 1-20 dan anak yang mendapatkan kartu angka tersebut akan maju kedepan kelas sesuai angka yang ia dapatkan. kemudian, guru juga dapat menyuruh anak tersebut untukmengambik barang yang telah disediakan oleh guru sesuai angka didalam kartu yang ia dapatkan.
3. langkah yang dapat dilakukan guru tersebut, sudah tepat namun alangkah lebih baiknya guru dapat memberikan reward pada anak yang melalukan tugasnya dengan benar agar mereka merasa senang seperti, disekolah tempat saya mengajar bahwa kalau ada seorang anak yang sudah mengerjakan tugas atau mewarnai dengan rapi saya memberikannya pernghargaan cap bintang/stempel bintang sebanyak-banyaknya. namun yang belum benar akan diberikan kesempatan untuk mengulangi agar anak tersebut tidak putus asa dan memotivasinya
4. hambatan yang dialami oleh guru adalah disaat mengenalkan konsep tersebut, biasanya adalah seorang anak kurang fokus dan asyik main sendiri sehingga tidak memperhatikan dan kurang mengerti dengan apa yang dipelajarinya.
5. yang saya lakukan saat ingin mengenalkan konsep bilangan tersebut kepada anak-anak, saya ajak untuk bernyanyi dan bertepuk tangan serta berhitung dan menyebutkan angka dengan bahasa indonesia maupun secara bahasa inggris, agar anak dapat lebih bersemangat dan fokus dalam belajar mengenal konsep bilangan. Selain itu juga belajar konsep bilangan dengan permainan yang fun learning
Nama : MAR’ATUS MARDLOTILLAH
Nim : 858169262
☘️Pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini sangat penting karena akan memberikan kemudahan kepada anak dalam mengikuti proses pendidikan lebih lanjut, terutama pada mata pelajaran matematika. Konsep bilangan berfungsi sebagai dasar untuk mempelajari konsep dan keterampilan matematika yang akan mendukung siswa secara dini untuk mencegah kegagalan matematika di masa depan. Ketika anak-anak sudah mampu memahami konsep lebih banyak dan lebih sedikit maka kepekaan bilangan mereka sudah berkembang. Saat kepekaan bilangan sudah berkembang maka mereka akan lebih menyukai berhitung.
☘️Menurut pendapat saya video yang dilakukan guru dalam pengembangan bidang kognitif yaitu mengenalkan konsep bilangan pada anak :
1. Alat peraga yang digunakan oleh guru yaitu bola, hal ini sudah tepat karena anak menghitung jumlah bola yang harus diambil sesuai perintah guru.
2. Selain bola untuk meningkatkan anak untuk mengenal konsep bilangan adalah dengan cara memberikan kartu huruf secara acak, kemudian guru dapat menyebutkan angka sesuai urutan 1-20 dan anak yang mendapatkan kartu angka tersebut akan maju kedepan kelas sesuai angka yang ia dapatkan. kemudian, guru juga dapat menyuruh anak tersebut untuk engambil barang yang telah disediakan oleh guru sesuai angka didalam kartu yang ia dapatkan.
3. Langkah yang dapat dilakukan guru tersebut sudah tepat namun alangkah lebih baiknya guru dapat memberikan reward pada anak yang melalukan tugasnya dengan benar agar mereka merasa senang seperti, disekolah tempat saya mengajar bahwa kalau ada seorang anak yang sudah mengerjakan tugas atau mewarnai dengan rapi saya memberikannya pernghargaan cap bintang/stempel bintang sebanyak-banyaknya terkadang juga diberi gambar bintang yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar, namun yang belum benar akan diberikan kesempatan untuk mengulangi agar anak tersebut tidak putus asa dan memotivasinya supaya tetap semangat dalam menyelesaikan tugasnya
4. Hambatan yang dialami oleh guru adalah disaat mengenalkan konsep tersebut, biasanya adalah seorang anak kurang fokus dan asyik main sendiri sehingga tidak memperhatikan dan kurang mengerti dengan apa yang dipelajarinya.
5. Yang saya lakukan saat ingin mengenalkan konsep bilangan tersebut kepada anak-anak, saya ajak untuk bernyanyi dan bertepuk tangan serta berhitung dan menyebutkan angka dengan bahasa indonesia maupun secara bahasa inggris, agar anak dapat lebih bersemangat dan fokus dalam belajar mengenal konsep bilangan. Selain itu juga belajar konsep bilangan dengan permainan yang fun learning sehingga anak tidak sadar jika sedang bermain sambil belajar
Nama : Depia Riski
Nim : 856335616
Semester 5
Seri Pengembangan Kognitif PAUD
” Sulit Mengenal Konsep Bilangan ”
Pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah sangat bagus. Bagaimana cara guru mengenalkan konsep menghitung/membilang kepada anak didik dengan menggunakan media yang cukup menarik dan sambil bermain tepuk dan lagu sehingga anak lebih semangat dan pembelajaran juga bervariasi. Selain dapat mengenal konsep bilangan anak juga dapat warna yang ada pada media bola. Guru juga menyediakan pembelajaran dengan menggunakan LKS yang terdapat gambar dan angka, jadi anak menghitung dan mencocokkan gambar sesuai dengan angka yang ada pada kolom bagian bawah. Pembelajaran LKS seperti ini berguna sekali untuk melihat sejauh mana anak paham tentang apa yang telah diajarkan sebelumnya serta melatih kemandirian anak dalam mengerjakan tugas yang telah di berikan dengan tuntas. Akan tetapi, pada saat kegiatan penguatan pemberian rewards lebih baik lagi jika stempel bintang yang di cap pada tangan di ganti dengan gambar stiker bintang yang di tempel di baju.
Nama : Maria Mujiati
NIM : 858849728
Prodi: PGPAUD
Menurut saya, pelaksanaan guru dalam video ini sudah bagus. Terlihat bahwa suasana di dalam kelas sangat hidup. Anak-anak senang dan menikmati kegiatan berhitung. Guru telah memberikan penjelasan dengan benda konkrit. Hal ini memudahkan anak untuk mengerti konsep berhitung. Guru juga mengajak bernyanyi, tepuk dan mengulangi kegiatan berhitung pada lembar kerja. Guru memberikan pujian dan tepuk tangan setiap kali anak selesai melakukan kegiatan serta memberikan penguatan saat anak belajar. Kegiatan ini membuat anak dapat belajar dengan bermakna dan menyenangkan. Setelah kegiatan guru juga memberikan hadiah berupa stamp bagi anak sehingga anak-anak senang.
Nama : Hasibah Mukhlis
NIM : 858171316
Prodi : PGPAUD BI
Dalam tayangan vidio yang disajikan metode guru dalam rangka mengenalkan konsep bilangan terhadap anak sangat bagus dan tepat diantaranya melalui metode bermain dan menyanyi sehinnga dengan kedua metode ini akan membuat anak belajar dengan penuh rasa senang, selain itu melalui lembar kerja yakni memasangkan benda dengan lambang bilangan serta melingakri sesuai lambang bilangan yang mana dengan kegiatan ini dapat menguji sejauh mana kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan dan yang tak kalah bagusnya adalah metode pemberian reward terhadap anak yang benar melakukan perintah guru karena dengan pemberian reward ini akan menstimulasi anak untuk belajar sehinnga perkembangan anak akan tercapai dengan penuh rasa yang menyenangkan.