silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama: Sinta Pujiari
    Nim :858847939
    Pokjar :Universitas Terbuka Amanah Blitar Raya
    Seri :Pembelajaran Pengembangan Kognitif PAUD
    Tema : Konsep bilangan
    Naskah :Hernawati
    Penelaah media : Triani Prastati
    Penelaah materi : Siti Aisyah
    Sutradara : Hasbudhi
    Presenter :Paramita Purnama
    Produksi : Universitas Terbuka 2018

    Kelebihan :
    1.Guru memberikan arahan yang sesuai dengan kebutuhan anak
    2.Guru memberikan motivasi
    3.Guru memberikan ice breaking
    4.Guru menambah variasi warna agar anak tidak bosan (sepidol)
    5.Guru memberikan mainan bola warna-warni

    Kekurangan
    1.Anak 1 anak permpuan yang kurang paham intruksi dari guru
    2.Anak kurang fokus dan konsentrasi terhadao temannya

    Pendapat :
    Adakalanya guru harus mengintruksi dengan tidak terburu-buru agar anak dapat berkoordinasi dengan bola dan sepidol sesuai dengan arahan.Guru juga sudah memberikan ice breaking supaya anak tidak jenuh.

  2. Nama : RIA SARI
    NIM : 857041623
    Prod : S1 PGPAUD

    A. Proses Pembelajaran yang dilakuakan guru dalam video tersebut adalah:
    1. Pembukaan

    Pembukaan yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut di atas adalah menjelaskan judul/topik materi yang akan di ajarkan.
    Guru lalu menjelaskan tujuan pembelajaran baik secara umum maupun khusus dalam hal ini adalah mengenal konsep bilangan,dengan cara bermain bola dan menghitung bola.
    Membuka pelajaran ini adalah suatu bentuk usaha yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan prakondisi bagi siswa agar mental maupun perhatian anak berpusat pada apa yang akan dipelajari sehingga usaha tersebut akan memberikan efek yang positif terhadap kegiatan belajar yang akan lilakukan.
    2. Inti (pembentukan kompetensi)
    Kegiatan inti merupakan proses pembentukan/pencapaian kompetensi dalam pembelajaran.
    Ada 3 kegiatan yang dilakukan oleh guru:
    a. Eksplorasi atau penjelajahan
    Dalam eksplorasi atau penjelajahan guru harus memperhatikan:

    melibatkan peserta didik mencari apa yang sesuai dengan tema yang dipelajari dalam video ini sudah dilakukan .
    menggunakan beragam pendekatan pemelajaran ,media dan sumber belajar,dalam video ini nampak guru sudah melakukan pendekatan dan menggunakan media yang menarik bagi anak yakni bola.
    memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik dengan guru ,lingkungan dan sumber belajar lainnya.
    melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran sudah nampakpada video tersebut.
    memfasilitasi peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran tentunya sudah nampak pula pada video tersebut.
    b. Elaborasi atau pengerjaan yang teliti
    di dalam video ini guru memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas berupa lembar kerja , yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya,dan melingkari angka dengan mencocokkan benda sesuai lambang bilangannya.

    Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk berfikir, menganalisis ,menyelesaiakn masalah dan bertindak tanpa rasa takut.
    adapun kekurangan pada tahap ini adalah terutama dalam video tersebut,guru kurang memfasilitasi anak untuk menyajikan hasil karyanya .
    c. Konfirmasi (penguatan/ penjelasan)

    guru dalam video tersebut telah memberikan umpan balik yang positif kepada anak.
    guru memberikan refleksi
    guru telah memberikan pengalaman yang bermakna kepada anak.
    guru telah berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
    guru membantu menyelesaiakn masalah.
    guru memberi motivasi kepada anak yang kurang atau belum terlibat dalam kegiatan.
    guru memberikan apresiasi dengan memberikan stempel bintang di tangan anak.
    kekurangan nya dalam video tersebut pada tahapan ini adalah guru kurang memberikan fasilitas kepada anak untuk menyajikan hasil karyanya.
    d. Penutup
    berisi kegiatan akhir di dalam proses pembelajaran di kelas ,dalam tahap ini guru memberi kesimpulan terkait materi yang disampaikan lalu diakhiri doa dan salam.

