silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
nama;yosina samon
nim ; 859902103
programstudi; PGPAUD
Dalam vidio tersebut guru suda bagus dalam megenalkan konsep bilagan degan megunakan bermain bola degan konsep .anak menggabil bola sesui bilangn dan anak menghitung gabar bintang dan guru suda memberikan tugas pada anak dan anak maju ke depan dan ambil sfidol dan berhitung dan guru suda memberi penilayan degan tanda bintang saya rasa suda bagus .
mungkin saran saya bisa mengunakan aidio lebih bagus lagi.
Nama : Susilandari
NIM : 858741101
S1PGPAUD- Pokjar Pnorogo
UPBJJ Surabaya
Menurut saya, cara guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak sudah bagus, pengelolaan kelas juga sudah bagus. Anak terkondisikan bisa fokus kepada guru. Cara penyampaiannyapun juga melalui bernyanyi, bermain tepuk, penugasan dan demosntrasi. Kegiatan mainnya pun beragam begitu pula denga media mainnyapun beragam. Guru juga sudah memberikan reward /peghargaan kepada anak yang sudah menyelesaikan kegiatannya.
Nama : TYAS NOVITASARI
NIM : 857917272
Prodi : S1 PGPAUD / Semester 8
UPBJJ : Yogyakarta
Pokjar : Temanggung
Menurut pendapat saya video pembelajaran mengenalkan konsep bilangan diatas sudah cukup bagus. Diawal kegiatan guru sudah melakukan kegiatan pembukaan dengan mengajak anak berdoa dan guru tidak langsung pada kegiatan inti. Guru mengajak anak untuk melakukan permainan berupa nyanyian dan tepuk yang berhubungan dengan angka. Dalam kegiatannya pun guru sudah cukup kreatif dengan memanfaatkan benda-benda yang ada didalam kelas, yang kurang sesuai menurut saya yaitu ketika guru memberikan lembar kegiatan pada anak berupa kertas yang ada gambar dan bilangannya. Mungkin akan lebih sesuai dan menyenangkan bagi anak jika lembar kegiatan tersebut diganti dengan benda-benda yang nyata dan ada dilingkungan sekitar supaya tercapai kegiatan pembelajaran yang kontekstual dan lebih menyenangkan serta lebih bermakna bagi anak.
Nama : Nurkhayati.
NIM :858305665
POKJAR :Tanjung Tabalong
Pengembangan Aspek Kognitif.
mengenal Konsep bilangan.
Menurut saya.
Kegiatan pembelajaran/permainan dengan melalui media bola dalam mengenal konsep bilangan sudah bagus.hal tersebut patut di terapkan ditaman kanak-kanak khusunya untuk AUD..dengan mengenal konsep bilangan menggunakan Bola akan memudahkan anak.
Kelebihan..
terdapat kelebihan di kegiatan mengenal konsep bilangan Guru sangat memotivasi anak dalam mengenal konsep bilangan melalui media Bola.
Kekurangan:
terdapat kekurangan dalam kegiatan mengenal konsep bilangan melalui media bola yaitu anak-anak hanya berperan untuk mengambil bola saja dan guru kurang melakukan pendekatan terhadap anak didik
Nama : Fauziatur Rohmah
NIM : 858733286
Prodi : PGPAUD BI
Menurut saya video di atas sudah bagus dan sangat menginspirasi, dimana guru dalam mengajarkan bilangan kepada anak didik dengan kegiatan menggunakan berbagai media misalnya bola kecil dan sedotan, serta melalu permainan dan bernyanyi. Guru juga memberi reward kepada anak yang dapat menyebutkan jumlah bilangan dengan benar. Dimana dengan reward tersebut dapat menarik minat belajar anak dalam kegiatan.
Saran saya guru juga dapat menyebutkan warna bola beserta menghitungnya. Serta guru juga dapat menggunakan kartu angka yang berwarna, dengan demikan anak dapat mengenal bilangan beserta warnanya.
Nama:Rusmidar
Nim: 855885812
Judul Vidio. Sulit Mengenal Konsep Bilangan.
Dalam vidio tersebut guru sudah bagus membawakan proses pembelajaran mengenai pengenalan konsep bilangan kepada anak didiknya. Namun saran saya sebelum ke inti kegiatan ada baiknya guru memperkenalkan terlebih dulu dengan nyanyian atau tepukan agar anak lebih siap dan semangat dalam memulai aktifitas bukan sebaliknya.
Nama : Alfish Annafisa
NIM : 857917068
Jurusan : PGPAUD
Semester : 8
Rumusan masalah dari video :
Anak sulit mengenal konsep bilangan
Kelemahannya :
1. Saat guru menjelaskan anak masih belum antusias masih ada anak yang menggoyang-goyangkan tubuhnya dan ada anak duduknya belum tertib
2. Saat guru menjelaskan menghitung gambar ada anak yang menerima spidol dari guru menggunakan tangan kirinya itu menunjukkan perilaku kurang sopan dalam pembentukan karakter.
Kelebihanya :
1. Guru menyampaikan pembelajaran mengenal konsep lambang bilangan dengan mengajak anak bernyanyi, bertepuk-tepuk terlebih dahulu dan memberikan penguatan
2. Guru memberikan reward pada anak dengan memberi stempel bintang di tangan kanan dan kirinya anak yang bisa menjawab pertanyaan.
Solusi :
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru harus lebih kreatif lagi dalam memberikan permainan/ kegiatan yang menarik bagi anak, guru harus menstimulus pengembangan kognitif anak dengan menggunakan media yang menarik sehingga anak antusias Ketika berkegiatan.
