silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Ririn Mohtar
    NIM:858576094
    Dalam tayangan vidio yang disajikan metode guru dalam rangka pengenalan konsep bilangan terhadap anak sangat bagus dan tepat diantaranya melalui metode bermain dan menyanyi sehinnga dengan kedua metode ini akan membuat anak belajar dengan penuh rasa senang, selain itu melalui lembar kerja yakni memasang benda dengan lambang bilangan serta melingakri sesuai lambang bilangan bilangan yang mana dengan kegiatan ini dapat menguji sejauh mana kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan dan yang tak kalah bagusnya adalah metode memberikan bintang ke[pada anak ,serta tepuk tagan kepada anak yang benar-benar melakukan perintah guru karena dengan memberikan hadiah ini akan menstimulasi anak untuk belajar sehinnga perkembangan anak akan tercapai dengan penuh rasa yang menyenangkan.

  2. Nama. Iin Evayanti
    Nim 858446509

    Setelah saya mengamat Vidio tersebut
    Di sini saya melihat gurunya mengajar dengan tahap demi tahap mengajar anak dalam mengenal bilangan atau menjumlah bilangannya
    Anak sangat senang sekali ketika d suruh mengambil bola dan meghitungx
    Metode mengajar seperti ini sangat memudahkan anak untuk memahami bilangan dan menjumlah bilangan tsbt. Memangg terlihat mudah di pahami anak tapi terlihat monoton ,,tmpaada lagi anak yg sesuai tema.

  3. Nama : Harisma Ta’jilatunnisak
    Nim : 858844933
    Prodi : PGPAUD S1

    menurut saya video di atas sudah benar dalam melakukan pembelajaran, mengajak anak mengenal angkan dan berhitung dengan kegiatan bermain melalui media bola,kegiatan tersebut dapat membuat anak merasa senang untuk melakuakan pembelajaran dan tidak merasa bosan, dan memberikan hadiah pada anak yang sudah mampu sehingga dapat memotivasi anak yang lain agar bisa seperti mereka yang sudah bisa, tapi hal tersebut tidak bisa di lakukan terlalu sering karena akan mengakibatkan anak melakukannya untuk mendapatkan sesuatu bukan dari kemauannya sendiri.

  4. Nama : Patma Pratiwi
    NIM: 857969793
    Prodi: PGPAUD
    Menurut video dengan judul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”, cara pengenalan konsep bilangan pada anak yang dilakukan oleh guru sudah baik. Guru menggunakan bola sebagai media untuk belajar berhitung, dan menggunakan berbagai metode belajar ( bernyanyi, bertepuk) untuk pengenalan lambang bilangan sehingga anak-anak dapat fokus dan tertarik dengan pembelajaran dan tidak cepat jenuh. Guru juga memberikan reward berupa stiker, sehinga pembelajaran semakin menarik.

  5. Nama : Oktavia Andriani
    NIM : 858165082

    Saya akan menanggapi vidio diatas, menurut saya dalam vidio tersebut seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas sudah baik. Guru menyiapkan media yang menarik bagi anak untuk mengenalkan konsep bilangan yang bisa diingat oleh semua anak didik. Guru tersebut mengajak anak berhitung sambil belajar dengan menggunakan media bola yang diambil dari keranjang dan dihitung sesuai intruksi dari guru. Guru mengajak anak-anak untuk menghitung bersama-sama. Hal ini mempermudah anak untuk mengenal konsep bilangan. Selain itu guru juga mengajak anak untuk bernyanyi sambil bertepuk tangan agar anak lebih mudah mengingat konsep bilangan. Dalam vidio tersebut guru memberikan penilaian dengan cara memberi reward berupa pemberian bintang di tangan anak sesuai kemampuan yang dimiliki.

  6. Nama : Ade Inda Reny S
    NIM : 859405506
    PRODI : S1 PGPAUD

    Dalam video tersebut memperlihatkan seorang guru yang mengenalkan bilangan kepada anak-anak melalui kegiatan bermain, bernyanyi dan tepuk. Menurut saya, kegiatan pengembangan yang dilakukan ini sudah sangat bagus, anak-anak cukup menikmati dan merasa senang juga akan lebih mudah untuk membilang angka. Meskipun begitu, seharusnya setelah menghitung bola, guru juga memperlihatkan seperti apa bentuk angka yang sudah di hitung anak, misalnya anak menghitung 4 bola, guru dapat memperlihatkan atau menunjukkan bentuk angka 4 kepada anak agar anak bisa menghitung dan juga tau bentuk tulisan angka. Terimakasih

  7. Nama : Nika Ismawati
    Nim : 858735179
    Mengenal konsep bilangan
    dalam video pembelajaran tersebut cara guru untuk mengenalkan konsep bilanagn sudah bagus yaitu dengan cara bermain, dengan cara tersebut anak akan semangat dalam mengenal konsep bilangan dan dapat berhitung.ada tambahan sedikit dari saya sebaiknyauntuk mengambil bola tersebut adak di siapkan wadah untuk memasukan bola sesuai lambang bilangan yang sudah di tempel di wadahnya. dan untuk mengenalkan konsep bilangan dengan bernyanyi bisa dengan cara bernyanyi dan tepuk.

  8. Nama : Nika Ismawati
    Nim : 858735179
    Jurusan : B1 PG PAUD
    Mengenal konsep bilangan
    dalam video pembelajaran tersebut cara guru untuk mengenalkan konsep bilanagn sudah bagus yaitu dengan cara bermain, dengan cara tersebut anak akan semangat dalam mengenal konsep bilangan dan dapat berhitung.ada tambahan sedikit dari saya sebaiknyauntuk mengambil bola tersebut adak di siapkan wadah untuk memasukan bola sesuai lambang bilangan yang sudah di tempel di wadahnya. dan untuk mengenalkan konsep bilangan dengan bernyanyi bisa dengan cara bernyanyi dan tepuk.

  9. Nama: Uswatun Khasanah
    NIM:857753128
    Prodi : S1 PGPAUD
    Menurut saya dalam video yang dilakukan guru dalam pembelajaran sudah baik. Sebelum kegiatan guru melakukan ice breaking agar anak-anak merasa senang. ketika guru sedang menjelaskan anak-anak kurang konsentrasi disini bisa dilihat ada anak yang bermain sendiri. media yang digunakan kurang menarik. tetapi guru sudah bagus sudah memberikan reward bagi anak yang mau maju.

  10. Nama : Muryati
    NIM : 857076127
    Prodi : S1 PGPAUD

    Assalamu’alaikum wr,wb.
    Setelah Saya melihat video diatas, pembelajaran yang telah diterapkan oleh Guru tersebut sudah cukup baik. Penyampaian materi pun sudah cukup jelas. Guru juga sudah improvisasi dengan memberikan reward kepada anak yang mau ke depan dengan memberikan stempel berupa bintang. Namun, media yang digunakan kurang bervariatif sehingga kurangnya minat pada anak. Guru pendamping yang kurang memperhatikan anak, sebaiknya lebih diperhatikan kembali agar anak merasa nyaman. Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum,wr,wb.

Leave a Reply