    B. Setting Kelas dalam video” Sulit Mengenal Lambang Konsep Bilangan”

    Setting kelas disebut juga pengelolaan kelas yang saya amati dalam video tersebut adalah ” model area” yang mana di dalamnya mencakup tiga pilar utama yaitu konstruktif dimana meyakini bahwa pembelajaran terjadi saat anak berusaha memahami dunia sekelilingnya sesuai perkembangan terus pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode yang selaras dengan perkembangan anak dan pendidikan progresif ( semua kegiatan dilaksanakan pada minat anak, tingkat perkembanagn kognitif ,kematangan sosial emosional sehingga mendorong rasa ingin tahu anak secara alami)
    kelemahannya pada setting kelas video ini adalah penataan kelasnya kurang maksimal artinya kurang menarik anak , gambar atau peraga yang diberikan juga kuarang menarik dan kurang besar tampilannya,papan tulis juga masih ada bekas tulisan yang belum terhapus bahkan tulisan tersebut tidak ada hubungannya dengan tema yang disampaikan, hal tersebut dapat memecah konsentrasi anak . Seharusnya papan tulis tersebut dibersihkan terlebih dahulu barulah ditempel gambar gambar yang menunjang dengan tema pembelajaran.
    C. Kesesuaian proses pembelajaran dengan kompetensi( aspek perkembanagn anak)

    yang akan dicapai dalam proses pembelajaran pada video tersebut saya rasa sudah mencapai kesesuaian artinya hal hal yang dilakukan guru dapat meningkatkan aspek perkembangan kognitif anak dalam hal ini kognitif yakni mengenal lambang bilang.

  3. Nama : Sitatul istifadah
    Nim: 858712229

    Dalam mengatasi anak yang sulit mengenali konsep bilangan

    Kelebihannya adalah
    pembelajaran yang di lakukan oleh guru menurut saya sudah tepat,dalam Vidio tersebut guru mngenalkan konsep bilangan melalui belajar sambil bermain yaitu dengan media bola ,dengan lagu 2 mata saya dst.,dan tepuk tangan sesuai dengan bilangan,melingkari angka pada LKS.Guru memberi semangat ketika ada anak yang salah mnghitung jumlah bola,guru memberi apresiasi dengan baik kepada anak yang telah selesai mengerjakan tugasnya.

    – Kelemahan dalam pembelajaran
    Sebelum memberikan tugas kepada anak ,guru tidak memberikan contoh bilangan berupa bentuk angka,misalnya dengan media kartu angka atau poster angka.

    – Kelebihan pembelajaran
    Guru sudah bagus dalam membuat media bermain sambil belajar,mengenal konsep bilangan, yaitu dengan media bola, spidol,LKS,dengan bernyanyi dan tepuk tangan.Sehingga membuat anak antusias dan semangat dalam kegiatan tersebut
    Guru memberi semangat kepada anak yang salah menghitung bola.Guru memberi apresiasi bagus kepada anak yang telah menyelesaikan tugasnya.

    -Hal unik saat pembelajaran
    Ada anak yang menguap dengan lepas karena menunggu giliran bermain

  4. Nama : SUMIATI
    NIM : 837058661
    PROGRAM STUDI : S1 PGPAUD
    POKJAR : MUARA TEWEH
    UPBJJ : UT-PALANGKARAYA

    Setelah melihat vidio mengenai anak yang sulit mengenal konsep bilangan menurut saya;
    Kelebihan dalam vidio tersebut adalah
    1. Media pembelajaran sudah sesuai dengan usia anak yaitu bola dan gambar bintang
    2. Guru sudah bagus dengan pembelajaran yang bervariasi untuk mengenalkan anak pada bilangan
    3. Anak diajak aktif bersama-sama menghitung bola yang diambil
    4. Guru memberi kesempatan anak untuk memperbaiki kesalahannya
    5. Mengenalkan konsep bilangan dengan bernyanyi, tepuk tangan, dan lembar kerja