Ketika anak menerima spidol menggunakan tangan kirinya guru harus membenarkan/ mengingatkan cara menerima spidol dengan menggunakan tangan kanannya karena untuk menanamkan nilai-nilai pembentukan karakter anak untuk membangun kepribadian yang baik .
NAMA : NANI MAR’ATUS SHOLIHAH
NIM : 858166536
PROGRAM STUDI : S1 PGPAUD (BI)
Assalamualaikum Wr Wb,
Judul Video : ” Mengenal Konsep Bilangan ”
Guru dalam video : Bu Santi
Siswa : Taman kanak-kanak
Aspek yang dikembangkan : Kognitif PAUD (mengenal bilangan)
Kelebihan dalam video : Guru membuka pembelajaran sesuai dengan tema pembelajaran mengenal konsep bilangan, Guru mengenalkan konsep bilangan dengan media, Guru mengenalkan konsep bilangan dengan bernyanyi ” dua mata saya” , guru mengajak siswa bertepuk (tepuk satu, tepuk dua, tepuk tiga dan seterusnya) , guru mengenalkan konsep bilangan dengan media gambar (mengajak siswa menghitung gambar bintang, pensil ), GUru mengapresiasi siswa
kelemahan : siswa bisa ditunjuk untuk menghitung bola yang diambil dari keranjang, Penutup setelah belajar (penilaian) , mengajak siswa secara merata untuk meminta mengambil bola dan menghitungnya bersama teman-teman sehingga secara menyeluruh siswa dapat ikut merasakan permaian mengambil bola sesuai bilangan yang diminta guru.
Setting kelas divideo : setting tempat duduk siswa sudah bagus siswa melingkar, guru menjelaskan kegiatan hari itu dan permainan dengan leluasa, adanya guru pendamping sangat membantu dalam mengkondisikan kelas.
Kesesuaian proses pembelajaran dengan aspek perkembangan anak: Proses pembelajaran sudah sesuai dengan aspek perkembangan anak yang ingin dicapai yaitu aspek perkembangan kognitif (mengenal konsep bilangan)
Gambaran singkat video : Proses pembelajaran mengenal konsep bilangan telah dilaksanakan di kelas Taman kanak-kanak, dengan guru bu santi. BU guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan sangat baik. guru menunjuk anak laki-laki bernama reza mengambil bola sebanyak empat , reza mampu mengambi bola sebanyak empat. GUru menunjuk Nayla humairo mengambil bola sebanyak 7, setelah dihitung guru nayla hanya mengambil 6 kurang 1, guru menanyakan kurang berapa? selanjutnya dengan cekatan nayla mengambil satu bola , lengkap sudah bola yang diambil nayla berjumlah 7. Selanjutnya guru mengajak anak menghitung gambar dan memberikan lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangan dan melingkari benda sesuai lambang bilangan.
Demikian tanggapan saya. Terima kasih Wassalamualaikum Wr Wb.
Nama : Alfish Annafisa
NIM : 857917068
Jurusan : PGPAUD
Semester : 8
Reaksi anak dari video anak sulit mengenal konsep bilangan :
Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru saat guru menjelaskan anak masih belum antusias, hal itu terlihat ketika masih ada anak yang menggoyang-goyangkan tubuhnya dan ada anak duduknya belum ternang. Saat guru menghitung banyak gambar ada anak yang menerima spidol dari guru menggunakan tangan kirinya, hal itu menunjukkan perilaku kurang sopan dalam pembentukan karakter.
Kelemahannya :
Kelemahan guru yaitu tidak mengingatkan anak yang menerima spidol menggunakan tangan kirinya
Kelebihanya :
Guru menyampaikan pembelajaran mengenal konsep lambang bilangan dengan mengajak anak bernyanyi terlebih dahulu, bertepuk-tepuk dan memberikan penguatan materi pembelajaran. Guru menggunakan Bahasa Inggris juga untuk memperkenalkan anak dengan Bahasa asing.
Solusi :
Cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, seorang guru harus lebih kreatif lagi dalam memberikan permainan/ kegiatan yang menarik dan bervariasi bagi anak, sehingga anak tidak bosan dan anak antusias ketika berkegiatan.
Ketika anak menerima spidol menggunakan tangan kirinya guru harus membenarkan/ mengingatkan agar menggunakan tangan kanannya untuk pembiasaan penanaman nilai-nilai pembentukan karakter anak untuk membangun kepribadian yang baik .
Nama : Alfish Annafisa
NIM : 857917068
Jurusan : PGPAUD
Semester : 8
Reaksi anak dari video anak sulit mengenal konsep bilangan :
Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru saat guru menjelaskan anak masih belum antusias dan duduknya belum ternang.
Kelemahannya :
Kelemahan guru yaitu tidak mengingatkan anak yang menerima spidol menggunakan tangan kirinya. Dan penyampaian kurang menarik sehingga anak kurang antusias dilihat dari ada anak yang menguap dan terlihat bosan.
Kelebihanya :
Guru menyampaikan pembelajaran mengenal konsep lambang bilangan dengan mengajak anak bernyanyi terlebih dahulu, bertepuk-tepuk dan memberikan penguatan materi pembelajaran. Guru menggunakan Bahasa Inggris juga untuk memperkenalkan anak dengan Bahasa asing.
Solusi :
Guru harus lebih kreatif lagi dalam memberikan permainan/ kegiatan yang bervariasi dan menarik bagi anak, sehingga anak tidak bosan dan anak antusias ketika berkegiatan.