silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

469 Comments

  1. Eka Susanti
    NIM: 857390575
    permainan tebak pantomim dalam video tersebut adalah kegiatan yang bisa mengembangkan dan menstimulasi aspek fisik motorik kasar dan bahasa anak,
    guru mengajak anak bermain tebak tebakan dari gerakan guru yang ditirukan anak didik meniru dan menyebutkan nama gerakan tersebut, hal ini selain membuat anak anak bergerak juga anak anak bisa menambah kemampuan berbahasa anak baik menyimak maupun mengungkapkan bahasa, kegiatan ini bisa dilakukan di dalam kelas ataupun di luar kelas, namun sebaiknya kegiatan untuk menstimulasi aspek perkembangan motorik kasar anak dilakukan di tempat luas dan terbuka sehingga anak lebih leluasa dan nyaman bergerak

  2. Judul video : Tebak Pantonim
    Komentar : Dari video pembelajaran di atas kita dapat mempelajari bagaimana cara menstimulasi kemampuan motorik dan bahasa anak.Anak dapat melatih motorik kasar seperti berjalan atau melompat menirukan gerakan sesuai gambar yang diberikan guru dan anak lain dapat menebak apa yang diperagakan temannya. Dalam video di atas juga kita dapat melakukan pengembangan bahasa karena melalui kegiatan ini anak dapat mengekspresikan diri dan mengenal berbagai kosa kata.Dalam permainan ini guru dapat membangun keakraban,komunikasi,konsentrasi,imajinasi dan kerjasama bersama anak.

  3. Dalam video yang berjudul tebak pantomim diatas sangat membantu guru guna mengembangkan kemampuan berbahasa dan motorik anak.dalam aspek bahasa anak dapat menyimak berbagai macam pesan baik melaui kartu bergambar,gerakan dll.kemmapuan menyimak anak usia dini sangat dibutuhkan guna pengembanagn bahasa anak kedepannya. kemmapuan lain dalam kegiatan ini yakni penambahan kosa kata anak yang semakin banyak dan variatif. anak juga dapat mengekspresikan diri dengan berbagai kosa kata yang ada.

  4. Nama : Tina Biang Rani
    NIM : 859165512

    Dalam video terlihat guru sedang melakukan permainan tebak pantomim bersama anak-anak. Anak-anak terlihat senang dengan permainan yang dilakukan.
    Mereka bergerak bebas menirukan suatu karakter, mereka bebas berekspresi sesuai dengan imajinasinya masing-masing. Kemampuan perkembangan bahasa dapat dilatih dari kegiatan ini karena anak akan menebak dan menimbulkan kosa kata baru dari tebakan-tebakan yang muncul. Kegiatan ini akan saya lakukan dalam waktu dekat bersama anak-anak, saya berharap kegiatan yang akan saya lakukan nanti akan meningkatkan perkembangan motorik kasar dan perkembangan bahasa pada anak didik saya.

  5. Nama : Elsa Dwi Fitriana
    NIM : 859677349
    Video di atas melakukan kegiatan belajar tebak pantomim yang menyenangkan untuk anak, dalam video menunjukkan anak sangat antusias dan bersemangat karena dengan kegiatan tersebut bisa melatih fokus dan konsentrasi anak untuk bisa berpikir lalu menebak gerakan yang apa yang diperagakan teman/guru. Selain itu, anak juga dapat menciptakan interaksi yang baik dengan guru ataupun temannya, ketika memperagakan gambar juga melatih motorik anak.

  6. Nama :Romanti purba
    Nim :859880552
    Judul vidio :tebak pantonim
    Dari vidio pembelajaran diatas kita dapat menbelajari bagaimana cara menstimulasi kammanpuan motorik dan bahasa anak .dan dapat juga melatih motori kasar contoh berjalan ,melompat dan juga meniru gerak sesuai dengan gambar yang ditunjukkan oleh guru dll dividio ini menunjukkan kamanpuan anak dalam menyimak karna anak usia dini sangat menbutuhkan pengembangan bahasa anak .kemanpuan yang lain yang ada dalam kegiatan dalam vidio yaitu penambahan kosa kata semakin banyak variatifnya ,dalam permainan ini guru dapat menbantu menbangun komunikasi ,konsentrasi kerja sama yang baik antara anak keakraban .

  7. Masyaallah tabarakallah walhamdulillah dengan vidio tersebut sangat membantu kita sebagai guru untuk meningkatkan aspek bahasa dan motorik anak . Dengan cara yang baik dengan belajar sambil bermain. Serta menambah wawasan kita dalam memilih strategi pembelajaran untuk anak TK

  8. Dalam video terlihat diatas anak-anak sedang melakukan permainan dan tebak pantomim bersama Guru. Anak-anak diberi arahan dan berbaris sambil bergerak bebas dengan permainan yang dilakukan.
    Guru memperlihat gambar pada anak untuk di tebak dan sambil mempraktekkan bergerak hewan dan menirukan suatu karakter, mereka bebas berekspresi sesuai dengan imajinasinya masing-masing. Kemampuan perkembangan bahasa anak dapat dilatih dari kegiatan ini karena anak akan menebak dan menimbulkan kosa kata baru dari tebakan-tebakan yang muncul. Kegiatan ini dapat dipraktekan ditempat kami mengajar agar bisa terinspirasi pada anak.

  9. Nama : Odi Nesti Benu
    NIM : 859300408

    Dari video tersebut, untuk menstimulasi anak dalam mengembangkan motorik kasar anak juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak bisa juga dilakukan dengan kegiatan Tebak Pantomim yaitu dengan cara menyimak : mendengarkan cerita dari guru serta anak mengemukakan hal yang diketahui dari cerita tersebut, Mengekspresikan diri : anak membuat gerakan-gerakan dari tokoh cerita tersebut dan mengenal berbagai kosa kata : anak meniru suara-suara dari tokoh cerita.

  10. dalam vidio pengembangan motorik dan bahasa anak paud melalui tebak pantomin bermanfaat untuk menstimulasi perkembangan motorik anak ,anak dapat bergerak lincah dan mengingat nama-nama benda atau binatang,mereka dapat menirukan cara berjalan binatang,suaranya,sehingga motorik dan bahasa nya,bisa berkembang dengan permainan ini,namun guru bisa menambahkan untuk perkembangan literasi dan keaksaraan misal nya gambar binatang tersebut di beri tulisan setelah anak menirukan gerakan,anak bisa meniru tulisan dan gambar binatang yang di sukai,

Leave a Reply