    Kelemahan dalam vidio tersebut adalah
    1. Pada awal pembelajaran tidak ada ice breaking jadi banyak anak yang kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran
    2. Media pembelajaran yang tidak sesuai usia anak yaitu menghitung spidol
    3. Pada saat anak mengambil bola pada keranjang seharusnya guru memvasilitasi dengan memberikan tempat keranjang kecil agar tidak jatuh saat dibawa
    4. Selain menghitung bola guru dapat menabyakan warna bola juga agar kegiatan lebih variatif lagi

  5. Dini Tasya Siregar
    855862317
    PGPAUD

    Setelah saya melihat video tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa : pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sudah Bagus. Guru dapat menyampaikan materi mengenal konsep bilangan dengan baik,
    guru mulai dengan mengajak anak-anak untuk bermain sambil belajar dengan menyuruh anak-anak mengambil bola sesuai angka yang disebutkan guru, kemudian menyanyi 2 mata saya, kemudian bertepuk-tepuk supaya anak-anak tidak bosan, setelah itu materi pengenalan konsep bilangan dengan menghitung jumlah pensil, terakhir guru memberikan reward berupa Bintang dan pujian kepada anak yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan benar.

  6. Bismilah
    Nama : Nunik Sumbawati
    NI M : 857787934
    POKJAR : UPBJJ SURAKARTA
    Menanggapi video pada sesi ini bahwa pembelajaran yang diselenggarakan guru sudah menarik, dan anak sudah terlihat antusias mengikuti pembelajaran. Pembelajaran ini bertujuan mengenal konsep bilangan dengan kegiatan mengenalkan konsep angka pada anak. Saya lebih menyukai apabila pengenalan kosep suatu angka dilakukan dengan metode demonstrasi dan melalui benda-benda nyata yang ada di kelas dengan mempersiapkan angka yang akan dikenalkan pada kertas berukuran besar, keranjang-keranjang untuk tempat benda-benda yang akan diisi anak sesuai jenisnya dengan jumlah sesuai angka yang dikenalkan hari ini. anak dipersilakan melakukan kegiatan.

  7. nama : Ninda Elsa Umami
    Nim : 858173209
    Prodi : PGPAUD BI
    Judul : anak sulit mengenal konsep bilangan

    Dari video diatas dapat disimpulkan bahwa apa yang dilakukan guru sudah bagus tetapi ada kelebihan dan kekurangan dari video yang dilakukan guru tersebut
    Kelebihan guru :
    – guru memberikan penjelasan dalam pembelajaran dengan suara nyaring
    – Guru mengajak anak bermain bola untuk mengenal konsep bilangan
    – Guru memberikan semangat pada anak dalam permainan
    Kekurangan guru :
    – Guru kurang memberikan penguatan dalam pembelajaran
    – Kurang adanya variasi dalam pembelajaran misalnya dengan mengajak anak mengenal bilangan dengan bernyanyi
    – Guru tidak memberikan penilaian pada anak dalam bentuk stempel bintang 1 – 4

  8. Een Sumiarsih Nim 857184832

    Setelah saya cermati dari video di atas masih rendahnya anak dalam memahami atau mengenal lambang bilangan. Terlihat ada seorang anak perempuan yang masih bingung dan masih kurang disaat mengambil bola sesuai dengan arahan guru. Akan tetapi terdapat beberapa anak yang sudah memahaminya, terlihat ada anak laki laki yang sudah mengikuti dan mengambil bola sesuai arahan dari guru.

  9. Setelah menonton video, menurut saya guru sudah bagus, sebab guru menggunakan media bola dalam pembelajaran dan melakukan sebuah permainan yang terkait dengan anak mengetahui konsep bilangan. Setelah itu, guru memberikan tugas untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anak tentang konsep bilangan.

  10. Nama : SITTI DZULAIKA ADELIA
    NIM : 859404923
    Menurut pendapat saya cara guru dalam mengenalkan konsep bilangan dan jumlah benda sudah sangat bagus serta guru juga memberikan reward berupa pemberian bintang 3 kepada anak yang dapat membilang dengan benar

Leave a Reply